Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / Ini Dia 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

Ini Dia 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

Vitamin E merupakan vitamin yang baik untuk kulit. Vitamin E sudah banyak beredar di pasaran, dengan variasi harga, kualitas serta perbedaan pada lapisan pembungkus vitamin itu sendiri. Ada yang sintetis, ada juga yang dari bahan alami seperti rumput laut. Anda harus lebih cermat saat akan membelinya, cari tahu juga cangkang pembungkus vitamin E tersebut baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Tapi ternyata manfaat vitamin E tidak hanya itu saja lho. Vitamin E juga bisa digunakan secara langsung pada setiap anggota tubuh. Bisa untuk menghaluskan kulit bokong, siku dan tumit yang kasar, menghaluskan kutikula pada kuku, mencegah kerutan di wajah, menghaluskan telapak tangan, dan juga bisa untuk menjaga kesehatan rambut.

Jika Anda mengoleskan vitamin E langsung pada rambut, maka anda akan mendapatkan manfaatnya seperti berikut ini:

5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

1. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan juga menangkal radikal bebas sehingga struktur sel lebih terlindungi. Vitamin E juga dapat melindungi sel darah merah yang memiliki tugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.  Termasuk ke bagian akar rambut, sehingga rambut akan tercukupi nutrisinya dan bisa membantu rambut tumbuh lebih subur dan sehat.

Anda cukup mengoleskan minyak vitamin E langsung ke kulit kepala, lalu memijatnya perlahan, maka akan dapat membantu vitamin E lebih mudah meresap ke dalam akar rambut. Selain mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi vitamin E dari dalam, Anda juga akan mendapatkan manfaatnya dari luar. Karena kulit rambut yang sehat dapat memperbaiki pertumbuhan rambut sehingga dapat tumbuh lebat dan sehat.

2. Mempertahankan Kilau Rambut

Mempertahankan Kilau Rambut

Vitamin E selain dapat memperbaiki jaringan dan struktur rambut dari dalam, juga dapat memperbaiki struktur kutikula rambut dari luar. Anda cukup mengoleskan minyak vitamin E ke seluruh batang rambut, jangan lupa termasuk kulit kepala ya. Lalu pijat seluruh kepala dan batang rambut secara perlahan supaya vitamin E dapat meresap dengan baik ke dalam akar dan batang rambut.

Selain Anda mendapatkan efek relaksasi dari pijatan ringan di kepala, sirkulasi darah di area kepala pun akan lebih lancar. Sehingga rambut lebih mudah mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dari dalam darah yang mengalir dengan baik di area kepala, serta batang rambut akan tumbuh lebih indah dan berkilau alami.

3. Solusi Rambut Bercabang

Solusi Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang merupakan salah satu musuh alami rambut. Hal ini bisa terjadi akibat terlalu sering terkena panas dari hair dryer, alat catok, alat pengeriting rambut, pemakaian cat rambut, pemakaian bahan pengeriting rambut, terlalu sering berada dibawah sinar matahari langsung.

Rambut bercabang bisa terjadi juga karena kesalahan saat mengeringkan rambut menggunakan handuk. Saat mengeringkan rambut menggunakan handuk, sebaiknya rambut jangan digosok-gosok menggunakan handuk, tapi cukup menekan handuk perlahan ke rambut.

Untuk mencegah terjadinya rambut bercabang, sebaiknya Anda menggunakan vitamin E setiap 2 hari sekali, bagi Anda pemilik rambut kering, kusam dan bercabang. Tapi bagi Anda pemilik rambut lembab, berketombe, dan berminyak, sebaiknya lakukan hanya seminggu sekali.

Lakukan pengolesan vitamin ini  30 menit sebelum keramas, selain mengoleskan pada  kulit kepala dan batang rambut, juga fokuskan pada ujung rambut yang bercabang.

4. Memperlambat Penuaan Rambut

Memperlambat Penuaan Rambut

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada kulit wajah dan tubuh saja. Tapi juga pada bagian rambut, yaitu seperti munculnya uban di usia muda. Selain mengkonsumsi vitmain E dari dalam dan juga mengoleskannya langsung pada kuliy kepala dan batang rambut.

Sebaiknya Anda juga dapat menambahnya dengan mengkonsumsi vitamin D untuk mencegah munculnya uban lebih dini. Vitamin D bisa Anda dapatkan pada buah-buahan seperti stroberi, jeruk, brokoli, tomat dan sayuran hijau lainnya.

Dengan memadukan mengkonsumsi vitamin E dan vitamin D, maka Anda dapat memberikan kekuatan pada rambut untuk tumbuh lebih sehat serta menjaganya supaya uban tidak cepat muncul. Vitamin D alami dari tubuh akan terstimulasi pada saat Anda berjemur dibawah sinar matahari antara pukul 8 pagi sampai 10 pagi. Cukup berjemur selama 15 menit tiap sisi tubuh, ya.

5. Mencegah Rambut Rontok

Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok pada saat disisir, pada saat keramas, pada saat diikat, atau mungkin pada saat tidur merupakan hal yang mengganggu. Anda harus benar-benar merawatnya supaya kerontokan tidak semakin parah. Selain menjaga asupan makanan, serta menjaga pola hidup yang sehat, Anda juga bisa menggunakan minyak dari dalam kapsul vitamin E.

Dengan mengoleskan minyak vitamin E secara teratur serta mengkonsumsinya dari dalam maka selain Anda mendapatkan tubuh yang sehat, Anda juga mendapatkan kulit serta rambut yang sehat. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengikat rambut, serta sehabis keramas sebaiknya menyisir rambut dalam keadaan rambut setengah kering supaya rambut tidak mudah patah dan rontok.

Demikianlah beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan rambut. Untuk mendapatkan vitamin E, Anda bisa menggunakan kapsul gel vitamin E lalu memotong ujungnya. Pencet kapsul sehingga minyak vitamin E didalam kapsul gel bisa keluar dan bisa Anda oleskan pada seluruh bagian kulit kepala dan batang rambut.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dari telur, daging ayam, kacang tanah, alpukat dan biji bunga matahari. Itulah 5 manfaat vitamin E untuk rambut menurut Bacaterus. Jika Anda memiliki pendapat lain dari manfaat vitamin E untuk kesehatan rambut, silahkan tinggalkan komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Eva Tresna Nurhayati
35 thn, ibu rumah tangga, punya dua anak , jualan online, senang menjahit, menonton film, mendengarkan musik, membaca novel, memasak dan membuat cemilan sehat.

Leave A Comment