bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Suka Ikan Cupang? Kenali 10 Warna Ikan Cupang yang Langka Ini

Suka Ikan Cupang? Kenali 10 Warna Ikan Cupang yang Langka Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Desember 2020

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak penggemarnya. Ikan kerdil ini mempunyai warna sisik dan ukuran yang unik yang menjadi daya tarik bagi pecinta ikan hias. Ukurannya yang mungil menjadi salah satu alasan kenapa ikan ini popular. Para pecinta ikan tidak memerlukan akuarium yang besar untuk memelihara ikan cupang.

Sebab ia mempunyai ukuran yang kecil dan tidak akan menjadi besar dalam waktu yang cukup panjang. Harga ikan cupang yang beredar di pasaran berbeda-beda. Kelangkaan warna sisik dan jenis ikan cupang lah yang membedakan harga tiap ikan cupang. Warna ikan cupang apa saja yang langka?

Keindahan warna sisik ikan cupang merupakan alasan yang paling dasar kenapa para pecinta ikan menyukai ikan cupang. Sisiknya yang berwarna-warni juga mempengaruhi harga ikan cupang. Semakin unik dan langka warnanya, semakin mahal harga ikannya.

Warna ikan cupang sebagian ditentukan oleh kombinasi warna pigmen yang ditunjukan pada kromatopor mereka dan seberapa dalam sel kromatopor berada di bawah sisik ikan cupang.

1. Ikan Cupang Albino

Ikan Cupang Albino

* sumber: petscroll.com

Ikan cupang albino merupakan ikan cupang yang mempunyai pigmen yang sangat kurang. Ikan ini mempunyai warna sisik yang keputih-putihan dan warna sirip yang jernih. Warna matanya merah atau jambon.

Warna ikan cupang ini cenderung terang bahkan bisa membuat organ dan otot ikan cupang sedikit terlihat dari sisik-sisiknya. Di alam, liar ikan cupang albino sangat tidak diuntungkan. Sama seperti albino pada mahluk lain, ia sensitif terhadap sinar UV.

Jika terlalu lama atau terlalu banyak mendapat sinar UV dari matahari bisa menyebabkan kerusakan yang tinggi pada ikan. Biasanya menyebabkan kebutaan dan kanker. Ikan cupang jenis ini biasanya punya masalah kesehatan dan juga sering kesulitan dalam hal bermutasi.

Ikan cupang albino asli sangat langka. Keberadaannya bahkan dipertanyakan. Sebagian besar menjelaskan bahwa ikan cupang ini adalah jenis ikan cupang putih atau mungkin mempunyai sel cellophane yang jernih.

Ikan cupang albino asli sangat sulit dikembangbiakkan dan mempunyai kemampuan bertahan hidup yang rendah. Itu lah kenapa ikan cupang ini termasuk warna ikan cupang yang langka.

2. Ikan Cupang Ungu

Cupang Ungu

* sumber: www.ikanesia.id

Ikan cupang warna ungu adalah yang paling langka dan jika kamu menemukan ikan cupang berwarna ini mungkin ikan ini akan jadi ikan yang paling mahal yang kamu beli. Ikan cupang ungu hampir tidak terdengar sama sekali saking langkanya.

Di luar sana mungkin banyak ikan yang bersisik campuran ungu dan biru atau warna merah dengan warna lavender. Ikan cupang ungu violet dan yang berwarna lavender pucat sedikit lebih umum tapi tetap menjadi jenis ikan cupang yang langka.

3. Ikan Cupang Hitam

Ikan Cupang Hitam

* sumber: www.99.co

Ikan cupang warna hitam ini mempunyai varietas yang berbeda. Ada ikan cupang Black Melano, Black Lace, Black Orchid dan Black Copper. Ikan cupang Black Melano adalah yang paling popular dan warna hitamnya paling pekat.

Warna hitam pekat tersebut disebabkan oleh gen yang bermutasi dengan masif pada pigmen sisik. Ikan cupang Melano jantan akan kehilangan masa subur, maksudnya ia hanya akan membuahi betani dengan gen melano dari betina varietis lain.

Ikan cupang Black Lace juga popular. Ia mempunyai warna pekat yang bagus, walaupun tidak sepekat Melano. Namun, varietas ini subur. Tidak seperti melano betina dan bisa dengan mudah dikembangbiakkan.

4. Ikan Cupang Biru

Ikan Cupang Biru

* sumber: galemartin.blog

Warna biru pada ikan sangat tidak umum di alam liar, tapi pada ikan cupang, warna tersebut adalah pengecualian. Lucunya lagi, warna biru pada ikan cupang bukan disebabkan oleh pigmen yang terdapat pada sisik melainkan karena bentuk sisik dan sel pigmennya.

Sudut refleksi cahaya juga berpengaruh terhadap warna biru dari ikan cupang ini. Biasanya ikan hanya menunjukan warna biru yang sedikit tapi pada ikan cupang warna birunya bisa lebih pekat dan nyata.

Ikan cupang warna biru yang biasa kamu temukan adalah Steel Blue, Royal Blue dan Turquoise Blue. Indah sekali penampilannya, bukan?

5. Ikan Cupang Tembaga

Ikan Cupang Tembaga

* sumber: www.tankarium.com

Sesuai dengan warnanya, ikan cupang ini mempunyai sisik berwarna tembaga. Di ruangan dengan cahaya redup sisik ikan ini berwarna coklat. Namun, jika cahaya terang warna ikan ini terlihat mengkilap dan merefleksikan warna metalik pada sisik dan siripnya.

Warna ikan cupang tembaga ini sangat mengkilap dan hampir berwarna emas, atau warna tembaga yang lebih pekat dengan warna merah atau biru dengan warna ungu metalik yang terang.

Baca juga: 6 Tips Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik dan Benar

6. Ikan Cupang Hijau

Ikan Cupang Hijau

* sumber: www.tankarium.com

Warna ikan cupang ini termasuk yang langka ditemui. Orang beranggapan bahwa warna hijau ini lebih biru-hijau. Faktanya, warna hijau ikan cupang ini akan terlihat mengkilap dan warnanya menjadi hijau pekat di bawah cahaya yang terang.

Namun, kamu dapat menemukan jenis ikan cupang hijau ini dengan mata telanjang. Warna hijau gelapnya akan terlihat nyata khususnya pada ikan cupang yang harganya mahal.

7. Ikan Cupang Mustard Gas

Ikan Cupang Mustard Gas

* sumber: www.tankarium.com

Ikan cupang ini adalah jenis ikan dari varietas cupang dua warna yang dianggap mahal. Warna mustardnya mengarah pada spesimen apapun dengan warna body dan sirip biru gelap, steel blue atau warna kuning dan oranye.

Ikan cupang warna mustard gas ini sering disalah artikan sebagai ikan cupang coklat padahal ikan cupang coklat berbeda dengan warna ikan ini. Ikan cupang coklat mempunyai warna coklat yang di seluruh body-nya sedangkan ikan cupang mustard gas punya dua warna.

8. Ikan Cupang Kuning Nanas (Pineapple)

Ikan Cupang Kuning Nanas (Pineapple)

* sumber: www.tankarium.com

Ikan cupang ini mempunyai warna kuning lemon pada seluruh body dan siripnya. Ikan ini adalah jenis yang langka dan mengembang biakan ikan cupang kuning cukup menantang.

Ikan cupang nanas merupakan bentuk ikan cupang di mana di sekitar bagian sisiknya terdapat definisi warna tegas yang lebih gelap. Warna tegas tersebut membuat ikan cupang terlihat seperti buah nanas. Itu lah kenapa ikan cupang ini diberi nama ikan cupang nanas.

9. Ikan Cupang Orange

Ikan Cupang Orange

* sumber: www.tankarium.com

Ikan cupang orange termasuk yang susah dicari karena ikan cupang ini adalah jenis yang langka. Tapi jika kau menemukan ikan cupang bersisik orange itu bisa dipastikan mereka adalah jenis ikan cupang tangerine shade, atau yang berwarna orange kulit jeruk.

Ikan cupang orange jika disimpan dalam ruang dengan cahaya redup akan terlihat berwarna merah. Agar warna orangenya terlihat jelas dan bagus kamu harus membuat tempat dengan penerangan yang penuh dan kekuatan cahaya yang baik.

10. Ikan Cupang Pastel

Ikan Cupang Pastel

* sumber: www.itsafishthing.com

Secara teknis warna pastel bukan terdiri dari satu warna namun, ia terbentuk oleh gen yang melapisi warna putih susu dan warna lainnya. Maka dari itu, ada beberapa versi warna pastel dari warna utama.

Ikan cupang pastel punya warna body yang seluruhnya berwarna putih pucat. Ada warna putih pucat yang melapisi warna sirip utama. Paduan warna tersebut memberi tampilan yang lebih pucat pada sisik ikan cupang.

Itulah warna-warna ikan cupang yang langka di pasaran. Jika kamu berhasil mendapatkan ikan cupang itu maka kamu termasuk beruntung. Sebab untuk mendapatkan ikan tersebut perlu usaha keras dan pastinya akan menghabiskan banyak uang.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram