Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Inilah Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Diet yang Efektif

Inilah Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Diet yang Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Berat Badan adalah parameter antropometri yang sangat labil dan berat badan berkembang mengikuti pertambahan umur. Memiliki bentuk dan berat badan yang ideal merupakan impian dari hampir semua orang. Hal ini bukan hanya untuk kecantikan dan kepuasan diri semata lho, tapi menjaga berat badan ideal dapat mencegah obesitas yang memicu datangnya berbagai penyakit.

Saat ini, teh termasuk salah satu minuman yang paling populer di dunia. Setelah air, teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Teh juga telah menjadi minuman fungsional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia termasuk di Indonesia ini. Salah satu penelitan eksperimental untuk mengatasi obesitas yaitu melihat efek teh hijau terhadap penurunan berat badan. Apa benar teh hijau bisa membantu diet? Mengapa teh hijau?

Teh hijau dikenal dalam spesies tunggal Camellia sinensis dan diproses dengan cara khusus. Setelah dipetik, daun teh akan mengalami pengasapan. Proses ini akan mengeringkan daun teh, namun tidak sampai mengubah warna daunnya. Nah, karena kondisi inilah, air seduhan daun teh tetap berwarna hijau muda.

Melalui proses ini, teh hijau dapat mempertahankan berbagai kandungan nutrisinya, antara lain zat antioksidan polyphenols pada daun teh, yang lebih besar dibandingkan dengan teh hitam ataupun teh merah. Juga, minum teh dapat meningkatkan gelombang otak neurotransmitter dan metabolisme tubuh yang dapat meningkatkan energi dan menurunkan nafsu atau selera makan.

Selain itu, kandungan antioksidan juga dapat meningkatkan konsumsi oksigen dan oksidasi lemak yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi, benar adanya jika teh hijau bisa membantu diet kita agar lebih efektif, lho.

Nah, supaya memberikan efek yang maksimal dalam menurunkan lemak, sebaiknya konsumsi teh hijau sesuai aturan dan waktu yang tepat untuk meminumnya.

Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

1. Minumlah Setelah Sarapan

Minumlah Setelah Sarapan

* sumber: www.gsh.al

Sudah tidak diragukan lagi bahwa teh memliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kita, tetapi bukan hal baik mengonsumsi teh saat perut kosong. Mengapa? Karena bisa menstimulasi produksi asam lambung yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan bahkan maag.

Kurang lebih sama seperti meminum kopi di pagi hari, bukankah lebih baik sarapan sebelumnya agar energi yang kita butuhkkan juga terpenuhi? Jadi, minumlah teh hijau setelah kamu sarapan. Ingat, jangan minum teh hijau terlalu pagi apalagi saat perut kosong yha.

2. Minum 1 Jam Sebelum atau Sesudah Makan

* sumber: www.koreatimes.com

Kamu bisa juga minum secangkir teh hijau di sela-sela waktu makan, misalnya satu jam sebelum atau sesudah makan untuk memaksimalkan asupan nutrisi. Tetapi untuk kamu penderita anemia hindari minum teh hijau saat makan, mengapa? Karena menurut National Cancer Institute, senyawa katekin dalam teh hijau dapat menghambat pencernaan dan penyerapan zat besi kedalam tubuh.

Minum teh hijau tepat sebelum atau sesudah makan juga tidak dianjurkan, hal ini bisa menghambat penyerapan nutrisi yang disebabkan oleh kafein dan tanin dalam teh hijau. Jadi, waktu yang tepat adalah 45 menit sampai 1 jam sebelum atau sesudah makan.

3. Minum 30 menit hingga 1 Jam Sebelum Olahraga

Minumlah 30 menit hingga 1 Jam Sebelum Olahraga

* sumber: www.aol.com

Sudah menjadi pengetahuan umum jika teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi, hanya minum teh hijau saja belum tentu efektif hasilnya, so? Exercise!  Aga membantu menurunkan berat badan yang efektif, selain minum teh hijau maka kamu juga harus olahraga secara rutin.

Pasalnya, teh hijau dapat menambah energi saat kamu berolahraga dan membuatmu lebih lama berolahraga, sehingga pembakaran lemak pun lebih banyak ketika berolahraga.

4. Minum 2 Jam Sebelum Tidur

* sumber: www.altoastral.com.br

Waktu paling baik minum teh hijau untuk menurunkan berat badan adalah dua jam sebelum kamu tidur. Hal ini bisa membantu menaikkan metabolisme tubuh, lho. Minum teh sebelum tidur bisa membantu pembakaran lemak saat kamu tidur dan  teh hijau akan bekerja dengan lebih baik karena tak ada makanan lain yang dimakan saat malam hari.

Tetapi, bukan hal yang baik jika kamu minum teh hijau tepat sebelum tidur, karena senyawa kafeinnya yang bisa buat kamu insomnia. Selain itu, dalam teh hijau juga mengandung senyawa asam amino yang disebut L-theanine yang membuat kamu terjaga dan berkonsentrasi lebih baik. So, perlu diingat minumlah teh hijau dua jam sebelum waktu tidur.

5. Minumlah 2 – 3 Gelas dalam Sehari

* sumber: www.elitedaily.com

Minum teh hijau bukan hanya bisa membantu menurunkan berat badan namun juga dapat berdampak membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan polyphenols yang dapat mengahalau berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya, ketika kita rutin mengkonsumsi teh hijau.

Nutrisi antioksidan yang sangat tinggi mampu memaksimalkan proses pembakaran lemak setiap harinya. Namun, sama seperti hal lainnya, too much a good thing can also be bad. Ya, minum teh hijau berlebihan bisa membahayakan organ hati karena konsentrasi katekin yang lebih tinggi. Sehingga, jumlah teh hijau yang dikonsumsi harus dipantau juga.

Wah, ternyata teh hijau dapat memberikan hasil yang sangat efektif apabila dikonsumsi dengan aturan yang tepat. Saat ini memang tersedia banyak sekali produk teh hijau di pasaran. Namun sebagai konsumen yang baik, kita wajib berhati-hati dalam memilih produk teh hijau yang tepat.

Dari mulai teh hijau yang bentuknya masih berupa daun teh yang dikeringkan hingga teh hijau dengan bentuk ekstrak, mudah sekali ditemukan di pasaran. Keduanya sama-sama baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, penggunaannya pun sederhana, kita hanya perlu menyeduhnya.

Oh iya, setiap teh memiliki perbedaan suhu dan waktu untuk menghasilkan teh yang enak. Teh hijau diseduh pada suhu 60-80 derajat celcius selama 1 sampai 2 menit saja. Ini akan menghasilkan teh yang enak dan berpotensial, hmm pasti aromanya membuat kamu relax deh.

Nah, itu dia tips waktu yang tepat buat minum teh hijau. Gimana, tertarik menambahkan teh hijau dalam daftar minuman sehat kamu? Kalau kamu punya tips atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar, ya! Oh iya, jangan lewatkan juga artikel 10 Cara Minum Teh Hijau yang Efektif untuk Diet ini, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Nur Fitriani
Just a fine girl with a free spirit, lil meow russian blue & csotish fold^^. Freelance writer. Mencoba menjelajahi dunia dimulai dari buku. Drawing, novel, music for healing!

Leave A Comment