Bacaterus / Kuliner / Kuliner Bandung / Ini Dia 10 Kedai Yogurt di Bandung yang Enak Banget

Ini Dia 10 Kedai Yogurt di Bandung yang Enak Banget

Yoghurt adalah kudapan enak yang sering dijadikan dessert. Yoghurt  dibuar dari susu yang telah melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt bisa dibuat dari segala macam susu, tapi yang paling umum adalah susu sapi. Yoghurt sering dijadikan minuman, jus, kue, frozen yoghurt (mirip es krim) atau pun dibentuk seperti es krim stik.

Bandung tentunya merupakan surganya yoghurt, karena daerah Bandung cenderung dingin, cocok buat beternak sapi. Makanya, di Bandung cukup banyak tempat untuk menikmati yoghurt, baik yang asli maupun yang sudah diolah menjadi makanan lain. Berikut adalah 10 kedai yoghurt di Bandung yang recommended menurut Bacaterus:

10 Kedai Yogurt di Bandung yang Enak

1. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy Tempat Makan Hits di Bandung

List yogurt di Bandung yang pertama dibuka oleh Yoghurt Cisangkuy. Nama kedai ini sepertinya sudah diketahui oleh semua orang. Bahkan tak jarang orang luar kota Bandung yang datang jauh-jauh kemari hanya untuk mencicipi segelas yoghurt dari kedai Yoghurt Cisangkuy. Seperti yang tertera pada namanya, kedai ini terletak di Jalan Cisangkuy No. 85 (perempatan lapangan Gasibu atau Gedung Sate).

Jika biasanya yoghurt hanya berasa asam kecut, di Yoghurt Cisangkuy Anda bisa mencicipi aneka rasa yoghurt dan cita rasanya cenderung manis. Serunya, saat menyantap yoghurt ini, Anda akan diberi kejutan potongan buah-buahan segar seperti stroberi, leci, anggur, dan masih banyak lagi. Ada juga topping lainnya seperti jelly dan puding yang tak kalah segar.

Walaupun tidak berada di daerah tinggi, Yoghurt Cisangkuy terasa dingin, kok. Mungkin karena daerah Cisangkuy dekat dengan taman kota, sehingga banyaknya tumbuhan hijau membuat kedai Yoghurt Cisangkuy juga menjadi terasa adem. Eksterior dan interior kedai ini pun vintage banget dan ada banyak tanamannya. Pas buat selfie-selfie terus di-upload ke instagram.

2. Susu Murni Lembang Kencana

Susu Murni Lembang Kencana

Kedai yogurt di Bandung yang selanjutnya adalah Sumur (Susu Murni) Lembang Kencana. Bertepatan di Jalan Raya Lembang No. 301-303 membuat Sumur Lembang Kencana memiliki aneka menu yoghurt dan susu sapi segar yang paling segar.

Karena, hampir sebagian besar ternak sapi di Bandung berada di daerah Lembang. Udara di daerah tinggi yang dingin dan pemandangan yang indah membuat Sumur Lembang Kencana merupakan tempat yang sangat seru untuk mencicipi yoghurt di Bandung.

3. BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

BMC (Bandoengsche Melk Centrale) merupakan pabrik susu paling modern pada zaman penjajahan Belanda. Iya, tempat ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih bertahan dengan baik hingga kini. Namun, karena sudah sangat tua, alat-alat pabriknya sekarang hanya menjadi pajangan saja di BMC.

Sekarang BMC telah beralih fungsi menjadi restoran. Alamat BMC adalah di Jalan Aceh No. 30, Cibeunying (sebelah Masjid Agung, dekat Balai Kota). BMC punya luas yang tidak main-main, cukup untuk makan beratus-ratus orang. Tempatnya juga nyaman untuk bersantai karena dikelilingi pepohonan walaupun berada di pusat kota. Dengan arsitekturnya yang bergaya indisch, Anda akan dibawa bernostalgia ke Indonesia masa lalu.

Di BMC, Anda dapat menemukan menu aneka olahan susu seperti milk shake, es krim dan tentunya yoghurt. Kalau Anda lapar banget, di sini juga ada makanan besar atau camilan juga ada mulai dari menu tradisional hingga menu internasional. Resto BMC dapat Anda kunjungi mulai pukul 8 pagi – 10.30 malam setiap harinya.

4. Yoghurt Columbia

Yoghurt Columbia yogurt di Bandung

Tempat mencicipi yogurt di Bandung lainnya yang wajib Anda coba adalah Yoghurt Columbia. Kalau Anda sering ke daerah Dago, Anda mungkin pernah melihat plang “COLUMBIA Ice Cream Yoghurt” yang besar banget di sisi kiri jalan. Nah, itu dia tempatnya.

Yoghurt Columbia bertepatan di Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) No. 106. Di sini tersedia aneka menu es krim dan yoghurt dalam dua tipe, yaitu fantasi dan kombinasi. Bedanya? Kalau fantasi hanya satu scoop dan kombinasi isinya dua scoop. Setiap menu yang Anda pesan sudah termasuk topping buah-buahan segar. Harganya cukup murah, kok, yaitu kisaran Rp 9 – 16 ribuan saja.

Kalau Anda mau mencicipi yoghurt polos atau yoghurt aneka rasa, di sini juga ada, kok. Misalnya yoghurt rasa cokelat, nanas dan stroberi. Untuk patokannya, Yoghurt Columbia berada tepat di seberang RS Borromeus. Yuk, segera cobain minum yoghurt di kafe yang sudah ada sejak tahun 80-an ini.

5. Strawberry Sweethearts Yoghurt

Strawberry Sweethearts Yoghurt

Strawberry Sweethearts Yoghurt, terdengar seperti kedai di luar negeri, ya? Hehe. Padahal, Strawberry Sweethearts Yoghurt ini merupakan kafe asli Bandung yang berada di Jalan Wira No. B-45, Lembang. Kedai yoghurt ini dibuka setiap harinya dari jam 9 pagi.

Aneka menu di sini zero callorie, loh, baik itu untuk yoghurt maupun susunya. Yoghurt di tempat ini terkenal memiliki rasa yang berbeda karena cenderung manis. Oh, iya, jenis yoghurt ini frozen yoghurt yang benar-benar beku. Jika yang ada di bayangan Anda frozen yoghurt itu seperti es krim lembut atau es krim yang agak keras, nah, yang ini benar-benar keras seperti es batu!

Jadi, untuk menikmatinya, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga yoghurt Strawberry Sweethearts agak mencair. Walaupun nama tokonya Strawberry, tapi di sini tidak hanya ada yoghurt rasa stroberi saja, kok. Varian rasa yoghurtnya meliputi blackberry, raspberry, sirsak-jambu biji, mangga-mix fruit, dan stroberi tentu saja. Satu bungkus yoghurt ini hanya dihargai Rp 5.000 saja, murah sekali, ya?

Lebih hemat lagi kalau Anda mau beli yang paketan. Ada paket yang berisi 9 fro-yo dan dapat bonus 1 rujak frozen. Untuk mencapai Jalan Wira memang tidak terlalu mudah, karena bukan berada di jalan besar. Dari Jalan Raya Lembang, Anda tinggal jalan lurus terus ke arah Maribaya, lalu sampai deh di Jalan Wira (Komplek Pusdikajen).

6. Odise French Yoghurt

Odise French Yoghurt

Ingin mencoba yoghurt yang hampir seumuran dengan anak kuliahan zaman sekarang? Odise French Yoghurt sudah ada sejak tahun 1997. Dulu namanya adalah Odyssee. Pertama kali berdagang, Odyssee menjual yoghurtnya kepada kenalan expatriat dan juga pada orang-orang yang suka yoghurt kental, karena pada masa itu belum ada yang menjual yoghurt kental lokal.

Nama Odyssee berubah menjadi Odise pada tahun 2000 untuk memudahkan orang Indonesia melafalkannya. Yang membuat Odise terkenal adalah karena tekstur yoghurtnya yang kental dan lembut. Hingga kini sudah ada 15 varian rasa yoghurt Odise, yaitu tawar, stroberi, leci, vanila, madu, pisang, anggur, mocha, green tea, mangga, sirsak, ceri, jambu, lemon, durian, cokelat dan kopi.

Untuk ukurannya, Anda bisa membeli yang kemasan kecil (150 mL), sedang (500 mL) dan jumbo (1 liter). Selain datang ke sana, Odise juga melayani pesan antar untuk partai kecil maupun partai besar. Yoghurt ala Perancis ini dapat Anda temui di Jalan Dr. Junjunan (Terusan Pasteur) No. 135.

7. Sour Sally

Sour Sally

Kalau Anda hobi nge-mall di Bandung, Anda mungkin sudah familiar dengan toko yoghurt ini. Sour Sally adalah namanya. Si “Sally yang Asam” ini menjual frozen yoghurt yang teksturnya mirip seperti es krim lembut di McD. Sour Sally sudah ada sejak tahun 2008 silam. Sour Sally merupakan pionir frozen yoghurt dengan style melingkar ke atas.

Untuk yoghurtnya, Sour Sally punya yang original (plain), stroberi, melon mint, green tea, taro, dan yang terbaru adalah black sakura. Untuk toppingnya ada fresh fruit, dried fruit dan topping menarik lainnya seperti sereal dan jelly. Sekarang Anda bisa mencicipi tiga tipe yoghurt di Sour Sally, yaitu Black Sakura, White Skim dan Original Plain.

Black Sakura merupakan fro-yo hitam pertama di dunia. Warna hitamnya tidak didapat dari pewarna buatan, loh. Warna hitam ini didapat dari natural activated charcoal yang berfungsi untuk menyerap bahan-bahan kimia dan racun pada tubuh Anda dan mengeluarkannya. Jadi, sambil makan fro-yo Anda bisa sekalian men-detox tubuh Anda.

Untuk White Skim, yoghurtnya dibuat dari susu tanpa lemak. Justru, yoghurt ini mengandung skimmed milk tinggi kalsium asal Greenfield. White Skim memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih creamy dari varian yoghurt Sour Sally lainnya.

Yang terakhir ada varian Original Plain. Varian ini merupakan trademark-nya Sour Sally. Original Plain Yoghurt mengandung banyak sekali kandungan probiotik, antioksidan dan rendah lemak serta kalori. Kalau Anda ingin mencicipi yoghurt Sour Sally, Anda bisa mendatangi Paris Van Java, GF Unit C-6B (Jalan Sukajadi No. 137-139), Istana Plaza, Lt. 1 (Jalan H.O.S. Cokroaminoto No. 121-123), dan Trans Studio Mall (Jalan Jenderal Gatot Subroto).

8. Es Mambo & Yoghurt Lembang

yogurt di bandung Es Mambo & Yoghurt Lembang

Ingin makan yoghurt yang berbentuk es mambo dan es lilin? Di Es Mambo & Yoghurt Lembang tempatnya. Alamat lengkap kedai ini adalah di Jalan Cijeruk No. 19, Lembang. Yoghurt di tempat ini dijual dalam wujud kemasan sederhana dan dalam keadaan beku.

Saking bekunya, Anda bisa menikmatinya langsung sebagai es stik/es mambo atau ditunggu beberapa jam hingga mencair sempurna. Karena awet berjam-jam, Anda bisa menjadikan Es Mambo & Yoghurt Lembang sebagai oleh-oleh yang tepat. Satu buah yoghurt ini hanya dihargai kurang dari 2000-an saja. Murah, ya?

9. J.Co Donuts & Coffee

J.Co Donuts & Coffee

Kalau yang satu ini baru ada beberapa tahun yang lalu. J.Co Donuts & Coffee mengeluarkan varian baru yang bernama J.Cool. Tekstur J.Cool sejenis dengan Sour Sally. Selain yang plain (warna putih), J.Cool hadir juga dalam varian rasa lainnya seperti blueberry. J.Cool bisa dinikmati langsung dan bisa juga dibawa pulang, loh! Dan tidak perlu khawatir encer, karena J.Cool punya kemasan khusus untuk dibawa pulang.

J.Co Donuts & Coffee dapat Anda temui di mall seperti Cihampelas Walk, Festival City Link, Bandung Indah Plaza, dan Trans Studio Mall. J.Co ada juga yang diluar mall seperti yang di Jalan Raya Kopo No. 599 dan Jalan Buah Batu No. 161.

10. Caffè Bene

Caffè Bene

Rekomendasi yogurt di Bandung yang terakhir adalah Caffè Bene. Kafe asal Korea Selatan ini telah membuka cabang di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Dan, di Bandung ada satu Caffè Bene yang terletak di Jalan Ir. H. Djuanda No. 155.

Karena merupakan kafe, di sini tidak ada pure yoghurt, tapi yang ada adalah yoghurt yang sudah diolah. Seperti yoghurt smoothies, yoghurt gelato dan yoghurt bingsoo (es serut Korea). Yoghurt olahan ini diberi topping buah-buahan segar dan ada juga yang pakai nutella, loh.

Nah, itu dia sepuluh tempat menikmati yogurt di Bandung yang recommended versi Bacaterus. Anda tahu tempat lainnya untuk membeli yoghurt enak di Kota Kembang ini? Beritahu kami di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment