Inilah Daftar Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Suci Maharani R

Industri film Thailand merupakan salah satu yang terbaik di wilayah Asia Tenggara. Film-film yang mereka buat selalu menghadirkan cerita-cerita yang menarik dan baru.

Nah, maka dari itu kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa film Thailand terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

YouTube video

1. Love Destiny The Movie

Love Destiny The Movie

Sekuel dari drama populer Thailand berjudul Love Destiny (2018) ini berhasil mendapatkan rating 7.9/10 di My Drama List. Diarahkan oleh sutradara Ping Adisorn Trisirikasem, ceritanya ditulis oleh beberapa screenwriter populer seperti Tang Pattaranat Phiboonsawat dan Ped Thodsapon Thiptinnakorn.

Berlatar di masa Ayutthaya, seorang pengrajin bernama Phop berusaha mendapatkan cinta dari gadis bangsawan bernama Kesorn.

Di balik usaha keduanya untuk menjalin cinta, mereka dihadapkan dengan sebuah konspirasi Pangeran Mahkota. Tak hanya itu, kehadiran seorang pria dari masa depan yang bernama Methus juga semakin memperkeruh keadaan.

2. One for the Road

One for the Road

One for the Road (2021) ini pantas disebut sebagai film terbaik karena ceritanya yang inspiratif dan menyentuh.

Diarahkan oleh Baz Nattawut Poonpiriya, ceritanya ditulis oleh Rose Puangsoi Aksornsawang dan Kai Nottapon Boonprakob. Kali ini Tor Thanapob beradu akting dengan Ice Natara, Violette Wautier dan Aokbab Chutimon sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan Boss, seorang bartender terkenal di New York yang kini berniat pulang ke Thailand untuk menghabiskan akhir hayatnya.

Sejak divonis menderita kanker, Boss ingin menebus semua kesalahannya kepada beberapa orang. Boss pun mengajak sahabatnya Aood untuk melakukan perjalanan terakhir sebelum dirinya meninggalkan dunia ini.

3. Crazy Little Thing Called Love

Crazy Little Thing Called Love

Film berjudul Crazy Little Thing Called Love ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Salah satu film romantis Thailand terbaik ini dibintangi oleh dua artis ternama yakni si tampan Mario Maurer dan si cantik Pimchanok Luevisadpaibul.

Film yang juga dikenal dengan judul First Love ini menceritakan tentang seorang gadis biasa bernama Shone yang naksir ke kakak kelasnya, Nam. Nam ini merupakan seorang pemuda tampan yang banyak diidolai oleh para perempuan di sekolahnya.

Pada awalnya keinginan Shone untuk menjadi pacar Nam tampak hanya sebagai impian belaka. Pasalnya, ia harus menghadapi banyak ‘saingan’ yang jauh lebih cantik ataupun lebih modis dari dirinya.

Namun Shone tidak mau menyerah begitu saja. Ia berusaha habis-habisan untuk merombak penampilannya hingga menjadi sangat cantik. Apakah usahanya tersebut akan membuahkan hasil? Silakan tonton sendiri film romantis Thailand terbaik ini.

4. Ong-Bak: Muay Thai Warrior

Ong-Bak Muay Thai Warrior

Para pecinta film Thailand pastinya sudah tidak asing lagi dengan film Ong-Bak. Ya, film action yang dirilis pada tahun 2003 ini memang sukses memukau para penonton dari dalam maupun luar Thailand. Film ini mengusung tema bela diri asli Thailand yakni Muay Thai.

Film Ong-Bak bercerita tentang pencurian patung Buddha dari sebuah desa kecil. Seorang petarung Muay Thai bernama Ting kemudian pergi ke Bangkok untuk merebut kembali patung tersebut. Di sana ia harus bertarung dengan para petarung handal lainnya agar bisa kembali mendapatkan patung Buddha tersebut.

5. The Medium

film thailand terbaik_The Medium_

Menjadi salah satu film yang paling viral dan banyak sekali diperbincangkan, The Medium (2021) wajib berada dalam list ini.

Film yang digarap oleh sutradara horor terbaik dari Korea Selatan dan Thailand ini memang bisa membuat bulu kuduk penontonnya merinding. Apalagi film ini mengambil gaya mockumentary yang bikin aura horor dan mistisnya makin terasa nyata bagi para penonton.

The Medium (2021) sendiri mengisahkan sebuah kebudayaan shamanisme yang ada di sebuah desa di Thailand.

Nim adalah wadah dari Dewa Bayan yang menjaga desa, perempuan ini dihadapkan dengan keponakannya yang memiliki gejala kerasukan. Awalnya, Nim berpikir Mink akan menjadi wadah Dewa Bayan selanjutnya, tapi hal lebih buruk menimpa mereka yang melibatkan ribuan iblis.  

6. Bad Genius

Bad Genius

Berbicara mengenai film Thailand terbaik, selama ini industri film Thailand memang didominasi dengan film ber-genre horror atau drama percintaan. Namun, di tahun 2017 Bad Genius hadir dengan mengusung genre yang berbeda. Film ini mengusung genre komedi, drama, dan kriminal.

Bad Genius menceritakan tentang sekelompok orang pintar yang mencari uang secara ilegal dengan menjual kunci jawaban untuk ujian. Tak disangka-sangka, bisnis ilegal ini menghasilkan banyak uang.

Akan tetapi, di tengah kenikmatan dari uang yang dihasilkan, Lin yang menjadi dalang utama di film ini harus bertaruh dengan risiko kehilangan kesempatan melanjutkan studi ke luar negeri.

7. Ai Long Nhai: The Endless Love

Ai Long Nhai: The Endless Love

Ai Long Nhai: The Endless Love (2023) adalah film bergenre romantis yang bikin para penontonnya baper banget. Film satu ini mengadaptasi kisahnya dari novel berjudul sama karya Nathakorn.

Kali ini Nob Sathanapong Limwongthong dipercaya sebagai sutradaranya. Sementara Meen Nichakoon dan Ping Krittanun didapuk sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan kehidupan Ai, seorang mahasiswa baru di salah satu universitas di Thailand. Sejak hari pertama menginjakkan kakinya di kampus baru, Ai sudah jatuh cinta pada pandangan pertama pada Chen Nhai.

Pria yang identik dengan motor Harley Davidson itu ternyata memiliki sisi manis yang membuat Ai semakin tergila-gila padanya.

8. OMG! Oh My Girl

OMG! Oh My Girl

Beralih ke film horor, OMG! Oh My Girl (2022) menjadi salah satu film Thailand yang cukup direkomendasikan untuk ditonton. Film ini diarahkan oleh sutradara Pong Thitipong Kerdtongtawee. Kali ini Nanon Korapat beradu akting dengan aktris cantik June Plearnpichaya sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan kisah cinta pasangan muda yang terjegal tempat dan waktu yang salah. Guy adalah seorang pria lajang yang tengah menjalin hubungan dengan seorang gadis bernama June. Setelah putus, keduanya sempat mencoba peruntungan dengan berpacaran dengan orang lain.

Tapi entah kenapa, hubungan ini terasa hambar dan tidak membahagiakan. Guy dan June berpikir untuk bersama lagi, tapi mereka harus meyakinkan diri masing-masing bahwa ini adalah takdir cinta mereka.

9. Once in Memory: Wish Me Luck

Once in Memory: Wish Me Luck

Once in Memory: Wish Me Luck (2021) adalah film bergenre romantis dan youth yang bisa kamu tonton. Film ini dibintangi oleh dua aktor tampan dan terkenal Thailand, sebut saja Micky Chonnapat dan Natthew Nuttapong sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan kehidupan Riw, seorang pemuda yang rutin berkemah tiap kali hari ulang tahunnya datang. Uniknya, Riw hanya berkemah di tempat yang sama. Tujuannya hanya satu, ia berharap bisa bertemu dengan seseorang yang menyelamatkannya tiga tahun lalu.

Meski harapannya ini terasa kosong, Riw tidak pernah merasa lelah atau pesimis. Meski orang yang diharapkannya tidak muncul, Riw malah bertemu dengan Ton, yaitu pria yang sudah dikenalnya sejak lama.

10. Fast and Feel Love

Fast and Feel Love

Mendapatkan rating 7.6/10 di My Drama List, Fast and Feel Love (2022) juga layak disebut sebagai film terbaik Thailand. Film bergenre sport dan komedi ini disutradarai oleh Ter Nawapol Thamrongrattanarit. Untuk jajaran pemeran utamanya, Nat Kitcharit beradu akting dengan Yaya Urassaya, Potae Anusara hingga Primmy Wipawee.

Film ini punya fokus cerita pada kisah hidup Kao, juara dunia olahraga susun yang hidupnya berantakan pasca diputuskan oleh pacarnya.

Pria ini menyadari, bahwa ia tidak memiliki keterampilan untuk hidup seorang diri. Di usianya yang sudah matang, Kao bahkan tidak tahu cara untuk memiliki hidup normal dan sehat. Untungnya ada Jay dan beberapa kawan lainnya yang membantu Kao untuk berubah.

11. Hunger

Hunger

Hunger (2023) adalah film original Netflix yang berhasil jadi perbincangan warganet. Film arahan Dom Sitisiri Mongkolsiri ini menyuguhkan kisah misterius yang bikin penontonnya deg-degan.

Kali ini Aokbab Chutimon didapuk sebagai pemeran utamanya bersama Peter Nopachai dan Gun Svasti. Filmnya mengisahkan Aoy, seorang koki muda yang mendapatkan warisan kedai dari orang tuanya.

Tidak memiliki pengalaman mengelola restoran, Aoy berniat untuk mengasah kemampuannya dengan mengikuti kompetisi bergengsi.

Siapa sangka, Aoy berhasil menjadi peserta di tim ‘Hunger,’ yaitu tim koki yang memasak-masakan kelas atas untuk para bangsawan. Namun yang membuat Aoy ragu adalah sosok Chef Paul yang sangat jenius tapi hidupnya dipenuhi dengan misteri.

12. Deep

Deep

Deep (2021) adalah film bergenre thriller dan sci-fiction yang pantas disebut sebagai film terbaik. Film ini diarahkan oleh empat sutradara ternama, salah satunya Thanabodee Uawithya dan Apirak Samudkidpisan.

Untuk jajaran pemeran utamanya, film ini dibintangi oleh aktris cantik Care Panisara bersama dengan Kay Lertsittichai, Fern Supanaree dan Kit Krit. Film ini mengisahkan sebuah penelitian rahasia yang dilakukan oleh empat siswa kedokteran.

Sama-sama mengalami insomnia, Jane, Win, Cin dan Peach berusaha mencari sebuah formula untuk mengatasi penyakit mereka. Eksperimen ini membuat mereka kehilangan kendali atas beberapa saraf. Untungnya penelitian ini berhasil di akhiri sebelum semuanya terlambat.

13. Shutter

Shutter

Thailand tidak pernah lepas dari yang namanya film horror. Salah satu film horror terbaik Thailand yang pernah dibuat adalah Shutter. Film Shutter mengisahkan tentang Tun dan Jane yang menabrak seorang wanita hingga tewas. Sialnya, wanita tersebut ternyata adalah Natre yang notabene adalah mantan kekasih Tun.

Setelah peristiwa itu Tun mulai dihantui oleh arwah Natre yang ingin membalas dendam. Tidak hanya Tun, namun teman-temannya pun juga ikut dihantui. Bahkan satu-persatu mereka bunuh diri secara mengenaskan karena tidak tahan dengan gangguan dari arwah Natre.

14. Hello Stranger

Hello Stranger

Pertemuan dua orang yang berasal dari Thailand, yakni Dang dan May, di Korea awalnya terkesan biasa saja. Dang sedang ikut tur bersama teman-temannya dan May seorang diri karena ingin mengunjungi tempat-tempat yang ada di Drama Korea kesukaannya.

May bertemu Dang dalam keadaan Dang sedang mabuk. Lantaran ingin menolong, May mengantarkan Dang sampai ke hotelnya. Namun, rombongan tur telah pergi meninggalkan Dang. Akhirnya, Dang yang tak tahu harus kemana lagi pun memutuskan untuk mengikuti May pergi kemana saja.

Dari perjalanan mereka itulah keduanya jadi saling jatuh cinta. Meskipun cerita Hello Stranger ini terkesan klise, tetapi alur ceritanya sangat ringan dan menghibur. Penonton dapat menikmati film romantis ini yang memang mengusung lokasi syuting di Korea Selatan.

15. Ghost Lab

Ghost Lab

Dibintangi oleh Tor Thanapob, Ice Paris dan Nychaa Nuttanicha, Ghost Lab (2021) juga tidak boleh dilewatkan dalam list ini. film bergenre medis, horor dan sci-fiction ini diarahkan dengan sangat baik oleh sutradara Goff Paween Purijitpanya.

Berlatar di sebuah rumah sakit, Dr. Wee dan Dr. Kla berniat untuk membuktikan apakah hantu itu nyata atau pengaruh psikologis saja. Dr. Wee yang tidak percaya dengan hantu, terlihat sangat bersemangat. Sementara Dr. Kla yang percaya pada hantu berusaha membuat penelitian ini berjalan lancar.

Mereka mencari cara agar para hantu mau keluar dan menampakkan diri. Sayangnya penelitian ini terancam gagal, karena teori-teori mereka dinyatakan tidak valid.

16. Pee Mak

YouTube video

Hantu Mae Nak merupakan salah satu urban legend yang paling terkenal di Thailand. Mae nak merupakan seorang istri hamil yang harus ditinggalkan oleh suaminya ke medan perang.

Sayangnya, ia mengalami pendarahan hingga meninggal dunia. Sang suami tidak mengetahui jika istrinya tersebut sudah menjadi hantu.

Dalam film Pee Mak ini Anda tidak perlu membayangkan sebuah film yang penuh dengan adegan mistis. Pasalnya, film Pee Mak ini adalah versi komedi dari urban legend tersebut.

Film horror komedi ini menceritakan tentang perjuangan teman-teman sang suami (Mak) agar ia sadar bahwa istrinya tersebut telah meninggal dan menjadi hantu.

17. Pee Nak

Pee Nak

Pee Nak (2019-2022) adalah film horor dan komedi Thailand yang wajib banget kamu tonton. Memiliki alur cerita yang ringan tapi kaya akan budaya Thailand, film arahan Mike Phontharis Chotkijsadarsopon sangat menghibur.

Film ini dibintangi deretan aktor beken, sebut saja August Vachiravit, James Bhuripat, Aim Witthawat hingga Mean Phiravich sebagai pemeran utamanya. Film ini mengisahkan berbagai insiden yang terjadi pada beberapa pria yang akan ditahbiskan di masa lalu.

Entah bernasib buruk atau sial, Ballon dan First selalu saja berhadapan dengan hantu Pee Nak yang ganas. Setelah berhasil mengalahkan hantu Pee Nak di kuil, kini mereka berhadapan dengan hantu Pee Nak yang berhubungan dengan legenda ular ajaib di kuil lainnya.

18. Happy Old Year

film thailand terbaik_Happy Old Year_

Pernahkah kamu berpikir apa arti dari sebuah kantong sampah dan kenapa barang-barang usang bisa disebut sampah? Saat menonton Happy Old Year kamu mungkin akan menyesali telah membuat berbagai barang ke tempat sampah begitu saja.

Hal inilah yang dirasakan oleh Jean, perempuan yang berniat merombak rumahnya sebagai hunian sekaligus kantor untuk perusahaan desainnya. Terinspirasi dengan gaya minimalis saat ia bersekolah di Swedia, tanpa berpikir panjang Jean membuat semua perabotan di rumahnya.

Hingga suatu hari Pink menyadarkannya, bahwa semua benda yang dikiranya sampah ternyata memiliki kisah masing-masing. Bahkan, sampah-sampah ini bisa melepaskan Jean dari luka dan kegelisahan yang ia kubur di hatinya selama bertahun-tahun.

19. ATM: Er Rak Error

film thailand terbaik_ATM Er Rak Error_

Menjadi salah satu film Thailand terlaris sepanjang masa, ATM: Er Rak Error (2012) tidak boleh sampai tidak masuk dalam list ini. Film yang digarap oleh Mez Tharatorn ini tidak hanya membuat penontonnya terhibur, tapi merasakan juga ketulusan dari jalan ceritanya.

Kenapa bisa begitu? Karena film ini menunjukkan problem umum, ketika pasangan pekerja harus memilih masa depan mereka.

Inilah yang dirasakan oleh Jib dan Sua, pasangan backstreet yang berniat untuk menikah. Namun, pernikahan mereka agaknya sulit untuk terjadi, pasalnya salah satu dari mereka harus meninggalkan kantor.

Memanfaatkan masalah mengenai salah satu ATM yang rusak, Jib menjebak Sua dengan kasus sulit ini. Bahkan, keduanya saling bertarung untuk menentukan siapa yang akan menang dan keluar dari kantor.

20. Friend Zone

Friend Zone

Friend Zone mengangkat kejadian yang bisa dialami oleh siapa saja. Ya, naksir sahabat sendiri memang tak selalu indah, apalagi jika si dia hanya menginginkan persahabatan, tak lebih.

Palm (Naphat Nine) terjebak dalam hubungan friend zone selama 10 tahun dengan Gink (Pimchanok Luevisadpaibul). Sewaktu masih SMA, Palm pernah memberanikan diri menyatakan cinta kepada Gink, tapi Gink mengatakan “Menjadi teman saja sudah cukup.”

Setiap kali Gink putus dengan kekasihnya, Palm selalu ada untuk menghiburnya. Bahkan, Gink selalu memaksa Palm menggunakan tunjangannya sebagai pramugara untuk menemani Gink yang patah hati berpelesir.

Tak disangka, Palm memang masih memendam perasaan kepada Gink dan tidak bisa move on meskipun dirinya sudah mencoba menjalin hubungan dengan perempuan lain.

21. 2gether The Movie

film thailand terbaik_2gether The Movie_

Mengikuti kesuksesan drama series-nya, GMMTV akhirnya merilis 2gether The Movie (2021). Masih diperankan oleh Win Metawin dan Bright Vachirawit, film ini memang sukses secara global. Bahkan, nama kedua pemeran utamanya langsung dikenal luar dan memiliki banyak penggemar fanatik.

Masing mengisahkan kehidupan Tine dan Sarawat di kampus, kali ini semuanya diceritakan dari sudut pandang Sarawat. Awalnya, Tine si pemandu sorak tampan ini dikejar-kejar oleh Green, namun ia tidak pernah menyukai pria itu.

Tine kemudian meminta bantuan Sarawat, cowok paling populer dari klub sepak bola untuk pura-pura berkencan dengannya. Namun, siapa sangka mereka malah jatuh cinta benaran.

Itulah daftar film Thailand terbaik yang wajib untuk Anda tonton. Daftar di atas mungkin hanya segelintir dari sekian banyak film berkualitas yang diproduksi di Thailand.

Nah, jika Anda memiliki rekomendasi film terbaik Thailand lainnya, baik itu film Thailand terbaru atau yang sudah lama, silakan sampaikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram