Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Timur / 4 Tempat Wisata Kebun Apel di Malang yang Asyik untuk Liburan

4 Tempat Wisata Kebun Apel di Malang yang Asyik untuk Liburan

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 November 2018

Malang adalah sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki suhu udara yang lebih rendah dibanding kota-kota lain yang berada di Jawa Timur. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat Malang selalu memiliki udara yang dingin. Jenis iklim di Kota Malang membuat tanahnya cukup subur untuk ditanami buah-buahan. Bahkan, Malang juga dikenal sebagai kota apel.

Ada begitu banyak kebun apel yang ada di Malang, terutama di Kota Batu yang letaknya hanya 15 KM sebelah barat laut Malang. Kebun apel ini ditanami oleh berbagai jenis apel. Yang menjadi daya tarik, sejumlah kebun apel di Malang justru dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Pengunjung yang datang ke sana diperbolehkan untuk memiliki pengalaman memetik apel dengan tangan sendiri.

Nah, di mana saja tempat wisata kebun apel di Malang yang bisa Anda kunjungi? Cek daftar kebun apel yang melayani wisata petik apel yang sudah dirangkum oleh Bacaterus berikut ini.

4 Tempat Wisata Kebun Apel di Malang

1. Wisata Petik Apel Mandiri

Wisata Petik Apel Mandiri Wisata Kebun Apel di Malang

* sumber: www.jejakpiknik.com

Ada sejumlah tempat wisata kebun apel di Malang yang bisa Anda kunjungi. Salah satu tempat yang paling recommended adalah Wisata Petik Apel Mandiri. Kebunnya memang tidak terlalu luas, tetapi kualitas apel yang ditawarkan dari kebun ini benar-benar tidak mengecewakan.

Jika di kebun lain pengunjung diperbolehkan memetik apel dalam jumlah terbatas, di Wisata Petik Apel Mandiri ini kita boleh makan dan memetik apel sepuasnya. Namun, jika ingin membawa pulang apelnya, kita harus membayar dengan harga sekitar 30-40 ribu rupiah per kilogram. Apabila Anda hanya menikmati wisata petik apel dan makan di tempat, Anda hanya dikenakan biaya sekitar 15-20 ribu rupiah.

Tak hanya apel hijau saja, di kebun ini juga terdapat apel merah dengan rasa yang manis. Dijamin Anda pasti akan merasa benar-benar kenyang dan puas setelah berwisata di kebun ini.

Lokasi Wisata Petik Apel Mandiri berada di Jalan Raya Junggo No. 33, Tulungrejo, Batu, Jawa Timur. Kalau tidak ingin memetik apel, Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa aneka makanan yang terbuat dari apel yang dipetik di kebun ini, lho.

2. Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Wisata Petik Apel Agro Rakyat

* sumber: www.jejakpiknik.com

Sesuai dengan namanya, Wisata Petik Apel Agro Rakyat ini memang benar-benar dibuat untuk rakyat. Pihak pengelola membeli perkebunan apel milik para petani untuk dapat dijadikan tempat wisata petik apel. Di samping itu, harga karcis yang harus dibayar untuk menikmati wisata petik apel ini juga cukup terjangkau.

Ketika memasuki area perkebunan, Anda akan disambut dengan pohon-pohon apel dengan dahan yang rendah. Saking rendahnya, pengunjung bisa dengan mudah memetik apel langsung dari pohonnya.

Seperti aturan di tempat wisata kebun apel di Malang lainnya, pengunjung diperbolehkan makan apel sepuasnya saat berada di area perkebunan. Akan tetapi, pengunjung harus membayar apel-apel yang baru dipetik yang hendak dibawa pulang. Namun, harga yang ditawarkan Wisata Petik Apel Agro Rakyat tentu saja lebih miring dibanding tempat wisata lainnya.

3. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

* sumber: www.agrowisata.id

Cari tempat wisata kebun apel di kota Malang yang nyaman dan paling terkenal? Kunjungi saja Kusuma Agrowisata. Tempat yang satu ini memang dikelola sebagai tempat wisata petik apel sejak puluhan tahun yang lalu.

Lokasi Kusuma Agrowisata ini dekat sekali dengan tempat wisata di Batu, seperti Jatim Park dan Batu Night Spectacular. Jadi, Anda bisa mengunjungi Kusuma Agrowisata dengan mudah setelah mengunjungi dua tempat wisata paling populer di Batu itu.

Selain menawarkan kebun apel, tempat ini juga memiliki kebun jeruk, strawberry, dan jambu, lho. Ada pula kebun sayur-sayuran organik yang tersedia di Kusuma Agrowisata. Harga yang ditawarkan untuk wisata petik apel ini berkisar di angka 35-60 ribu rupiah.

Namun, pengunjung hanya boleh memetik dua buah-buahan saja, sangat kontras dengan wisata kebun apel di  Malang lainnya yang memperbolehkan pengunjung memetik buah sepuasnya atau dalam jumlah yang lebih banyak.

Menariknya, di Kusuma Agrowisata ini tersedia penginapan eksklusif. Pengunjung dapat bermalam di penginapan tersebut sesuai dengan tarif yang ditentukan. Selain penginapan, Kusuma Agrowisata juga memiliki tempat outbound dan waterpark. Tentu saja Anda harus membayar lagi untuk bisa menggunakan fasilitas outbound dan waterpark. Lokasi Kusuma Agrowisata berada di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Jawa Timur.

4. Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi

Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi

* sumber: www.surabayaadventure.com

Menikmati wisata di tempat yang sejuk sambil mengunyah apel yang masih sangat segar karena baru dipetik dari pohonnya adalah ide terbaik untuk mengisi waktu liburan. Malang adalah Kota yang menyediakan berbagai tempat wisata kebun apel yang patut dikunjungi.

Dari sekian banyak tempat wisata kebun apel di kota Malang, Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, tempat ini memasang tarif yang murah meriah untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi memetik buah apel langsung dari pohonnya.

Hanya dengan tarif 25-30 ribu rupiah, pengunjung bisa memetik dan memakan buah apel sepuasnya di dalam kebun. Jadi, tempat ini tidak membatasi jumlah apel seperti di Kusuma Agrowisata.

Akan tetapi, jika Anda ingin membawa pulang hasil petikan apel, Anda harus membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan dalam satuan per kilogram. Jika Anda ingin segera mengunjungi Kebun Apel Kelompok Tani Makmur Abadi, silakan kunjungi lokasinya di Jalan Pangeran Diponegoro No. 24, Tulungrejo, Batu.

Jenis Apel di Kebun-kebun yang Berada di Malang

Anda pasti sudah mengetahui bahwa apel memiliki jenis yang berbeda-beda. Namun, pernahkah Anda mencari tahu mengenai jenis apel yang berada di sejumlah tempat wisata kebun apel di  kota Malang? Nah, sebelum memilih kebun yang hendak disinggahi, simak beberapa jenis apel yang bisa dipanen di kebun-kebun apel yang berada di Malang.

  • Apel Manalagi
Apel Manalagi

* sumber: www.khasiat.co.id

Yang satu ini adalah jenis apel yang bisa Anda jumpai di kios buah atau kebun-kebun apel yang berada di Malang. Adalah apel manalagi yang memiliki rasa manis dan tekstur buah yang agak keras. Namun, jika sudah benar-benar matang maka apel ini akan memiliki tekstur yang renyah. Warna buah apel ini hijau kekuningan ketika matang. Daya tahan apel ini juga cukup kuat karena bisa disimpan hingga satu bulan.

  • Apel Rome Beauty
Apel Rome Beauty

* sumber: www.jitunews.com

Tampilan apel rome beauty mungkin lebih cantik dibanding apel manalagi. Pasalnya, apel ini memiliki warna hijau dengan semburan merah. Tekstur apel ini renyah, tapi rasanya sedikit asam. Rome beauty lebih cocok diolah menjadi sari apel.

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai tempat wisata kebun apel di Malang. Apakah Anda tertarik untuk berwisata memetik apel langsung dari pohonnya? Pilih salah satu dari tempat di atas untuk berwisata petik apel. Jangan lupa bagikan pengalaman Anda di kebun apel kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment