Bacaterus / Wisata Kuliner Bandung-Jakarta dalam Waktu 24 Jam Saja

Wisata Kuliner Bandung-Jakarta dalam Waktu 24 Jam Saja

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juli 2019

Setiap mengunjungi kota atau daerah baru, kamu wajib banget untuk berwisata kuliner mencoba makanan-makanan enak dan legendaris di sana. Namun, jika waktumu terbatas, kamu harus pandai mengatur waktu agar sempat mencicipi berbagai kuliner di kota tersebut.

Bagaimana jika kamu hanya punya waktu satu hari untuk kuliner? Tentu saja bisa! Bahkan, kamu bisa berwisata kuliner ke dua kota sekaligus, lho. Penasaran? Yuk, ikuti panduan wisata kuliner Bandung-Jakarta dalam waktu 24 jam ini.

Saat ini Bandung-Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam saja, tergantung kondisi lalu lintas saat itu. Bacaterus ingin mengajakmu untuk wisata kuliner hemat di dua kota. Untuk menghemat biaya, transportasi antara kota sebaiknya menggunakan travel. Cari tahu harga tiket travel dan jadwal keberangkatan selengkapnya di sini.

1. Persiapan Diri Sebelum Kuliner [05:00]

* sumber: www.klikhotel.com

Bangunlah lebih awal karena kamu memiliki schedule yang cukup padat untuk wisata kuliner di dua kota. Ketika menginap di Bandung, sebaiknya pilih hotel di kawasan Dago agar lebih mudah mencari tempat makan enak. Bersiaplah mandi dan berpakaian rapi, bila barang bawaanmu tidak terlalu banyak bawalah sekalian agar kamu tidak perlu kembali ke hotel.

2. “Nyabu” di Kawasan Dago [06:00 – 07:00]

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Jika hotelmu berada di sekitar Dago, carilah tempat sarapan yang lokasinya tak jauh dari hotel. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk “nyabu” alias nyarapan bubur. Semangkuk bubur ayam nikmat bisa menjadi menu sarapan yang tidak terlalu berat. Kunjungi Bubur Ayam Mang H. Oyo yang berada di Jalan Sulanjana No. 30.

3. Ngopi with The View [07:30 – 08:30]

Usai sarapan dengan bubur ayam legendaris di Bandung, boost semangatmu dengan secangkir kopi. Namun, pilihlah tempat yang asyik dan cozy untuk menikmati secangkir kopi. Dari Bubur Ayam Mang H. Oyo, kamu bisa naik ojek atau taksi online menuju Congo Gallery & Café di Jalan Ranca Kendal Luhur No. 8, Dago, Ciburial.

Tempat ini memiliki view pemandangan tanaman dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Apalagi jika kamu kemari pada pagi hari udara segar masih sangat terasa. Secangkir hot cappucino mungkin bisa membuatmu lebih semangat, apalagi jika kamu menikmatinya sambil melihat pemandangan dari lantai dua café ini.

4. Mampir Beli Oleh-oleh [09:00 – 09:30]

Kartika Sari

* sumber: suzannita.com

 

Selanjutnya, kamu wajib mampir membeli buah tangan khas Bandung. Mampirlah sejenak di Kartika Sari yang berlokasi di Jalan Ir. H. Djuanda No. 85-87, Dago. Perjalanan dari Congo Gallery & Café hingga menuju ke Kartika Sari hanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit jika kamu naik ojek atau taksi online.

Oleh-oleh yang paling terkenal dari Kartika Sari adalah Pisang Bollen-nya. Aneka brownies kukus, brownies panggang dan banana roll dari Kartika Sari juga patut untuk dicoba. Usai membeli oleh-oleh di sini sebaiknya kamu memilih transportasi taksi online saja agar tidak kesulitan saat membawa barang-barangmu.

5. Belum Lengkap Jika Tidak Menyantap Batagor [10:00 – 11:00]

Batagor Kingsley

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Wisata kuliner di Bandung rasanya tidak lengkap jika kamu tak mencicipi batagor langsung di kota asalnya. Batagor Kingsley adalah salah satu batagor terpopuler di Bandung. Jaraknya juga cukup dekat dari Kartika Sari yang sebelumnya kamu kunjungi.

Di Batagor Kingsley, kamu harus mencicipi seporsi batagor. Kamu juga bisa membungkus batagor ini untuk dijadikan oleh-oleh. Batagor Kingsley berlokasi di Jalan Veteran No. 25.

6. Makan Siang di Rumah Makan Sunda [11:30 – 12:30]

RM. Alas Daun

* sumber: dolandolen.com

Sebelum berangkat ke Jakarta, isi perut dulu di rumah makan khas Sunda, yakni RM. Alas Daun yang beralamatkan di Jalan Citarum No. 34. Aneka hidangan khas Sunda dengan suasana yang nyaman membuat santap siangmu jadi lebih menyenangkan. Ada ayam sereh, ayam goreng gurih, gurame goreng/bakar, dan aneka sambal yang tersedia di sini.

7. Menuju Tempat untuk Naik Travel ke Jakarta [12:30 – 13:30]

Xtrans Bandung

* sumber: www.traveloka.com

Untuk menuju ke Jakarta, naiklah Xtrans Bandung yang pemberangkatannya di Green Batara Hotel, Jalan Cihampelas No. 145. Pilih rute Jakarta-Pondok Indah dengan jam keberangkatan 13:10 atau 14:10.

Dari RM. Alas Daun menuju ke Green Batara Hotel seharusnya memakan waktu kurang dari 30 menit. Namun, jika lalu lintasnya padat kamu bisa menghabiskan waktu lebih dari 30 menit. Agar tidak ketinggalan travel sebaiknya pilih jam keberangkatan pukul 14:10 saja. Perjalanan dari Bandung ke Jakarta memakan waktu kurang lebih 4 jam, sebaiknya manfaatkan saja perjalananmu untuk istirahat.

8. Menikmati Seafood Legendaris [18:00 – 19:30]

Seafood 68 Santa

* sumber: pergikuliner.com

Sesampainya di Jakarta, Xtrans Bandung akan menurunkanmu di Jalan Gedung Hijau Raya No. 74, tepatnya di kawasan Pondok Indah. Dari sini kamu bisa mencari hotel terdekat (jika ingin bermalam). Di dekat kawasan ini banyak hotel RedDoorz dan Airy yang tarifnya sangat terjangkau.

Apabila tak ingin bermalam di hotel, lanjutkan saja wisata kulinermu dengan menyantap seafood di kawasan Kebayoran Baru. Dari tempat pemberhentian bus kamu hanya butuh waktu 15-20 menit untuk sampai ke Seafood 68 Santa, sebuah tempat makan seafood populer di Jalan Wolter Monginsidi No. 58.

Tempat ini menyediakan berbagai seafood yang lezat, mulai dari cumi-cumi, udang, kepiting, kerang, dan aneka ikan. Yang pasti harga makanan di sini cukup terjangkau.

9. Menyantap Dessert Pencuci Mulut [20:00 – 21:00]

Fat Bubble

Setelah menyantap seafood, kamu butuh hidangan pencuci mulut yang segar. Kunjungi Fat Bubble di Jalan Tebet Timur Dalam II No. 47C 3. Sesuai dengan namanya, milk tea adalah menu utama yang ditawarkan di sini. Namun, di Fat Bubble juga ada aneka macam es krim dan puding yang sangat menggugah selera.

10. Nongkrong Sambil Ngemil Roti Bakar [21:30 -23:00]

* sumber: kulinerkuenak23.blogspot.com

Masih belum kenyang setelah menyantap seafood dan dessert? Saatnya untuk share roti bakar dengan teman travelling-mu. Kali ini, Bacaterus merekomendasikan Roti Bakar Eddy di kawasan Blok M. Ini merupakan roti bakar yang sangat terkenal di Jakarta.

Selain harganya yang terjangkau, varian rasa untuk roti bakarnya sangat beragam, mulai dari coklat, keju, srikaya, kacang, nanas, telur, dan kornet. Kamu bisa bersantai di sini sambil ngobrol dan menikmati setangkup roti bakar.

11. Akhiri dengan Nasi Goreng Kambing Populer [23:30 – 01:00]

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

* sumber: en.wikipedia.org

Sebelum mengakhiri wisata kulinermu selama 24 jam, mampir dulu untuk menikmati nasi goreng kambing yang tak pernah sepi pengunjung, namanya Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih di Jalan Kebon Siri Barat I Dalam No. 9, Menteng. Dengan naik ojek online, kamu bisa menempuh perjalanan dari Roti Bakar Eddy kemari hanya dalam waktu 15 menit saja.

Nasi goreng ini dimasak dengan cara yang unik, yakni dalam satu wajan yang besar dimasak puluhan porsi nasi goreng sehingga nasinya tampak menggunung. Kamu harus rela antri untuk bisa menikmati sepiring nasi goreng kambing yang lezat ini.

Nah, usai menikmati nasi goreng kambing, saatnya kamu untuk beristirahat. Kamu harus mengumpulkan tenaga untuk memulai aktivitas kembali di keesokan harinya.

Oh ya, daftar tempat kuliner yang disebutkan di atas hanyalah referensi dari Bacaterus. Kamu bebas memilih tempat kuliner sendiri. Selain itu, usahakan untuk membawa partner setidaknya 1-2 orang agar kamu bisa sharing makanan. Dengan sistem sharing, perutmu jadi lebih siap untuk mencoba berbagai makanan di tempat lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar