bacaterus web banner retina

Mau Masuk TNI? Ini Urutan Pangkat TNI-AU, TNI-AD dan TNI-AL

Ditulis oleh Amalia Kaskita - Diperbaharui 25 Desember 2020

Tentara Nasional Indonesia atau biasa disebut TNI adalah alat negara di bidang pertahanan yang bertugas sesuai dengan kebijakan negara. TNI yang dikenal sebagai angkatan perang milik Indonesia tak lain berkewajiban untuk menjaga dan melindungi negara dari ancaman-ancaman yang datang.

Seperti yang diketahui TNI dibagi menjadi tiga angkatan yaitu TNI-AD (Tentara Nasional Angkatan Darat, TNI-AU (Tentara Nasional Angkatan Udara) dan TNI-AL (Tentara Nasional Angkatan Laut). Bagi kamu yang ingin menjadi TNI, wajib tahu urutan pangkat dari ketiga angkatan ini. Berikut Bacaterus akan mengulasnya satu persatu dibawah ini!

Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan

* sumber: tambahpinter.com

Pangkat Kehormatan adalah pangkat tertinggi diantara semua Jenjang di TNI. Masing-masing memiliki julukan yang berbeda. Untuk TNI-AD disebut sebagai Jenderal Besar. TNI-AU disebut sebagai Marsekal Besar dan TNI-AL disebut sebagai Laksamana Besar. Pangkat ini berlambang 5 bintang berwarna emas.

Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD)

TNI-AD

* sumber: tniad.mil.id

TNI-AD terdiri dari dua bagian Komando Utama (KOTAMA) yaitu Komando Cadangan Strategis (KOSTRAD)  dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).  TNI-AD juga memiliki 15 komando Daerah Militer dan 46 Komando Resor Militer. Dari itu semua, mereka memiliki pangkat yang berbeda-beda dan berurut. Berikut urutan pangkat TNI AD.

1. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi

* sumber: tambahpinter.com

Jenjang Perwira Tinggi adalah Jenjang tertinggi dibawah Pangkat Kehormatan dan ditandai dengan lambang bintang. Di dalamnya terdiri dari empat bagian tingkatan. Jenderal sebagai tingkat tertinggi berlambang empat bintang. Kemudian di bawahnya ada Letnan Jenderal (Letjen) berlambang tiga bintang, Mayor Jendral (Mayjen) dua bintang, dan terakhir Brigadir Jenderal (Brigjen) satu bintang.

2. Perwira Menengah

Perwira Menengah

* sumber: tambahpinter.com

Di jenjang kedua ada Perwira menengah yang memiliki lambang dengan gambar bunga melati. Pangkat tertinggi di Perwira ini adalah Kolonel berlambang tiga bunga melati. Kemudian di bawahnya ada Letnan Kolonel (Letkol) berlambang dua bunga melati. Selanjutnya,pangkat terendah yaitu Mayor berlambang satu bunga melati.

3. Perwira Pertama

Perwira Pertama

* sumber: tambahpinter.com

Di jenjang ini, pangkatnya berlambang balok berwarna emas. Pangkat tertinggi disebut sebagai Kapten berlambang tiga balok, kemudian Letnan Satu (Lettu) berlambang dua balok, dan terakhir Letnan Dua (Letda) berlambang satu balok.

4. Bintara Tinggi

Bintara Tinggi

* sumber: tambahpinter.com

Bintara Tinggi memiliki dua tingkat kepangkatan yaitu Pembantu Letnan Satu (Peltu) berlambang dua garis bergelombang dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) berlambang satu garis bergelombang. Masing-masing tingkat terdiri dari komando dan staff.

5. Bintara

Bintara

* sumber: tambahpinter.com

Bintara sendiri mempunyai empat tingkat kepangkatan di dalamnya. Pertama Sersan Mayor (Serma) berlambang empat garis V. Kemudian Sersan Kepala (Serka) berlambang tiga garis V, di bawahnya ada Sersan Satu (Sertu) berlambang dua garis V dan paling rendah yaitu Sersan Dua (Serda) berlambang satu garis V. Semua lambangnya berwarna kuning.

6. Tamtama Kepala

Tamtama Kepala

* sumber: tambahpinter.com

Lambang Tamtama hanya berbeda warna dengan lambang Bintara yaitu berwarna  merah. Di dalamnya terdiri dari tiga tingkat yaitu Kopral Kepala (Kopka) dilambangkan dengan tiga garis V merah, kemudian Kopral Satu (Koptu) berlambang dua garis V merah dan terakhir Kopral Dua (Kopda) berlambang satu garis V merah.

7. Tamtama

Tamtama

* sumber: tambahpinter.com

Jenjang terbawah pada TNI AD disebut sebagai Tamtama. Tamtama terdiri dari tiga tingkatan yaitu Prajurit Kepala (Praka) berlambang  tiga garis panjang berwarna merah. Kemudian dibawahnya ada Prajurit Satu berlambang dua garis panjang berwarna merah. Terakhir, Prajurit Dua adalah tingkat terendah berlambang satu garis panjang berwarna merah.

Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI-AU)

TNI-AU

* sumber: tni-au.mil.id

TNI-AU bertugas menjaga pertahanan RI di udara. Pimipinan TNI-AU disebut sebagai Kepala Staf Angkatan Udara yang bertempat di Markas Besar Angkatan Udara. TNI-AU memiliki tiga komando operasi. TNI-AU juga memiliki lebih dari 100 pesawat tempur dengan 37 ribu lebih personel. TNI-AU memiliki tanda kepangkatan berbeda yang akan dibahas di bawah ini.

1. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi

* sumber: tambahpinter.com

Jenjang dibawah pangkat kehormatan dalam Angkatan Udara disebut sebagai Perwira Tinggi. Tingkatan tertinggi di dalamnya disebut sebagai Marsekal dengan lambang empat bintang. Kemudian Marsekal Madya, pangkatnya berlambang tiga bintang. Di bawahnya terdapat Marsekal Muda dengan lambang dua bintang dan paling bawah ada Marsekal Pertama berlambang satu bintang.

2. Perwira Menengah

Perwira Menengah

* sumber: tambahpinter.com

DI jenjang ini, urutan pangkat tertinggi disebut sebagai Kolonel dilambangkan dengan tiga simbol. Kemudian Letnan Kolonel dengan dua simbol dan pangkat terendah dalam jenjang ini adalah Mayor dilambangkan dengan satu simbol.

3. Perwira Pertama

Perwira Pertama

* sumber: tambahpinter.com

Kapten atau dipanggil dengan Kapt adalah pangkat tertinggi di jenjang ini dan dilambangkan dengan tiga balok. Di bawahnya disebut sebagai Letnan Satu dilambangkan dengan dua balok dan tingkat paling rendah yaitu Letnan Dua dilambangkan dengan satu balok.

4. Bintara Tinggi

Bintara Tinggi

* sumber: tambahpinter.com

Di dalam Bintara Tinggi hanya memiliki dua kepangkatan. Pangkat teratas disebut sebagai Pembantu Letnan Satu dengan lambang dua garis bergelombang. Kemudian di bawahnya terdapat Pembantu Letnan Dua di lambangkan dengan satu garis bergelombang.

5. Bintara

Bintara

* sumber: tambahpinter.com

Di jenjang ini, pangkat tertinggi disebut sebagai Sersan Mayor dengan lambang empat garis V. Kemudian di bawahnya ada Sersan Kepala  dilambangkan dengan tiga garis V. Selanjutnya Sersan Satu dilambangkan dengan dua garis V dan paling bawah adalah Sersan Dua dilambangkan satu garis V.

6. Tamtama Kepala

Tamtama Kepala

* sumber: tambahpinter.com

Kopral Kepala adalah pangkat tertinggi di dalam jenjang ini yang dilambangkan dengan tiga garis V berwarna merah.  Kemudian Kopral Satu dilambangkan dengan dua garis V merah dan terakhir Kopral Dua berlambang satu garis V merah.

7. Tamtama

Tamtama

* sumber: tambahpinter.com

Tamtama adalah jenjang paling bawah dan berisi tiga tingkat kepangkatan. Tingkat paling atas disebut Prajurit Kepala dilambangkan tiga garis berwarna merah. Kemudian Prajurit Satu dilambangkan dua garis merah. Terakhir Prajurit Dua dilambangkan Satu garis merah.

Baca juga: 10 Film Tentang Tentara Indonesia yang Menginspirasi

Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL)

TNI-AL

* sumber: wartakepri.co.id

TNI Angkatan Laut bertugas bertanggung jawab atas keamanan di laut. TNI-AL sama seperti TNI-AD dan AU, mereka mempunyai tiga komando armada yaitu Komando Armada 1, Komando Armada II, Komando Armada III. Sistem kepangkatannya pun tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Berikut urutan pangkatnya TNI-AL.

1. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi

* sumber: tambahpinter.com

Di dalam jenjang ini, tingkat tertinggi disebut sebagai Laksamana Jenderal berlambang empat bintang. Di bawahnya terdapat Laksamana Madya dengan tiga bintang. Kemudian Laksamana Muda dengan dua bintang dan terakhir Laksamana Pertama berlambang satu bintang.

2. Perwira Menengah

Perwira Menengah

* sumber: tambahpinter.com

Tingkat tertinggi di jenjang ini disebut sebagai Kolonel berlambang tiga simbol bunga melati. Kemudian Letnan Kolonel pangkatnya berlambang dua simbol bunga melati dan terakhir Mayor berlambang  satu simbol.

3. Perwira Pertama

Perwira Pertama

* sumber: tambahpinter.com

Tingkat Paling tinggi yaitu Kapten berlambang tiga balok. Kemudian di bawahnya terdapat Letnan Satu atau Lettu berlambang dua balok. Terakhir, tingkat paling bawah di jenjang ini yaitu Letnan Dua berlambang satu balok.

4. Bintara Tinggi

Bintara Tinggi

* sumber: tambahpinter.com

Tingkat pertama disebut sebagai Pembantu Letnan Satu dan memiliki lambang dua garis bergelombang. Kemudian di bawah nya terdapat Pembantu Letnan Dua sekaligus tingkat terendah dalam jajaran ini memiliki lambang satu garis bergelombang.

5. Bintara

Bintara

* sumber: tambahpinter.com

Di jenjang ini tingkat paling tinggi disebut sebagai Sersan Mayor dengan lambang  empat garis V. Kemudian di bawahnya terdapat Sersan Kepala dengan lambang tiga garis V. Selanjutnya, Sersan Satu berlambang dua garis V. Terakhir Sersan Dua berlambang satu garis V.

6. Tamtama Kepala

Tamtama Kepala

* sumber: tambahpinter.com

Kopral Kepala atau Kopka adalah tingkat pertama yang memiliki lambang tiga garis V berwarna biru. Kemudian di bawahnya terdapat Kopral Satu berlambang dua garis V berwarna biru. Tingkat paling bawah yaitu Kopral Dua berlambang satu garis V berwarna biru.

7. Tamtama

Tamtama

* sumber: tambahpinter.com

Berbeda dengan TNI-AD & AU, Tamtama di TNI-AL dinamai dengan Kelasi dan memiliki tiga tingkatan. Tingkat tertinggi di jenjang ini disebut sebagai Kelasi Kepala ditandai dengan tiga garis biru. Kemudian Kelasi Satu berlambang dua garis biru. Selanjutnya, Kelasi Dua berlambang Satu garis biru.

Itulah urutan pangkat TNI-AD, TNI-AU & TNI-AL. Ketiga TNI ini memiliki nama jenjang yang sama namun ada beberapa nama tingkatan yang berbeda. Jadi, bagaimana dengan kalian yang ingin masuk TNI, apakah sudah semakin mengenal urutan pangkat diatas? Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram