Bacaterus / Novel / Urutan Novel dan Cerita Pendek Sherlock Holmes yang Benar

Urutan Novel dan Cerita Pendek Sherlock Holmes yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sherlock Holmes merupakan karakter detektif ciptaan seorang dokter bernama Sir Arthur Conan Doyle. Ia menciptakan tokoh tersebut karena terinspirasi dari Dr. Joseph Bell yang menjadi atasannya saat bekerja di Royal Infirmary of Edinburgh.

Holmes digambarkan memiliki tingkat penalaran deduksi yang tajam, kemampuan menyamar, dan pandai menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan kasus pembunuhan.

Kisah petualangan pertamanya dimulai dari novel berjudul A Study in Scarlet yang diterbitkan pada tahun 1887. Pada tahun yang sama, cerita tersebut selanjutnya dimuat di sebuah majalah tahunan bernama Beeton’s Christmas Annual.

Dalam memecahkan setiap permasalahan, ia selalu ditemani sahabat karibnya, Dr. Watson. Keduanya juga sering dibantu oleh sekelompok anak jalanan yang disebut Baker Street Irregulars.

Hingga kini, Sir Arthur telah mendokumentasikan kisah detektif jenius ini ke dalam empat novel dan 56 cerita pendek. Semua ceritanya berlatarkan waktu tahun 1880 hingga tahun 1914.

Untuk kamu yang masih bingung harus memulai membaca ceritanya dari mana, kali ini Bacaterus akan memberikan pembahasannya. Berikut ini adalah urutan novel dan cerita Sherlock Holmes.

1. A Study in Scarlet – Penelusuran Benang Merah (Novel) 1887

A Study in Scarlet - Penelusuran Benang Merah

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di dalam novel inilah awal mula pertemuan di antara Dr. Watson dan Sherlock Holmes. Selanjutnya, mereka kemudian tinggal di 221B Baker Street London.

Petualangan keduanya dimulai ketika mereka mendapatkan sebuah surat tentang adanya kasus pembunuhan di rumah kosong yang ada di Brixton Road. Holmes dan Watson tanpa pikir panjang langsung bergegas menuju tempat perkara tersebut.

Setibanya di sana, keduanya tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada diri korban. Holmes dan Watson hanya menemukan tulisan ‘RACHE’ dalam darah yang berceceran.

Sementara itu, Inspektur Gregson dan Lestrade dari Scotland Yard meyakini jika korban sebenarnya ingin menulis Rachel. Namun, ia terlanjur meninggal sebelum menyelesaikan tulisannnya itu.

Holmes yang semakin semangat dan penasaran akan kasus tersebut mulai melakukan investigasi sendiri. Ia lalu mengungkapkan deskripsi pelaku yang sebenarnya, dan mengatakan jika ‘RACHE’ sebenarnya adalah sebuah kata dari bahasa Jerman yang berarti balas dendam.

2. The Sign of Four – Empat Pemburu Harta (Novel) 1890

The Sign of Four – Empat Pemburu Harta

Cek Harga di Shopee

Seorang wanita bernama Mary Morstan datang menemui Holmes dan Watson di kediamannya. Ia ingin meminta bantuan kepada kedua orang tersebut untuk menelusuri surat misterius yang diterimanya.

Mereka kemudian bergegas pergi menuju rumah Thaddeus Sholto. Di sana, sang tuan rumah mengatakan jika Mary berhak untuk mendapatkan separuh dari harta karun yang telah ditemukan di Agra, India.

Peti harta karun tersebut sekarang berada di rumah saudaranya Thaddeus, yaitu Bartholomeus. Mereka berempat kemudian memutuskan untuk mengunjungi rumahnya.

Setelah berada di sana, Bartholomeus ditemukan telah tewas dengan kondisi yang tidak wajar. Setelah diselidiki, Holmes menyimpulkan jika korban meninggal karena diracun, dan pelaku ternyata meninggalkan jejak berupa telapak kaki.

3. The Adventures of Sherlock Holmes – Petualangan Sherlock Holmes (Antologi Cerpen) 1892

The Adventures of Sherlock Holmes - Petualangan Sherlock Holmes

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cerita dalam Petualangan Sherlock Holmes ini dimulai dengan kisah yang berjudul Skandal di Bohemia. Suatu hari, ia mendapatkan klien seorang pangeran dari Kerajaan Bohemia yang terlibat hubungan asmara dengan artis cantik bernama Irene Adler.

Sang pangeran ingin mendapatkan foto mereka berdua yang disembunyikan oleh Irene. Ia khawatir akan menjadi sebuah skandal bila foto tersebut terungkap.

Kasus ini ternyata mempertemukan Holmes dengan Irene yang nantinya menjadi sosok perempuan yang ia kagumi. Irene adalah lawan sepadan bagi Holmes, ia memikat hati sekaligus cerdik dan bisa memberikan pengaruh dalam kehidupan Holmes.

Petualangan Sherlock Holmes adalah sebuah kumpulan cerita pendek yang berisikan 12 judul tentang petualangan Holmes bersama Watson dalam menyelesaikan kasus demi kasus.

4. The Memoirs of Sherlock Holmes – Memoar Sherlock Holmes (Antologi Cerpen) 1894

The Memoirs of Sherlock Holmes - Memoar Sherlock Holmes

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Terdapat 11 cerita pendek yang terdapat dalam kisah The Memoirs of Sherlock Holmes. Sepertia biasa, semua kisah sepak terjang Holmes dituliskan lewat sudut pandang Dr. Watson.

Cerpen yang berjudul Kapal Gloria Scott menjadi kasus pertama Holmes yang ditanganinya saat ia masih muda. Setelah berhasil memecahkan kasus tersebut, dirinya mulai menapaki karir sebagai seorang konsultan detektif.

Holmes dan Watson masih menjadi duo partner terbaik untuk bisa memecahkan kasus-kasus sulit yang tak terungkap. Di buku ini, mereka akan beraksi dalam sebuah kasus yang berjudul Pegawai Kantor Bursa dan Dokumen Angkatan Laut.

Bab terakhir buku ini ditutup dengan cukup epik lewat kisah Sherlock Holmes yang berupaya untuk menaklukkan musuh bebuyutannya yang bernama Prof. Moriarty.

5. The Hound of the Baskervilles – Anjing Dari Baskervilles (Novel) 1901-1902

The Hound of the Baskervilles – Anjing Dari Baskervilles

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebuah generasi keluarga Baskerville di Devonshire sedang mengalami kutukan yang misterius. Satu persatu pewaris dari keluarga tersebut meninggal secara tragis.

Peristiwa mengerikan itu berawal dari kejadian ratusan tahun lalu saat sang buyut terbukti melakukan perbuatan keji. Akibatnya, keturunan-keturunannya harus menanggung kutukan yang berwujud seekor anjing setan.

Sementara itu, Sir Henry Baskerville adalah pewaris terakhir dari keluarganya. Ia pun menjadi sasaran terbaru dari kutukan tersebut. Holmes bersama Watson kemudian mendapati pekerjaan untuk dapat memecahkan misteri tersebut.

Holmes ingin membuktikan jika kasusnya ini bukanlah pembunuhan bersifat supranatural, melainkan sebuah tindakan kejahatan yang dilakukan oleh manusia.

Ia kemudian mengirim Dr. Watson untuk menemani Sir Henry Baskerville pergi menuju Devonshire. Di sana, mereka menginap di sebuah kompleks rumah milik keluarga dari Baskerville.

Pada malam hari, mereka berada di rawa-rawa yang berkabut tempat sang anjing setan itu berada dan berusaha untuk melepas kutukan terkutuk tersebut.

6. The Return of Sherlock Holmes – Kembalinya Sherlock Holmes (Antologi Cerpen) 1905

The Return of Sherlock Holmes - Kembalinya Sherlock Holmes

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

13 cerita pendek tentang petualangan Holmes dan Watson menghiasi isi buku yang satu ini. Dalam The Return of Sherlock Holmes, dikisahkan bahwa sang detektif dikabarkan tewas dalam pertarungan dengan Prof. Moriarty di air terjun Reichenbach.

Dr. Watson serta rekan kerja lainnya merasa amat kehilangan sosoknya. Di sisi lain, Watson masih berkeinginan untuk tetap bekerja sebagai detektif. Ia lalu berniat memecahkan sebuah kasus yang menimpa Ronald Adair. Sang korban tewas dengan cara di tembak di kepalanya.

Pekerjaannya dalam menyelesaikan kasus Ronald Adair ternyata membawa dirinya kepada situasi yang tak terduga. Secara mengejutkan, Holmes masih hidup dan datang kepadanya. Mereka kemudian kembali melakukan petualangan untuk memecahkan setiap kasus yang menantang.

7. The Valley of Fear – Lembah Ketakutan (Novel) 1914-1915

The Valley of Fear - Lembah Ketakutan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di suatu pagi, Holmes menerima pesan bersandi yang menginformasikan ancaman pembunuhan terhadap John Douglas di kediamannya Manor House. Tidak lama berselang, Inspektur MacDonal dari Scotland Yard datang dan memberitahukan bahwa John Douglas telah terbunuh di rumahnya.

Ia bersama Watson kemudian pergi ke lokasi kejadian untuk menyelidiki lebih lanjut kasus pembunuhan tersebut. Holmes bersama sahabat karibnya menemukan sebuah petunjuk aneh. Korban ditembak dengan jarak dekat oleh senapan dan sebuah kartu bertuliskan V.V. 341 tergeletak bersama korban.

Selain itu, cincin kawin yang melingkar di tangan John Douglas beserta sebuah barbel tiba-tiba hilang di tempat kejadian. Walaupun masih belum menemukan titik terang, Holmes menduga jika Moriarty terlibat dalam kasus ini.

8. His Last Bow – Salam Terakhir Sherlock Holmes (Cerpen) 1917

His Last Bow - Salam Terakhir Sherlock Holmes

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, kini Holmes berhenti menjadi seorang detektif. Ia kemudian tinggal di sebuah pedesaan yang berada di South Downs.

Sebuah kasus yang sangat penting membuat seorang perdana menteri harus turun tangan langsung menemui Holmes. Ia meminta bantuannya untuk menemukan seorang penyusup yang dapat mengancam kedamaian kehidupan negara Inggris.

Sang penyusup diketahui berasal dari Jerman yang diam-diam mencuri berbagai data keamanan Inggris. Dikarenakan kasusnya sangat penting, akhirnya Holmes kembali beraksi menjadi seorang detektif.

Ia pun tak lupa menemui sahabat terbaiknya Dr. Watson untuk membantunya menyelesaikan kasusnya. Dengan usia keduanya yang sudah berumur, mampukah mereka menangkap tersangkanya?

9. The Case Book of Sherlock Holmes – Buku Kasus Sherlock Holmes (Antologi Cerpen) 1921

The Case Book of Sherlock Holmes - Buku Kasus Sherlock Holmes

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

The Case Book of Sherlock Holmes menyajikan 12 cerpen yang seru untuk dibaca tentang kehebatan Holmes dan Watson dalam mengungkap sebuah kasus kejahatan.

Pada awal bab, Holmes dan kawannya tersebut tengah menangani kasus pencurian batu berlian Mazarin. Untuk membongkar identitas pelaku, keduanya menyamar sebagai pengangguran dan menempatkan diri mereka ke dalam situasi berbahaya.

Bab kedua dalam buku ini mempunyai judul Kasus Jembatan Thor. Ceritanya dituturkan lebih seru karena melibatkan kasus pembunuhan yang menimpa seorang guru les anak-anak.

Konflik yang tak terduga membuat kisah ini mempunyai plot twist yang menarik. Setelah Holmes benar-benar pensiun, ia lalu menuliskan kisahnya di buku ini dengan ceritanya yang berjudul Prajurit Berwajah Pucat dan Surai Singa.

Nah, itulah urutan cerita petualangan dari Sherlock Holmes mulai dari cerpen hingga novelnya. Jika ingin mengikuti kisahnya secara bertahap, kamu bisa membacanya sesuai daftar di atas. Untuk menghargai penulisnya, hanya bacalah buku-buku yang original ya. Dapatkan referensi novel-novel lainnya hanya di Bacaterus.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *