bacaterus web banner retina

Daftar Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

Film komedi adalah genre film yang mengumbar humor dan kelucuan sepanjang durasinya. Bisa dibilang Charlie Chaplin, Buster Keaton dan Harold Lloyd adalah komedian yang pertama kali tampil di perfilman Hollywood lewat film-film bisu yang mereka perankan di era 1930an.

Di setiap dekadenya selalu saja ada pembaharuan dalam selera humor yang disesuaikan dengan trend dan budaya masyarakat yang ada. Dampaknya, film komedi memiliki banyak sub-genre lagi, seperti parodi dan slapsticks.

Dari ribuan film komedi produksi Hollywood, kami pilihkan 20 film yang mewakili berbagai macam selera humor. Untuk itu kami fokuskan kepada film komedi terbaik yang benar-benar murni bertema komedi, tidak bercampur dengan action, horror, atau romance, yang nanti akan kami bahas dalam artikel berikutnya.

1. What We Do In The Shadows

What We Do In The Shadows

Film vampir tak semuanya seram. “What We Do In The Shadows” adalah film vampir yang justru jauh dari kata seram. Film yang mengisahkan tentang kehidupan beberapa vampir dalam satu rumah ini tergolong kocak dan menghibur.

Vampir baru bernama Nick (Cori Gonzalez-Macuer) berusaha menyesuaikan diri dengan kehidupan vampir. Nick memiliki sahabat seorang manusia bernama Stu (Stu Rutherford). Nick dan Stu berusaha memperkenalkan kehidupan masa kini kepada vampir senior, mulai dari mengajarkan nonton televisi sampai dengan mengoperasikan laptop dan kamera.

2. Young Frankenstein

Young Frankenstein

Film yang disutradarai oleh Mel Brooks dan dibintangi oleh sahabatnya, Gene Wilder, mengumbar komedi yang merupakan parodi dari kisah Frankenstein. Hebatnya, alat-alat dan setting yang digunakan adalah properti film Frankenstein yang diproduksi di tahun 1931.

Ditampilkan dalam format hitam-putih untuk menambah kesan horror tetap tidak mampu menghentikan penonton untuk tertawa karena melihat tingkah laku yang dibuat oleh para karakternya. Saat ini Young Frankenstein sudah terdaftar di National Film Registry dan masuk ke dalam daftar-daftar film komedi terbaik di beberapa media.

3. Shaun of the Dead

Shawn of the Dead

Satu lagi film zombie yang tidak diisi dengan kesadisan atau keseraman wajah pemeran zombienya, yaitu “Shaun of the Dead”. Sinopsis ini menceritakan tentang Shaun (Simon Pegg), sosok pria yang menjalani kehidupan biasa-biasa saja bersama kekasihnya, Liz (Kate Ashfield) dan sahabatnya, Ed (Nick Frost). Shaun senang mengajak Liz ke tempat yang sama. Sementara Ed sering mengganggu kencan mereka berdua dengan kekonyolannya.

Suatu hari, orang-orang di sekitar lingkungan mereka menjadi aneh. Orang-orang tersebut menjadi zombie yang tak terkendali. Bersama dengan beberapa orang lain, Shaun dan Liz berusaha survive dari infeksi dan teror zombie di sekitarnya.

4. The Nice Guys

The Nice Guys

Dibintangi oleh dua aktor ternama, Ryan Gosling dan Russell Crowe, “The Nice Guys” adalah komedi dengan genre neo noir. Film ini mengangkat profesi penyelidik dan detektif. Meskipun filmnya menceritakan tentang perjalanan penyelidik dan detektif dalam menyelidiki kasus perempuan yang hilang, film ini tetap kocak dan masuk dalam kategori film komedi.

Berawal dari hilangnya seorang gadis, Jackson Healy (Russell Crowe) dan Holland March (Ryan Gosling terpaksa bekerja sama untuk mencari misteri hilangnya gadis tersebut. Apalagi bibi dari si gadis percaya bahwa keponakannya masih hidup.

Perjalanan Healy dan March dalam mencari kebenaran di balik hilangnya gadis pemeran film dewasa tersebut cukup mendebarkan. Akan banyak hal-hal terduga yang terungkap saat penyelidikan dilakukan secara lebih dalam.

5. The Grand Budapest Hotel

The Grand Budapest Hotel

Sebuah film komedi yang rilis pada tahun 2014 ini tidak bisa dibilang sebagai film komedi kacangan. “The Grand Budapest Hotel” adalah film yang dibintangi oleh sejumlah nama besar dan masuk dalam beberapa nominasi Oscar. Jalan cerita film ini juga dibuat secara matang sehingga menghasilkan sebuah film komedi berkelas yang mau tak mau membuat penontonnya ikut memutar otak.

Sinopsis ini menceritakan tentang sejarah kepemilikan The Grand Budapest Hotel. Seorang lobby boy bernama Zero (Tony Revolori) berkenalan dan langsung berteman dengan seorang pria yang dipercaya untuk mengurus The Grand Budapest Hotel, Monsieur Gustave H (Ralph Fiennes). Gustave memiliki kebiasaan berkencan dengan wanita-wanita kaya yang sudah berumur. Salah satu wanita yang dikencani Gustave adalah Madam D (Tilda Swinton).

Suatu hari Madam D ditemukan tewas terbunuh. Dalam surat wasiatnya, Madam D mewariskan sebuah lukisan berharga kepada Gustave H. Seluruh keluarga Madam D tidak terima dan justru mencurigai Gustave H sebagai dalang pembunuhan wanita tersebut.

6. Hot Fuzz

Hot Fuzz

Berawal dari seorang polisi bernama Nicholas Angel (Simon Pegg) yang memiliki kinerja bagus dan memuaskan. Sayangnya, performanya yang baik itu justru membuatnya harus dikirim ke desa terpencil, Sanford. Di sana, Angel bertemu dengan rekan-rekan polisi yang kurang serius dalam bekerja. Bahkan, mereka sering mengejek Angel yang terlalu serius bekerja sedangkan wilayah mereka sepi dan minim kasus kejahatan.


Suatu saat, penduduk desa tersebut ditemukan tewas satu persatu. Angel harus bekerja sama dengan Danny Butterman (Nick Frost), partner-nya yang polos dan terobsesi dengan film polisi. Akankah keduanya berhasil memecahkan misteri yang ‘membunuh’ penduduk desa tersebut?

7. Borat

Borat

“Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nations of Kazakhstan” (selanjutnya disingkat “Borat”) adalah sebuah film komedi satir yang sempat dilarang tayang di Kazakhstan. Namun, setelah penayangan film ini omset pariwisata di Kazakhstan justru meningkat sebanyak 10 kali lipat.

Film bergaya mockumentary ini menceritakan tentang perjalan seorang jurnalis asal Kazakhstan yang lugu dan bodoh bernama Borat Sagdiyev (Sacha Baron Cohen). Borat dan produsernya, Azamat Begatov (Ken Davitian) pergi ke Amerika untuk mempelajari kultur negara Paman Sam tersebut. Sikap dan perilaku Borat di sepanjang film justru membawa kekocakan tersendiri.

8. School of Rock

School of Rock

Dewey Finn (Jack Black) merupakan pria yang mencintai musik rock. Namun, segalanya kandas ketika ia dikeluarkan dari band-nya. Di tengah himpitan ekonomi, Finn terpaksa menyamar menjadi temannya yang berprofesi sebagai guru di sebuah sekolak eksklusif dengan peraturan ketat dan metode pendidikan yang monoton.

Diam-diam Finn mengajarkan anak-anak didiknya tentang musik rock. Bahkan, Finn mulai membentuk band cadas dengan anggota murid-muridnya sendiri. Finn turut menghasut murid-muridnya untuk ikut dalam kompetisi band rock and roll.

9. Zombieland

Zombieland 2009

Wabah zombie menyerang Amerika Serikat dan mengubah sebagian besar penduduk menjadi makhluk mengerikan. Columbus (Jesse Eisenberg) adalah seorang mahasiswa University of Texas yang selamat. Ia bermaksud pulang ke Ohio dan berharap seluruh keluarganya selamat. Di perjalanan, Columbus bertemu dengan Tallahassee (Woody Harrelson), salah seorang yang selamat dan memberinya tumpangan.

Di tengah perjalanan, Columbus dan Tallahassee bertemu dengan dua orang gadis bernama Wichita (Emma Stone) dan Little Rock (Abigail Breslin). Kedua gadis ini menyarankan mereka untuk bersama-sama pergi ke sebuah taman bermain (theme park) yang diyakini belum disambangi oleh zombie. Apakah mereka berempat akan selamat? Temukan jawabannya di “Zombieland” yang rilis tahun 2009, ya!

10. Superbad

Superbad

Jonah Hill adalah aktor muda yang kerap kali membintangi film ber-genre komedi. Kali ini, Jonah Hill membintangi “Superbad”, komedi ringan yang mengangkat setting kehidupan remaja SMA.

Diceritakan bahwa Seth (Jonah Hill) dan Evan (Michael Cera) adalah dua orang pelajar SMA culun dan kutu buku. Mereka berdua bersahabat sejak kecil dan sama-sama belum pernah pacaran. Menjelang kelulusan, mereka memperoleh undangan berpesta bersama seorang cewek populer di sekolahnya, Jules (Emma Stone). Tentu saja mereka berdua tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Becca (Martha Maclsaac) yang mengadakan pesta meminta mereka untuk membeli minuman keras. Akan tetapi, dikarenakan mereka belum cukup umur maka mereka kesulitan untuk membeli miras. Alhasil, mereka melakukan cara konyol yang justru membuat mereka terancam batal menghadiri pesta yang sudah dinanti-nantikan itu.

11. The Descendants

The Descendants

Alexander Payne selalu bisa menampilkan film dengan cerita dan karakter yang unik. Kali ini George Clooney sebagai tokoh utama yang harus mengasuh kedua putrinya karena istrinya mengalami kecelakaan. Meski dalam nuansa drama, banyak adegan yang mampu mengundang senyum hingga tawa.

Salah satunya adalah ketika George Clooney tahu jika istrinya selingkuh, spontan dia langsung berlari menyusuri kampung menuju rumah sahabatnya untuk memastikan hal tersebut. Ekspresi yang ditampilkan serius tetapi menggelitik. Lewat film ini Shailene Woodley terangkat namanya berkat akting memikatnya sebagai remaja broken home.

12. The 40-Year-Old Virgin

The 40-Year-Old Virgin

Menjadi perjaka di usia 40 tahun tampaknya adalah suatu hal yang aneh di negara barat. Andy Stitzer (Steve Carell) adalah pria yang masih perjaka di usia yang memasuki kepala empat. Ia sering berbincang-bincang dengan teman-teman kerjanya seputar wanita. Namun, ketika disinggung soal seks, Andy tampak kikuk sekaligus antusias.

Paula (Jane Lynch) adalah majikan Andy sekaligus wanita yang mengagumkan. Paula menawarkan hubungan sebatas seks saja pada Andy. Akan tetapi, Andy tetap tidak tergoyahkan. Hal ini tentu saja sangat disayangkan oleh teman-teman kerja Andy yang memang mendukung bujangan tersebut untuk mengencani Paula.

Sejatinya, Andy bukan tidak tertarik pada wanita. Pria ini diam-diam menaruh hati pada Trish (Catherine Keener), seorang ibu satu anak yang memiliki toko tepat di seberang tempat kerja Andy. Sayangnya, Andy tidak memiliki keberanian untuk memulai PDKT dengan Trish.

13. 21 Jump Street

21 Jump Street

Apa jadinya jika aktor yang langganan membintangi film-film komedi harus beradu peran dengan aktor tampan yang kerap kali membintangi film romantis? Semuanya bisa kamu saksikan di “21 Jump Street” di mana Jonah Hill dan Channing Tatum menjadi pemeran utamanya.

Morton (Jonah Hill) dan Greg (Channing Tatum) adalah dua polisi baru yang kebetulan dulunya adalah teman di bangku sekolah. Mereka mendapat tugas untuk menyelidiki pengedaran narkoba di sebuah sekolah. Untuk memuluskan penyelidikan, mereka harus menyamar dan kembali bersekolah layaknya siswa-siswa lainnya.

14. Mean Girls

Mean Girls

Setelah 15 tahun menetap di Afrika, Cady Heron (Lindsay Lohan) kembali ke Amerika. Ia masuk ke sekolah di mana di dalamnya terdapat The Plastics, geng berisikan gadis-gadis yang menganggap dirinya populer dan paling cantik di sekolah. Tentu saja Cady tak dipandang sebelah mata oleh The Plastics.

Bersama dengan dua orang sahabatnya, Cady bermaksud untuk memberi pelajaran pada The Plastics. Apalagi Cady jatuh cinta dengan salah satu mantan pacar anggota The Plastics, Aaron Samuels (Jonathan Bennett).

Mati-matian Cady berusaha berubah agar menjadi cewek populer di sekolahnya. Usahanya berhasil dan itu membuat dirinya mulai dilirik oleh The Plastics. Namun, semakin lama bergaul dengan The Plastics, Cady yang tadinya baik dan lugu menjadi sama egoisnya seperti gadis-gadis itu.

15. Scott Pilgrim vs. the World

Scott Pilgrim vs. the World

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Scott Pilgrim (Michael Cera). Scott adalah pemuda biasa-biasa saja, bertampang standar, dan tidak memiliki penghasilan tetap. Namun, selama ini pemuda yang juga merupakan bassist di sebuah band ini tidak pernah mengalami kesulitan untuk mendekati cewek yang ia suka.

Suatu ketika, Scott jatuh cinta pada Ramona (Mary Elizabeth Winstead), gadis cantik yang unik. Perasaan Scott tidak bertepuk sebelah tangan karena Ramona juga memberi respons positif. Akan tetapi, untuk bisa menjadi pasangan Ramona, Scott harus mengalahkan 7 mantan kekasih Ramona terlebih dulu.

16. Tropic Thunder

Tropic Thunder

Berencana untuk membuat film perang, seorang sutradara mengumpulkan beberapa aktor. Namun, para aktor tersebut tidak akur satu sama lain dan justru semakin membuat sang sutradara kewalahan mengaturnya.

Untuk membuat para aktor tersebut akur, sang sutradara akhirnya mengajak mereka untuk syuting di hutan. Malangnya, sutradara justru meninggal karena tak sengaja menginjak ranjau. Bermaksud menghormati sang sutradara, aktor-aktor tadi akhirnya tetap melanjutkan proses pembuatan film. Akan tetapi, kemalangan masih belum berakhir karena mereka harus menghadapi kelompok bersenjata yang menyandera salah satu aktor.

17. Hangover

The Hangover

Tiga orang sahabat terbangun dari mabuknya dan menyadari beberapa keanehan yang terjadi hasil dari kejadian semalam yang tidak mereka sadari. Ada seekor harimau, seorang bayi dan salah satu dari mereka giginya hilang satu.

Mereka harus memburu waktu untuk mencari tahu apa yang mereka lakukan semalam dan mencari seorang sahabatnya yang masih menghilang padahal waktu pernikahan sudah tinggal hitungan detik saja.

Bradley Cooper, Zach Galifianakis dan Ed Helms menampilkan chemistry yang baik dengan naskah dan pengarahan yang cerdas sehingga banyak kelucuan yang hadir selama investigasi mereka.

Karena kesuksesannya, kemudian dibuatkan 2 sequel untuk melengkapi trilogy The Hangover. Tetapi sayangnya, kedua film ini tidak mampu menandingi performa film pertamanya secara kualitas, karena hanya mengulang formula yang sama dengan setting yang berbeda.

18. Dumb and Dumber

Dumb and Dumber

Film yang mengangkat karir sutradara Farrelly bersaudara dan Jim Carrey ini memang mengandalkan wajah komik dan slapsticks ala Jim Carrey dan partnernya, Jeff Daniels. Kebodohan mereka berdua yang seolah-olah tanpa otak mengundang gelak tawa yang tiada habisnya.

Tetapi mereka berdua ini memiliki hati yang baik. Demi mengembalikan tas koper kepada pemiliknya, mereka harus meninggalkan pekerjaan mereka dan berpetualang ke pegunungan Aspen yang penuh salju dengan mengendarai sepeda motor yang mereka tukar dengan mobil mereka sendiri. Dan masih banyak kelucuan lainnya yang terdapat di film yang prequel dan sequel-nya gagal total.

19. Anchorman: The Legend of Ron Burgundy

Anchorman: The Legend of Ron Burgundy

Ron Burgundy (Will Ferrell) dikenal sebagai pembaca berita terkenal di era tahun 70-an. Pria tersebut membawakan berita di sebuah stasiun televisi lokal di San Diego. Bersama dengan tiga rekan prianya, Ron cs. mendapat julukan sebagai “Channel 4 News Team”.

Era kejayaan Ron terancam ketika seorang wanita ambisius, Veronica Cornigstone (Christina Applegate) hadir. Veronica berambisi untuk menjadi pembaca berita wanita pertama dan menggeser posisi Ron di hati masyarakat San Diego.

20. Super Troopers

Super Troopers

Lima polisi di negara bagian Vermont ditempatkan di perbatasan Kanada. Kelima polisi ini terkenal jahil dan suka mengisengi masyarakat sekitar. Kehidupan mereka yang terlihat santai seketika harus berubah tatkala terjadi pemotongan anggaran kota yang berisiko terhadap pemecatan mereka berlima.

Pada akhirnya, kelima polisi yang terlalu santai ini harus membuktikan kinerjanya agar tidak kehilangan pekerjaan. Mereka harus berjibaku dengan kasus kejahatan yang sesungguhnya.

Film-film komedi banyak yang memiliki tema dan cerita yang absurd untuk memancing tawa penonton. Hanya sedikit yang benar-benar memiliki selera humor yang disukai semua orang. 20 film komedi terbaik di atas hanyalah sebagian kecil saja. Untuk film komedi dengan bumbu action dan film komedi dengan nuansa romantis akan kami bahas di artikel-artikel selanjutnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram