Bacaterus / Kesehatan / Susu dan Vitamin / Suka Minum Susu? Yuk, Ketahui Waktu Terbaik Minum Susu Ini

Suka Minum Susu? Yuk, Ketahui Waktu Terbaik Minum Susu Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Siapa, sih, yang tak kenal dengan minuman bergizi yang kaya akan nutrisi, susu ini? Peran susu sangat penting sebagai suplemen gizi, dan akan mempengaruhi perkembangan tubuh sejak usia kandungan sampai usia tua. Susu terkenal sebagai salah satu minuman bergizi yang mengandung berbagai zat bioaktif, vitamin dan mineral sangat sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan hanya faktor fisik, karena mental, dan kemampuan berfikir juga akan dipengaruhi oleh gizi yang kamu konsumsi setiap harinya. Sebagian besar, susu yang dikonsumsi oleh manusia berasal dari sapi. Secara umum yang dimaksud susu adalah susu sapi, sedangkan susu ternak lain biasanya diikuti nama ternak asal susu tersebut, misalnya susu kerbau, susu kambing, susu unta, dan sebagainya.

Susu manusia disebut ASI (Air susu Ibu). Umumnya, susu yang dikonsumsi masyarakat adalah susu olahan, baik dalam bentuk cair maupun susu bubuk. Secara alami, susu merupakan suatu emulsi lemak dalam air. Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu, di antaranya kalsium, magnesium, protein, fosfor, zinc, vitamin, Asam Amino, juga asam pantotenat.

Tahukah kamu bahwa kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuhmu? Terutama untuk tulang dan gigi. Lebih lengkapnya lagi, susu merupakan sumber protein kasein, asam lemak miristrat, stearat, oleat, linoelat, dan linolenat, karbohidrat berupa laktosa, vitamin A, D, E, B2, B12, serta mineral (kalium, kalsium, phosphor, klorida, fluor, natrium, magnesium).

Selain itu, susu juga mengandung enzim-enzim, air dan senyawa bioaktif dalam jumlah yang memadai dengan berbagai fungsi di dalam tubuh. Minum susu sudah menjadi rutinitas bagi sebagian orang, dari masa kanak-kanak. Tidak sedikit dari kita yang membawa kebiasaan rutin minum susu sampai dewasa. Namun, pernahkah kamu memperhatikan waktu terbaik untuk minum susu?

Ada waktu terbaik agar susu yang kamu minum bisa memberikan banyak manfaat yang efektif untuk tubuhmu. Jadi, tubuh tidak kekurangan asupan gizi dan kamu akan merasa selalu sehat setiap saat. Yuk, cari tahu waktu terbaik minum susu berikut ini!

1. Minum di Pagi Hari

* sumber: milkgenomics.org

Sebagian orang mungkin terbiasa minum susu saat sarapan. Minum susu di pagi hari sesuai untuk kamu yang menginginkan lebih banyak protein saat sarapan. Minum susu di pagi hari juga bisa membantu mengekang nafsu makan kamu lho. Namun, jika kamu mudah merasa kembung saat bangun tidur, sebaiknya hindari minum susu di pagi hari.

Minum susu di pagi hari perlu diperhatikan untuk si kecil. Pasalnya, kebutuhan vitamin dan mineral yang sudah terpenuhi lebih awal akan membuat anak merasa kenyang hanya dengan minum susu. Akibatnya, selera makan anak akan berkurang, dan berbagai nutrisi penting yang seharusnya berasal dari makanan pun tidak akan didapatkan.

Karena itulah, dianjurkan tidak memberi susu pada anak menjelang jam makan utamanya, makan berat dan minum susu juga sebaiknya diberi jarak dua jam sebelum atau sesudah makan.

2. Minum Susu Saat Olahraga

* sumber: www.mensjournal.com

Buat kamu yang sering berolahraga di pagi hari, ada baiknya minum susu di saat yang sama dengan jam olahraga. Hal ini dikarenakan tulang dan otot membutuhkan protein untuk mendukung kegiatan olahraga tersebut.

Oh iya, tahukah kamu jika para atlet dianjurkan minum susu setelah berolahraga? Susu akan menjadi sumber kalori dan karbohidrat untuk memulihkan energi, maka minum susu setelah berlatih memberi dampak maksimal pada atlet. Intinya, waktu minum susu itu bisa disesuaikan oleh kondisi aktivitas yang kamu lakukan.

3. Minum Susu di Malam Hari

* sumber: www.newspatrolling.com

Adakah dari kamu yang rutin minum susu sebelum tidur? Waktu terbaik minum susu adalah di malam hari ketika tubuh kamu beralih dari aktif menjadi lebih tenang dan rileks. Ini bisa jadi cara untuk melepas penat setelah lelah seharian beraktivitas seperti bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya di luar rumah. Minum susu di malam hari juga sangat membantu untuk gangguan tidur.

Hal ini dikarenakan kandungan tryptophan dalam susu. Tryptophan adalah asam amino yang akan membantu otak melepaskan serotonin dan melatonin yaitu dua neurotransmitter yang mengatur siklus tidur dan bangun, membuat tubuh kamu menjadi rileks.

Melatonin juga membantu melawan insomnia untuk kamu yang memiliki gangguan tidur. Minumlah susu hangat setengah jam sebelum tidur untuk membuat tubuhmu rileks dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Lalu, apakah baik untuk anak mengkonsumsi susu tiap malam? Tentu saja baik.

Saat anak-anak tidur, tubuhnya akan melepaskan hormon pertumbuhan lebih cepat sehingga kandungan kalsium yang ada di susu bisa diperoleh secara maksimal dan dapat digunakan untuk menguatkan tulang anak.

Tidur akan lebih nyenyak karena susu hangat yang diberikan akan membantu mengendurkan otot-otot tubuh anak menjadi rileks. Tetapi bukan hanya itu saja, karena susu juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan pada anak.

Mungkin, bagi sebagian orang minum susu bukanlah ide yang bagus, terlepas dari kapan waktu meminumnya. Kenapa? Secara khusus, mereka adalah orang dengan intoleransi laktosa atau alergi susu. Jika kamu intoleran laktosa, biasanya akan terlihat masalah pada pencernaan muncul setelah kamu meminum segelas susu atau prosuk susu.

Gejala tersebut meliputi gas berlebih pada perut atau perut kembung, sakit perut dan mual, bahkan diare.  Jadi, kamu perlu tahu jenis susu yang bisa kamu minum. Walaupun kamu memilki intoleran terhadap laktosa, ada alternatif yang bisa kamu ambil dengan meminum susu dengan memilih susu jenis nabati, seperti susu kedelai atau susu kacang almond, untuk perbaikan nutrisi harian kamu.

Nah, itu tadi perkiraan waktu terbaik untuk minum susu. Namun, perlu diingat bahwa sebenarnya susu hampir bisa dikonsumsi kapan saja karena susu berperan sebagai pelengkap nutrisi.

Jadi, tidak ada perbedaan waktu yang terbaik minum susu atau waktu terburuk minum susu, karena meminumnya di pagi hari, di malam hari, atau berdasarkan kondisi aktivitas, maka tetap akan memberikan dampak baik bagi tubuh.

Tujuan dari konsumsi susu ini untuk meningkatkan daya imun tubuh agar metabolisme terjaga dan penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh, sehingga meminumnya kapan pun dan di mana pun tidak menjadi masalah. Hal yang paling penting adalah konsumsi susu dibarengi dengan makanan bergizi seimbang, agar tubuhmu mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Jadi, kamu tim minum susu pagi, siang, atau malam? Kebanyakan orang dewasa meminum susu sebelum tidur, karena susu dipercaya sebagai obat tidur alami. Apa sobat Bacaterus berpikiran hal yang sama? Ayo coba tuliskan kebiasaan minum susu kamu di kolom komentar dan jangan lupa minum minuman bergizi ini, ya! Punya susu murni di rumah? Yuk, cari tahu juga Cara Menyimpan Susu Murni agar tetap awet ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Nur Fitriani
Just a fine girl with a free spirit, lil meow russian blue & csotish fold^^. Freelance writer. Mencoba menjelajahi dunia dimulai dari buku. Drawing, novel, music for healing!

Leave A Comment