Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Meryl Streep

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Meryl Streep

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sepanjang penyelenggaraan Academy Awards, ada seorang aktris yang hingga tahun 2017 ini sudah 20 kali namanya masuk nominasi Oscar dan tiga diantaranya dia menangkan. Siapakah aktris tersebut?

Mary Louise “Meryl” Streep. Bahkan, aktris yang lahir di New Jersey pada 22 Juni 1949 ini, sudah 30 kali dinominasikan di berbagai kategori pada ajang Golden Globe. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi insan perfilman tentunya, khususnya bagi seorang aktris.

Kualitas aktingnya tidak datang begitu saja. Sejak tahun 1975, Streep digembleng pentas teater yang mengantarkannya meraih Tony Awards di tahun 1976. Penghargaan inilah yang membuatnya bisa menembus perfilman Hollywood. The Deer Hunter [1978] adalah “breakthrough” bagi Streep, dimana dirinya berhasil dinominasikan di kategori Best Supporting Actress untuk pertama kalinya.

Sejak itu, hampir di setiap penyelenggaraan Academy Awards, namanya selalu ada dalam daftar nominasi, baik itu Best Actress ataupun Best Supporting Actress. Dari 20 filmnya yang masuk nominasi Oscar dan 30 diantaranya yang juga masuk nominasi Golden Globe.

Berikut ini kami pilihkan sepuluh film terbaiknya, dimana Streep menampilkan performa akting yang mumpuni yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Meryl Streep

1. Kramer vs. Kramer [1979]

Kramer vs kramer

Film drama keluarga tentang perceraian dan efeknya dalam kehidupan mereka ini adalah film pertama dimana Meryl Streep berhasil membawa pulang Oscar di kategori Best Supporting Actress.

Aktingnya bersama Dustin Hoffman dipuji banyak kritisi karena chemistry mereka yang sangat padu. Selain itu, film karya sutradara Robert Benton ini juga berhasil memenangkan empat Oscar lainnya di kategori Best Picture, Best Director, Best Actor dan Best Adapted Screenplay.

2. Sophie’s Choice [1982]

sophie's choice

Film yang diadaptasi dari novel karya William Styron ini menampilkan kisah romantis dengan bumbu psikologis yang lumayan dalam. Peran Meryl Streep sebagai penulis imigran dari Polandia yang berbagi kamar dengan kedua rekannya ternyata menimbulkan perasaan cinta yang membuatnya galau.

Lewat perannya ini, Meryl Streep berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Actress untuk pertama kalinya setelah sebelumnya masuk nominasi lewat film The French Lieutenant’s Woman [1981] setahun sebelumnya. Selain itu, film ini masuk nominasi di empat kategori lainnya yaitu Best Cinematography, Best Costume Design, Best Music dan Best Adapted Screenplay.

3. Silkwood [1983]

silkwood

Biopic tentang Karen Silkwood, seorang aktivis buruh yang tewas dalam kecelakaan mobil ketika menginvestigasi kecurangan perusahaan nuklir, sekali lagi membawa Meryl Streep untuk masuk nominasi Best Actress.

Banyak kritikus film menganggap film ini sebagai perubahan jalur bagi ketiga tokoh utamanya dalam sebuah film serius, dimana selain Meryl Streep, Kurt Russell yang biasa berperan dalam film-film action dan Cher yang lebih dikenal sebagai penyanyi, menampilkan performa akting serius mereka di film karya sutradara Mike Nichols ini.

4. Out of Africa [1985]

out of africa

Film ini bersumber dari kisah Karen Blixen, seorang bangsawan yang jatuh cinta kepada pemburu di Afrika, yang bukunya dipublikasikan di tahun 1937. Sutradara Sydney Pollack berhasil memadukan sinergi antara Meryl Streep dan Robert Redford sehingga perpaduan akting mereka tampil sangat baik.

11 nominasi Oscar dan berhasil meraih tujuh diantaranya adalah sebuah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah film. Wajar jika film ini selalu masuk dalam daftar film-film terbaik sepanjang masa.

5. The Bridges of Madison County [1995]

bridges of madison country

Tema cinta sesaat atau perselingkuhan biasanya dibesut dengan nuansa kekelaman, tetapi tidak dengan film yang disutradarai, diproduseri dan dibintangi oleh Clint Eastwood ini. Perselingkuhan yang terjadi sangat singkat, hanya empat hari, ternyata mengubah jalan hidup mereka berdua setelah kejadian itu.

Meryl Streep yang berperan sebagai Francesca, mampu menampilkan akting yang memikat, baik dalam menampilkan perasaan cinta juga dalam menghadirkan kegalauan memuncak ketika harus memilih antara cinta dan keluarga. Untuk kedelapan kalinya, Meryl Streep dinominasikan Academy Awards di kategori Best Actrees. 

6. One True Thing [1998]

one true thing

Melodrama keluarga ini memfokuskan cerita pada sosok wanita karir yang terpaksa harus mengurus ibunya yang menderita kanker. Hubungan antara ibu dan putrinya yang kurang harmonis ini sedikit banyak mempengaruhi suasana di dalam keluarga. Tetapi semua berubah ketika tahu usia ibunya sudah tidak lama lagi. Kedekatan mereka terpaksa berakhir dengan wafatnya sang ibu.

Meryl Streep berperan sebagai sang ibu yang berjuang untuk sembuh dari kanker ovarian. Aktingnya memukau dan mampu mengundang empati dan rasa haru. Wajar saja jika sekali lagi dia masuk nominasi Best Actress di Academy Awards.

7. Doubt [2008]

doubt

Film yang bertema agama biasanya mengandung kesan sensitif bagi penganutnya. Apalagi itu menyinggung tentang keimanan dan kejujuran sang pemimpin agama yang diragukan oleh pengikutnya dan membuat mereka dilema.

Tidak hanya Meryl Streep saja yang tampil memukau di film ini, tetapi juga ketiga pemeran lainnya, yaitu Amy Adams, Philip Seymour Hoffman dan Viola Davis.

Mereka semua dinominasikan di empat kategori utama Academy Awards. Lewat akting mereka, penonton akan dibawa tenggelam dalam dilema dan kegalauan yang dalam yang mampu menggoyahkan keimanan seseorang.

8. Julie & Julia [2009]

julie and julia

Film yang diangkat dari blog milik Julie Powell yang telah dipublikasikan sejak tahun 2002 ini mengisahkan ambisinya dalam memasak 524 resep milik Julia Child dalam setahun dalam apartemennya yang sempit. Kisah ini disajikan secara bolak-balik antara tahun 2002 dan masa keemasan Julia Child di tahun 1961 ketika buku resepnya dirilis.

Meryl Streep dan Amy Adams kembali bertemu setelah di film Doubt [2008] sebelumnya kembali dipertemukan meski hingga akhir film mereka tidak pernah bertemu dalam satu adegan pun.

9. The Iron Lady [2011]

the iron lady

Rasanya tidak ada yang pantas untuk memerankan tokoh Margaret Thatcher selain Meryl Streep. Dengan sedikit make-up pada wajahnya, membuat dirinya sama persis dengan Perdana Menteri Inggris wanita pertama yang juga salah satu PM Inggris terlama menjabat dan tokoh politik dunia di abad 20.

Meski filmnya sendiri mengundang reaksi yang beragam, mungkin karena alurnya yang bolak-balik antara masa tua, masa muda dan masa baktinya sebagai PM Inggris, sehingga sedikit membingungkan penonton, tetapi performa akting Meryl Streep sangat menonjol dan dianggap sebagai performa terbaiknya sejauh ini.

Pada akhirnya, lewat film ini, Meryl Streep meraih Oscar setelah 17 tahun sejak Oscar terakhirnya sebagai Best Actress, Golden Globe dan BAFTA Awards yang membuktikan kualitas akting mumpuni dari aktris senior yang film-filmnya selalu diperhitungkan dalam ajang penghargaan perfilman dunia.

10. August: Osage County [2013]

august

Di film drama keluarga dengan bumbu komedi satir ini, duet Meryl Streep dan Julia Roberts sangat bersinergi dan mengisi nuansa film yang juga menampilkan deretan aktor-aktris papan atas lainnya ini.

Ada banyak adegan yang menampilkan kedahsyatan akting mereka dalam berseteru dan adu mulut antara ibu dan putrinya yang sangat emosionil. Wajar jika mereka berdua masuk nominasi Oscar di kategori Best Actress dan Best Supporting Actress.

Istilah “tua-tua keladi” ternyata memang ada dan tersemat pada diri Meryl Streep. Semakin tua, aktingnya semakin terasah dan semakin mumpuni yang bisa menginspirasi aktris lain untuk mencontohnya.

Raihan 20 nominasi Oscar memang tidak sembarangan aktris yang bisa mencapainya, tapi itulah pencapaian Meryl Streep hingga kini. Sudah pasti film-film berikutnya selalu dinanti oleh moviegoers demi menikmati kualitas akting kelas atas dari sang aktris.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *