Bacaterus / Film Komedi / 10 Film Komedi Terbaik di Dunia yang Sangat Lucu dan Kocak

10 Film Komedi Terbaik di Dunia yang Sangat Lucu dan Kocak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Film komedi adalah genre film yang mengumbar humor dan kelucuan sepanjang durasinya. Bisa dibilang Charlie Chaplin, Buster Keaton dan Harold Lloyd adalah komedian yang pertama kali tampil di perfilman Hollywood lewat film-film bisu yang mereka perankan di era 1930an.

Di setiap dekadenya selalu saja ada pembaharuan dalam selera humor yang disesuaikan dengan trend dan budaya masyarakat yang ada. Dampaknya, film komedi memiliki banyak sub-genre lagi, seperti parodi dan slapsticks.

Dari ribuan film komedi produksi Hollywood, kami pilihkan 10 film yang mewakili berbagai macam selera humor. Untuk itu kami fokuskan kepada film komedi terbaik yang benar-benar murni bertema komedi, tidak bercampur dengan action, horror, atau romance, yang nanti akan kami bahas dalam artikel berikutnya.

10 Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

1. Young Frankenstein [1974]

Young Frankenstein

Film yang disutradarai oleh Mel Brooks dan dibintangi oleh sahabatnya, Gene Wilder, mengumbar komedi yang merupakan parodi dari kisah Frankenstein. Hebatnya, alat-alat dan setting yang digunakan adalah properti film Frankenstein yang diproduksi di tahun 1931.

Ditampilkan dalam format hitam-putih untuk menambah kesan horror tetap tidak mampu menghentikan penonton untuk tertawa karena melihat tingkah laku yang dibuat oleh para karakternya. Saat ini Young Frankenstein sudah terdaftar di National Film Registry dan masuk ke dalam daftar-daftar film komedi terbaik di beberapa media.

2. The Hangover [2009]

film komedi terbaik the hangover

Tiga orang sahabat terbangun dari mabuknya dan menyadari beberapa keanehan yang terjadi hasil dari kejadian semalam yang tidak mereka sadari. Ada seekor harimau, seorang bayi dan salah satu dari mereka giginya hilang satu.

Mereka harus memburu waktu untuk mencari tahu apa yang mereka lakukan semalam dan mencari seorang sahabatnya yang masih menghilang padahal waktu pernikahan sudah tinggal hitungan detik saja.

Bradley Cooper, Zach Galifianakis dan Ed Helms menampilkan chemistry yang baik dengan naskah dan pengarahan yang cerdas sehingga banyak kelucuan yang hadir selama investigasi mereka.

Karena kesuksesannya, kemudian dibuatkan 2 sequel untuk melengkapi trilogy The Hangover. Tetapi sayangnya, kedua film ini tidak mampu menandingi performa film pertamanya secara kualitas, karena hanya mengulang formula yang sama dengan setting yang berbeda.

3. Airplane! [1980]

Jim Abrahams, David Zucker dan Jerry Zucker adalah 3 sineas terdepan di area komedi parodi. Kehandalan mereka dalam mengutip momen asli dari sebuah adegan film terkenal dan memelintirnya untuk mengundang tawa penonton patut diacungi jempol.

Airplane! adalah film yang melambungkan karir mereka. Terlalu banyak kelucuan di setiap adegan film yang mayoritas berada di dalam pesawat terbang. Mulai dari adegan slapsticks hingga dialog lucu yang diucapkan dengan wajah serius yang bisa memancing gelak tawa penonton.

Airplane! dianggap sebagai film komedi terbaik hingga saat ini. Kesuksesan mereka dalam memparodikan film-film sukses berlanjut dengan franchise Hot Shots, Mafia dan Wrongfully Accused.

4. Animal House [1978]

Animal House

Film komedi yang mengambil referensi humor dari hal-hal jorok bermula dari film Animal House yang disutradarai oleh John Landis. Di antara para pemerannya, hanya John Belushi yang sudah punya nama di antara para aktor muda yang baru memulai karir perfilmannya, seperti Kevin Bacon.

Bercerita tentang para mahasiswa pembuat onar yang tinggal di asrama putra yang akan dibubarkan oleh rektor kampus. Tetapi para mahasiswa ini bermaksud melawan keputusan itu. Terjadilah banyak kelucuan dalam usaha mereka untuk mempertahankan asramanya. Film ini terdaftar di National Film Registry dan selalu masuk daftar 10 film komedi terbaik di berbagai media.

5. Superbad [2007]

Superbad

Film yang ditulis naskahnya oleh Seth Rogen dan Evan Goldberg pada saat mereka berusia 15 tahun ini sangat terasa kekonyolan khas remajanya. Jonah Hill dan Michael Cera tampil baik sebagai remaja geek yang mencoba untuk keren demi mendapat perhatian gadis-gadis di sekolahnya. Segala hal yang mereka lakukan selalu berujung kesialan yang menimpa mereka, bahkan itu terjadi di depan gadis idamannya.

6. The Descendants [2011]

the descendants

Alexander Payne selalu bisa menampilkan film dengan cerita dan karakter yang unik. Kali ini George Clooney sebagai tokoh utama yang harus mengasuh kedua putrinya karena istrinya mengalami kecelakaan. Meski dalam nuansa drama, banyak adegan yang mampu mengundang senyum hingga tawa.

Salah satunya adalah ketika George Clooney tahu jika istrinya selingkuh, spontan dia langsung berlari menyusuri kampung menuju rumah sahabatnya untuk memastikan hal tersebut. Ekspresi yang ditampilkan serius tetapi menggelitik. Lewat film ini Shailene Woodley terangkat namanya berkat akting memikatnya sebagai remaja broken home.

7. Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan [2006]

Komedi dengan tipe mockumentary ini menampilkan Sacha Baron Cohen sebagai reporter televisi asal Kazakhstan bernama Borat yang melakukan survey di Amerika untuk mencontoh kebudayaan dan gaya hidup yang katanya lebih maju.

Kekonyolan yang dibuat oleh Borat mampu mengundang reaksi dari orang-orang di sekitarnya yang spontan, dan semua itu ditangkap baik oleh kamera. Film ini dilarang diputar di banyak negara Arab dan Rusia karena humornya yang sedikit rasis. Meski begitu, moviegoers semua pasti akan tertawa terpingkal-pingkal melihat kelucuan demi kelucuan spontan yang dihadirkan di film ini.

8. Dumb and Dumber [1994]

Film yang mengangkat karir sutradara Farrelly bersaudara dan Jim Carrey ini memang mengandalkan wajak komik dan slapsticks ala Jim Carrey dan partnernya, Jeff Daniels. Kebodohan mereka berdua yang seolah-olah tanpa otak mengundang gelak tawa yang tiada habisnya.

Tetapi mereka berdua ini memiliki hati yang baik. Demi mengembalikan tas koper kepada pemiliknya, mereka harus meninggalkan pekerjaan mereka dan berpetualang ke pegunungan Aspen yang penuh salju dengan mengendarai sepeda motor yang mereka tukar dengan mobil mereka sendiri. Dan masih banyak kelucuan lainnya yang terdapat di film yang prequel dan sequel-nya gagal total.

9. Trading Places [1983]

Trading Places

Mempertemukan 2 komedian, Dan Aykroyd dan Eddie Murphy, dalam sebuah film adalah ide brilian pada masa itu dimana mereka sedang berada di puncak kesuksesan. Dengan komedi khas masing-masing, cerita satir tentang pertukaran posisi si kaya dan si miskin menjadi ladang kelucuan yang cukup mengundang tawa.

Kehidupan sosial yang berbeda membuat semua langkah mereka menjadi kikuk. Meski penuh dengan pesan sosial, Trading Places adalah salah satu film komedi terbaik dari Eddie Murphy.

10. Terms of Endearment [1983]

Terms of Endearment

Lebih ke arah drama, Terms of Endearment tetap memunculkan sisi humor yang bisa mengundang senyum karena tingkah, kelakuan atau ucapan dari karakter yang diperankan oleh Debra Winger dan Shirley MacLaine sebagai putri dan ibunya.

Hubungan mereka selama 30 tahun yang kurang harmonis walaupun sebenarnya saling menyayangi, diangkat sedikit demi sedikit sepanjang durasi film. Penampilan apik dari mereka berdua ditambah Jack Nicholson, membuat film ini meraih banyak penghargaan di Academy Awards sebagai Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Actress dan Best Supporting Actor.

Meski tidak akan membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal, tetapi humor yang disisipi oleh pesan moral tentang keluarga cukup meninggalkan kesan bagi penonton.

Film Komedi Terbaik Lainnya

Masih ingin terpingkal-pingkal melihat polah lucu dari para bintang film papan atas? Nah, berikut Bacaterus akan memberikan daftar rekomendasi film komedi lainnya yang wajib Anda tonton:

11. Ted [2012]

Ted

Keajaiban natal dialami oleh John Bennett (Mark Wahlberg). Saat usianya genap 8 tahun, John meminta satu-satunya sahabat yang ia miliki, Ted, sebuah boneka beruang, untuk hidup. Ajaibnya, Ted hidup dan menemani John sampai saat ini.

Saat John memiliki kekasih bernama Lori, John meminta Ted untuk mencari pekerjaan dan tempat tinggal sendiri. Namun, di luar sana ada seorang lelaki menyeramkan yang menginginkan Ted. Akhirnya, Ted bekerja di sebuah toko kelontong dan menjalin cinta dengan kasir di toko tersebut, Tammy-Lynn.

Film komedi ini memang melibatkan boneka beruang sebagai tokoh utamanya. Akan tetapi, Ted adalah film komedi untuk dewasa dan sama sekali tidak disarankan untuk ditonton oleh anak-anak.

12. Rush Hour [1998]

Rush Hour

Siapa yang tak kenal Jackie Chan? Aktor produktif dari Hong Kong ini memang kerap membintangi sejumlah action. Kali ini, Jackie Chan membintangi sebuah film bergenre aksi-komedi, Rush Hour, yang terbilang sukses.

Kisah film ini menceritakan tentang Detektif Lee yang harus bekerja sama dengan James Carter, seorang detektif yang ditugaskan LAPD untuk mengawasi Lee. Keduanya adalah detektif yang berbeda budaya dan tidak pernah akur sejak pertemuannya.

Suatu ketika, kedua detektif yang saling membenci ini harus bekerja sama untuk menyelematkan seorang putri diplomat China yang diculik di Los Angeles. Berhasilkah mereka menyelesaikan misi ini?

13. The Sitter [2011]

The Sitter

Jonah Hill menjadi aktor sekaligus produser eksekutif yang membintangi film ini. The Sitter mengisahkan tentang Noah (Jonah Hill), mahasiswa yang diberhentikan sementara dan dipaksa ibunya untuk menjadi pengasuh anak-anak tetangganya.

Dengan malas-malasan, Noah menyanggupi untuk menjaga anak-anak Mrs. Pedulla yang aneh-aneh; Slater yang bingung dengan orientasi seksualnya, Blithe si kecil yang terobsesi menjadi selebriti, dan Rodrigo yang liar.

Suatu saat, kekasih Noah memintanya untuk membawakan narkoba. Demi cintanya, Noah menyanggupi permintaan kekasihnya dan mencuri mobil Mrs. Pedulla dan membawa serta anak-anaknya untuk mengambil narkoba di salah seorang pengedar.

Sepanjang perjalanan ini, anak-anak Mrs. Pedulla membuat ulah yang menyusahkan Noah. Bahkan, Noah menjadi buruan gembong narkoba tersebut karena ulah Rodrigo.

14. Kick-Ass [2010]

Kick-Ass

Bagaimana rasanya jadi superhero? Dave (Aaron-Taylor Johson) tahu jawabannya. Ia terobsesi menjadi seorang superhero pembasmi kejahatan meskipun ia tidak memiliki kekuatan atau ilmu bela diri. Beberapa kali Dave justru terluka dan mengalami lebam karena nekat melakukan aksi heroik melawan penjahat.

Sampai suatu ketika Dave bertemu dengan superhero sungguhan, yakni Big Daddy (Nicholas Cage) dan Hit Girl (Chloe Grace Moretz). Saat sedang beroperasi, Dave yang memakai nama Kick-Ass ini justru terpojok dan diselamatkan oleh Hit Girl.

15. Step Brothers [2008]

Step Brothers

Punya saudara tiri saat masih anak-anak atau remaja mungkin biasa saja. Namun, bagaimana jika kedua saudara tiri ini adalah perjaka tua yang masing-masing sudah menginjak usia 40-an?

Brennan dan Dale adalah dua orang pemalas yang mengidap penyakit sindrom anak-anak. Keduanya adalah pribadi yang kurang pergaulan dan belum menikah. Ayah Dale dan Ibu Brennan bertemu di suatu acara dan saling jatuh cinta. Akhirnya, keduanya memutuskan untuk menikah.

Baik Dale maupun Brennan saling tidak menyukai satu sama lain. Kini, mereka harus tinggal dalam satu rumah yang sama. Berbagai kekonyolan dari tingkah laku kedua pria ini akan mengocok perut Anda. Terlebih lagi keadaan semakin runyam karena sifat keduanya masih terlalu kekanakan.

Film-film komedi banyak yang memiliki tema dan cerita yang absurd untuk memancing tawa penonton. Hanya sedikit yang benar-benar memiliki selera humor yang disukai semua orang. 10 film komedi terbaik di atas hanyalah sebagian kecil saja. Untuk film komedi dengan bumbu action dan film komedi dengan nuansa romantis akan kami bahas di artikel-artikel selanjutnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *