Bacaterus / Film Barat / 10 Film Box Office dengan Tema Survival Paling Epic

10 Film Box Office dengan Tema Survival Paling Epic

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau sudah bicara soal hidup dan mati; pasti kebanyakan dari kita sudah bergidik ngeri. Bukan karena tidak menerima takdir, tapi masalahnya kita tahu apa yang akan dihadapi dan kita ditempatkan hanya dalam dua pilihan. Lanjut atau Game Over. Gimana engga stress? Hal ini dianggap sebagai salah satu cerita menarik untuk disadur ke dalam film.

Tidak heran kalau saat ini, banyak sekali sineas yang mencoba untuk membuat film dengan tema survival tersebut. Para penonton akan digiring ke dalam suasana tegang dan mencoba menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya. Kalau sudah begini, para moviefreak pasti doyan untuk berlama-lama menontonnya. Nah, tim Bacaterus bantu deh kasih referensinya. Yuk simak!

1. The Day After Tomorrow

the-day-after-tomorrow-quad-poster-2 (Copy)

  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Thriller
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemeran: Dennis Quaid, Jake Gyllenhaal, Emmy Rossum

Pemanasan Global sudah mencapai titik paling tinggi; membuat cuaca di seluruh penjuru dunia jadi kacau balau. Hal ini dirasakan lebih awal oleh Jack Hall diperankan oleh Dennis Quaid, seorang paleoclimatologist yang sedang melakukan penelitian di Larsen Ice Shelf, Antartika. Saat akan mengambil sampel es, tiba-tiba saja dataran es disana terbelah menjadi dua.

Kejadian di atas langsung diinformasikan ke semua orang penting, namun sayang, Presiden tidak merespon secara cepat kabar buruk ini. Bencana satu per satu mula terjadi. Saat bencana datang, anak Jack, Sam diperankan Jake Gyllenhaal, sedang mengikuti lomba akademik di New York bersama dua orang temannya. Tsunami setinggi puluhan meter menyapu seluruh daerah Manhattan. Semua tenggelam.

Perjuangan hidup Sam, bersama dua orang temannya dimulai dari sini. Air laut yang menenggelamkan seluruh penjuru Manhattan mulai membeku karena terjadi penurunan suhu ekstrem hingga -101 derajat celcius. Pasokan makanan, air bersih dan udara beku mulai membuat keadaan semakin buruk. Belum lagi, salah satu teman Sam, Laura, diperankan oleh Emmy Rossum, mengalami infeksi darah.

Dalam keadaan kacau seperti itu, Jack tidak memiliki pilihan lagi selain menyelamatkan anaknya di Manhattan dengan melintasi dataran yang sudah membeku bersama beberapa rekannya. Sam ‘pun tidak tinggal diam. Menunggu Ayahnya datang, Sam bersama orang-orang yang terjebak di Perpustakaan kota saling bantu untuk terus bertahan hidup dan terus berusaha supaya badan mereka tetap hangat.

Bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Jack berhasil menyelamatkan Sam beserta teman-temannya? Film besutan sutradara Roland Emmerich ini juga membantu pemerintah dalam usaha meningkatkan awareness tehadap pemanasan global. Roland membuat kampanye soal isu tersebut dan mendapatkan respon positif dari seluruh pihak baik yang terlibat bahkan yang tidak terlibat langsung.

2. Poseidon

Poseidon (Copy)

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Thriller, Survival
  • Produksi: Virtual Studios, Warner Bros
  • Sutradara: Wolfgang Peteson
  • Pemeran: Kurt Russel, Josh Lucas, Jacinda Barret

Perjalanan liburan di atas kapal pesiar berubah sedemikian rupa setelah gelombang tinggi menghantam kapal pesiar Poseidon di tengah Samudera Atlantik.

Kapal yang berangkat dari London menuju New York itu terbalik membuat seluruh penumpangnya terjebak di dalam seluruh sudut kapal. Dalam bahaya, para penumpang yang berhasil selamat mulai mencari cara untuk bertahan hidup untuk keluar dari kapal itu.

Robert Ramsey (Kurt Russel) bersama anaknya Jeniffer (Emmy Rossum) dan tunangannya Christian (Mike Vogel) terjebak di dalam kapal Poseidon saat ombak menerjang. Ditambah beberapa penumpang lainnya, mereka saling bahu membahu untuk menuju bawah kapal yang setelah tebalik menjadi lantai atas kapal. Perjuangan mereka tidak mudah; banyak yang gugur juga selama perjalanan saat naik keatas.

Rintangan yang mereka temui benar-benar parah. Lantai tebalik membuat semuanya jadi serba susah, belum lagi banyak furnitur dan benda-benda tajam berserakan dimana-mana. Mereka bahkan harus sampai memanjat 1 lantai lewat elevator shaft yang diatasnya tergantung lift yang terbakar. Bak menjemput ajal, mereka semua nekat untuk menerobos shaft tersebut meski akhirnya ada yang meninggal

Dalam adegan akhir, mereka sampai juga di ruangan mesin utama yang berarti ada di lantai paling atas kapal akibat kapal terbalik. Naas, seluruh sisi kapal tertutup baja. Mereka kini harus putar otak lagi supaya bisa keluar dari lambung kapal sebelum kapal benar-benar tenggelam, karena air semakin lama semakin naik memasuki seluruh isi kapal

Bisakah mereka keluar dengan selamat dari Poseidon? Bagaimanakah akhir ceritanya? Yuk, tonton film Poseidon. Untuk yang mengidap Thallasophobia sepertinya harus pikir dua kali sih untuk menonton film ini mengingat perjuangan hidup orang-orang dalam film semuanya harus menyelam dalam air untuk waktu yang cukup lama demi keluar dari kapal tersebut.

3. No Escape

No Escape (Copy)

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: Bold Films
  • Sutradara: John Erick Dowdle
  • Pemeran: Owen Wilson, Lake Bell, Pierce Brosnan

Jack Dawyer diperankan oleh Owen Wilson adalah pegawai baru dari perusahaan air minum Cardiff berbasis di Amerika. Dia bersama istrinya, Annie (Lake Bell) dan kedua anaknya harus terbang ke Thailand karena Jack memimpin salah satu acara Cardiff disana. Perjalanan mereka baik-baik saja sampai mereka sampai di hotel Imperial Lotus.

Jack mulai merasa ada yang janggal setelah mengetahui bahwa saluran TV, radio bahkan koran pun tidak bisa ia dapatkan. Tidak puas dengan penjelasan dari pihak hotel, Jack akhirnya meninggalkan istri dan anak-anaknya di hotel untuk mencari informasi sendiri. Naas, saat berjalan di pasar utama, ternyata perselisihan antara polisi dan warga lokal sedang memanas.

Terjepit di tengah-tengah, Jack mencari cara supaya bisa keluar dari sana dan kembali ke hotel. Sialnya kerusuhan terlanjur menyebar dan pemicunya adalah ketidaksukaan mereka tehadap perusahaan asing yang ingin mengambil alih sistem perairan di kota mereka.

Dan parahnya, perusahaan yang jadi masalah itu adalah Cardiff. Bagai jatuh tertimpa tangga, bukan hanya perusahaan, semua orang asing menjadi target mereka.

Jack yang berhasil kembali ke hotel langsung menyeret istri dan anaknya untuk keluar dari hotel bahkan lebih baik keluar dari kota mematikan tersebut.

Menerobos kerusuhan dengan menyamar jadi warga lokal hingga hampir dibunuh oleh beberapa orang biang rusuh, Jack bersama keluarga akhirnya lolos dari kawasan sekitar hotel. Selesai? Tidak sama sekali. Mereka harus keluar dari kota itu segera mungkin sebelum semuanya semakin parah.

Situasi kian memanas saat foto Jack ada di welcome banner hotel. Belum lagi karena warga lokal semakin gencar memburu orang asing. Mampukah Jack bersama keluarga keluar dari kota dan selamat tanpa harus berurusan dengan kerusuhan yang terjadi? Ikuti ceritanya dengan menonton film No Escape! Untuk yang tidak suka gory scene, mending jangan nonton ya!

4. Maze Runner

Maze Runner (Copy)

Terbangun di tempat baru yang entah dimana membuat seorang remaja lelaki ketakutan bukan main. Dirinya kehilangan ingatannya sehingga memperburuk keadaannya. Dia terbangun di suatu tempat bernama Glade. Disana ada sekitar 100-an anak sebaya dengannya yang bertahan hidup dengan bertani dan beternak. Mereka pun memiliki pengalaman yang sama sebelumnya. Bangun dan tidak ingat apapun.

Mencoba mencari jati dirinya, tiba-tiba remaja perempuan hadir juga di dalam Glade dari dalam lorong lift yang sama saat remaja lelaki tersebut muncul. Remaja perempuan tersebut bangun dari tidurnya dan memanggil remaja lelaki tersebut dengan panggilan Thomas. Thomas akhirnya dikenal semua remaja di wilayah Glade.

Salah satu remaja di wilayah Glade, Min Ho (Ki Hong Lee) adalah ‘penjaga’ disana.  Dia menginformasikan kepada Thomas bahwa Glade ini seperti tempat pelindung dari makhluk menyeramkan, Griever, di luar pagar Glade.

Di luar wilayah Glade terdapat labirin besar sehingga mereka tidak bisa keluar. Penasaran, Thomas mencoba cara dan berhasil. Akibat adanya insiden, Thomas bertemu Griever dan membunuhnya.

Akibat tindakannya ini, seluruh kegiatan di dalam Glade berubah total. Seluruh pagar yang melindungi Glade dari Griever terbuka. Semua remaja yang ada di Glade menyiapkan diri untuk bertahan hidup dengan menyerang balik. Dari ratusan remaja, hanya tinggal beberapa yang selamat untuk melanjutkan perjalanan keluar dari labirin.

Film petualangan bertema survival ini memiliki sekuel. Jadi kalau kalian mau menonton harus mengikuti dari cerita pertama ini; karena Maze Runner ini menjadi awal dari cerita selanjutnya. Penasaran bagaimana mereka bisa keluar hidup-hidup dari labirin itu dan bagaimana mereka bertahan hidup dari serangan Griever? Intip film nya yuk?

5. Cast Away

Cast Away (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Drama, Survival
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: Robert Zemeckis
  • Pemeran: Tom Hanks

Chuck Noland diperankan oleh Tom Hanks adalah pegawai salah satu perusahaan ekspedisi ternama FedEx. Saat malam natal, Chuck harus bekerja menyelesaikan masalah di Malaysia, sehingga dirinya harus tebang kesana menggunakan pesawat kargo FedEx. Saat berada diatas langit, badai dengan kategori 5 menyerang hingga pesawat jatuh di lautan Pasifik.

Putus asa karena rekan-rekannya meninggal, Chuck memikirkan cara untuk bertahan hidup seorang diri. Chuck terdampar di pulau tak berpenghuni bersama dengan sisa-sisa pecahan pesawat yang ia tumpangi. Cuma barang-barang itulah yang bisa ia pakai untuk bertahan hidup. Sialnya banyak barang-barang yang tidak berguna sehingga Chuck tetap harus berusaha supaya dirinya selamat.

Disaat mencoba segala cara, usaha Chuck sia-sia. Dia mulai kesepian. Satu-satunya ‘teman’ yang ia ajak bicara hanyalah sebuah bola voli yang ia beri nama Wilson. Kemanapun, dimanapun, Chuck selalu mengajak Wilson untuk bicara dengannya supaya Chuck tidak merasa kesepian. Namun semakin lama, Chuck sadar bahwa kalau dirinya seperti ini terus, dia akan benar-benar menjadi gila.

4 tahun berlalu, doa Chuck terjawab. Badai datang untuk kedua kalinya dan menyeret ‘sampah’ ke pulau tersebut. Di antara sampah yang hanyut, ada sebuah toilet portable besar cukup untuk dibuat menjadi sebuah perahu. Chuck menggunakan sisa-sisa plastik pembungkus paket sebagai layarnya. Berhasil! Perahu karya Chuck mengapung sempurna sebelum badai kembali datang.

Mampukah Chuck bertahan dari skenario buruk itu? Akankah Wilson menjadi teman Chuck untuk selamanya? Yuk nonton film nya. Oh iya, apabila Chuck adalah kalian, apa yang akan kalian lakukan untuk bertahan hidup? Ceritakan imajinasi kalian di kolom komentar ya!

6. San Andreas

San Andreas (Copy)

Patahan San Andreas menjadi momok untuk semua orang di daerah California. Apabila patahan ini aktif dan bergerak maka semua yang ada di atas patahan tersebut akan hancur bubuk karena gempa tektonik berskala besar siap menyerang. Ketakutan itu benar-benar terjadi pada film San Andreas. Wilayah California lebur dihantam gempa berulang kali.

Adalah Ray Gaines, Seorang pilot penyelamat dari Los Angeles Fire Department, harus segera terbang akibat hancurnya bendungan Hoover yang menewaskan banyak sekali jiwa dan memporakporandakan seluruh wilayah Nevada akibat gempa tektonik yang diramalkan terjadi oleh ahli seismograf dari Universitas Caltech.

Ternyata gempa yang terjadi di Nevada itu merupakan awal mula rentetan kejadian yang akan menghabisi wilayah California. Sialnya, anak gadis Ray, Blake (Alexandra Daddario) sedang berada di Los Angeles; salah satu tempat yang akan mengalami gempa hebat dari patahan San Andreas. Blake bersama dengan seorang pria bernama Ben dan adiknya lantas mencari akal supaya bisa bertahan di situasi chaos tersebut.

Dengan kemampuan survival yang diajarkan oleh Ayahnya, Rey, Blake berhasil untuk tetap aman meski gempa terus menerus terjadi. Blake bahkan tahu bagaimana caranya mendapatkan tactic signal,  sinyal telepon, radio bahkan ke arah mana yang harus mereka tempuh untuk bertemu Ayahnya yang dalam perjalanan untuk menolong dirinya.

Selain gempa, tsunami pun datang dari pantai San Francisco. Membuat Blake dan Ben juga adiknya terperangkap di salah satu gedung yang ia pakai sebagai shelter. Mampukah mereka semua bertahan dan juga selamat dari patahan San Andreas? Tunggu apalagi, lekas putar filmnya!

7. The Impossible

impossible (Copy)

Rencana liburan natal keluarga yang sudah diimpikan oleh Maria Bennett (Naomi Watts) bersama suaminya Henry Bennett (Ewan McGregor) ke pulau eksotis di Khao Lak, Thailand berakhir malapetaka. Mereka sama sekali tidak tahu bahwa setelah natal berakhir, seluruh tamu yang ada di pulau tersebut akan menjadi korban tsunami 2004 yang mematikan.

Pada tanggal 26 Desember 2004, Patahan India dan Patahan Burma bertemu dan saling tumbuk mengakibatkan gempa berskala 9.2 magnitude juga menghempaskan air laut setinggi kurang lebih 30 meter ke beberapa pulau di Asia termasuk pulau Khao Lak dimana Maria dan keluarganya berlibur. Tidak siap akan scenario tersebut, semua tamu di hotel tempat Maria tinggal tersapu gelombang.

Maria terlempar dan terpisah dari suami dan anak-anaknya. Maria bertahan pada sebuah pohon kelapa saat air masih menerjang. Saat pasrah akan meninggal, dirinya melihat 1 anak laki-lakinya Thomas (Tom Holland) terapung minta tolong.

Akhirnya Maria dan Thomas saling berpelukan menahan diri supaya tidak terlepas meski gelombang kedua dan gelombang balik menerjang mereka mengakibatkan cedera parah.

Terlantung dan bercucuran darah, Maria dan Thomas menyusuri daerah Khao Lak hanya dengan perban dari baju yang disobek untuk menutupi luka. Mereka mencari pertolongan dari atas pohon karena khawatir ada gelombang susulan. Untuk tetap menjaga agar mereka terhindar dari dehidrasi, Maria dan Thomas meneguk cola yang ditemukan dari puing-puing di dekat mereka.

Keadaan semakin memburuk saat Maria ternyata mengalami infeksi parah dan pendarahan hebat. Thomas melihat ibunya shock bukan main. Dirinya berjanji akan terus ada untuk ibunya. Bagaimana kelanjutan cerita ini? Akankah Maria dan suami juga anak-anaknya bersatu kembali? Ayo nonton film nya. The Impossible.

8. Crawl

Crawl (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Thriller, Horor
  • Produksi: Paramount Pictures
  • Sutradara: Alexandre Aja
  • Pemeran: Kaya Scodelario, Barry Papper

Siapa sangka tinggal dekat penangkaran buaya bisa jadi boomerang buat kita sendiri? Adalah, Haley Keller diperankan oleh Kaya Scodelario, seorang atlet renang yang harus menjemput Ayahnya di rumah lama mereka karena adanya badai kategori 5 yang akan datang. Khawatir, Haley ingin supaya Ayahnya ikut dengannya keluar dari kota tersebut.

Saat sampai di rumah lama mereka di Florida, air sudah pasang membuat penangkaran buaya di dekat rumah lama mereka terendam; mengakibatkan buaya-buaya disana bebas berkeliaran keluar dari penangkaran. Singkat cerita, Ayah Haley, Dave (Barry Papper) ternyata sudah lebih dulu diserang buaya saat dirinya akan menutup bawah rumah supaya tidak kebanjiran.

Haley panik bukan main, karena lawannya adalah buaya berukuran jumbo yang kelaparan. Namun Hale lebih pintar dari buaya-buaya tersebut. Berenang di dalam rumahnya sendiri dan bekal pipa besi, Haley mencoba untuk bertahan hidup. Dirinya harus membunuh buaya tersebut sebelum kembali menyerang Ayahnya di basement rumahnya.

Keadaan semakin buruk ketika badai datang. Situasinya makin tidak kondusif, setelah buaya, kini yang dihadapi Haley adalah air bah dan angin kencang. Haley sudah mulai hilang harapan. Ayahnya terluka di basement, air sudah semakin tinggi dan buaya masih berkeliaran di dalam rumah. Haley terus mencoba untuk menarik perhatian buaya dengan memukulkan pipa besi berkali-kali di arah berlawanan.

Berhasil! Buayanya terperangkap. Tapi tunggu dulu! Itu baru 1 buaya, bagaimana dengan buaya-buaya lainnya yang masih berenang bebas di rumah mereka? Penasaran bagaimana Haley bisa bertahan hidup hingga bisa menyelamatkan Ayahnya dari basement? Nonton film nya aja! Lumayan. Bisa lihat buaya dari dekat!

9. The Martian

Martian (Copy)

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Sci-Fi, Survival
  • Produksi: TSG Entertainment
  • Sutradara: Ridley Scott
  • Pemeran: Matt Damon

Pesawat Ares III sedang dalam misi menjalajah Mars dan mengeksplor Acidilia Planitia. Namun akibat badai pasir, tempat bernaung para astronot hancur sehingga mereka tepaksa untuk membatalakan misi dan pergi dari Mars. Salah satu Astronot bernama Mark Watney (Matt Damon) tertinggal karena dianggap sudah meninggal terhempas oleh badai pasir.

Sebelum meninggalkan Mars, para kru dari Ares III sudah mencoba mencari keberadaan Mark. Namun nihil, dicari tidak ketemu dan komunikasi dengannya pun terputus sehingga mereka menganggap Mark sudah tewas. Padahal Mark masih hidup dan berhasil kontak bumi membuat semua orang terkejut. Hingga akhirnya misi penyelamatan Mark pun dilakukan meski butuh waktu lama.

Mark putus asa, oksigen di shelter menipis dan stok makanan sudah habis. Namun Mark pantang menyerah. Sembari menunggu rekan-rekannya datang dari bumi; Mark yang ahli biologi mencoba untuk membangun taman buatan menggunakan tanah Martial yang dicampur dengan Bio-Waste rekan-rekannya. Berhasil! Taman berhasil dibuat dan mampu ditanami kentang.

Namun hasil karyanya itu harus kembali hancur akibat suatu insiden. Mark kembali menemukan kesulitan baru. Mark juga marah bukan main karena kru nya tidak sadar bahwa dirinya masih hidup. NASA bingung bukan kepalang mendengar Mark ada dalam kesulitan. Sendirian di planet yang masih dalam penelitian tanpa pasokan makanan dan alat bantu.

Mengingat tidak ada bantuan yang akan datang dengan cepat. Mark terus berusaha semampunya untuk tetap hidup. Penasaran dengan apa yang akan terjadi pada Mark? Bisa kah dirinya keluar dari planet Mars? Yuk, ajak teman-teman kalian untuk nonton film ini bareng-bareng. Oh iya, The Martian sendiri masuk ke dalam salah satu film science fiction terbaik versi bacaterus loh! Wajib nonton!

10. The Passenger

passengers (Copy)

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Sci-Fi, Romance, Survival
  • Produksi: Colombia Pictures, Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: Morten Tyldum
  • Pemeran: Jennifer Lawrence, Chris Patt

The Avalon, sebuah pesawat ulak-alik raksasa yang membawa lebih dari 5.000 penumpang untuk diberangkatkan ke sebuah planet baru bernama Homestead II dengan jarak tempuh 120 tahun. Karena lamanya perjalanan, maka seluruh penumpang di The Avalon sengaja dibuat tidur dalam tabung hibernasi. Sialnya, saat 30 tahun perjalanan, pesawat tertabrak meteor membuat pesawat menjadi malfungsi.

Kejadian itu memicu aktifnya tabung hibernasi seorang pria bernama Jim Preston (Chris Patt), seorang teknisi untuk bekerja di Homestead II. Dirinya terbangun sebelum waktunya. Sadar kalau dirinya seorang diri di dalam pesawat sebegitu besar untuk sisa 90 tahun lagi; Jim panik bukan kepalang. Belum lagi dirinya kesepian karena tidak ada seorang pun yang bangun. Dia hanya ditemani oleh robot Android.

Meskipun seluruh kebutuhan terpenuhi, namun Jim bisa benar-benar gila apabila hanya seorang diri. Akhirnya dia memutuskan untuk membangunkan salah satu penumpang lainnya bernama Aurora Lane (Jennifer Lawrence). Dia tahu bahwa apa yang dilakukannya salah besar. Namun Jim tidak punya pilihan lain. Dia harus tetap hidup dengan pendamping.

Aurora marah besar ketika tahu kenyataannya. Namun ‘membangunkan’ Aurora adalah hal yang tepat ketika mereka berdua sadar kalau mereka dan penumpang lainnya berada di ‘kapal yang akan tenggelam’. Mereka mau tidak mau harus saling bantu untuk tetap hidup dan menjaga supaya pesawat Avalon ini tidak berhenti bergerak menuju Homestead II.

Mampukah Jim dan Aurora menyelamatkan seluruh isi pesawat beserta penumpangnya? Ayo nonton filmnya. Dijamin kalian akan suka sama jalan ceritanya. Oh iya, film ini cocok sekali buat kalian pecinta film bergenre romance, Sci-Fi dan ditambah dengan cerita survival yang seru. Pokoknya hype deh!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *