Bacaterus / Film Perang / 10 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Perang Vietnam

10 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Perang Vietnam

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dimulai pada tahun 1957 hingga berakhir di tahun 1975, Perang Vietnam atau yang dikenal dengan Perang Indocina kedua berhasil menggemparkan seluruh dunia. Perang dingin yang berlangsung lama itu akibat terjadinya perpecahan antara dua kubu, Vietnam Selatan yang didukung oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina.

Sedangkan kubu lainnya yaitu Vietnam Utara yang berideologi komunis didukung oleh Uni Soviet, Tiongkok, Korea Utara, Mongolia dan Kuba. Perang ini membuat banyak sekali masyarakat Vietnam terpaksa mengungsi saat perang berlangsung. Sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh banyak negara yang terlibat.

Menilik sejarah tersebut, sutradara-sutradara kondang akhirnya mengangkat tema mengenai Perang Vietnam sebagai salah satu bahan untuk dijadikan film.

Tujuannya supaya masyarakat di negara yang tidak terlibat pun tahu akan cerita tersebut dan mengedukasi banyak orang lewat film dokumenter juga. Bacaterus berhasil merangkumnya ke dalam artikel 10 Film Terbaik Bertema Perang Vietnam di bawah ini.

1. Apocalypse Now

Apocalypse Now (Copy)

  • Tahun rilis: 1979
  • Genre: Action
  • Produksi: Omni Zoetrope
  • Sutradara: Francis Coppola
  • Pemain: Marlon Brando, Robert Duvall, Martin Sheen

Saat perang Vietnam berlangsung, prajurit Amerika yang tergabung dalam 5th Special Forces bernama Kolonel Walter dikenal sebagai prajurit paling sadis. Dengan brutal menyerang meski belum ada perintah dari atasannya.

Menjadi salah satu prajurit yang dianggap membahayakan; kapten Williard yang bergabung dengan I Field Force di Nha Trang akhirnya ditugaskan untuk mengeksekusi Kolonel Walter.

Kolonel Walter (Marlon Brando) ini membangun satuan perang sendiri di dalam pedalaman Vietnam setelah sebelumnya mengundurkan diri militer. Dengan presentasi yang gemilang, keputusan Walter mundur dan menjadi prajurit sadis ini membuat kapten Williard (Martin Sheen) bingung. Semakin diselidiki, profil Kolonel Walter semakin menarik untuk dipelajari.

Dibantu oleh beberapa rekannya, Kapten Williard melanjutkan misinya untuk mencari Kolonel Walter. Dalam perjalanan, mereka terlibat perang di sana-sini. Maklum saja saat itu Vietnam sedang memanas. Saling bunuh, mayat bergelimpangan, tidak padang bulu; pembantaian anak-anak, orang dewasa dilakukan. Ledakan dimana-mana. Atmosfer perang benar-benar terasa sekali meski hanya dalam film.

Sesampainya di tempat Walter; sisa anggota yang selamat dan Kapten Williard dibuat terkejut setengah mati. Tempat Kolonel Walter berkuasa dipenuhi mayat yang tergantung dengan kondisi setiap kepalanya sudah dipenggal. Naas, pertemuan Kapten WIlliard dan Kolonel Walter berujung bencana. Kini Williard ada dalam bahaya di tangan Walter.

Film Apocalypse Now ini menjadi salah satu film perang yang memiliki ending yang tidak pernah kamu pikirkan. Kalian akan disuguhkan dengan watak Kapten Williard sebenarnya setelah bertemu dengan Walter. Kegilaan demi kegilaan bisa kamu temukan dalam film ini. Untuk kalian yang tidak kuat mendengar suara bising, cucuran darah dan bunuh-bunuhan mending skip. Tapi kalau kalian pecinta perang, try it!

2. Danger Close

Danger Close (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Action
  • Produksi: Screen Queensland, Screen Australia
  • Sutradara: Kriv Stenders
  • Pemain: Travis Fimmel, Luke Bracey, Daniel Webber

Dibuka dengan perang melawan 1st Australian Task Force (1 ATF) yang bermarkas di Nui Dat oleh Viet Cong (Organisasi Politik di Selatan Vietnam dan Kamboja) dan tentara Vietnam yang tergabung dalam PAVN akibat perebutan wilayah Vietnam yang terpecah menjadi Utara dan Selatan. Namun kalah telak, kurang pasukan, kini pihak Australia dalam bahaya.

Suasana semakin tidak kondusif setelah permohonan pimpinan perang, Mayor Harry Smith (Travis Fimmel) untuk menambah senjata ditolak oleh atasannya David (Richard Roxburg) mengingat jumlah pasukan tidak sebanding dengan tentara Vietnam yang berjumlah lebih dari 2.000 orang. Meski ditenagai senjata, tetap saja akan kalah jumlah dan pasti sia-sia.

Kapten David malah meminta Harry untuk mundur. Namun Harry tidak mau dan ingin terus maju. Perintah dari atasannya tidak dihiraukan. Melihat kegigihan dari Harry, Letnan Riley yang diperankan oleh (Myles Pollard) tergerak untuk membantu dan ikut melawan perintah Kapten David. Dirinya sendiri nekat memimpin operasi untuk menyuplai senjata lewat udara. Ia tak ingin pasukannya tewas sia-sia.

Kolonel Townsend, atasan Harry pun jadi ikut membantunya. Townsend mengerahkan kemampuannya dengan mengirimkan tank untuk menghalau pergerakan musuh yang saat itu adalah pasukan perang Vietnam. Peperangan mulai terjadi setelah pasokan senjata sudah didapat. Meskipun sadar kalau pasukan yang ia pimpin kalah jumlah, Harry tidak ragu untuk melawan.

Ditenagai oleh 9 rumah produksi dengan 2 rumah produksi terkuat, film ini menyuguhkan cerita yang apik dan menarik untuk ditonton. Memenangkan piala di ajang AACTA Awards juga menjadi bukti bahwa film Danger Close ini sangat keren baik dari segi cerita atau suara. Ditanggung suka deh sama jalan ceritanya. Yuk tonton filmnya sekarang juga!

3. Platoon

platoon (Copy)

  • Tahun rilis: 1986
  • Genre: Action
  • Produksi: Orion Pictures
  • Sutradara: Oliver Stone
  • Pemain: Tom Berenger, Williem Dafoe, Charlie Sheen

Masih mengambil suasana perang Vietnam, film yang dibintangi oleh Charlie Sheen ini mendapatkan rating yang cukup bagus. Salah satu situs review film Roten Tomatoes memberikan skor 8.3/10. Bahkan CinemaScore juga memberikan nilai A dari skala A+ hingga F. Film ini juga memenangkan penghargaan di ajang Academy Awards, menggaet 4 piala Oscar sekaligus menjadikan film ini layak untuk ditonton.

Cerita berawal ketika prajurit bernama Chris Taylor (Charlie Sheen) dengan sukarela bergabung ke dalam satuan 25th Infantry Division dekat dengan perbatasan Kamboja. Satuan ini dipimpin oleh Letnan Wolfe (Mark Mosses); dirinya belum terlalu terlatih penuh dan tergolong masih muda. Beruntung anak buahnya malah lebih terlatih dari dirinya.

Letnan Wolfe akhirnya memberi komando untuk menyerang para tentara Vietnam Utara. Namun entah karena kurang gesit, para tentara Vietnam Utara tahu akan rencana tersebut dan menyerang lebih dulu mengakibatkan kematian para prajurit. Taylor sendiri terluka parah. Di rumah sakit, Taylor akhirnya dekat dengan Sersan Elias.

Cerita mulai klimaks saat Taylor dan pasukannya kembali siap berperang. Taylor kaget ketika diantara prajurit ada yang memulai kekerasan terhadap warga sipil. Biang kerok nya adalah Sersan Barnes. Di sisi lain, teman baru Taylor, Sersan Elias melawan aksi Sersan Barnes sehingga dalam satuan terpecah menjadi kubu Barnes dan kubu Elias.

Taylor sendiri menjadi kelimpungan akan hal tersebut. Di satu sisi dia harus fokus terhadap perang melawan para tentara Vietnam Utara sedangkan di sisi lain di harus memilih kubu yang seharusnya menjadi satu kubu. Mampukah Taylor menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh Letnan Wolf? Bagaimanakah kira-kira akhir dari konflik ini? Ayo kita lihat filmnya. Dijamin seru!

4. Rescue Dawn

Rescue Dawn (Copy)

  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Gibraltar Films, MGM
  • Sutradara: Werner Herzog
  • Pemain: Christian Bale, Steve Zahn

Seorang pilot bernama Dieter Dengler diperankan oleh Christian Bale, sedang ditugaskan untuk mengawasi dan mengambil gambar basecamp tentara Vietnam dari udara. Saat melewati Laos, anggota dari pasukan Pathet Lao menembak jatuh pesawat Dieter. Beruntung, Dieter selamat lantas dirinya langsung ditawan oleh tentara setempat.

Di kamp penahanan musuh, Dieter bertemu dengan dua pilot lainnya berasal dari negara Amerika juga. Dieter sempat diberikan penangguhan apabila dia mau menandatangani surat kecaman terhadap Amerika. Dieter menolak, membuat dirinya ditahan dan disiksa. Tidak tahan akan perlakuan kasar tersebut, Dieter mencoba untuk melarikan diri.

Rencana Dieter cuma dianggap hal gila untuk sebagian tahanan. Berbeda dengan Dieter yang baru saja ‘masuk’ kamp, tahanan lain yang sudah mengalami malnutrisi dan lemah kemungkinan tidak bisa lagi ikut melarikan diri. Namun karena mereka sadar kalau diam pun akan mati perlahan, akhirnya mereka semua setuju untuk ikut rencana melarikan diri yang dibuat oleh Dieter.

Upaya melarikan diri Dieter juga tidak semulus dibayangkan. Dari sekian banyak tahanan yang ikut, tersisa hanya dirinya sendiri. Teman pilot yang ia temui di dalam kamp, Martin (Steve Zahn) juga dibunuh secara kejam ketika dirinya dan Dieter ketahuan melarikan diri. Dalam keadaan luka-luka parah, Dieter terus lari bersembunyi di hutan.

Putus asa, Dieter hanya bisa pasrah menunggu ajalnya ketika dirinya ditemukan oleh helikopter Amerika. Dirinya dikirim kembali ke Amerika. Perjuangan Dieter saat terus mencoba untuk tetap under the radar bukanlah hal mudah. Kelaparan, kedinginan, tidak tahu arah. Semua hal buruk bisa saja terjadi, namun Dieter tidak menyerah.

5. We Were Soldiers

We Were Soldier (Copy)

  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: War, Action
  • Produksi: Icon Productions
  • Sutradara: Randal Wallace
  • Pemain: Mel Gibson, Madeline Stowe, Greg Kinnear

Cerita bermula ketika satuan tentara Perancis dibunuh oleh anggota dari kelompok Viet Minh. Dipimpin oleh Nguyen Huu An yang diperankan oleh Đơn Dương, Nguyen memerintahkan untuk membunuh semua tentara itu tanpa terkecuali dengan anggapan tidak ada lagi yang berani memasuki wilayah kekuasaannya. Salah besar, ini malah memancing banyak negara untuk menyerang wilayah kekuasaan Đơn Dương.

Salah satu negara yang ikut berperang adalah Amerika Serikat. Pemerintah Amerika membentuk pasukan untuk dikirim ke Vietnam. Kali ini Amerika akan memasuki wilayah Đơn Dương lewat udara dipimpin oleh komando dari Letnan Kolonel Hal Moore. Hal sendiri sudah khatam dan sangat berpengalaman dalam peperangan. Sehingga dirinya dipercaya untuk memimpin pasukan.

Dianggap suatu kehormatan, tidak bagi Hal. Dirinya masih dihantui perasaan khawatir dan cemas akan nyawa para anak buahnya. Bayangkan saja, Hal memimpin 395 pasukan dimana tentara di Vietnam tembus hingga 4.000 pasukan. Dirinya takut bencana yang dialami oleh Perancis terulang kembali. Sehingga Hal mempersiapkan semuanya dengan baik dan matang.

Hal dan pasukannya berhasil menguasai 1 wilayah yang belum dipegang oleh Vietnam. Disini Hal kembali mematangkan strateginya. Namun Nguyen tidak kalah cepat. Dia tahu dan menyerang semua pasukan Amerika. Merasa kecolongan, Hal dengan berat hati untuk melakukan Broken Arrow. Serangan udara untuk menghancurkan tempat musuh meski dekat dengan posisi para tentara Amerika.

Berhasil. Banyak anggota Nguyen yang tewas dan para tentara Amerika pun turut kena imbas. Namun hal ini menjadi kesempatan untuk Hal guna menangkap Nguyen. Hujanan tembakan terus menerus. Nguyen mulai gelisah, dirinya bahkan minta semua anggotanya evakuasi. Kira-kira apakah keadaan terus memihak kepada Hal atau malah berbalik kepada Nguyen? Jangan lupa nonton filmnya ya biar tidak penasaran.

6. Casualties of War

Casualties of War (Copy)

  • Tahun rilis: 1989
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Brian De Palma
  • Pemain: Michael J. Fox, Sean Penn

Cerita ini merupakan cerita flashback dari Max Eriksson yang diperankan Michael J. Fox, seorang Veteran dari Perang Vietnam. Letnan Reilly (Ving Rhammes) memimpin pasukannya untuk berpatroli malam.

Malang, mereka diserang oleh anggota Viet Cong setelah salah satu anak buah Reilly tidak sengaja menunjukan posisinya. Saat dibawa paksa oleh anggota VC, Eriksson tidak sengaja menemukan terowongan rahasia sehingga mereka semua bisa kabur.

Saat kembali ke hutan untuk menjauhi wilayah VC, mereka berhasil ditemukan kembali oleh VC dan diserang mengakibatkan salah satu rekan mereka tewas. Akhirnya satuan regu dikirim kembali ke base. Ternyata kembalinya mereka ke markas untuk diistirahatkan. Masa istirahat mereka diperpanjang membuat satu grup tersebut geram.

Akhirnya semua anggota di satuan tesebut mencari cara untuk mengankap dan menculik seorang gadis Vietnam. Mendengar rencana itu Eriksson menolak namun kalah suara, para anggota di grup nya akhirnya menculik salah satu gadis Vietnam bernama Than (Thuy Thu Le) dan memperkosanya. Eriksson diancam akan dikeluarkan apabila buka mulut soal ini.

Tak tahan akan ketidakadilan itu, akhirnya Eriksson mencoba untuk menyelamatkan Than supaya bisa kembali ke orang tuanya. Namun usahanya di tengah perang menjadi sangat sulit dilakukan belum lagi Eriksson menjadi incaran para rekannya. Film berdurasi 113 menit ini akan menyuguhkan kalian aksi yang dibalut dengan drama yang menarik untuk disimak.

7. Tunnel Rats

Tunnel Rats (Copy)

  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Drama, Action, War
  • Produksi: Boll KG
  • Sutradara: Uwe Boll
  • Pemain: Michael Pare, Nate Parker, Brandon Fobbs

Satu Grup Tentara Amerika sedang melakukan pelatihan di sebuah terowongan yang biasanya digunakan untuk menjadi tempat persembunyian dari musuh. Mereka juga menggunakan terowongan itu sebagai salah satu sarana akses masuk ke wilayah lawan. Mereka berada di sana untuk masuk ke wilayah Vietnam tanpa diketahui musuh.

Rencana mereka berhasil dan melanjutkan rencana selanjutnya yaitu masuk ke dalam terowongan Viet Cong di Củ Chi. Meski tidak diperlengkapi dengan senjata yang layak, para tentara itu nekat masuk ke dalam terowongan. Adapun anggota yang ikut adalah Letnan Vic (Michael Pare), Sersan Mike (Brad Schmidt), Peter Harris (Mitch Eakins) dan masih banyak lainnya.

Alih-aliih berhasil, mereka malah teperangkap oleh jebakan mematikan yang sudah disiapkan oleh Viet Cong. Banyak anggota yang mati dan membuat anggota lain tepaksa mundur dan keluar dari terowongan tersebut. Sial, ternyata para tentara Viet Cong sudah bersiap di atas juga sehingga kesempatan melarikan diri sangat tipis. Dalam keadaan seperti itu sisa anggota yang masih hidup harus putar otak.

Hal di atas semakin diperburuk dengan kurangnya informasi yang diterima oleh pusat. Anggota yang sekarat meminta US untuk menyerang base Viet Cong melalui serangan udara. Padahal saat itu masih ada juga beberapa anggota yang tetap berjaga dan tidak terluka. Hasilnya, tentara Amerika menjadi kalah jumlah dan persediaan senjata habis.

Disaat genting, Harris bersama dengan salah satu warga sipil bernama Vo Mai (Jane Le) yang ikut terjebak dengan mereka berusaha untuk keluar dari terowongan itu sebelum hal buruk lainnya menimpa mereka. Bak labirin, terowongan itu memiliki jalan yang tidak diketahui benar oleh Harris dan Mai. Mampukah mereka berdua selamat dari serangan Viet Cong dan keluar dari terowongan?

8. Tigerland

Tigerland (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: Joel Schumacer
  • Pemain: Colin Farrell, Matthew Davis, Shea Whigham

Setelah kalah pada saat berperang melawan Vietnam. Amerika semakin gencar untuk melatih para tentaranya supaya semakin matang dan siap saat dikirim ke medan perang. Adalah Tigerland, tempat dimana tentara Amerika berlatih. Di sana pemerintah membuat tempat itu layaknya belantara Vietnam sehingga atmosfer yang dirasakan oleh tentara bisa lebih nyata.

Adalah Roland Bozz (Colin Farrell), dirinya merupakan prajurit yang sama sekali tidak tertarik dengan perang seperti ini. Berbeda dengan rekannya Paxton (Matthew Davis) yang secara sukarela mengikuti kegiatan tersebut. Saat misi akan dimulai, para pelatih melihat ada sisi leadership yang baik dari diri Bozz sehingga dirinya dipilih menjadi pemimpin untuk 1 grup di Tigerland.

Singkat cerita, Bozz memenangkan trial tersebut dan membuat Wilson (Shea Whigham) marah. Ini membuat Wilson menjadi tidak terkendali dan hampir membunuh Paxton. Kesal dengan ulahnya, Bozz berhasil menyingkirkan Wilson namun malah membuat Wilson semakin murka dan menyimpan dendam terhadap Bozz.

Setelah 8 minggu mengikuti trial, tiba saatnya untuk mereka dikirim ke Tigerland. Kejutan menanti Bozz, Paxton dan anggota regu lainnya. Musuh yang mereka harus lawan adalah Wilson.

Dan tebak apa yang dilakukan Wilson? Dirinya benar-benar mengisi seluruh senjata miliknya dan anggotanya dengan peluru asli yang seharusnya menggunakan senapan angin saja. Lantas bagaimana Wilson menghadapinya?

9. Heart & Minds

Heart & Minds (Copy)

  • Tahun rilis: 1974
  • Genre: Documentary
  • Produksi: BBS Productions
  • Sutradara: Peter Davis
  • Pemain: –

Heart & Minds merupakan judul film dokumenter yang dibuat pada tahun 1974 untuk menayangkan dan memberikan penjelasan bagaimana perang Vietnam bisa terjadi dan apa dampaknya bagi seluruh negara yang terlibat.

Awal mula film ini ditayangkan di festival film Cannes, namun mendapatkan pertentangan sehingga promosi film ini mundur dari jadwal semula sehingga akhirnya bisa tayang dan masuk Oscar.

Berhubung ini film dokumenter, jadi hanya ada beberapa narasumber asli saja yang diwawancara sebagian konten film. Mulai dari Minister Perancis dari luar negeri yang menjabat di tahun 1954 (Georges Bidault), Sekretaris Negara (John Foster Dulles) yang menjabat dari tahun 1953-59, sampai korban pemboman di Vietnam Utara bernama Vu Duc Vinh.

Masing-masing dari mereka menceritakan kronologis dari point of view mereka. Banyak yang saling bertentangan dan ada juga yang persis dengan kejadian sebenarnya. Ini membuat publik bertanya-tanya maksud dari Peter membuat film dokumenter ini, apakah memang murni sebagai dokumentari politik atau sebagai propaganda atas perang Vietnam.

Meski banyak kritik yang masuk. Banyak yang suka dan lebih mengerti bagaimana kondisi dan situasi juga efek yang terjadi selama Perang Vietnam. Banyak pelajaran yang bisa diambil oleh film dokumenter tersebut. Apabila kalian suka menonton juga mengikuti sejarah; yakin banget kalian akan suka sama film dokumenter karya Peter Davis ini.

10. Coming Home

Coming Home (Copy)

  • Tahun rilis: 1978
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Jerome Hellman Productions
  • Sutradara: Hal Ashby
  • Pemain: Jane Fonda, Jon Voight, Bruce Dern

Film ini agak berbeda dengan film lainnya yang memang langsung terjun ke dalam pertempuran di perang Vietnam, namun masih oke kok untuk ditonton. Masih ada beberapa adegan yang memang memiliki setting di kawasan perang Vietnam tapi tidak sering. Lebih banyak mengambil setting di Amerika. Karena murni menceritakan kehidupan Sally (Jane Fonda).

California 1968, waktu yang tidak akan bisa dilupakan oleh Sally. Sally adalah istri dari seorang Kapten dari Korps Marinir Amerika Serikat bernama Bob Hyde (Bruce Dern) yang siap pergi untuk masuk ke dalam pertempuran Vietnam. Sally sedih bukan main. Dirinya terus dibayang-bayangi perasaan tidak enak dan khawatir apabila sesuatu yang buruk akan menimpa suaminya.

Saat Bob pergi berperang ke Vietnam, Sally mencoba untuk menghibur dirinya. Membeli mobil sport, pindah ke apartemen dekat pantai, mencari suasana baru. Bahkan Sally bekerja di Rumah Sakit Veteran untuk mencari pengalihan. Di Rumah Sakit dia bertemu dengan teman sekelasnya dulu bernama Luke Martin (Jon Voight), dirinya merupakan prajurit.

Dirinya kembali dari Vietnam ke Amerika dengan luka-luka parah dan mengalami paraplegic. Namun setelah bertemu dengan Sally dirinya perlahan sembuh dan mulai menjalani hubungan dengan Sally. Bukannya menolak, Sally pun menyambut ‘undangan’ Luke karena dirinya kesepian setelah Bob pergi untuk entah berapa lama.

Saat sedang asyik berduaan, Bob kembali te lalu cepat dengan luka dan post traumatik akibat perang. Melihat Sally bersama Luke, rasa amarah Bob naik bukan kepalang. Hingga drama lainnya dimulai. Bagaimana usaha Sally mempertahankan pernikahannya dengan Bob? Apakah Luke akan ditinggalkan Sally dan kambuh kembali penyakitnya? Tonton film nya yuk?

Itu dia 10 Film Bertema Perang Vietnam yang berhasil dirangkum oleh Bacaterus. Diantara teman-teman apakah sudah ada yang menonton salah satu film di atas? Atau bahkan semua film di atas sudah selesai ditonton? Kalau iya, mana saja nih film bertema Perang Vietnam yang kalian suka atau apa ada film bertema Perang Vietnam yang belum masuk ke daftar ini?

Sedangkan untuk kalian yang masih belum nonton semua atau salah satu dari film di atas, Bacaterus harap artikel ini bisa membantu kalian untuk dapat referensi tontonan mengenai Perang Vietnam ya. Kalau sudah nonton jangan lupa share cerita atau pendapat kalian di kolom komentar. Supaya kita juga saling tahu dan informasi yang kita dapat bertambah!

Oh iya, jangan lupa juga untuk cek referensi film perang lainnya di 10 Film Perang Terbaik Sebelum Perang Dunia 2 ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *