advertisements

Selain terkenal dengan film romantisnya yang mengharu-biru, Jepan juga cukup populer dengan berbagai film animasinya. Film animasi atau anime merupakan salah satu produk unggulan dari Industri film di Jepang. Banyak film anime terbaik Jepang yang tidak kalah populer dengan animasi buatan Amerika.

Selain itu, berbagai film anime Jepang juga rutin masuk dalam nominasi film animasi terbaik dalam ajang bergengsi Academy Awards alias Oscar. Nah, kali ini bacaterus.com akan mengulas 10 judul film anime buatan Jepang terbaik sepanjang masa. Apa sajakah itu?

Spirited Away – 2001

advertisements

Spirited Away (Sen to chihiro no Kamikakushi) merupakan salah satu film anime yang cukup terkenal di berbagai belahan dunia. Kepopuleran tersebut tidak lain karena film ini berhasil menyabet penghargaan Academy awards terbaik untuk kategori film animasi pada tahun 2002. Hingga saat ini belum ada satupun film anime Jepang yang mampu menyabet gelar serupa.

Film karya Hayao Miyazaki ini menceritakan tentang petualangan seorang anak perempuan bernama Chihiro yang terjebak di alam gaib. Di sana ia harus berusaha menyelamatkan kedua orang tuanya yang dikutuk menjadi dua ekor babi.

film anime terbaik spirited away

Petualangan yang dilalui oleh Chihiro ini sangatlah seru karena ia harus bertemu dengan berbagai macam makhluk yang aneh. Meskipun begitu, film ini sama sekali tidak menyeramkan. Film yang wajib ditonton untuk semua penggemar anime!

Grave of Fireflies – 1988

Grave of Fireflies atau Hotaru no Haka adalah film buatan Studio Ghibli yang dirilis pada tahun 1988. Jika selama ini kita banyak dijejali dengan film perang yang menonjolkan perjuangan dan kepahlawanan, maka di film ini kita akan disadarkan bahwa perang hanya akan membawa air mata dan penderitaan.

grave of fireflies

Ya, film Grave of Fireflies menceritakan tentang dua orang kakak adik yang kehilangan kedua orang tuanya akibat peperangan. Mereka kemudian harus berjuang untuk hidup sendiri tanpa ada yang peduli karena semua orang saat itu sedang kesusahan akibat peperangan.

Film ini sendiri merupakan kisah nyata yang diadaptasi dari semi-otobiografi yang dibuat oleh Nosaka Akiyuki. Film ini juga kemudian dibuat sekuelnya dengan format live-action pada tahun 2004 dan 2008.

The Girl Who Leapt Through Time – 2006

The Girl Who Leapt Through Time (Toki o Kakeru Shojo)

Pernah membayangkan memiliki mesin waktu dan bisa dengan senang hati pergi ke manapun kita mau? Jika pernah, mungkin film The Girl Who Leapt Through Time ini akan sedikit merubah pandangan kita terhadap mesin waktu tersebut.

The Girl Who Leapt Through Time (Toki o Kakeru Shojo) menceritakan tentang seorang perempuan yang bisa melakukan time travel ke masa lalu. Sayangnya, ia hanya melakukannya untuk berbgai tindakan konyol sehingga malah merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

advertisements

Film yang menjadi sekuel dari novel buatan Tsutsui Yasutaka ini secara tidak langsung menyadarkan kita bahwa memiliki mesin waktu itu tidak selalu menyenangkan. Apapun yang kita miliki saat ini, itulah yang terbaik untuk kita dan harus kita syukuri.

Princess Mononoke – 1997

Film Princess Mononoke (Mononoke Hime) adalah film yang dirilis pada tahyn 1997 oleh Studio Ghibli. Film ini sarat akan pesan untuk mencintai alam terutama dalam hal penebangan hutan yang marak terjadi saat ini.

Princess Mononoke mengisahkan seorang perempuan yang sejak kecil tinggal di hutan. Ia bersahabat dengan kawanan serigala dan selalu berusaha untuk melindungi hutan dari berbagai macam tindak kejahatan manusia.

Princess Mononoke (Mononoke Hime)

Film ini menceritakan bagaimana kemarahan para binatang di hutan yang kehilangan tempat tinggal akibat pembabatan yang dilakukan oleh manusia. Dalam film ini juga terdapat berbagai makhluk mistis khas Jepang seperti Kodama dan Daidarabochi.

Howl’s Moving Castle – 2004

Howl’s Moving Castle (Hauru no Ugoku Shiro)

Howl’s Moving Castle (Hauru no Ugoku Shiro) merupakan salah satu film anime terbaik buatan Hayao Miyazaki. Film ini diadaptasi dari novel karya Diana Wynne Jones dengan judul yang sama. Film ini juga sempat menjadi kandidat pemenang Academy Awards pada tahun 2004.

Film ini bercerita mengenai seorang perempuan bernama Sophie yang dikutuk oleh penyihir jahat sehingga menjadi seorang nenek-nenek. Untuk menghilangkan kutukannya tersebut, ia harus mencari pangeran Howl yang memiliki istana yang dapat berpindah-pindah.

The Secret World of Arrietty – 2010

The Secret World of Arrietty (Kari-gurashi no Arietti)

The Secret World of Arrietty (Kari-gurashi no Arietti) merupakan film yang dirilis pada tahun 2010. Film ini merupakan adaptasi dari novel The Borrower karya Mary Norton. Maka dari di beberapa negara film ini juga dikenal dengan judul The Borrower Arrietty.

Film ini menceritakan tentang kehidupan keluarga Arriety yang merupakan kumpulan manusia kerdil. Mereka hidup menumpang secara diam-diam di rumah Sho. Tanpa sengaja Sho mengetahui keberadaan mereka dan kemudian mulai menjalin persahabatan dengan Arrietty.

My Neighbor Totoro – 1988

My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)

My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro) merupakan salah satu film anime terpopuler di dunia. Film ini menceritakan tentang persahabatan sepasang adik kakak dengan makhluk raksasa bernama Totoro. Totoro sendiri merupakan monster baik yang bertugas untuk menjaga hutan.

Totoro sering mengajak kedua bersaudara tersebut untuk berkeliling di malam hari. Ia juga memberikan mereka benih tanaman serta cara menanamnya. Film ini wajib ditonton oleh anak-anak. Saking terkenalnya, kini karakter Totoro selalu menjadi ikon dari Studio Ghibli.

5 Centimeters Per Second – 2007

5 Centimeters Per Second (Byōsoku Go Senchimētoru)

5 Centimeters Per Second (Byōsoku Go Senchimētoru) merupakan film anime romantis buatan Makoto Shinkai. Film ini merupakan kumpulan 3 kisah pendek yang saling berkaitan antara satu sama lainnya, dengan seorang lelaki bernama Takaki sebagai karakter utamanya.

Film ini bercerita tentang hubungan jarak jauh (LDR) yang dijalani oleh Takaki dan Akari. Namun kisah cinta mereka penuh dengan liku. Ketika menonton film ini Anda pasti akan terhanyut dengan kisah emosionalnya, terlebih pada bagian terakhir yang diiringi dengan lagu One More Time, One More Chance karya Masayoshi yamazaki.

Lupin III: The Castle of Cagliostro – 1979

Lupin III The Castle of Cagliostro

Lupin III: The Castle of Cagliostro (Rupan Sansei: Kariosutoro no Shiro) merupakan salah satu karya awal Hayao Miyazaki sebelum malang melintang bersama Studio Ghiblinya. Film ini menceritakan tentang kerajaan Cagliostro yang menyimpan berbagai misteri.

Arsene Lupin III kemudian tertarik untuk menguak sekaligus mencuri perhiasan yang ada di dalamnya. Akhirnya, Lupin secara tidak sengaja juga berhasil mengungkap berbagai kejahatan yang ada di dalamnya. Dalam film ini hampir semua tokoh di film Lupin lainnya juga hadir, seperti Inspektur Zenigata, Fujiko Mine, dan lainnya.

The Wind Rises – 2013

The Wind Rises (Kaze Tachinu)

The Wind Rises (Kaze Tachinu) merupakan film anime terbaru sekaligus menjadi karya terakhir dari Hayao Miyazaki. Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Jiro yang bercita-cita untuk mendesain sebuah pesawat terbang.

Dalam mewujudkan cita-citanya tersebut ia harus melalui berbagai macam pengorbanan, termasuk meninggalkan istrinya yang sedang sakit. The Wind Rises merupakan film anime terbaik 2014 sekaligus menjadi salah satu nominasi dalam ajang Academy Awards.

Patema Inverted – 2013

patema inverted

Patema Inverted (Sakasama no Patema) bercerita tentang tentang seorang gadis bernama Patema yang hidup di lorong-lorong bawah tanah bersama komunitasnya. Mereka hidup di bawah tanah karena tubuh mereka memiliki sifat anti-gravitasi. Dalam dunia mereka, langit berada di bawah dan tanah berada di atas.

Suatu hari Patema jatuh ke permukaan bumi dan bertemu dengan manusia bumi yang normal. Sayangnya penguasa di sana tidak menyukai keberadaan manusia anti-gravitasi sehingga ia diculik dan ditawan. Film bergenre science fiction ini sangatlah unik terutama dengan teori anti-gravitasi yang diusungnya.

The Tale of the Princess Kaguya – 2013

The Tale of the Princess Kaguya

Kehilangan sosok Hayao Miyazaki tampaknya tidak membuat Studio Ghibli kehilangan taji. Buktinya mereka sukses merilis film The Tale of the Princess Kaguya (Kaguya-hime no Monogatari) yang masuk ke dalam nominasi Academy Awards tahun 2015.

Film karya Isao Takahata ini merupakan adaptasi dari dongeng di Jepang mengenai putri yang dikirimkan dari bulan untuk seorang penebang bambu. Sang putri kemudian tumbuh dewasa dan menjadi sangat cantik sehingga banyak raja yang ingin meminangnya. Sayangnya, pinangan para kaisar tersebut justru menjadi awal malapetaka baginya.

Children Who Chase Lost Voices – 2011

Children Who Chase Lost Voices

Children Who Chase Lost Voices (Hoshi o Ou Kodomo) merupakan karya Makoto Shinkai yang tidak kalah sukses dengan film 5 Centimeter Per Second. Film ini menceritakan tentang perjalanan seorang gadis bernama Asuna di dunia bawah tanah bernama Agartha.

Konon, di bawah tanah yang kita injak ini terdapat dunia lain yang juga dihuni oleh manusia seperti layaknya di atas permukaan bumi ini. Di sana juga terdapat sebuah gerbang kematian di mana kita bisa meminta orang yang sudah meninggal untuk dihidupkan kembali.

Nah, itulah kumpulan film anime terbaik buatan Jepang yang wajib untuk Anda tonton. Silahkan tonton berbagai film tersebut dengan membeli DVD originalnya. Jika ada film animasi Jepang lainnya yang layak untuk masuk ke dalam daftar di atas, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: