advertisement
advertisement

Perfilman India, atau yang lebih biasa disebut Bollywood, adalah salah satu industri film terkemuka di dunia saat ini, khususnya di Asia. Tari dan nyanyi adalah ciri khas yang biasanya ditampilkan di setiap film yang diproduksinya, padahal gaya ini adalah hasil dari adaptasi panggung Broadway.

Saat ini sudah banyak aktor-aktris India yang masuk taraf internasional, sebut saja Shah Rukh Khan, Aamir Khan dan Irffan Khan sebagai contoh. Mereka adalah segelintir aktor yang mendapat predikat bagus di perfilman Bollywood, meski belakangan ini salah satu dari megastar perfilman Bollywood, Salman Khan, divonis hukuman penjara karena kasus pembunuhan.

advertisement
advertisement

Untuk memilih mana saja film produksi Bollywood yang merupakan terbaik akan menjadi salah satu tugas terberat. Karena pada akhirnya akan menjadi subjektif daripada objektif. Berikut ini kami coba menempatkan beberapa film yang dianggap terbaik secara kualitas dan komersil juga monumental bagi perfilman Bollywood.

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Shah Rukh Khan dan Kajol merupakan pasangan yang terbaik dalam menyukseskan sebuah film. Chemistry yang mereka tampilkan sangat natural, seolah-olah mereka adalah sepasang kekasih di kehidupan nyata.

Salah satu awal kesuksesan mereka adalah di film “Dilwale Dulhania Le Jayenge” produksi 1995 ini. Film India terbaik yang disutradarai oleh Aditya Chopra ini dianggap sebagai film fundamental yang merubah pola dan gaya perfilman Bollywood.

film india terbaik DILWALE DULHANIA LE JAYENGE

Selain berhasil membawa pulang Best Movie di FilmFare Awards, film ini juga termasuk satu dari tiga film India yang ditampilkan di buku 1001 Movies You Must See Before You Die yang semakin mengukuhkan akan kualitas film yang mengambil lokasi syuting di India, Inggris dan Swiss ini. Lagu-lagu di film ini yang merupakan karya Jatin-Lalit menjadi top hits di India dan masih enak untuk didengar hingga saat ini.

Satu lagi hal monumental dari film ini, yaitu “Dilwale Dulhania Le Jayenge” masih di putar di bioskop Maratha Mandir di India sampai saat ini dan memegang rekor yang akan sangat sulit untuk dipatahkan oleh film manapun, karena ditayangkan tanpa henti selama 20 tahun dan masih berjalan hingga detik ini. Simak trailer di bawah ini, pasti akan tertarik untuk menonton filmnya!!

Kuch Kuch Hota Hai

Secara subjektif, “Kuch Kuch Hota Hai” adalah film favorit penulis. Mengapa? Karena semua unsur hiburan yang dibutuhkan sebuah film ada semua di film ini. Aktor-aktris yang berakting cemerlang, cerita yang menarik, supporting actor-actress yang tampil dengan karakter yang unik, lagu-lagu yang bagus dan koreografi nan menawan adalah unsur-unsur tersebut. Ditambah, tidak ada satupun karakter antagonis di film ini.

KUCH KUCH HOTA HAI

Film ini merupakan debut penyutradaraan Karan Johar yang mengusung pembaruan untuk sinema Bollywood menjadi terkesan lebih modern, berwarna dan dinamis. Memadukan kembali Shah Rukh Khan dan Kajol sudah menambah nilai lebih untuk film ini. Lagu-lagu karya Jatin-Lalit juga sangat memorable sehingga masih nikmat untuk didengarkan lagi dan lagi, sama seperti filmnya yang tidak membosankan.

Film yang mengambil syuting di India, Mauritius dan Skotlandia ini memborong banyak penghargaan di FilmFare Awards, termasuk untuk kategori Best Movie, Best Actor untuk Shah Rukh Khan, Best Actress untuk Kajol, Best Director dan Best Screenplay untuk Karan Johar, Best Supporting Actor untuk Salman Khan dan Best Supporting Actress untuk Rani Mukerji.

Lagaan

advertisement
advertisement

“Lagaan” adalah film India ketiga yang masuk nominasi Academy Awards di kategori Best Foreign Language Film yang diproduksi pada 2001. Film ini dibintangi oleh Aamir Khan yang juga bertindak sebagai produser dan disutradarai oleh Ashutosh Gowariker.

Meski memiliki latar belakang olahraga kriket, sebenarnya “Lagaan” adalah film perjuangan rakyat kecil melawan kekuasaan asing yang bertindak semena-mena terhadap mereka dengan menaikkan pajak yang tinggi.

Untuk menghapuskan pajak itu, rakyat ini ditantang oleh penguasa asing untuk bertanding kriket yang pada waktu itu belum dikenal oleh rakyat India. Lewat bantuan seorang simpatisan yang mengajari mereka cara dan aturan-aturan olahraga ini, akhirnya mereka bisa memenangi pertandingan dan meraih apa yang menjadi hak mereka.

Banyak media internasional memasukkan film India terbaik ini sebagai salah satu film terbaik di daftar film-film terbaik yang mereka susun, seperti BBC, majalah Empire dan Time, membuat “Lagaan” semakin dikenal oleh masyarakat perfilman dunia.

Rang De Basanti

RANG DE BASANTI

“Rang De Basanti” adalah film peraih Best Movie di ajang FilmFare Awards dan juga mendapat sambutan hangat dari para kritikus film dunia. Dianggap sebagai film India dengan nilai produksi yang tinggi dan naskah yang kuat serta dialog yang baik.

Film yang dibintangi oleh Aamir Khan dan disutradarai oleh Rakesy Omprakash Mehra dan diproduksi pada 2006 ini sempat menuai kontroversi karena penggunaan pesawat tempur MiG-21 dan kuda balap India yang dilarang oleh pemerintah.

Tetapi itu semua tidak mengurangi minat penonton untuk datang dan menyaksikan film ini di bioskop sehingga mendatangkan pendapatan yang tinggi dan masih memegang rekor sebagai film India dengan pendapatan minggu pertama tertinggi sepanjang sejarah perfilman India.

Bercerita tentang seorang sineas Inggris yang ingin membuat film dokumenter tentang pemberontak di India berdasarkan diary milik ayahnya. Pada akhirnya dia meminta lima anak muda untuk berakting di filmnya.

Musik yang digarap oleh A.R. Rahman dipertimbangkan untuk masuk ke dalam nominasi Academy Awards, meski tidak berhasil. Sama seperti nasib filmnya yang juga gagal masuk ke dalam nominasi Best Foreign Languange Film.

Taare Zameen Par

TAARE ZAMEEN PAR

“Taare Zameen Par” adalah film karya Aamir Khan produksi tahun 2007. Aamir Khan bertindak sebagai Aktor, Produser dan Sutradara untuk film yang dua tahun kemudian didistribusikan di Amerika oleh Walt Disney Pictures dengan judul “Like Stars on Earth”, yang menjadi film India pertama dengan distribusi perusahaan film Amerika.

Bercerita tentang seorang anak disleksia yang penuh imajinasi yang hanya dimengerti olehnya, hingga dirinya dikucilkan oleh teman-temannya. Tetapi semua berubah setelah kedatangan guru seni yang mengerti bagaimana mengembangkan bakat anak disleksia ini.

Banyak hal monumental bagi perfilman India lewat film ini. Selain film pertama yang didistribusikan oleh perusahaan Amerika, juga adalah film India pertama yang menggunakan tehnik clay-animation. “Taare Zameen Par” juga berhasil meraih Best Movie di ajang FilmFare Awards (ajang penghargaan film setara Academy Awards di India).

3 Idiots

3 IDIOTS

Aamir Khan adalah seorang aktor kaliber Bollywood yang selalu tampil dengan karakter yang berbeda hampir disetiap filmnya, tetapi tidak menghilangkan ciri khas yang ada padanya. “3 idiots” adalah film komedi produksi 2009 yang mendapatkan kesuksesan hampir di seluruh dunia.

Di India sendiri, film ini adalah film dengan pendapatan terbanyak kedua sepanjang masa. Di seluruh Asia, film ini juga merajai puncak box-office, seperti di China dan Indonesia. Ketika ditayangkan di Amerika, film ini juga mendapat sambutan yang baik dan juga hasil box-office yang besar.

Menceritakan persahabatan tiga orang mahasiswa dalam menuntut ilmu dengan permasalahan yang ada pada diri mereka masing-masing. Film ini memaparkan pentingnya pendidikan bagi kehidupan bangsa yang lebih baik, dengan karakter Rancho yang akhirnya sukses sebagai inventor dan pengusaha yang sukses.

Film kolaborasi sutradara Rajkumar Hirani dan aktor Aamir Khan ini sudah diadaptasi ke film Tamil dan kabarnya akan segera dibuat adaptasi film Hong Kong oleh Stephen Chow dan adaptasi Hollywood yang masih dalam perencanaan.

My Name Is Khan

MY NAME IS KHAN

Setiap film yang menampilkan “the golden pair” Shah Rukh Khan dan Kajol selalu ditunggu dan mengundang perhatian penggemarnya dan moviegoers. Dan film-film mereka selalu menjadi hits dan juga memiliki kualitas yang baik.

“My Name Is Khan” sedikit berbeda jika dibandingkan dengan film-film mereka berdua yang terdahulu. Lebih berat isinya dan lebih sensitif temanya, beraroma agama dan politik.

Dirilis pada 2010, film yang disutradarai oleh Karan Johar ini langsung sukses di India dan Amerika, mendahului “3 Idiots”, meski akhirnya dilewati pencapaiannya oleh film saingannya tersebut. Penampilan Shah Rukh Khan dan Kajol disini lebih dewasa dan memiliki masalah yang dalam serta menguras emosi.

Shah Rukh Khan berperan sebagai seorang pria muslim penderita Aspergers Syndrome dan Kajol sebagai wanita Hindu yang anaknya menjadi korban bully di sekolahnya. Karakter Khan disini ingin bertemu dengan Presiden Barrack Obama untuk membuktikan bahwa tidak semua muslim adalah teroris.

Meski tidak meraih Best Movie, tetapi “My Name Is Khan” meraih Best Director untuk Karan Johar, Best Actor untuk Shah Rukh Khan dan Best Actress untuk Kajol. Ketiga point plus ini sudah membuktikan kehandalan akting mereka dalam film yang cukup mengundang kontroversi ini.

Zindagi Na Milegi Dobara

ZINDAGI NA MILEGI DOBARA

“Zindagi Na Milegi Dobara” adalah film hits Bollywood produksi 2011 yang dibintangi oleh megastar India seperti Hrithik Roshan, Farhan Akhtar dan si cantik Katrina Kaif. Film ini banyak mendapat penghargaan dari beberapa festival film, terutama dari FilmFare Awards yang mendapuk film yang menjadi box-office ini sebagai Best Movie.

Film yang mengambil syuting di Spanyol, India, Mesir dan Inggris ini terasa bernuansa internasional, meski para aktornya semua kewarganegaraan India. Ceritanya sendiri sangat menarik dan menantang adrenalin dengan semua permainan yang dilakukan ketiga sahabat ini dalam menghabiskan masa liburan mereka.

Jika bisa dibilang nepotisme, maka film ini adalah sarangnya nepotisme, tetapi dalam arti positif. Zoya Akhtar sebagai sutradara berhasil meraih Best Director, Farhan Akhtar sebagai aktor berhasil meraih Best Supporting Actor dan Javed Akhtar sebagai penulis lirik masuk nominasi Best Music Director meski tidak berhasil meraihnya.

Meski terkesan nepotisme, tetapi mereka memiliki kualitas yang sangat baik di bidang yang mereka tekuni dan berhasil menciptakan karya yang bagus dan menghibur.

Barfi!

BARFI!

“Barfi!” adalah film komedi romantis produksi 2012 yang disutradarai, ditulis dan diproduseri oleh Anurag Basu dan dibintangi oleh trio Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra dan Ileana D’Cruz. Film ini berhasil meraih banyak penghargaan di FilmFare Awards sebagai Best Movie, Best Actor dan Best Music Director.

Penampilan aktor Ranbir Kapoor yang flamboyan di film ini memang patut diacungi jempol dan wajar bisa meraih penghargaan tersebut. Yang juga mengundang decak kagum adalah penampilan Priyanka Chopra sebagai wanita autis yang tampil sangat jauh berbeda dan tidak terlihat sebagai mantan Miss World yang cantik jelita.

Dicap sebagai “super hits” oleh media India dan masuk sebagai nominator Academy Awards untuk kategori Best Foreign Language Film sudah cukup mengabsahkan kualitas film ini yang memiliki sinematografi dan kerja kamera yang dinamis dan berwarna-warni, sesuai dengan setting filmnya yang mengambil era 1970an.

Bhaag Milkha Bhaag

BHAAG MILKHA BHAAG

Milkha Singh adalah seorang atlit Olimpiade asal India di cabang atletik, terutama lari baik sprint maupun marathon. Singh juga adalah seorang tentara beragama Sikh yang sering dijuluki “The Flying Sikh” karena kecepatannya.

Banyak sudah medali yang dia peroleh dari Olimpiade dan Asian Games. Film ini mengangkat kisahnya sebagai juara lari tingkat internasional yang diperankan oleh Farhan Akhtar dan disutradarai oleh Rakeysh Omprakash Mehra yang dirilis pada 2013 silam.

Kisahnya sendiri merupakan adaptasi dari autobiography Milkha Singh berjudul The Race of My Life yang ditulis olehnya dan putrinya, Sonia Salwanka. Respon yang diterima oleh film India terbaik ini cukup baik, terutama dari kritikus film, yang mengakui keakuratan kisahnya dan tampilan sinematografinya.

Meski tidak berhasil meraih penghargaan apapun dari FilmFare Awards, tetapi film ini termasuk salah satu film box-office India, duduk diperingkat enam pada tahun 2013 kemarin dan sempat dinyatakan sebagai “super hits” oleh berbagai media India.

Artikel Menarik Lainnya: