Bacaterus / Film Anime / 10 Anime Harem Comedy untuk Ditonton di Kala Santai

10 Anime Harem Comedy untuk Ditonton di Kala Santai

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anime harem. Apakah itu? Buat yang belum familiar dengan dunia anime pasti bingung. Singkatnya, harem anime adalah suatu aliran atau gaya anime yang memiliki satu tokoh utama (biasanya pria) yang dikelilingi oleh dua tokoh utama lainnya atau lebih (biasanya wanita). Intinya cowok yang dikejar banyak cewek gitu~ Pokoknya supporting character-nya semua suka sama si MC atau main character.

Trope umumnya seperti ini: ada seorang laki-laki yang lugu, pemalu, lemah, miskin, atau tidak punya pengalaman dating maupun dekat dengan perempuan sebelumnya (bisa gabungan dari semua karakteristik ini maupun hanya beberapa saja).

Sedangkan cewek-cewek di sekelilingnya biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang agresif, ada yang dingin (tapi tetap tidak mau melepaskan si MC), ada yang polos, ada yang perhatian, dan lain sebagainya.

Tapi, bisa juga kebalikannya, jadi satu MC cewek dikejar-kejar oleh banyak cowok. Kalau ini namanya reverse harem alias harem terbalik. Harem umumnya bukan genre yang berdiri sendiri untuk sebuah anime.

Harem sering berpasangan dengan romansa, komedi, bahkan—ehm—ecchi. Kalau kamu bosan dengan anime romance harem, ada anime-anime yang temanya lebih ringan dan mengundang gelak tawa seperti anime harem komedi yang Bacaterus rekomendasikan di bawah ini.

1. Nisekoi: False Love

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Animation, comedy, romance
  • Produksi: Aniplex, Mainichi Broadcasting System (MBS), SHAFT
  • Sutradara: Akiyuki Shinbo
  • Pemeran: Raku Ichijou, Chitoge Kirisaki, Kosaki Onodera, dll
  • Pengisi suara: Koki Uchiyama (Raku Ichijou), Nao Tôyama (Chitoge Kirisaki), Kana Hanazawa (Kosaki Onodera), dll
  • Jumlah episode: 20

Anime harem comedy yang satu ini berjudul “Nisekoi: False Love”. Menceritakan tentang Raku Ichijou, anak lelaki pewaris tunggal keluarga yakuza Shuei-gumi. Ia dipaksa menjalin hubungan dengan anak perempuan kepala keluarga gangster untuk menghindari perang antar geng. Tentu saja kedua anak ini tidak suka dipaksa-paksa.

Sebenarnya ada back story lagi kenapa Raku tidak mau dijodohkan. Jadi, sepuluh tahun yang lalu, Raku kecil pernah membuat janji dengan seorang gadis, kalau mereka bertemu lagi di masa yang akan datang, mereka akan menikah. Sejak saling berjanji, Raku tidak pernah melepaskan liontin yang diberikan oleh sang gadis kecil.

Suatu hari, seorang gadis cantik bernama Chitoge Kirisaki pindah ke sekolah Raku. Tentu saja mereka sekelas, supaya ceritanya lebih mudah berkembang. Chemistry mereka berdua sudah kacau sejak awal mereka bertemu. Setiap kali papasan, pasti bertengkar. Namun, karena ada kejadian aneh, akhirnya Raku dan Chitoge saling setuju untuk pura-pura pacaran.

Raku galau karena selama ini ia menaruh hati pada teman sekelasnya, Kosaki Onodera, tapi ia juga harus jadi kekasih bohongan Chitoge. Dan, kita juga masih disisakan misteri tentang gadis di masa kecilnya Raku. Siapakah gadis itu? Tonton saja animenya supaya tidak penasaran!

2. Highschool of the Dead

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Action, Drama, Animation, Horror, Romance, Thriller
  • Produksi: Madhouse, AT-X, Geneon Universal Entertainment
  • Sutradara: Tetsurō Araki
  • Pemeran: Takashi Komuro, Saya Takagi, Kôta Hirano, Jiku, Takashi Komuro, Rei Miyamoto
  • Pengisi suara: Jun’ichi Suwabe (Takashi Komuro), Eri Kitamura (Saya Takagi), Nobuyuki Hiyama (Kôta Hirano), Hitomi Harada (Jiku), dll
  • Jumlah episode: 12

Ingin anime harem yang berbeda? “Highschool of the Dead” memiliki aliran thriller dan horor, karena ada zombie-nya! Ya, anime ini berlatarkan zombie apocalypse yang tiba-tiba melanda. Plot dimulai ketika dunia diserang oleh pandemi mematikan yang mengubah manusia menjadi zombie.

Kisah ini memiliki tokoh utama dari sekelompok siswa SMA, perawat di sekolah tersebut, dan seorang gadis muda. Mereka semua berjuang untuk menyelamatkan diri selama peristiwa bencana di seluruh dunia yang dikenal sebagai ‘Outbreak’ (kalau diartikan secara harfiah berarti ‘wabah’).

Kelompok ini bertemu dengan grup yang dipimpin oleh mahasiswa bernama Takashi Komuro. Kelompok ini terdiri dari enam orang dan seekor anjing kecil yang berhasil selamat (setidaknya hingga saat itu). Kedua kelompok ini pun bergabung dengan satu tujuan: untuk bertahan hidup melawan wabah zombie.

Walaupun terkesan seram dan serius, anime ini juga diselipkan bumbu humor yang bisa membuatmu lupa sejenak kalau sebenarnya para karakter sedang melawan zombie.

3. Haganai: I Don’t Have Many Friends

  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: Animation, Comedy, Drama
  • Produksi: AIC Build, Bushiroad, Good Smile Company
  • Sutradara: Hisashi Saitō
  • Pemeran: Kodaka Hasegawa, Yozora Mikazuki, Sena Kashiwazaki, dll
  • Pengisi suara: Ryohei Kimura (Kodaka Hasegawa), Marina Inoue (Yozora Mikazuki), Kanae Itô (Sena Kashiwazaki), dll
  • Jumlah episode: 12

“Boku wa Tomodachi ga Sukunai” atau yang lebih dikenal sebagai “Haganai: I Don’t Have Many Friends” adalah sebuah franchise besar. Anime ini begitu dicintai hingga memiliki adaptasi dan juga prequel.

Sebenarnya cerita intinya sangat sederhana, ada seorang remaja yang tidak punya teman karena ditakuti oleh teman-teman sekelasnya. Ia pun bergabung dengan sebuah klub dengan harapan bisa memiliki teman.

Adalah Kodaka Hasegawa, seorang siswa pindahan yang kesulitan berteman karena rambut pirang warisan ibunya dan matanya yang tampak galak, membuatnya terlihat seperti anak nakal. Ia bertemu Yozora Mikazuki yang sedang menyendiri dan berbicara pada teman khayalannya.

Menyadari bahwa mereka tidak memiliki kehidupan dan keterampilan bersosial, mereka berdua memutuskan bahwa cara terbaik untuk memperbaiki situasi ini adalah dengan membentuk Neighbors Club, kegiatan setelah sekolah untuk orang-orang tanpa teman seperti mereka. Mengejutkan, siswa lain dengan berbagai latar belakang pun bergabung dengan klub.

Seperti Sena Kashiwazaki, seorang idol yang sombong dan memperlakukan anak laki-laki sebagai budaknya, sehingga ia tidak memiliki teman perempuan. Lalu, ada juga Yukimura Kusunoki yang gabung, yaitu adik kelas yang ‘banci’.

Ia merasa kagum dengan Kodaka dan berusaha untuk menjadi ‘jantan’ sepertinya. Lalu, ada Rika Shiguma, seorang ilmuwan muda jenius dengan pikiran sesat, dan beberapa anggota unik lainnya.

4. Nagasarete Airantō

* sumber: vistapointe.net

  • Tahun rilis: 2007
  • Genre: Harem, romantic comedy
  • Produksi: Feel
  • Sutradara: Hideki Okamoto
  • Pemeran: Ikuto Tōhōin, Suzu, Ayane, Machi, Rin, Chikage, dll
  • Pengisi suara: Sōichirō Hoshi (Ikuto Tōhōin), Yui Horie (Suzu), Yukari Tamura (Ayane), Masumi Asano (Machi), Yū Asakawa (Rin), Ai Nonaka (Chikage), dll
  • Jumlah episode: 26

“Nagasarete Airantō (ながされて藍蘭島)” adalah serial manga harem karya Takeshi Fujishiro. Pertama kali dirilis pada Januari 2002, beberapa tahun kemudian berkembang menjadi CD drama, novel ringan, dan adaptasi anime dengan 26 episode yang tayang selama April-September 2007.

Berdebat dengan ayahnya, Ikuto Tōhōin yang baru berusia 14 tahun melarikan diri dari rumah ke laut (benar-benar ke laut, bukan ke pantai). Lalu, tiba-tiba ada badai besar yang membuatnya terombang-ambing di lautan lepas.

Hampir tenggelam, Ikuto akhirnya terdampar di sebuah pulau tropis yang belum dipetakan bernama Airantou. Ikuto ditemukan oleh seorang gadis yang baik hati namun naif bernama Suzu, yang—dengan kikuk—membawanya ke rumah untuk dirawat.

Ikuto pun mengetahui bahwa Pulau Airantou telah ada sejak 130 tahun (era Meiji) yang lalu dan diisi oleh sekelompok orang Jepang yang kapalnya karam selama perjalanan ke Eropa.

Meskipun desa mereka bertahan dan berhasil makmur hingga zaman modern, seluruh penduduk prianya musnah akibat gelombang ganas selama turnamen memancing sekitar dua belas tahun sebelum Ikuto datang. Akibatnya, hampir setiap gadis dari generasi yang sekarang sangat membutuhkan seorang suami.

Kedatangan Ikuto membuatnya menjadi kandidat utama sebagai suami (karena memang ia satu-satunya pria di sana). Pada awalnya Ikuto ingin segera melarikan diri dari pulau tapi tidak bisa karena ada pusaran air semu-magis yang mengelilingi seluruh pantai.

Ikuto akhirnya menetap di sana dengan perlindungan Suzu, karena banyak gadis yang mengejar-ngejarnya. Apakah Ikuto bisa survive di pulau yang berisi perempuan semua?

5. The Quintessential Quintuplets

* sumber: jurnalotaku.com

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Harem, komedi romantis
  • Produksi: Tezuka Productions
  • Sutradara: Satoshi Kuwabara
  • Pemeran: Ichika Nakano, Nino Nakano, Miku Nakano, Yotsuba Nakano & Itsuki Nakano, Futaro Uesugi
  • Pengisi suara: Hanazawa Kana (Ichika Nakano), Matsuoka Yoshitsugu (Futaro Uesugi), dll
  • Jumlah episode: 12

“Go-Tōbun no Hanayome” atau “The Quintessential Quintuplets” yang berarti “Five Equal Brides”. Adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Negi Haruba yang diangkat menjadi anime pada tahun 2018.

Serial ini menceritakan kehidupan sehari-hari seorang siswa SMA Futaro Uesugi yang dipekerjakan sebagai guru privat untuk gadis kembar lima yang memiliki nilai akademis buruk. Si kembar lima ini keluarga Nakano yang terdiri dari Ichika, Nino, Miku, Yotsuba, dan Itsuki.

Futaro Uesugi adalah seorang siswa yang berbakat dalam bidang akademis yang menjalani kehidupan yang sulit. Ia tidak punya teman, ibunya sudah tiada, dan ayahnya yang masih hidup memiliki banyak hutang.

Yang menjadi alasan Futaro mau menjadi tutor kelima kembar itu juga karena keluarga mereka kaya raya. Si kembar lima ini memiliki sifat yang berbeda-beda tapi ada satu yang sama dari mereka, yaitu minat belajar yang nol.

6. Zero no Tsukaima (Zero’s Familiar)

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Action, Adventure, Harem, Comedy, Magic, Romance, Ecchi, Fantasy, School
  • Rating: PG-13
  • Produksi: J.C.Staff
  • Produser: Genco, Media Factory, Shochiku, Bushiroad, Happinet Pictures
  • Pemeran: Le Blanc de La Vallière Louise Françoise, Hiraga Saito, Derflinger
  • Pengisi suara: Kugimiya Rie (Le Blanc de La Vallière Louise Françoise), Hin Satoshi (Hiraga Saito), Gotou Tetsuo (Derflinger)
  • Jumlah episode: 13

Anime ini berjudul “Zero no Tsukaima” atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris-nya “Zero’s Familiar”. Menceritakan Louise Françoise Le Blanc de La Vallière, seorang penyihir yang mementingkan diri sendiri.

Ia belajar di Tristain Academy, sebuah sekolah bergengsi untuk para penyihir. Tapi, ia memiliki masalah besar, yaitu tidak dapat menggunakan sihir dengan baik. Teman-teman sekelasnya mengoloknya sebagai ‘Louise the Zero’.

Ketika kelas Louise diharuskan melakukan ritual summoning (memanggil sesuatu), ia menghasilkan ledakan besar. Sempat dianggap gagal, ketika asap hilang, ternyata ada seorang anak lelaki bernama Saito Hiraga. Sekarang, Saito menjadi familiar-nya Louise. Familiar itu totem, binatang peliharaan, atau entitas yang membantu penyihir.

Saito diperlakukan sebagai budak, dipaksa mencuci bajunya Louise hingga disuruh memakan tanah. Tetapi, ketika sebuah logo asing ditemukan terukir di tangan Saito setelah ritual pemanggilan, ia diyakini sebagai seorang familiar yang kuat yang bernama Gandalfr. Karena kesuksesannya, anime ini sampai ada sequel-nya yang berjudul “Zero no Tsukaima: Futatsuki no Kishi”.

7. The World God Only Knows (Kami nomi zo Shiru Sekai)

  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Harem, fiksi supernatural, komedi romantis
  • Produksi: Manglobe
  • Sutradara: Shigehito Takayanagi
  • Pemeran: Keima Katsuragi, Elsie, Haqua & Tenri Ayukawa
  • Pengisi suara: Hiro Shimono (Keima Katsuragi), Kanae Itō (Elsie), Saori Hayami (Haqua) & Kaori Nazuka (Tenri Ayukawa)
  • Jumlah episode: 12

Selanjutnya, Bacaterus mau ngajak kamu nonton “Kaminomi“. Dikenal juga sebagai “The World God Only Knows”, anime ini memiliki Keima Katsuragi sebagai tokoh utamanya.

Seperti kebanyakan siswa SMA kebanyakan, Keima kecanduan galge, yaitu video game yang unik karena game tersebut membuat pemainnya berinteraksi dengan gadis cantik 2 dimensi. Tapi, bukan cuma kecanduan saja, tapi Keima juga legend banget dalam game ini.

Keima memiliki julukan sebagai ‘Otoshi-gami’ alias ‘The God of Conquests’ oleh netizen di internet karena permainannya untuk menaklukkan gadis-gadis 2D dalam game. Tapi, itu pamornya di dunia maya saja, karena pada IRL alias dalam kehidupan nyatanya ia diledek sebagai otamega yang merupakan gabungan dari kata ‘otaku’ dan ‘megane’ (kacamata), alias ia itu loser di sekolah.

Suatu hari, Keima mendapatkan e-mail tantangan yang ternyata dikirim oleh iblis neraka yang bernama Elsie. Ia adalah pemburu roh, dan ia mengajak Keima bekerja sama untuk membantu menangkap roh-roh jahat yang bersembunyi di dalam hati gadis-gadis.

Elsie beranggapan cara menarik keluar iblis yang menempel di hati para gadis adalah dengan membuat mereka jatuh cinta, dan itu bisa dilakukan oleh Keima (karena Elsie tidak mungkin, ia kan iblis). Tapi, Keima selama ini hanya tertarik pada cewek 2D alias bukan gadis nyata, melainkan anime. Bisakah Keima dan Elsie memberantas para iblis?

Oh iya, sebenarnya untuk animenya, Kaminomi sudah tidak diproduksi lagi dan ceritanya masih menggantung. Namun jangan khawatir, cerita Katsuragi Keima dan Elsie masih berlanjut dalam sebuah manga. Saking populernya, anime ini juga dibuat light novel-nya lho!

8. Yamada-kun and the Seven Witches

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Comedy, Harem, Mystery, Romance, School, Shounen, Supernatural
  • Rating: PG-13
  • Produksi: LIDENFILMS
  • Produser: Dentsu, Frontier Works, Kodansha, Rakuonsha, Ultra Super Pictures, Memory-Tech, Daiichikosho, Lawson HMV Entertainment, Amuse, Animatic, A-Sketch
  • Pemeran: Shiraishi Urara, Yamada Ryuu, Miyamura Toranosuke, Odagiri Nene & Itou Miyabi
  • Pengisi suara: Hayami Saori (Shiraishi Urara), Osaka Ryota (Yamada Ryuu), Masuda Toshiki (Miyamura Toranosuke), Kitamura Eri (Odagiri Nene), Uchida Maaya (Itou Miyabi)
  • Jumlah episode: 12

Menceritakan tentang Ketika Ryuu Yamada masuk ke SMA, ia ingin membuka lembaran baru dengan menjalani kehidupan sekolah yang produktif. Tidak ada lagi Ryuu yang nakal, ia ingin jadi anak yang pandai dan berprestasi.

Makanya, ia memilih masuk ke Suzaku High, sekolah yang ia yakini tidak ada yang tahu tentang reputasi buruknya dulu. Sayangnya, ia merasa bosan setelah berhasil masuk sekolah tersebut.

Pada tahun ke-2, Ryuu kembali menjadi dirinya yang dulu, malas sekolah, nilai selalu jelek, dan sering berkelahi. Suatu hari, Ryuu bertemu dengan Urara Shiraishi, seorang siswi berprestasi yang cantik, tentu saja.

Karena salah melangkah, keduanya jatuh dari tangga dan mereka pun berciuman secara tidak sengaja. Yang membuat kaget adalah, mereka bertukar tubuh saat berciuman! Mereka pun direkrut masuk Supernatural Studies Club yang diketuai oleh Toranosuke Miyamura.

9. Re:ZERO -Starting Life in Another World-

* sumber: www.kaorinusantara.or.id

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Psychological, Drama, Thriller, Fantasy
  • Produksi: White Fox
  • Produser: TV Tokyo, Media Factory, Kadokawa Shoten, AT-X, Magic Capsule, Memory-Tech, Hakuhodo DY Music & Pictures
  • Pemeran: Emilia & Natsuki Subaru
  • Pengisi suara: Takahashi Rie (Emilia) & Kobayashi Yuusuke (Natsuki Subaru),
  • Jumlah episode: 25

Anime dengan judul asli “Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu” ini membawa Subaru Natsuki tiba-tiba jatuh ke dunia fantasi. Segera setibanya di sana, ia diserang kawanan orang jahat.

Untunglah, ada seorang gadis misterius bernama Satella yang datang menyelamatkannya. Satella sebenarnya sedang mengejar pencuri insignia (lencana) miliknya. Sebagai rasa terimakasih, Subaru menawarkan untuk membantu. Selagi mencari, ternyata ada orang jahat yang mengikuti mereka.

Dan, baru saja mereka menemukan lencananya, mereka langsung dibunuh oleh orang-orang jahat tersebut. Namun, yang membuat Subaru bingung adalah, ia kembali ke posisi awal ketika ia baru datang ke dunia fantasi tersebut. Ia dikejar sekelompok preman, lalu Satella datang dan menolongnya, mereka mencari lencana, lalu dibunuh lagi. Begitu saja terus on loop. Ada apa sebenarnya dengan dunia ini?

10. Grisaia no Kajitsu

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Drama, Harem, Psychological, Romance, School
  • Rating: R+
  • Produksi: 8bit
  • Produser: Frontier Works, AT-X, Bushiroad, NBCUniversal Entertainment Japan
  • Pemeran: Kazami Yuuji, Matsushima Michiru, Suou Amane, dll
  • Pengisi suara: Sakurai Takahiro (Kazami Yuuji), Mizuhashi Kaori (Matsushima Michiru), Taguchi Hiroko (Suou Amane), dll
  • Jumlah episode: 13

Terakhir, Bacaterus recommend “The Fruit of Grisaia”. Mengisahkan Yuuji Kazami, siswa pindahan di Akademi Mihama. Ia ingin menjalani kehidupan sekolah menengah secara biasa, tetapi impiannya ini tidak bisa terwujud. Kenapa? Karena ternyata, Akademi Mihama hanya memiliki satu kepala sekolah dan lima siswa lainnya, yang semuanya perempuan! Yuuji pun menjadi akrab dengan mereka semua.

Perlahan-lahan, ia belajar tentang kebenaran di balik para siswi teman sekolahnya itu. Ternyata, masing-masing dari para gadis itu memiliki pengalaman traumatis. Dan, Akademi Mihama ini bertindak sebagai rumah bagi gadis-gadis ini. Bisakah Yuuji menyelamatkan para gadis ketika ia bahkan tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri?

Banyak banget kan pilihan anime haremnya? Semua rekomendasi di atas adalah anime versi terbaik menurut Bacaterus. Kalau kamu suka anime genre harem yang sedikit horor dan thrilling maka High School of The Dead bisa jadi pilihan yang tepat. Kalau mau agak fantasi dengan karakter cowok yang cool, bisa tonton Kaminomi. Jadi, mau nonton anime apa hari ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *