bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Ingin Mengetahui Pemilik Website Penipuan? Begini Caranya

Ingin Mengetahui Pemilik Website Penipuan? Begini Caranya

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 16 Februari 2021

niaga hoster bacaterus (Copy)

Sebuah bisnis yang sudah go online memang normalnya memiliki website pribadi. Dengan begitu, calon konsumen bisa dengan mudah melihat informasi produk yang ditawarkan dan melakukan transaksi. Namun Anda haruslah cukup waspada sebelum bertransaksi, termasuk dengan mengetahui website penipuan atau tidak.

Kenapa harus waspada? Karena saat ini ada banyak sekali kasus penipuan di dunia maya melalui website. Konsumen diarahkan ke sebuah website si pemilik bisnis dengan tampilan yang meyakinkan, lalu dibiarkan melakukan transaksi tapi produk yang sudah dibeli tak pernah diterima konsumen. Sungguh menyebalkan, bukan?

Untuk itulah dalam kondisi seperti ini, konsumen haruslah meningkatkan kewaspadaan. Agar dapat mengetahui website penipuan atau tidak, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan

Cara Mudah Mengecek Kredibilitas Website

1. Cek Nama Website

Tips-pilih-nama-domain-untuk-website-1024x570 (Copy)

Langkah pertama agar tahu kredibilitas sebuah website adalah dengan mengecek nama. Kondisi ini terjadi karena banyak oknum penipu menggunakan nama website mirip dengan situs aslinya. Contohnya Facebooook yang mengecoh pengguna Facebook atau klickbca yang dibuat mirip dengan klikbca.

Penulis nama yang mirip dengan brand populer ini kerap disebut sebagai aksi penipuan dengan metode typosquatting atau URL hijacking. Dengan tampilan website yang mirip dengan aslinya, orang yang sembrono dan tidak mengecek tentu bisa sembarang login ke website penipu dan membuat data-data pribadinya bisa diakses secara bebas.

2. Protokol HTTPS

http-vs-https (Copy)

Hal berikutnya agar mengetahui website penipuan atau tidak adalah dengan keberadaan protokol HTTPS. Ada perbedaan mendasar antara tautan website HTTP dan HTTPS, dimana website dengan protokol HTTPS berani menjamin keamanan transfer data pengguna karena sudah pasti terenkripsi. Website dengan protokol HTTPS mampu menjamin data-data pribadi pengunjung.

Beberapa website yang wajib menggunakan protokol HTTPS ini seperti toko online hingga situs-situs perbankan. Karena saat pengunjung melakukan login, diperlukan sejumlah data pribadi yang bersifat sensitif. Jika website tak mampu memberikan jaminan keamanan informasi rahasia itu, Anda tentu bisa mempertimbangkan untuk tidak berkunjung lagi.

3. Informasi Domain

Keyboard-With-Domain-Names (Copy)

Dan langkah terakhir untuk mengetahui website penipuan adalah dengan mengecek informasi domain. Para penipu sering menggunakan domain gratisan, meskipun memang ada yang berbayar dan ternyata ulah oknum tak bertanggung jawab. Kondisi ini memaksa masyarakat lebih waspada dan mencari informasi mendetail soal pemilik domain.

Agar tahu siapakah sosok pemilik domain, Anda bisa mempertimbangkan layanan WHOIS. Sekadar informasi, WHOIS adalah platform yang bisa mengecek nama domain dan sejumlah informasi penting. Tak ada yang salah jika Anda ingin lebih berhati-hati dan melakukan tindakan semaksimal mungkin supaya tidak jadi korban oknum penipu website ini.

WHOIS, Cara Terbaik Cek Pemilik Website

whois (Copy)

Tak berlebihan jika disebutkan kalau WHOIS adalah tools yang wajib diketahui setiap calon pemilik website. Lewat WHOIS, Anda bisa tahu apakah domain yang diinginkan masih tersedia atau tidak. Bukan hanya itu saja, WHOIS juga bisa memperlihatkan sejumlah informasi pemilik website mulai dari nama pemilik, sejumlah informasi pribadi, nama server hingga registrasi.

Hal ini tentu sangat membantu saat Anda curiga dengan kredibilitas website, bisa dicek terlebih dulu dengan WHOIS. Memahami betapa bermanfaatnya WHOIS, Niagahoster sebagai salah satu layanan penyedia domain dan hosting terbaik di Indonesia pun menawarkan fitur WHOIS.

Lewat WHOIS nama domain yang disiapkan khusus oleh Niagahoster, Anda bisa mengecek kredibilitas sebuah website. Dengan begitu, untuk mengetahui website penipuan atau tidak, dapat dilakukan secara mudah, efektif dan tentunya sangat efisien.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram