Bacaterus / FYI / Dari Jenderal sampai Bharada, Berikut Urutan Pangkat Polisi!

Dari Jenderal sampai Bharada, Berikut Urutan Pangkat Polisi!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Polisi Republik Indonesia (Polri) atau dikenal dengan Polisi adalah satuan keamanan, ketertiban dan pelayanan untuk masyarakat Indonesia. Mereka menjaga masyarakat dari hal-hal bahaya yang terjadi di lingkungan. Selain itu, polisi juga menegakkan hukum yang berlaku agar terciptanya masyarakat yang tertib dan disiplin.

Sebagai warga negara Indonesia, kita pasti sudah mengenal polisi dengan baik. Terlebih kita sering menemukannya di jalan raya. Akan tetapi, apakah dari kita sudah mengenal urutan pangkat polisi dengan baik? Penasaran apa saja? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Perwira Tinggi (PATI)

Perwira Tinggi (PATI) adalah golongan/jenjang tertinggi dalam pangkat kepolisian. Untuk mencapai jenjang ini, perwira pastinya harus mempunyai jejak pencapaian dan prestasi yang baik. Di jenjang ini terdapat empat tingkat kepangkatan yaitu Jenderal, Komjen, Irjen, dan Brigjen.

1. Jenderal

Jenderal adalah pangkat kepolisian paling tinggi yang bisa ditempuh oleh perwira. Tugas dan tanggung jawab yang diemban pun sangat besar. Lambang yang dimiliki oleh Jenderal berupa empat bintang berwarna emas.

2. Komjen

Kemudian, di bawah Jenderal disebut sebagai Komjen Pol yaitu Komisaris Jenderal Polisi. Komjen Pol juga memiliki jabatan yang penting di kepolisian. Lambang untuk pangkat ini adalah tiga bintang berwarna emas.

3. Irjen

Irjen adalah kepanjangan dari Inspektur Jenderal. Kedudukannya sama dengan Mayor Jenderal dalam TNI. Lambang yang digunakan oleh Irjen yaitu dua bintang berwarna emas. Untuk mencapai tingkat ini, perwira harus bisa memiliki prestasi yang baik.

4. Brigjen

Brigjen adalah kepanjangan dari Brigadir Jenderal merupakan pangkat paling bawah di jenjang PATI. Di tingkat ini, Perwira bisa menjabat sebagai Kepala Polisi Daerah (Kapolda). Lambang yang dimiliki oleh Brigjen adalah satu bintang berwarna emas.

Perwira Menengah (PAMEN)

Di dalam golongan Perwira Menengah (PAMEN) terdapat tiga tingkatan pangkat, yaitu Kombes, AKBP, dan Kompol. Masing-masing pangkat memiliki tugas yang sangat penting. Lambang Perwira Menengah berupa lambang bunga melati berwarna emas.

1. Kombes

Kombes adalah singkatan dari Komisaris Besar merupakan pangkat tertinggi di golongan ini. Komisaris Besar diberi lambang tiga melati berwarna emas. Kombes memiliki peran penting dan tanggung jawab besar di golongan PAMEN.

2. AKBP

Apakah kalian sering melihat akronim ini di dalam berita TV tapi tidak tahu kepanjangannya? Perlu diketahui bahwa AKBP adalah singkatan dari Ajun Komisaris Besar Polisi. AKBP sendiri biasanya menempati jabatan Kapolres. Lambang yang diberikan berupa dua bunga melati emas.

3. Kompol

Kompol adalah singkatan dari Komisaris Polisi. Kompol merupakan pangkat paling bawah di dalam golongan PAMEN. Kompol memiliki kedudukan yang sama dengan Mayor dalam TNI. Lambangnya berupa satu bunga melati emas.

Perwira Pertama (PAMA)

Untuk memasuki golongan perwira ini, polisi harus memiliki kemampuan khusus. Terlebih mereka harus menempuh sekolah khusus kepolisian di Akademi Kepolisian. Di dalam golongan perwira menengah terdapat tiga tingkatan pangkat yaitu AKP, IPTU dan IPDA.

1. AKP

AKP yaitu Ajun Komisaris Polisi adalah pangkat tertinggi di dalam golongan Perwira Pertama. AKP diberikan lambang berupa tiga garis berwarna emas. AKP setara dengan tingkat Kapten di dalam TNI.

2. IPTU

IPTU adalah singkatan dari Inspektur Polisi Satu. Kedudukan pangkat ini sejajar dengan Letnan Satu di dalam TNI. Untuk meraih pangkat ini, polisi harus menempuh pendidikan khusus. Inspektur Polisi Satu memiliki lambang dua garis berwarna emas.

3. IPDA

IPDA adalah pangkat terendah di dalam golongan perwira pertama atau awal mula polisi memasuki tingkat perwira. IPDA adalah singkatan dari Inspektur Polisi Dua. IPDA sendiri memiliki lambang satu garis berwarna emas.

Bintara

Di bawah golongan Perwira disebut sebagai Bintara. Berbeda dengan Perwira, Bintara memiliki syarat rekrutmen minimal untuk lulusan SMA sederajat dan dibuka pada waktu yang ditetapkan. Bintara memiliki enam tingkat kepangkatan dan lambangnya berwarna perak.

1. AIPTU

AIPTU adalah pangkat tertinggi dan termasuk golongan Bintara tinggi. AIPTU adalah singkatan dari Ajun Inspektur Polisi Satu. Lambang yang dimiliki oleh AIPTU adalah bentuk dua panah menyambung. Aiptu memiliki dua lambang berdempet berwarna perak.

2. AIPDA

AIPDA termasuk kedalam golongan Bintara Tinggi di bawah tingkat AIPTU. AIPDA adalah singkatan dari Ajun Inspektur Polisi Dua. Lambang yang dimiliki oleh AIPDA adalah sama seperti lambang AIPTU hanya saja, AIPDA memiliki satu lambang. AIPDA sendiri menempati posisi sebagai penghubung antara letnan dan brigadir.

3. Bripka

Selanjutnya, di bawah tingkat AIPDA ada Bripka. Bripka bukan lagi disebut sebagai golongan Bintara tinggi, melainkan hanya golongan Bintara saja. Bripka merupakan kepanjangan dari Brigadir Polisi Kepala. Lambang yang dimiliki oleh Bripka adalah empat susun panah berwarna perak.

4. Brigpol

Brigpol adalah singkatan dari Brigadir Polisi. Tugas Brigpol memantau dan memastikan Bripda dan Briptu menjalankan kewajiban sesuai SOP. Pangkat ini memiliki kedudukan yang sama dengan Sersan Kepala dalam TNI. Pangkat ini berlambang tiga susun panah berwarna perak.

5. Briptu

Di bawah Brigpol ada Briptu. Briptu atau Brigadir Polisi Satu yang dulunya disebut sebagai Sersan Satu memiliki lambang dua susun panah berwarna perak. Pangkat Briptu sejajar dengan Sersan Satu dalam Tentara.

6. Bripda

Kemudian, Pangkat terakhir dalam golongan Bintara adalah Bripda. Bripda adalah singkatan dari Brigadir Polisi Dua. Bripda memiliki kedudukan yang sama dengan Sersan Dua di Tentara. Tugas Bripda adalah melayani masyarakat seperti layanan pembuatan SIM dan mengatur lalu lintas. Lambang Bripda adalah satu panah menghadap kiri berwarna perak.

Tamtama

Tamtama adalah golongan paling bawah di jenjang kepolisian. Tamtama atau disebut juga sebagai golongan Bhayangkara. Di dalamnya, Tamtama memiliki enam tingkat kepangkatan. Berikut tingkatannya.

1. Abrip

Abrip adalah singkatan dari Ajun Brigadir Polisi. Pangkat ini adalah pangkat tertinggi dalam golongan Tamtama. Lambang yang diberikan pada pangkat ini sama dengan Brigpol yaitu tiga susun panah menghadap kiri. Namun untuk Abrip, lambangnya berwarna merah.

2. Abriptu

Kemudian di bawahnya terdapat Abriptu. Abriptu adalah kepanjangan dari Ajun Brigadir Polisi Satu. Abriptu dulunya bernama Kopral satu atau Pratu. Abriptu memiliki pangkat dengan lambang dua susun panah menghadap kiri.

3. Abripda

Selanjutnya ada Abripda. Abripda adalah singkatan dari Ajun Brigadir Polisi Dua. Abripda dilambangkan dengan satu panah menghadap kiri berwarna merah. Abripda adalah brigadir paling rendah di tingkat pangkat kepolisian.

4. Bharaka

Di bawah Brigadir disebut dengan Bhayangkara. Bharaka adalah singkatan dari Bhayangkara Kepala. Simbol Bhayangkara pun berbeda dengan Brigadir. Simbol Bhayangkara adalah garis miring berwarna merah dan untuk Bharaka memiliki tiga simbol garis miring merah.

5. Bharatu

Bharatu adalah singkatan dari Bhayangkara Satu. Simbol yang dilambangkan dari pangkat ini adalah dua garis miring berwarna merah. Dulunya Bharatu dikenal dengan sebutan Pratu atau Prajurit Satu yang kemudian dikenal Bharatu pada tahun 2001.

6. Bharada

Pangkat terendah dalam pangkat kepolisian disebut sebagai Bharada. Bharada adalah kepanjangan dari Bhayangkara Dua. Simbol untuk pangkat ini adalah satu garis miring berwarna merah. Bharada adalah awal pangkat sekaligus perjalanan karir polisi.

Itulah urutan pangkat polisi mulai dari tertinggi hingga terendah. Kita mungkin mengenal polisi dan melihat mereka semua sama. Akan tetapi, mereka memiliki pangkat yang berbeda begitupun dengan tugas mereka masing-masing. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mendaftar sebagai Polisi atau sudah siap untuk masuk ke sekolah Akademi Polisi?

Sebagai hiburan, kamu bisa menonton salah satu film tentang polisi di artikel Bacaterus: Yuk Tonton 10 Film Tentang Polisi yang Paling Seru Ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *