bacaterus web banner retina

5 Alasan Mengapa Video Penting untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor invideo permanen link
video_marketin_red (Copy)

Video marketing memiliki peran yang penting dalam dunia bisnis pemasaran digital. Mengapa? Karena melaui video, Anda dapat membentuk hubungan yang lebih baik dan lebih intim dengan audiens.

Menggunakan media video adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan merk dan bisnis Anda kepada audiens. Selain itu, Anda juga dapat membangun kepercayaan dan ketertarikan para penonton terhadap produk Anda.

Oleh karena itu, tidak heran jika semakin banyak orang yang menggunakan video untuk memasarkan dan mempromosikan produk mereka agar lebih dikenal dan diperhatikan dengan jangkauan yang lebih luas.

Berikut ini adalah 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan video untuk mempromosikan bisnis Anda.

1. Meningkatkan SEO

SEO-1 (Copy)

Anda mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa dari 100 daftar hasil pencarian teratas, 70% adalah video. Google bisa dibilang sangat menjunjung tinggi video.

Eksekutif bisnis mengklaim bahwa mereka lebih cenderung mengunjungi situs web bisnis setelah melihat video dari situs web tersebut. Konten video berkualitas tinggi akan menarik pemirsa dan membuat mereka penasaran tentang bisnis Anda, sehingga meningkatkan minat konsumen, dan keterlibatan pemirsa.

Video juga akan membantu meningkatkan SEO karena kompatibel dengan banyak perangkat. Berbagai platform video seperti YouTube dan Vimeo beradaptasi dengan berbagai ukuran layar dan juga dioptimalkan untuk perangkat seluler sehingga mampu untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Pastikan bahwa durasi video Anda selalu di bawah 2 menit untuk membangun keterlibatan dan menyampaikan maksud Anda dalam waktu sesingkat-singkatnya. Transkripsikan video Anda dengan teks untuk bot google untuk mengenali kata kunci dan pastikan untuk mengoptimalkan video dengan judul, tag meta, deskripsi, dan subteks.

Menyertakan teks dalam video Anda juga akan meningkatkan peluang situs Anda ditampilkan dalam berbagai pencarian internet. Pastikan Anda membuat gambar mini menarik berkualitas tinggi untuk meningkatkan rasio klik-tayang dan menarik perhatian pemirsa.

2. Meningkatkan Citra Perusahaan

increase value

Kunci untuk membuat orang membeli produk atau layanan Anda adalah kepercayaan. Kepercayaan konsumen memegang peranan yang sangat besar. Ketika orang hanya membaca teks, mereka tidak tahu secara keseluruhan tentang cara kerja dan bisnis Anda, dan tidak ada ruang untuk membangun kepercayaan.

Saat Anda menambahkan video, segalanya menjadi berubah. Media audio dan visual dikenal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan di antara konsumen melalui emosi yang menarik.

Anda dapat menampilkan testimoni pelanggan, menyertakan banyak hal di balik layar bisnis Anda, atau memfilmkan proses pembuatan produk Anda untuk membuat perusahaan Anda terlihat andal dan dapat dipercaya. Anda dapat membuat video online melalui aplikasi atau situs pembuat video online.

Apalagi jika Anda menjalankan bisnis online, tentu banyak orang yang masih ragu untuk menginvestasikan uangnya karena takut ditipu. Sebuah video akan sangat membantu dalam menghilangkan keraguan pembeli sehingga Anda pun dapat meraih kepercayaan dari pelanggan.

3. Meningkatkan Waktu Pengguna

user time (Copy)

Menurut Forbes, rata-rata pengguna menghabiskan 88% lebih banyak waktu di halaman yang memiliki konten video daripada dengan halaman konten non-video. Singkatnya, dengan menyertakan video dalam kampanye pemasaran Anda, Anda meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda.

Jumlah rata-rata waktu adalah faktor penting lainnya untuk menilai peringkat SEO. Selain itu, video juga akan memberikan waktu tambahan untuk meyakinkan pengunjung Anda menjadi pembeli.

Konsumen yang malas akan lebih suka menonton video daripada membaca teks karena video lebih menghibur dan interaktif. Selain itu, pemirsa merasa lebih mudah untuk menyimpan informasi ketika dijelaskan melalui video.

Dengan membuat video produk, demo, dan petunjuk, Anda tidak hanya meningkatkan peluang Anda untuk menjangkau audiens target, tetapi juga memberikan tingkat retensi yang lebih tinggi kepada konsumen Anda.

Video menarik dan akan meningkatkan waktu pengguna di halaman web Anda. Jangan lupa untuk membuat video unik yang membuat para pemirsa tertarik dan ketagihan pada produk dan layanan Anda.

4. Mendapatkan Konsumen

buy (Copy)

Dengan video, konsumen kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda. Orang-orang tidak hanya pergi ke YouTube untuk menghibur atau belajar tetapi juga untuk menonton ulasan pelanggan sebelum membeli suatu produk.

Ulasan produk video menjadi populer karena menunjukkan pendapat yang nyata kepada pemirsa, memberikan wawasan tentang produk, dan hal ini lebih cenderung jujur ​​daripada iklan.

Anda juga dapat menyematkan video produk di halaman produk sebenarnya dari situs atau menyertakan tautan dalam deskripsi video YouTube Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Membuat video tentang produk dan layanan Anda adalah strategi pemasaran yang cerdas. Anda juga dapat menggunakan vloggers, influencer, dan mikro-influencer untuk meninjau produk Anda di halaman media sosial mereka.

Pemasaran atau strategi marketing melalui influencer kini memang semakin berkembang dari hari ke hari. Selain itu, orang lebih cenderung mempercayai produk Anda ketika telah ditinjau oleh orang-orang yang relevan dengan industri tersebut.

Dengan mengadopsi metode ini, Anda juga akan mengikuti tren saat ini, dan pelanggan akan menilai bahwa bisnis Anda termasuk yang up-to-date. Anda juga dapat menggunakan fitur video langsung di platform seperti Instagram dan YouTube untuk terlibat dan berinteraksi dengan audiens Anda.

5. Merupakan Sebuah Investasi yang Menjanjikan

investment

Video merupakan sebuah investasi yang cukup menjanjikan dan biasanya akan menghasilkan keuntungan yang cukup baik, tergantung pada strategi dan organisasi pemasaran video Anda.

Berbeda dengan di masa lampau, kini video dapat dibuat dengan cepat dan dengan harga yang lebih murah. Jika iklan video Anda menjadi populer, maka hal tersebut tentunya dapat mendatangkan penghasilan yang layak dengan hanya monetisasi melalui iklan saja.

Selain itu, bisnis Anda juga dapat meningkatkan pencapaian penjualan hanya dengan memasukkan konten ke dalam video Anda.

Strategi terbaik untuk memonetisasi video adalah dengan membuat halaman arahan yang menjelaskan produk, dan diikuti dengan video YouTube yang mendemonstrasikan produk untuk disematkan di halaman situs produk Anda.

Anda juga dapat menyertakan video dalam kampanye email Anda dengan menyematkannya di dalam email dengan menyertakan tautan yang mengarahkan pengguna ke halaman arahan Anda.

Kuncinya adalah memiliki daftar email pelanggan setia yang solid, yang akan meluangkan waktu untuk menonton video Anda.

Itulah 5 alasan penting mengapa Anda perlu menggunakan video dalam memasarkan produk atau layanan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram