Bacaterus / Burung / 10 Warna Lovebird Langka yang Jadi Daya Tarik Tersendiri

10 Warna Lovebird Langka yang Jadi Daya Tarik Tersendiri

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan Lovebird? Salah satu spesies burung dalam ordo Psittaciformes ini memang cukup terkenal dan banyak disukai oleh para pecinta burung berkicau. Lovebird atau burung pecinta adalah bagian dari genus Agapornis. Burung ini berukuran kecil serta sangat suka sekali bersosialisasi.

Dinamakan Lovebird atau burung pecinta karena burung ini terkenal selalu berdua bersama pasangannya. Lovebird sendiri diketahui hanya memiliki satu pasangan  (monogami). Kehadirannya memang banyak dicari oleh para kolektor burung. Lovebird sendiri memiliki kombinasi warna yang menarik serta kicauan yang menggemaskan.

Nah, dari sekian banyak warna, kali ini Bacaterus akan membahas mengenai 10 warna Lovebird langka yang bisa membuat pemiliknya kaya raya. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Berikut adalah penjelasannya.

1. Lovebird Biola Biru

Lovebird Biola Biru

* sumber: hitput.com

Siapa yang menyangka jika hewan bersuara emas ini memiliki harga yang mungkin setara dengan harga sepeda motor. Lovebird Biola Biru merupakan salah satu jenis Lovebird berwarna langka yang memiliki harga fantasis. Lovebird Biola sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan spesifikasi warna yang berbeda mulai dari Lovebird Biola Isabella, Biola Green, Biola Ewing dan Biola Biru.

Lovebird Biola memiliki karakteristik kepala berwarna putih bersih dengan tubuh berwarna biru bergradasi senada. Karena warna yang cukup unik dan langka, burung jenis ini pun sempat  dibanderol dengan harga mencapai Rp 22 juta untuk harga indukan. Luar biasa bukan!

2. Lovebird Biola Euwing

Lovebird Biola Euwing

* sumber: zenhobbies.net

Masih satu jenis dengan biola Biru, Lovebird biola Ewing juga memiliki perpaduan warna yang bisa membuat orang yang melihatnya takjub. Selain karena warnanya yang keren, burung ini juga memiliki harga yang tak kalah mahal, yaitu mencapai sekitar Rp. 17 juta. Burung ini memiliki karakteristik warna cerah pada bagian kepala hingga paruhnya serta diketahui memiliki kicau merdu yang sangat nyaring.

Lovebird Biola Ewing sendiri merupakan hasil perkawinan antara dua jenis Lovebird, yaitu Biola dan Ewing. Perpaduan dua jenis itu pada akhirnya menciptakan salah-satu jenis Lovebird yang bisa dibilang cukup langka.

3. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider

* sumber: oxibird.blogspot.com

Lovebird jenis lain yang juga memiliki warna sangat memukau adalah Lovebird Halfsider. Bila dilihat dari bagian samping jenis burung ini memang dapat mengecoh siapapun yang melihatnya. Kombinasi warna yang terdapat pada burung jenis ini memang cukup menarik bahkan bisa dibilang tidak biasa.

Hal itulah yang membuat Halfsider dewasa dihargai dengan nominal yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 15 juta. Nama Halfsider sendiri disematkan karena burung ini memiliki dua warna berbeda pada kedua sisi tubuhnya. Dibanding dengan jenis Lovebird lain, jenis ini memang sangat sulit untuk dibudidayakan.

4. Lovebird Parblue/Yellow Face

Lovebird Parblue

Selanjutnya ada Parblue atau yang dikenal juga dengan sebutan Lovebird Yellow Face. Lovebird jenis ini terbilang langka dengan harga yang cukup mahal. Parblue merupakan burung impor dari Amerika Serikat. Burung ini memiliki karakteristik warna yang unik dan beragam. Warna biru sendiri merupakan bagian dari burung mutasi tersebut.

Harga yang ditawarkan untuk jenis burung ini memang bisa membuat kantong bolong. Untuk anaknya saja, burung yang pertama kali ditemukan oleh Felix Del Valle ini bisa dibanderol sampai Rp 3-5 juta. Bagi para pecinta burung Lovebird, harga tersebut tentu tidak akan menjadi masalah mengingat burungnya sendiri memiliki warna unik dan langka.

5. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing

* sumber: zenhobbies.net

Selanjutnya ada Lovebird Euwing. Jenis burung ini memiliki ciri khas unik yang terletak pada bagian sayap. Dimana pada jenis burung ini sayapnya terlihat lebih gelap dibanding burung Lovebird lain. Hal itulah yang membuatnya menarik sehingga jenis Lovebird yang satu ini banyak dicari oleh para pecinta kicau burung.

Harga Lovebird Ewing sendiri cukup bervariasi. Untuk indukannya sendiri di jual dengan harga sekitar Rp 2-5 juta. Harganya terbilang cukup  tinggi, mengingat Euwing sendiri termasuk ke dalam jenis burung berwarna langka.

Baca juga: Burung Kicau Langka dengan Kicauannya yang Merdu

6. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok

* sumber: gemarburung.com

Blorok adalah jenis Lovebird selanjutnya yang juga memiliki warna unik. Perpaduan warna dari burung jenis ini membentuk sebuah corak unik yang bisa membuat pecinta burung jatuh hati. Warna bulunya memang terkesan acak dan tidak memiliki dominan warna tertentu. Sehingga membuatnya sangat menarik.

Diantara jenis Lovebird lain, Blorok memang terlihat berbeda dan mudah untuk diidentifikasi. Harga jual Blorok ini pun cukup tinggi, dimana harga indukannya bisa mencapai sekitar 2-3 juta.

7. Lovebird Sablehead

Lovebird Sablehead

* sumber: arenahewan.com

Sablehead adalah Lovebird selanjutnya yang juga banyak digemari oleh para pecinta burung ini karena warna serta keunikannya. Sablehead merupakan jenis Lovebird Fishcheri yang sangat menarik. Dinamakan burung pecinta kepala elang, karena warna kepalanya yang putih mirip dengan warna pada burung elang.

Lovebird jenis ini merupakan hasil perkawinan Lovebird Violet yang kemudian mengalami mutasi warna. Sablehead sendiri merupakan jenis burung langka yang sulit untuk dikembangkan peternak. Oleh karena itu harga burung jenis ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp 1-2 juta.

8. Lovebird Batman

Lovebird Batman

* sumber: hobiburungz.blogspot.com

Tak kalah unik dengan warna-warna yang telah disebutkan di atas. Lovebird Batman pun memiliki banyak penggemar. Warnanya yang gelap bergradasi putih memang terlihat menawan. Dinamakan Lovebird Batman karena tampilannya yang terkenal gelap dan garang.

Bagi para pecinta Lovebird, burung jenis sudah pasti wajib untuk dikoleksi karena termasuk yang sangat sulit untuk dikembangkan. Mengingat untuk menghasilkan warna seperti ini indukannya harus memiliki warna murni seperti jenis ini.

Sehingga jangan heran jika keberadaannya burung ini terbilang langka. Harganya yang ditawarkan pun lumayan tinggi. Dimana burung dewasa biasanya dihargai sekitar Rp 900 ribu – Rp 1,3 juta tergantung ukuran burung dan keindahan warna atau corak.

9. Lovebird Lutino

Lovebird Lutino

* sumber: budidayaperawatan.blogspot.com

Jenis Lovebird yang memiliki warna-warna cerah ini memang sangat mudah diidentifikasi jenisnya. Burung jenis ini biasanya didominasi warna-warna terang yang cantik seperti orange, merah atau pun kuning.

Burung jenis ini sendiri memiliki karakteristik yang jelas dimana kepalanya biasanya berwarna merah bergradasi orange, sementara tubuhnya biasanya berwarna kuning terang.

Harga jual yang ditawarkan burung jenis ini cukup bervariasi sesuai dengan usia, serta corak warna yang dimilikinya. Biasanya burung ini dibanderol seharga Rp 750 ribu – Rp 2,2 Juta.

10. Lovebird Violet

Lovebird Violet

Selanjutnya ada Lovebird violet. Burung jenis ini memiliki warna biru dengan gradasi warna violet yang indah. Bisanya untuk mendapatkan warna violet maka indukannya memang harus murni dari jenis Lovebird Violet. Karakteristik burungnya sendiri didominasi warna biru bergradasi dengan kepala putih dan ujung sayap berwarna hitam.

Selain itu ada pula burung Violet yang berwarna violet jenis pastel. Untuk jenis ini biasanya warna yang muncul lebih terang. Harga untuk setiap Lovebird violet sekitar dari Rp 700 ribu – Rp 900 ribu sesuai dengan usia dan warna yang dimilikinya.

Nah, itulah 10 warna Lovebird langka yang bisa membuat pemiliknya kaya. Menjadikan Lovebird sebagai peliharaan memang bisa sangat menguntungkan. Terlebih jika kita memiliki pengetahuan yang baik cara merawat serta membudidayakannya. Semoga informasi mengenai burung di atas bisa bermanfaat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *