bacaterus web banner retina

Inilah Daftar Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa

Industri film Thailand merupakan salah satu yang terbaik di wilayah Asia Tenggara. Film-film yang mereka buat selalu menghadirkan cerita-cerita yang menarik dan baru.

Nah, maka dari itu kali ini Bacaterus akan mengulas 10 film Thailand terbaik sepanjang masa yang harus Anda tonton. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. Crazy Little Thing Called Love

Crazy Little Thing Called Love

Film berjudul Crazy Little Thing Called Love ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Salah satu film romantis Thailand terbaik ini dibintangi oleh dua artis ternama yakni si tampan Mario Maurer dan si cantik Pimchanok Luevisadpaibul.

Film yang juga dikenal dengan judul First Love ini menceritakan tentang seorang gadis biasa bernama Shone yang naksir ke kakak kelasnya yang bernama Nam. Nam ini merupakan seorang pemuda tampan yang banyak diidolai oleh para perempuan di sekolahnya.

Pada awalnya keinginan Shone untuk menjadi pacar Nam tampak hanya sebagai impian belaka. Pasalnya, ia harus menghadapi banyak ‘saingan’ yang jauh lebih cantik ataupun lebih modis dari dirinya.

Namun Shone tidak mau menyerah begitu saja. Ia berusaha habis-habisan untuk merombak penampilannya hingga menjadi sangat cantik. Apakah usahanya tersebut akan membuahkan hasil? Silahkan tonton sendiri film romantis Thailand terbaik ini.

2. Ong-Bak: Muay Thai Warrior

Ong-Bak Muay Thai Warrior

Para pecinta film Thailand pastinya sudah tidak asing lagi dengan film Ong-Bak. Ya, film action yang dirilis pada tahun 2003 ini memang sukses memukau para penonton dari dalam maupun luar Thailand. Film ini mengusung tema bela diri asli Thailand yakni Muay Thai.

Film Ong-Bak bercerita tentang pencurian patung Buddha dari sebuah desa kecil. Seorang petarung Muay Thai bernama Ting kemudian pergi ke Bangkok untuk merebut kembali patung tersebut. Di sana ia harus bertarung dengan para petarung handal lainnya agar bisa kembali mendapatkan patung Buddha tersebut.

3. The Medium

film thailand terbaik_The Medium_

Menjadi salah satu film yang paling viral dan banyak sekali diperbincangkan, The Medium (2021) wajib berada dalam list ini. Film yang digarap oleh sutradara horor terbaik dari Korea Selatan dan Thailand ini memang bisa membuat bulu kuduk penontonnya merinding.

Apalagi film ini mengambil gaya mockumentary yang bikin aura horor dan mistisnya makin terasa nyata bagi para penonton. The Medium (2021) sendiri mengisahkan sebuah kebudayaan shamanisme yang ada di sebuah desa di Thailand.

Nim adalah wadah dari Dewa Bayan yang menjaga desa, perempuan ini kini dihadapkan dengan keponakannya yang memiliki gejala kerasukan. Awalnya, Nim berpikir Mink akan menjadi wadah Dewa Bayan selanjutnya, tapi hal lebih buruk menimpa mereka yang melibatkan ribuan iblis.  

4. Bad Genius

Bad Genius

Berbicara mengenai film Thailand terbaik, selama ini industri film Thailand memang didominasi dengan film ber-genre horror atau drama percintaan. Namun, di tahun 2017 Bad Genius hadir dengan mengusung genre yang lain daripada yang lain. Film ini mengusung genre komedi, drama, dan kriminal.

Bad Genius menceritakan tentang sekelompok orang pintar yang mencari uang secara ilegal dengan menjual kunci jawaban untuk ujian. Tak disangka-sangka, bisnis ilegal ini menghasilkan banyak uang.

Akan tetapi, di tengah kenikmatan dari uang yang dihasilkan, Lin yang menjadi dalang utama di film ini harus bertaruh dengan risiko kehilangan kesempatan melanjutkan studi ke luar negeri.

5. Shutter

Shutter

Thailand tidak pernah lepas dari yang namanya film horror. Salah satu film horror terbaik Thailand yang pernah dibuat adalah Shutter. Film Shutter mengisahkan tentang Tun dan Jane yang menabrak seorang wanita hingga tewas. Sialnya, wanita tersebut ternyata adalah Natre yang notabene adalah mantan kekasih Tun.


Setelah peristiwa itu Tun mulai dihantui oleh arwah Natre yang ingin membalas dendam. Tidak hanya Tun, namun teman-temannya pun juga ikut dihantui. Bahkan satu-persatu mereka bunuh diri secara mengenaskan karena tidak tahan dengan gangguan dari arwah Natre.

6. Tootsies & The Fake

film thailand terbaik_Tootsies & The Fake_

Dibintangi oleh sejumlah nama terkenal, Tootsies & The Fake (2019) tidak pernah gagal untuk membuat para penonton terhibur. Sekuel dari drama Diary of Tootsies The Series (2016-2017), film ini masih bisa dinikmati meski kamu tidak menonton dramanya. Bahkan premis simpel dan klasik yang diangkat dalam film ini terasa fresh berkat kemampuan akting dari para pemerannya.

Kali ini para Tootsies tidak hanya dibebani dengan berbagai masalah pribadi masing-masing saja, lho. Namun, mereka hampir dikenai denda senilai 50 juta bhat karena mencelakai aktris cantik bernama Cathry.

Untungnya, mereka menemukan Nam, penjual makanan yang melakukan operasi plastik mirip Cathry. Namun, kepribadian keduanya yang sangat berbeda membuat para Tootsies harus menutupi perbedaan ini.

7. Hello Stranger

Hello Stranger

Pertemuan dua orang yang berasal dari Thailand, yakni Dang dan May, di Korea awalnya terkesan biasa saja. Dang sedang ikut tur bersama teman-temannya dan May seorang diri karena ingin mengunjungi tempat-tempat yang ada di Drama Korea kesukaannya.

May bertemu Dang dalam keadaan Dang sedang mabuk. Lantaran ingin menolong, May mengantarkan Dang sampai ke hotelnya. Namun, rombongan tur telah pergi meninggalkan Dang. Akhirnya, Dang yang tak tahu harus kemana lagi mengikuti May pergi kemana saja.

Dari perjalanan mereka itulah keduanya jadi saling jatuh cinta. Meskipun cerita Hello Stranger ini terkesan klise, tetapi alur ceritanya sangat ringan dan menghibur. Penonton dapat menikmati film romantis ini yang memang mengusung lokasi syuting di Korea Selatan.

8. Bangkok Traffic (Love) Story

Bangkok Traffic (Love) Story

Thailand memang terkenal dengan film drama komedi yang romantis. Bangkok Traffic (Love) Story adalah salah satu yang paling recommended dan wajib ditonton. Sinopsis film ini diawali dengan pertemuan tidak sengaja Mei Li dengan pria tampan bernama Lung. Kala itu, Mei Li mengendarai mobil sembari mabuk sampai menabrak pembatas jalan. Di situ, Lung membantu mendorong mobil Mei Li.

Setelah kejadian tersebut, Mei Li dilarang mengendarai kendaraan pribadi. Ia harus naik transportasi umum untuk bekerja. Tak disangka-sangka, Mei Li kembali bertemu Lung dan berusaha untuk menjadi lebih dekat dengan pria tersebut. Akankah Lung menjadi jodoh Mei Li yang sudah menginjak usia 30 tahun tersebut?

9. Pee Mak

Hantu Mae Nak merupakan salah satu urban legend yang paling terkenal di Thailand. Mae nak merupakan seorang istri hamil yang harus ditinggalkan oleh suaminya ke medan perang. Sayangnya, ia mengalami pendarahan hingga meninggal dunia. Sang suami tidak mengetahui jika istrinya tersebut sudah menjadi hantu.

Dalam film Pee Mak ini Anda tidak perlu membayangkan sebuah film yang penuh dengan adegan mistis. Pasalnya, film Pee Mak ini adalah versi komedi dari urban legend tersebut. Film horror komedi ini menceritakan tentang perjuangan teman-teman sang suami (Mak) agar ia sadar bahwa istrinya tersebut telah meninggal dan menjadi hantu.

10. Happy Old Year

film thailand terbaik_Happy Old Year_

Pernahkah kamu berpikir apa arti dari sebuah kantong sampah dan kenapa barang-barang usang bisa disebut sampah? Saat menonton Happy Old Year kamu mungkin akan menyesali telah membuat berbagai barang ke tempat sampah begitu saja.

Hal inilah yang dirasakan oleh Jean, perempuan yang berniat merombak rumahnya sebagai hunian sekaligus kantor untuk perusahaan desainnya. Terinspirasi dengan gaya minimalis saat ia bersekolah di Swedia, tanpa berpikir panjang Jean membuat semua perabotan di rumahnya.

Hingga suatu hari Pink menyadarkannya, bahwa semua benda yang dikiranya sampah ternyata memiliki kisah masing-masing. Bahkan, sampah-sampah ini bisa melepaskan Jean dari luka dan kegelisahan yang ia kubur di hatinya selama bertahun-tahun.

11. ATM: Er Rak Error

film thailand terbaik_ATM Er Rak Error_

Menjadi salah satu film Thailand terlaris sepanjang masa, ATM: Er Rak Error (2012) tidak boleh sampai tidak masuk dalam list ini. Film yang digarap oleh Mez Tharatorn ini tidak hanya membuat penontonnya terhibur, tapi merasakan juga ketulusan dari jalan ceritanya.

Kenapa bisa begitu? Karena film ini menunjukkan problem umum, ketika pasangan pekerja harus memilih masa depan mereka.

Inilah yang dirasakan oleh Jib dan Sua, pasangan backstreet yang berniat untuk menikah. Namun, pernikahan mereka agaknya sulit untuk terjadi, pasalnya salah satu dari mereka harus meninggalkan kantor.

Memanfaatkan masalah mengenai salah satu ATM yang rusak, Jib menjebak Sua dengan kasus sulit ini. Bahkan, keduanya saling bertarung untuk menentukan siapa yang akan menang dan keluar dari kantor.

12. Friend Zone

Friend Zone

Friend Zone mengangkat kejadian yang bisa dialami oleh siapa saja. Ya, naksir sahabat sendiri memang tak selalu indah, apalagi jika si dia hanya menginginkan persahabatan, tak lebih.

Palm (Naphat Nine) terjebak dalam hubungan friend zone selama 10 tahun dengan Gink (Pimchanok Luevisadpaibul). Sewaktu masih SMA, Palm pernah memberanikan diri menyatakan cinta kepada Gink, tapi Gink mengatakan “Menjadi teman saja sudah cukup.”

Setiap kali Gink putus dengan kekasihnya, Palm selalu ada untuk menghiburnya. Bahkan, Gink selalu memaksa Palm menggunakan tunjangannya sebagai pramugara untuk menemani Gink yang patah hati berpelesir. Tak disangka, Palm memang masih memendam perasaan kepada Gink dan tidak bisa move on meskipun dirinya sudah mencoba menjalin hubungan dengan perempuan lain.

13. 2gether The Movie

film thailand terbaik_2gether The Movie_

Mengikuti kesuksesan drama series-nya, GMMTV akhirnya merilis 2gether The Movie (2021). Masih diperankan oleh Win Metawin dan Bright Vachirawit, film ini memang sukses secara global. Bahkan, nama kedua pemeran utamanya langsung dikenal luar dan memiliki banyak penggemar fanatik.

Masing mengisahkan kehidupan Tine dan Sarawat di kampus, kali ini semuanya diceritakan dari sudut pandang Sarawat. Awalnya, Tine si pemandu sorak tampan ini dikejar-kejar oleh Green, namun ia tidak pernah menyukai pria itu.

Tine kemudian meminta bantuan Sarawat, cowok paling populer dari klub sepak bola untuk pura-pura berkencan dengannya. Namun, siapa sangka mereka malah jatuh cinta benaran.

14. Seven Something

Seven Something (Copy)

Film ini memiliki 3 cerita di dalamnya, dibesut oleh 3 sutradara berbeda; tiap-tiap cerita yang disajikan sudah pasti berbeda-beda juga. Film pertama berjudul 14; menceritakan tentang remaja yang keranjingan mendapatkan like dari seluruh orang yang sedang daring di website Youtube.

Film kedua berjudul 21/28; menceritakan tentang mantan aktor dan aktris yang kembali bekerja sama setelah tujuh tahun terpisah. Mampukah mereka membangun chemistry yang sudah lama hilang?

Film terakhir berjudul 42.195; menceritakan tentang seorang wanita paruh baya yang bekerja sebagai pembaca berita. Kehidupannya berubah ketika bertemu dengan seorang pria muda yang mengajaknya untuk lari maraton. Olahraga yang perempuan itu suka namun tidak lagi dilakukan lagi. Pria muda ini mengubah hidup sang perempuan itu. Selamanya.

15. 4bia

4bia

Salah satu genre film yang paling terkenal di Thailand adalah horror. Oleh karena itu, Bacaterus turut memasukkan 4bia sebagai film Thailand terbaik. Film ini terbagi dalam 4 cerita yang semuanya menyeramkan.

Pertama adalah film dengan judul “Kesendirian” yang menceritakan tentang Pin yang mengalami kecelakaan dan harus beristirahat total di apartmentnya. Karena dirundung rasa bosan dan kesepian, Pin meladeni SMS nyasar dari nomor yang tak dikenal.

Perkenalan itu membuat Pin dan pemilik nomor asing bertukar foto. Namun, sejak menerima foto itu Pin jadi mengalami kejadian-kejadian mistis. Ternyata pemilik nomor asing itu adalah pria yang telah meninggal lantaran bunuh diri dengan menabrakkan diri pada taksi yang ditumpangi Pin.

Yang kedua berjudul “Mata Ganti Mata” yang menceritakan tentang Pink, seorang gadis yang suka mem-bully teman-temannya bersama gengnya. Suatu ketika Pink mem-bully Ngid. Karena merasa kesal Ngid mengutuk Pink dan gengnya tersebut. Satu persatu geng Pink menjadi celaka dan tewas. Namun, kutukan tersebut juga berimbas pada Ngid sendiri.

Kedua cerita lainnya berjudul “Penerbangan 224” dan “Orang Ditengah” juga memiliki alur cerita berbeda dan bakal membuat bulu kuduk Anda merinding. Keempat cerita ini memiliki benang merah tersendiri, jadi Anda memang dituntut untuk harus menonton keempat cerita di 4bia ini agar dapat memahami isi filmnya.

16. Coming Soon

Coming Soon (Copy)

Chain adalah pecandu obat-obatan terlarang. Pemuda itu memiliki kekasih bernama Som yang bekerja di sebuah bioskop. Hubungannya kandas karena Som tidak tahan dengan kelakuan Chain. Tidak memiliki tempat tinggal, akhirnya Chain tinggal bersama kakaknya yang juga pecandu. Mereka terlilit hutang dan sedang kebingungan bagaimana cara melunasinya.

Akhirnya pikiran jahat Chain muncul. Dirinya berniat untuk mencuri gulungan film baru yang akan tayang di bioskop tempat mantan kekasihnya bekerja. Namun aksi mereka berujung petaka, karena ternyata gulungan film itu terkutuk. Siapa pun yang menontonnya akan mati dalam waktu yang dekat. Misi Chain berubah menjadi misi menghancurkan gulungan film terkutuk itu.

17. Inhuman Kiss

film thailand terbaik_Inhuman Kiss_

Masuk dalam beberapa film Thailand yang akan mengikuti ajang 92nd Academy Awards, Inhuman Kiss (2019) memang wajib untuk ditonton. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Sitisiri Mongkolsiriini berhasil menggugah hati para penontonnya. Alasannya kisah cinta yang tulus antara Noi dan Sai, membuat siapapun yang menontonnya merasa sedih.

Kisahnya bermula ketika Noi menyadari bahwa dirinya berubah menjadi Karause setiap malam hari. Sai yang mengetahui hal ini berusaha menutupinya, apalagi Krause sedang diburu di desa.

Sayangnya, kehebatan si pemburu berhasil membuat identitas Sai terungkap ke seluruh penduduk desa. Bahkan Sai hampir terbunuh, ketika pemburu itu berubah menjadi Krahang, hantu mitologi dan musuh dari Krause.

18. Love of Siam

Love of Siam (Copy)

Mew dan Tong merupakan tetangga dekat. Suatu hari Mew tidak sengaja membuat masalah pada Tong. Tidak enak hati Mew meminta maaf pada Tong. Suatu ketika, Tong dirundung oleh banyak teman-temannya di sekolah dan Mew melindungi Tong. Ini membuat mereka berdua menjadi meras impas karena sudah saling balas budi.

Namun setelah kejadian tolong menolong ini, Mew dan Tong menjadi semakin dekat layaknya saudara. Lambat laun perasaan Mew berubah menjadi sayang. Mew tahu perasaan ini salah mengingat Mew dan Tong adalah laki-laki. Ternyata Tong juga memiliki perasaan yang sama terhadap Mew. Akankah hubungan mereka terus berlanjut atau harus berakhir?

19. Dew

Dew (Copy)

Pop dan Dew adalah teman dekat. Mereka berdua adalah lelaki yang saling jatuh hati di waktu yang salah. Pop dan Dew harus membawa hubungan mereka dibawah radar pemerintah karena saat itu pemerintah sangat tegas kepada para kaum homoseksual akibat penyebaran virus AIDS yang menerpa Thailand dengan cepat.

Dew sangat sayang kepada Pop, namun rasa sayangnya itu mulai tercium oleh banyak pihak. Ini membuat Dew harus masuk ke dalam sekolah militer. Tidak ingin Dew masuk kesana, Pop akhirnya menggantikan posisi Dew untuk masuk wamil. Ending film ini bikin sesak. Buat kalian, khsususnya para gadis yang suka dengan BL story, siapkan tissue ya!

20. Heart Attack

film thailand terbaik_Heart Attack_

Film romantis yang dibintangi oleh Sunny Suwanmethanon dan Davika Hoorne ini memang harus banget masuk list film Thailand terbaik. Film bergenre romantis ini menunjukkan bagaimana perjuangan seorang pria untuk mendapatkan cintanya dengan sedikit slice of life. Tak heran jika film ini berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi di Thailand National Film Association Award di tahun 2016.

Film ini mengisahkan Yoon si freelance graphic designer yang hampir mati karena terlalu fokus dengan pekerjaannya. Ia dirawat oleh seorang dokter cantik bernama Im yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Demi bisa dekat dengan dokter cantik itu, Yoon sampai mencari alasan untuk dirawat dirumah sakit agar dokter Im mau merawatnya.

Itulah daftar film Thailand terbaik yang wajib untuk Anda tonton. Daftar di atas mungkin hanya segelintir dari sekian banyak film berkualitas yang diproduksi di Thailand. Nah, jika Anda memiliki rekomendasi film terbaik Thailand lainnya, baik itu film Thailand terbaru atau yang sudah lama, silakan sampaikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram