advertisements

Terlahir di pusat perfilman dunia adalah sebuah berkah tersendiri bagi mereka yang ingin berkarir di industri hiburan. Leonardo DiCaprio adalah salah satunya. Lahir di Hollywood pada 11 November 1974, DiCaprio mengawali karir aktingnya sejak kecil melalui beberapa serial televisi seperti Santa Barbara dan Growing Pains sebelum akhirnya terjun ke dunia film layar lebar.

Menjadi idola remaja dan sukses di awal karirnya membuat namanya bertengger di deretan aktor papan atas Hollywood. Tetapi, DiCaprio tidak hanya mengejar nilai komersil semata, sebagai aktor dia tentu ingin membuktikan kualitas aktingnya dan hal ini dibuktikan olehnya lewat beberapa filmography-nya yang mengusung pendalaman karakter dan tema yang cukup berat.

advertisements

Tidak cukup sebagai aktor saja, DiCaprio juga bertindak sebagai produser dengan rumah produksinya, Appian Way Productions. Hal ini membuktikan totalitasnya sebagai insan perfilman yang terus-menerus ingin berkarya menghasilkan film-film bermutu baik.

Dari awal karirnya di tahun 1990an, kami pilihkan sepuluh film terbaik Leonardo DiCaprio di mana dirinya menampilkan akting yang berkualitas dan layak untuk diapresiasi lebih.

Titanic [1997]

titanic leonardo dicaprio

Tidak bisa dipungkiri lagi jika film inilah yang menasbihkan nama Leonardo DiCaprio sebagai salah satu aktor papan atas Hollywood, meski sebelumnya sudah populer sebagai idola remaja lewat Romeo + Juliet (1996) dan dinominasikan sebagai Best Supporting Actor pada ajang Academy Awards lewat film What’s Eating Gilbert Grape (1993).

Perannya sebagai Jack Dawson mampu menyihir penonton dengan keluguan dan kharisma tipikal anak muda kreatif dan pemberontak. Ketika wajahnya muncul pertama kali di adegan permainan kartu, seisi bioskop langsung riuh, karena kehadirannya memang dinantikan oleh seluruh penonton pada saat itu.

Catch Me If You Can [2002]

Catch Me If You Can

Perannya sebagai penipu ulung Frank Abagnale di film arahan Steven Spielberg ini menuai pujian dari berbagai kritikus film, bahkan dari sosok aslinya sendiri yang saat ini menjadi staff di FBI. Akting yang terlihat santai tapi meyakinkan darinya bersinergi dengan Tom Hanks yang lebih senior dan mampu menampilkan duet yang atraktif dalam kisah cat and mouse ini.

Ceritanya sendiri sangat menarik karena Abagnale adalah penipu yang telah meraup jutaan dollar sebelum menginjak usia 19 tahun dengan menjadi pilot, dokter dan penuntut umum di pengadilan. Banyak sekali penipuan yang dilakukannya hingga akhirnya dirinya ditangkap FBI.

The Aviator [2004]

The Aviator

Lewat perannya sebagai Howard Hughes dalam film arahan Martin Scorsese ini, untuk pertama kalinya DiCaprio masuk nominasi Best Actor di Academy Awards. Aktingnya sendiri memang sangat baik dan total, bahkan kegilaan di dalam otak Hughes karena obsessive-compulsive disorder bisa terlihat jelas di wajah DiCaprio.

Tetapi kemudian dia bisa berubah menjadi orang yang berkharisma ketika bertemu para wanita yang selalu mengitari kehidupannya, seperti Katharine Hepburn dan Ava Gardner. Dan DiCaprio melakukan tugasnya itu dengan sangat baik.

The Departed [2006]

advertisements

Film yang sudah berkali-kali masuk daftar film terbaik ini memang tidak pernah habis untuk dibahas. Akting DiCaprio yang kelam tampak berkelas dan mampu menyaingi kualitas Jack Nicholson dan Matt Damon.

Sebagai polisi yang menyusup ke dalam komplotan mafia demi mencari cara untuk menangkap gembongnya dengan bukti-bukti yang otentik penuh dengan resiko. Selain takut akan ketahuan identitas aslinya, juga dia harus mencari tahu siapa mata-mata dalam tubuh kepolisian yang selalu melindungi kelompok mafia ini dari sergapan polisi.

Blood Diamond [2006]

Sierra Leone pada tahun 1996-2001 adalah negara yang penuh dengan sengketa. Selain perang antar suku dan perebutan kekuasaan, eksplorasi dan pencurian berlian adalah salah satunya. Perannya sebagai Danny Archer, seorang penyelundup senjata asal Rhodesia yang berusaha mengambil berlian dengan bantuan beberapa rekannya, menemui banyak hambatan, terutama dari oknum pemerintah dan juga pemberontak setempat.

Meski pada akhirnya dia tewas, tetapi berlian yang berharga itu berhasil diserahkan kepada pemiliknya yang berhak. Lewat aktingnya yang total, DiCaprio berhasil masuk nominasi Best Actor dari Academy Awards.

Shutter Island [2010]

Shutter Island

Kerjasama yang baik antara DiCaprio dan sutradara Martin Scorsese memang banyak menghasilkan film-film yang bagus, salah satunya adalah film yang diangkat dari novel karya Dennis Lehane ini.

Aktingnya yang membuat bingung penonton karena alur cerita yang bolak-balik dan susah ditebak, membuat kita hanya bisa tercengang karena memikirkan maksud dari kisah film ini. Kekuatan akting yang ditampilkan DiCaprio cukup baik sehingga bisa membawa nuansa film yang kelam ini menjadi lebih suram.

Inception [2010]

Inception

Sejauh ini, film karya Christopher Nolan ini adalah film terbaik yang pernah dibintangi oleh DiCaprio. Meski lebih mengedepankan kerumitan cerita dan visualisasi yang mencengangkan mata penonton, tetapi akting para pemerannya, salah satunya DiCaprio, turut mengatrol jalan cerita dan membawa alam pikiran penonton jauh masuk ke dalam alam imajinasi yang ditampilkan.

Kegelisahan yang terus menghantui Dom, karakter yang diperankan DiCaprio, tidak kita ketahui asalnya jika kita tidak mencermati setiap dialog dan mengumpulkan puzzle-puzzle yang berserakan di tepian-tepian adegan.

Django Unchained [2012]

Django Unchained

Dalam film unik dan nyentrik arahan Quentin Tarantino ini, DiCaprio berperan sebagai Calvin J. Candie, tokoh antagonis yang kharismatik. Dialog yang diucapkan, yang kebanyakan kata-kata kasar, mampu dibawakan dengan sangat baik dan menjadikan penonton benci kepada karakter ini. Artinya, DiCaprio berhasil memerankan tokoh ini dengan sangat baik.

Meski tidak berhasil masuk nominasi di Academy Awards, tetapi performa aktingnya tetap diakui sangat baik oleh kritikus film, terutama kritikus asal Eropa.

The Wolf of Wall Street [2013]

The Wolf of Wall Street

Kerakusan manusia karena ingin mengumpulkan harta kekayaan bisa membuatnya terjerumus dalam kebinasaan karena telah melanggar banyak aturan dan merugikan hak-hak orang lain. Itulah yang terjadi pada Jordan Belfort, mantan pialang saham yang saat ini sudah menjadi motivator dan penulis.

Sosoknya diperankan oleh DiCaprio dengan meyakinkan sehingga mengantarkannya masuk nominasi Best Actor di Academy Awards. Materialisme dan hedonisme adalah dua hal yang tak terpisahkan dan diangkat di film ini secara detil tetapi menarik, membuktikan jika manusia yang rakus dan gila harta tidak ubahnya seperti sifat binatang.

The Revenant [2015]

The Revenant

Inilah pencapaian terbaik DiCaprio sebagai seorang aktor yang membuktikan kapasitas dan kualitasnya sebagai aktor watak papan atas Hollywood. Penderitaan untuk survive dari kerasnya alam dan kejamnya manusia, mampu digambarkan dengan sangat baik meski minim dialog yang diucapkannya karena diceritakan jika dia mengalami cedera berat setelah bertarung dengan induk beruang.

Lewat kerja kerasnya ini, DiCaprio akhirnya mendapatkan Oscar pertamanya sebagai Best Actor setelah tiga kesempatan sebelumnya hanya berhasil masuk sebagai nominasi saja.

Itulah sepuluh film terbaik Leonardo DiCaprio sejauh ini. Bisa dipastikan, di usia yang baru menginjak 41 tahun, masih banyak prestasi yang bisa diraih ke depannya. Apalagi saat ini dia sedang berada di puncak kegemilangan karirnya, yang semoga saja adalah awal dari film-film berikutnya yang lebih baik dari sebelumnya dan semakin mengukuhkan posisinya sebagai insan film ternama di dunia.

Artikel Menarik Lainnya: