Bacaterus / Olahraga / Jarang Diketahui, Ini 10 Urutan dan Arti Sabuk Taekwondo

Jarang Diketahui, Ini 10 Urutan dan Arti Sabuk Taekwondo

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Taekwondo merupakan salah satu seni bela diri yang cukup populer di dunia. Seni bela diri taekwondo berasal dari Korea yang artinya “seni tangan dan kaki”. Taekwondo menjadi salah satu seni bela diri yang dipertandingkan di Olimpiade. Taekwondo sendiri adalah seni bela diri yang meliputi berbagai teknik bela diri, perkelahian, olahraga, hiburan, dan filsafat.

Pakaian yang digunakan pada taekwondo biasanya berwarna putih polos dengan sabuk yang melingkar di bagian pinggang. Sabuk-sabuk yang biasa digunakan ini bukan hanya sembarang sabuk karena menyimpan makna-makna tertentu di dalamnya. Penasaran kan apa saja urutan sabuk taekwondo beserta maknanya? Maka dari itu jangan lewatkan pemaparannya di bawah ini!

1. Sabuk Putih (Geup 10)

Sabuk Putih (Geup 10)

* sumber: www.kwon.com

Pada urutan yang pertama ada sabuk putih. Sabuk putih menjadi sabuk pertama yang akan diberikan kepada para pemula. Sabuk putih ini memiliki tingkatan yang paling rendah jika dibandingkan dengan sabuk lainnya. Warna putih berarti kesucian, kepolosan, dan ketidaktahuan, serta berarti permulaan dalam menjalani kehidupan.

Untuk bisa mendapatkan sabuk putih sebagai permulaan, maka harus mengikuti upacara dan ikrar janji taekwondo terlebih dahulu. Materi yang diajarkan pada sabuk putih ini merupakan materi-materi dasar seperti teknik tendangan dasar, teknik pukulan dasar, dan kuda-kuda.

Ketika materi sabuk putih dapat dilalui dengan baik, maka kamu dapat naik tingkat. Untuk bisa naik ke level yang lebih tinggi, maka kamu harus mengikuti ujian terlebih dahulu yang biasanya diselenggarakan 3-4 bulan sekali.

2. Sabuk Kuning (Geup 9)

Sabuk Kuning (Geup 9)

* sumber: www.bajutaekwondo.com

Selanjutnya ada sabuk kuning. Sabuk kuning merupakan sabuk kedua setelah sabuk putih. Jika kamu telah berhasil mengikuti ujian kenaikan tingkat pada sabuk putih, maka sabuk kuning lah yang akan melingkar di pinggangmu. Sabuk kuning diartikan sebagai warna bumi yang mana bumi menjadi segala dasar dan sumber dari segala kehidupan.

Pada tingkat sabuk kuning ini materi yang akan diberikan pun akan semakin meningkat kesulitannya seperti tendangan ke arah belakang (Dwi Chagi) dan jurus degan kedua tangan (Doboe Amarki). Ketika materi sabuk kuning telah dikuasai, maka saatnya kamu berganti sabuk pada sabuk selanjutnya.

3. Sabuk Kuning Strip Hijau (Geup 8)

Sabuk Kuning Strip Hijau (Geup 8)

* sumber: masuta.id

Masih berwarna kuning, namun ada yang sedikit berbeda pada sabuk tingkatan ke 3 ini. Meskipun sama-sama berwarna kuning, akan tetapi sabuk tingkat ke 3 ini memiliki strip atau garis berwarna hijau. Tanpa mengurangi makna, warna kuning masih tetap diartikan sebagai lambang bumi yang menjadi dasar dari kehidupan.

Pada sabuk kuning strip hijau ini para taekwondoin akan diajarkan beberapa materi yang beragam dengan kadar kesulitan yang semakin tinggi. Beberapa materi yang akan diberikan pada tahap yang satu ini berupa tendangan yang telah diajarkan pada tahap sabuk kuning akan tetapi ditambah beberapa variasi.

Beberapa jurus atau materi tersebut diantaranya adalah Ap Chagi, Novi Chagi, Doli’ Chagi, dan Hedan Apturigi. Meskipun tingkat kesulitan jurusnya semakin meningkat, akan tetapi semua itu harus dikuasai untuk dapat naik ke level berikutnya.

4. Sabuk Hijau (Geup 7)

Sabuk Hijau (Geup 7)

Setelah sabuk kuning strip hijau, maka sabuk yang selanjutnya adalah sabuk berwarna hijau. Sabuk hijau ini berada di posisi ke empat terendah. Warna hijau pada sabuk ini sendiri merupakan lambang hijaunya pepohonan yang memberikan kesejukan serta kedamaian dalam kehidupan.

Jurus atau materi yang diajarkan pun mulai variatif dan serius. Tentu saja dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi. Pada tahap sabuk hijau ini, para taekwondoin akan diajarkan teknik-teknik fighting atau bertarung dengan jurus tertentu. Jurus tersebut bernama Tage II yang biasanya diajarkan dengan jangka waktu 3 bulan latihan.

5. Sabuk Hijau Strip Biru (Geup 6)

Sabuk Hijau Strip Biru (Geup 6)

* sumber: masuta.id

Jika materi serta jurus pada sabuk hijau telah kamu kuasai, maka kamu layak untuk naik level ke sabuk hijau strip biru. Pada tahapan ini pada umumnya kamu telah dianggap sebagai taekwondoin senior. Hal itulah mengapa terkadang kamu diberikan tugas untuk memberikan atau mengajarkan para taekwondoin junior atau pemula.

Selain itu, pada tahap sabuk hijau strip biru ini kamu juga akan dibekali jurus baru yang cukup sulit. Jurus tersebut bernama Dwi Urigi yang merupakan sebuah teknik tendangan. Tak hanya dwi urigi, pada tahap ini pula kamu akan diajarkan jurus lain yang bernama jurus Tage III.

6. Sabuk Biru (Geup 5)

Sabuk Biru (Geup 5)

* sumber: masuta.id

Berikutnya, ada sabuk biru. Sabuk biru ini hanya dapat kamu kenakan ketika kamu sudah menguasai jurus yang telah diajarkan pada tahapan sebelumnya. Warna biru diartikan sebagai lambang birunya langit yang maha luas mengelilingi bumi dan segala yang ada di dalamnya.

Pada tahapan sabuk biru ini para taekwondoin harus dapat menguasai jurus serta materi yang telah diajarkan pada tahapan sebelumnya. Pada tahapan ini pula para taekwondoin akan diberikan jurus melatih kecepatan dalam menendang. Beberapa jurus yang akan diajarkan diantaranya adalah Tiodwi Chagi, Yapturigi, dan Yap Chagi.

Tak hanya tendangan saja, jurus tangan pun akan diberikan pada tahap ini sebagai lanjutan dari tahap sebelumnya yaitu Tage IV.

7. Sabuk Biru Strip Merah (Geup 4)

Sabuk Biru Strip Merah (Geup 4)

Sabuk biru strip merah adalah sabuk selanjutnya jika kamu telah menyelesaikan jurus dan materi pada tingkat sebelumnya. Pada tahapan ini kamu akan diberikan pelajaran serta latihan dengan tingkat yang lebih sulit lagi. Hal ini ditujukan agar kamu para taekwondoin dapat menguasai jurus-jurus dengan sempurna.

Pada tingkat ini juga para taekwondoin akan diberikan jurus tangan lanjutan. Ya, jurus tersebut adalah Tage V yang dilakukan hingga steep XIV.

8. Sabuk Merah (Geup 3)

Sabuk Merah (Geup 3)

Sebelum meraih tingkatan sabuk yang tertinggi, kamu juga harus melalui sabuk merah. Sabuk merah merupakan sabuk yang cukup tinggi tingkatannya karena hampir mencapai tingkatan tertinggi. Sabuk merah ini diartikan sebagai lambang matahari yang menyinari bumi.

Pada tingkatan ini para taekwondoin dianggap sebagai senior atau bahkan dianggap sebagai asisten pelatih sehingga harus menjadi panutan serta teladan yang baik bagi para junior. Pada tingkatan yang satu ini pula para taekwondoin akan diberikan jurus tangan lanjutan yaitu Tage VI hingga XVIII steep.

9. Sabuk Merah Strip Hitam I dan II (Geup 2-1)

Sabuk Merah Strip Hitam I dan II (Geup 2-1)

Jika kamu telah menguasai jurus yang diberikan pada tahapan sabuk merah, kamu tak bisa langsung meraih sabuk hitam sebagai sabuk tertinggi. Kamu harus melalui sabuk merah strip hitam I dan II terlebih dahulu. Pada tahapan ini taekwondoin hanya peru mempelajari sisa-sisa jurus yang belum diberikan.

Selain itu, para taekwondoin dituntut untuk mempelajari serta menyempurnakan jurus yang sebelumnya telah diberikan guna memantapkan diri sebagai taekwondoin senior.

10. Sabuk Hitam

Sabuk Hitam

Sabuk yang terakhir, adalah sabuk hitam. Sabuk hitam adalah sabuk dengan tingkatan atau level yang paling tinggi dalam taekwondo. Warna hitam ini sendiri melambangkan sebuah akhir yang bermakna kematangan seorang taekwondoin dalam menguasai jurus yang dikuasai.

Sabuk hitam ini biasa digunakan oleh pelatih atau yang biasa disebut Sabeum. Sabuk hitam ini sendiri terbagi menjadi 9 bagian dengan ciri jumlah strip yang bertambah di setiap tingkatannya. Beberapa bagian dari sabuk hitam ini diantaranya adalah:

  • DAN (Ii DAN) yaitu sabuk hitam polos
  • DAN II (Yi DAN) yaitu sabuk hitam dengan 1 strip putih
  • DAN III (San DAN) yaitu sabuk hitam dengan 2 strip putih
  • DAN IV (Sa DAN) yaitu sabuk hitam dengan 3 strip putih
  • DAN V (Oh DAN) yaitu sabuk hitam dengan 4 strip putih
  • DAN VI (Yuk DAN) yaitu sabuk hitam dengan 5 strip putih
  • DAN VII (Chil DAN) yaitu sabuk hitam dengan 6 strip putih
  • DAN VIII (Pal DAN) yaitu sabuk hitam dengan 7 strip putih
  • DAN IX (Gu DAN) yaitu sabuk hitam dengan 8 strip putih

Itu dia urutan sabuk taekwondo beserta makna di dalamnya yang jarang diketahui. Wah ternyata sabuk yang biasa dikenakan pada seni bela diri taekwondo bukan hanya sembarang sabuk, ya tetapi sabuk yang memiliki makna-makna tersendiri di setiap warnanya. Bagi kamu yang gemar melakukan seni bela diri taekwondo, kira-kira sudah menggunakan sabuk yang mana, nih?

Ingin tahu seputar seni bela diri karate? Kunjungi artikel urutan sabuk karate berikut ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *