Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Jeff Bridges

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Jeff Bridges

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bakat akting seorang anak memang tidak jauh dari ayahnya. Begitupun juga bakat yang ada pada diri Jeffrey Leon “Jeff” Bridges. Dia tumbuh dan besar di keluarga yang hidup dari dunia perfilman.

Ayahnya adalah seorang aktor yang telah membintangi lebih dari 150 judul film dan beberapa serial televisi. Tapi yang membedakan keduanya adalah sang anak lebih terkenal sebagai aktor watak dan ayahnya adalah aktor yang banyak bermain di ranah komedi. Bagi yang suka menonton film-film parodi, pasti kenal dengan nama Lloyd Bridges. Dialah ayah dari Jeff Bridges.

Karir aktingnya dimulai ketika Jeff Bridges ikut membintangi serial TV berjudul Sea Hunt, yang dibintangi oleh ayahnya dan kakaknya, Beau Bridges. Selain itu dia juga ikut tampil di acara yang dipandu oleh ayahnya, The Lloyd Bridges Show. Tetapi setelah terjun ke dunia film layar lebar, dia pun berhasil keluar dari bayang-bayang nama besar ayahnya.

Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik dari Jeff Bridges, termasuk 7 diantaranya adalah film yang membawa dirinya masuk sebagai nominasi Oscar.

10 Film Terbaik yang Dibintangi Jeff Bridges

1. The Last Picture Show [1971]

The last picture show

Film drama remaja dengan seting kota kecil di Texas Barat ini adalah film breakthrough bagi Jeff Bridges yang saat itu baru saja meniti karir filmnya.

Ditampilkan dalam format hitam-putih demi nilai estetika, film ini kemudian banyak menuai pujian dan masuk ke dalam 8 nominasi Oscar, salah satunya adalah untuk Jeff Bridges di kategori Best Supporting Actor. Saat ini, film ini sudah menjadi klasik dan terdaftar di National Film Registry.

2. Thunderbolt and Lightfoot [1974]

thunderbolt and lightfootFilm komedi kriminal ini memadukan Clint Eastwood dengan Jeff Bridges. Mereka merencanakan perampokan bank. Meski berhasil, rencana ini merenggut nyawa salah satu dari mereka. Akting Jeff Bridges dianggap melampaui Clint Eastwood sebagai pemeran utama yang menuai kritikan, sehingga mengantarkan Jeff Bridges masuk nominasi Oscar di kategori Best Supporting Actor.

3. Starman [1984]

starman

Setelah berperan dalam banyak film, diantaranya sukses secara komersil, akhirnya film inilah yang kembali memasukkan Jeff Bridges dalam nominasi Oscar pertamanya sebagai Best Actor.

Jeff Bridges berperan sebagai alien yang datang ke bumi karena undangan dari pesawat Voyager 2 dan menjelma dalam sosok orang yang sudah wafat yang kebetulan adalah mantan suami dari seorang janda.

Dari sini kisah romantis mereka terjalin meski dalam pengejaran pihak pemerintah. Dalam film ini, Jeff Bridges dan Karen Allen menyumbangkan suara mereka dalam lagu “All I Have to Do Is Dream” yang menjadi salah satu lagu soundtrack film karya sutradara John Carpenter ini.

4. The Fisher King [1991]

the fisher king

Di film ini, Jeff Bridges beradu akting dengan Robin Williams dalam salah satu film komedi terbaik karya Terry Gilliam. Ceritanya cukup menarik dimana seorang mantan penyiar radio yang pernah membuat lelucon tentang bunuh diri massal membantu seorang gelandangan yang istrinya tewas karena lelucon bunuh diri tersebut untuk menemukan Holy Grail.

Makna filosofis di dalam kisahnya cukup menyentuh meski banyak unsur komedi disana-sini. Meski akting Jeff Bridges dianggap baik, tetapi Robin Williams yang berhasil masuk nominasi Oscar di film ini dan Mercedes Ruehl yang membawa pulang Oscar dari kategori Best Supporting Actress.

5. The Big Lebowski [1998]

the big lebowski

Sutradara Coen Bersaudara selalu menampilkan film-film unik yang cenderung aneh tetapi menghibur. Jeff Bridges dan John Goodman tampil baik dan padu di film yang juga dibintangi oleh Julianne Moore dan Steve Buscemi ini.

Karena kesalahan identitas, dirinya harus menuntut ganti rugi kepada orang yang memiliki nama yang sama dengannya yang ternyata adalah seorang milyuner bermasalah. Petualangan dimulai ketika mereka diminta untuk mencari Bunny, istri muda sang milyuner.

Pada saat perilisan, film ini gagal total dalam peredarannya dan menuai kritikan tajam. Tetapi setelah beberapa tahun, kritikan pedas itu berubah menjadi pujian karena unsur keunikan di dalam filmnya dan akhirnya menyandang status cult classic.

6. The Contender [2000]

the contender

Film drama politik yang penuh konspirasi ini menyajikan kisah pemilihan wakil presiden baru yang mengundang banyak informasi baik dan buruk tentangnya. Kabarnya, film ini adalah respon atas Lewinsky Scandal di masa jabatan Bill Clinton sebagai presiden AS. Lewat film ini, Jeff Bridges yang berperan sebagai presiden AS fiktif berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Supporting Actor.

7. Iron Man [2008]

iron man

Sebagai aktor besar Jeff Bridges tidak luput dari incaran produser besar untuk berperan dalam proyek film mega bujet, salah satunya adalah Iron Man. Di film ini, Jeff Bridges berperan sebagai Obadiah Stane, partner Tony Stark di perusahaan, yang ternyata memiliki niat jahat untuk membangun robot raksasa untuk melawan Iron Man.

Wajahnya yang keras dan suaranya yang serak membuat karakter yang diperankannya terlihat sangat jahat, tetapi tetap elegan dan berkharisma. Sepertinya tidak banyak yang bisa berakting seperti itu, salah satunya adalah Jeff Bridges.

8. Crazy Heart [2009]

crazy heart

Di film yang membawa dirinya meraih Oscar sebagai Best Actor ini, Jeff Bridges berperan sebagai musisi country yang sudah memudar pamornya dan menjalin kisah asmara dengan seorang reporter berstatus janda beranak satu.

Sisi psikologisnya yang sedikit terganggu karena karirnya yang tidak bisa diangkat lagi dan harus menjadi opening act bagi muridnya yang sudah menjadi musisi terkenal, membuat jiwanya tidak stabil.

Karakter seperti ini ternyata sangat cocok dibawakan oleh Jeff Bridges dan dia membawakannya dengan sangat baik dan terkesan natural saat berakting. Apalagi ditambah dia juga yang menyanyikan keseluruhan lagu di dalam soundtrack-nya.

9. True Grit [2010]

true gift

Film western ini adalah adaptasi kedua dari novel karya Charles Portis setelah sebelumnya pernah difilmkan di tahun 1969 dengan aktor John Wayne dan Glen Campbell. Jeff Bridges berperan sebagai Deputy U.S. Marshal Rooster Cogburn yang disewa oleh remaja berusia 14 tahun untuk memburu pembunuh ayahnya.

Dalam perjalanannya, mereka bersaing dengan Texas Ranger yang ingin membawa Tom Chaney, sang pembunuh, untuk diadili. Kesamaan target tapi berbeda tujuan membuat mereka saling silang dalam perburuannya. Film ini masuk di 10 nominasi Oscar, salah satunya untuk Jeff Bridges di kategori Best Actor.

10. Hell or High Water [2016]

hell or high water

Kembali ke akar western, Jeff Bridges berperan sebagai Sheriff yang sebentar lagi pensiun dan ditugaskan untuk memburu perampok bank bersenjata. Gayanya yang slengean dan sedikit rasis sangat santai dibawakan olehnya, bahkan membuat partnernya agak sedikit sebal dengannya meski sebenarnya dia berhati baik dan profesional.

Meski hanya sepintas, penonton dibuat paham dengan sisi psikologisnya yang belum siap untuk pensiun dan totalitasnya dalam mengejar buronan. Lewat film ini, Jeff Bridges kembali masuk nominasi Oscar di kategori Best Supporting Actor.

Dengan karir yang sedang diatas dengan kualitas akting yang sudah diakui oleh semua pihak, sudah pasti masih banyak proyek film baginya meski saat ini dia sudah memasuki usia senja. Justru hal itu membuat dirinya tampil sebagai aktor watak yang dewasa dalam berakting.

Kharismanya yang besar dan bakat menyanyinya yang seringkali ditampilkan di dalam filmnya, membuat nilai tambah bagi aktor yang lahir di jantung Hollywood pada 4 Desember 1949 silam. Kita tunggu bersama proyek-proyek film berikutnya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *