advertisements

Di perfilman Bollywood, selain Shah Rukh Khan, ada satu aktor lagi yang sangat sukses yang mampu menyaingi prestasi sang “King of Bollywood”. Siapakah dia? Masih bermarga Khan juga. Dia adalah Aamir Khan. Aamir Khan terjun ke dunia film layar lebar Bollywood lebih dulu dibandingkan Shah Rukh Khan, meski usia mereka sama, dan hal itu membuat nama Aamir Khan sudah dikenal duluan sebelum Shah Rukh Khan terkenal.

Memulai karir perfilman sejak usia belia, 8 tahun, dan mendapat peran utama di usia 20 tahun lalu menjadi terkenal di usia 23 tahun adalah lompatan prestasi yang mengagumkan dari seorang aktor di India.

advertisements

Wajahnya yang tampan meski memiliki postur sedikit pendek jika dibandingkan aktor-aktor lainnya, membuat dia seolah seperti sosok Tom Cruise di perfilman Hollywood. Kebetulan juga popularitas mereka berbarengan di tahun yang berdekatan.

Selain beberapa filmnya yang sudah pernah kami ulas di artikel sebelumnya, inilah daftar 10 film Bollywood terbaik yang pernah dibintangi oleh Aamir Khan.

Qayamat Se Qayamat Tak [1988]

Film yang mengambil inspirasi cerita berdasarkan kisah Romeo dan Juliet dalam versi kontemporer ini langsung menjadi box-office dan sangat populer di India. Bisa dibilang, Qayamat Se Qayamat Tak membawa angin perubahan di perfilman Bollywood.

film bollywood terbaik Qayamat Se Qayamat

Jika sebelumnya film India lebih banyak mengumbar kekerasan dengan munculnya karakter “Tuan Takur” dan “Inspektur Vijay”, maka di film ini tidak ditampilkan adegan kekerasan yang cukup banyak. Selain itu, film ini juga membawa kembali musik tradisional India setelah satu dekade mayoritas film diisi oleh lagu-lagu disco dan breakdance. Dan banyak hal pertama lainnya juga yang terdapat di film ini.

Aamir Khan dan Juhi Chawla adalah aktor-aktris yang baru pertama kali diorbitkan dan dipasang sebagai pemeran utama. Selain itu, film ini juga merupakan karir pertama bagi pasangan penyanyi Udit Narayan dan Alka Yagnik yang di kemudian hari akan banyak menghasilkan lagu-lagu hits untuk film-film Bollywood populer. Aamir Khan tampil begitu mengesankan dan berhasil masuk nominasi Best Actor meski akhirnya berhasil membawa pulang piala Filmfare Award sebagai Best Male Debut.

Raakh [1989]

Raakh

Setelah membawa angin perubahan di film Qayamat Se Qayamat Tak, Aamir Khan masuk ke area film action-thriller khas Bollywood saat itu. Sepertinya hal ini memang tidak terhindarkan bagi bintang baru seperti Aamir Khan.

Tema balas dendam kesumat khas India digelar di sepanjang film dimana Aamir Khan menampilkan akting yang maksimal untuk ukuran film action standard Bollywood ini. Maka tidak heran jika lewat film ini dia kemudian kembali masuk nominasi Best Actor meski tetap masih belum berhasil memenanginya.

Dil Hai Ki Manta Nahin [1991]

Dil Hai Ki Manta Nahin

Cinta memang tidak mudah untuk dimengerti. Terkadang kita ingin mencintai seseorang tetapi malah kita jatuh cinta kepada orang lain. Itulah yang terjadi pada karakter yang diperankan oleh Pooja Bhatt di film ini dengan Aamir Khan sebagai pasangannya.

advertisements

Film romantis ini merupakan remake bebas dari film populer Hollywood, It Happened One Night. Selain melambungkan karir Pooja Bhatt sebagai aktris, sekali lagi lewat perannya, Aamir Khan masuk nominasi Best Actor untuk ke empat kalinya, setelah tahun sebelumnya lewat film Dil. Dan dia tetap kembali gagal meraihnya.

Jo Jeeta Wohi Sikandar [1992]

Persaingan memperebutkan hati wanita tidak hanya bisa dilakukan dengan saling menghina dan menjatuhkan. Hal negatif seperti itu sebaiknya dihindarkan. Lebih baik besikap sportif lewat ajang olahraga, seperti yang diceritakan di film Bollywood terbaik ini.

Aamir Khan kembali berkolaborasi dengan sutradara Mansoor Khan yang mengarahkannya di film Qayamat Se Qayamat Tak. Bersama mereka membawa film ini meraih Best Film di tahun tersebut dan meraup keuntungan yang besar secara komersil. Selain itu, Aamir Khan kembali masuk nominasi Best Actor.

Hum Hain Rahi Pyar Ke [1993]

Hum Hain Rahi Pyar Ke

Aamir Khan dan Juhi Chawla kembali dipasangkan dalam film besutan Mahesh Bhatt yang merupakan remake bebas film klasik Hollywood, Houseboat. Film ini langsung sukses dan populer di tahun tersebut. Meraih box-office yang besar dan berhasil menjadi Best Film. Juhi Chawla sendiri didapuk sebagai Best Actress.

Hanya Aamir Khan lagi-lagi harus bersabar, karena untuk kesekian kalinya dia masuk  nominasi Best Actor dan kembali gagal memenanginya. Tetapi bakatnya sebagai sutradara dan penulis naskah mulai terlihat di film ini. Kabarnya, beberapa kali syuting diarahkan oleh Aamir Khan karena Mahesh Bhatt sering berhalangan datang dan perubahan naskah yang terjadi juga ditulis oleh Aamir Khan.

Andaz Apna Apna [1994]

Andaz Apna Apna

Film komedi yang penuh adegan slapstick ini awalnya mendapat cibiran ketika dirilis. Padahal 4 pemeran utamanya adalah bintang Bollywood terkenal saat itu. Aamir Khan dan Salman Khan berperan sebagai penipu, sedangkan Raveena Tandon dan Karisma Kapoor sebagai pasangan mereka.

Tetapi seiring berjalannya waktu, film ini menjadi klasik hingga saat ini dan dipuji oleh kritikus film India sebagai salah satu film komedi India terbaik. Hebatnya, Aamir Khan tetap bisa masuk sebagai nominator Best Actor bahkan dari film yang menuai cibiran dan gagal di box-office saat itu.

Ghulam [1998]

Ghulam

Setelah sekali lagi masuk nominasi Best Actor lewat film Akele Hum Akele Tum, akhirnya Aamir Khan bisa meraih Best Actor lewat film Raja Hindustani yang sebenarnya memiliki kualitas yang jauh lebih buruk dibanding film-film sebelumnya. Predikat sebagai Best Actor membuat honornya semakin melambung, dan Ghulam adalah film pertamanya setelah Raja Hindustani.

Film kriminal ini mengangkat kehidupan sosial warga kelas bawah yang seringkali terlibat tindakan kriminal. Rani Mukerji yang baru saja diorbitkan lewat film Kuch Kuch Hota Hai dipasangkan dengan Aamir Khan di film ini. Sekali lagi Aamir Khan masuk nominasi Best Actor lewat perannya di film yang disutradarai oleh Vikram Bhatt ini.

Sarfarosh [1999]

Sarfarosh

Konflik tak berkesudahan di perbatasan India-Pakistan selalu menjadi ladang cerita bagi perfilman Bollywood. Dirilis hampir berbarengan dengan film Shah Rukh Khan bertema sama yang terkenal dengan lagu “Chaiyya Chaiyya”, Dil Se…, Sarfarosh pun mengambil setting yang sama. Kebetulan juga sedang terjadi konflik perbatasan saat itu yang dikenal dengan Kargil Conflict.

Tidak jauh dari tema balas dendam atas salah satu anggota keluarganya yang menjadi korban konflik, film ini menampilkan banyak adegan action dan ledakan disana-sini. Akting memukau Aamir Khan membuatnya masuk sebagai nominator Best Actor.

Dil Chahta Hai [2001]

Dil Chahta Hai

Setelah Aamir Khan berhasil meraih Best Actor keduanya lewat Lagaan yang juga sebagai nominator Best Foreign Language Film di Academy Awards, dia kembali bermain di film komedi lewat Dil Chahta Hai. Film ini banyak dikritik karena terlalu city-oriented, dimana ketiga karakter utamanya berasal dari keluarga kaya kelas atas.

Film besutan sutradara Farhan Akhtar ini memasang Aamir Khan, Saif Ali Khan dan Akshaye Khanna sebagai 3 orang sahabat ketika masih kuliah dan cerita mulai rumit ketika mereka jatuh cinta kepada wanitanya masing-masing. Perbedaan prinsip tentang cinta diantara mereka membuat film ini menjadi menarik. Lewat film ini, Aamir Khan masuk kembali sebagai nominator Best Actor.

PK [2014]

PK

Setelah kembali masuk nominasi Best Actor lewat Mangal Pandey: The Rising, Rang De Basanti, Ghajini, 3 Idiots dan sebagai Best Director lewat Taare Zameen Par, PK adalah filmnya yang paling mangandung nilai filosofis tinggi tetapi menuai banyak protes dari kelompok-kelompok agama yang disinggung di dalam film.

Tetapi kontroversi tersebut tidak mampu menahan laju kesuksesan film yang dinobatkan sebagai film India terlaris sepanjang masa dan mengantarkan Aamir Khan kembali masuk nominasi Best Actor. Kisahnya yang unik tentang alien yang tersesat di Bumi lalu mempelajari peradaban manusia dengan Tuhannya yang dia anggap sebagai sosok yang bertanggungjawab terhadap hilangnya alat komunikasinya sehingga dia tidak bisa pulang ke planetnya dan tersesat selama bertahun-tahun di Bumi.

Lewat deretan filmography-nya, Aamir Khan membuktikan jika dirinya bukanlah aktor dengan peran-peran stereotype. Dia pun selalu memicu dirinya untuk berakting lebih baik dengan mencoba peran-peran menantang meski terkadang mengorbankan nilai komersialitas.

Aamir Khan dan Shah Rukh Khan hingga saat ini belum pernah bertemu dalam satu film pun, mungkin karena kebintangan dan honor mereka yang terlalu besar, yang membuat perusahaan film belum berani memadukan akting mereka.

Bahkan sebagai cameo di film Bombay Talkies, mereka berdua tidak hadir dalam satu frame. Berharap saja secepatnya mereka bisa dipasangkan dalam sebuah film Bollywood terbaik, sebelum kebintangan mereka menurun. Semoga!!

Artikel Menarik Lainnya: