Bacaterus / Film Anime / Kocak dan Seru! Yuk, Tonton Anime Gintama Sesuai Urutan

Kocak dan Seru! Yuk, Tonton Anime Gintama Sesuai Urutan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di luar judul-judul besar seperti Dragon Ball, One Piece atau Naruto juga Bleach, Shueisha Shonen Magazine memang melahirkan banyak serial seru. Dan, tidak semuanya seserius itu dengan menghadirkan tema kisah kepahlawanan from zero to hero yang penuh petualangan dan aksi. Unsur komedi juga kerap kali disuguhkan, dan Gintama adalah salah satu serial yang yang akan mengocok perut kamu.

Anime ini lahir dari manga yang ditulis dan digambar oleh Hideaki Sorachi. Kisahnya adalah tentang Jepang tepatnya di Edo (Tokyo sekarang) yang kemudian takluk dibawah kekuasaan alien bernama Amanto sehingga merubah tatanan hidup Jepang masa itu. Sementara, kita akan dibawa mengikuti kisah seorang samurai freelance bernama Gintoki Sakata dalam petualangan yang…ya, jenaka tapi tidak ketinggalan momen serunya.

Dan sekarang, kita akan membahas bagaimana cara mengikuti serial anime Gintama, sesuai dengan urutannya.

1. Gintama

Gintama

* sumber: roxmanga.wordpress.com

Studio yang menangani serial anime dari Gintama adalah Sunrise, studio animasi yang terkenal melahirkan serial mecha Gundam dan robot-robot kenamaan lainnya. Anime ini berjalan sejak 4 April 2006, dan terdiri dari 4 season. Ada yang unik dari serial ini karena baik situs-situs dan forum-forum anime menyarankan agar penonton sebaiknya melewati episode 1 dan 2.

Mengapa episode 1 dan 2 boleh dilewati begitu saja? Karena ternyata, 2 episode awal tersebut hanyalah semacam sebuah perayaan bahwa akhirnya, Gintama bisa mendapat sebuah serial anime. Salah satu alasan kenapa kedua episode tersebut tidak begitu penting adalah, karena ciri khas Gintama adalah komedinya dan dua episode tersebut tidak lucu. Iya, jadi dilewati pun tidak masalah.

Gintama berjalan sepanjang 4 season dan terdiri dari 201 episode. Serial ini ‘berakhir’ pada 25 Maret 2010 dan sebelum lanjut ke seri berikutnya, sebaiknya kamu menyaksikan Gintama: The Movie terlebih dahulu.

2. Gintama: The Movie

Gintama The Movie

* sumber: akarotakdot.wordpress.com

Di Jepang dan para penggemar anime mengenal Gintama: The Movie dengan judul Gintama: Shinyaku Benizakura-Hen atau cukup Benizakura-Hen saja. Dalam Bahasa Inggris, film animasi ini disebut dengan Benizakura Arc. Film Benizakura-Hen telah tayang pada 24 April tahun 2010 silam, dan merupakan film dengan durasi sepanjang 96 menit.

Cerita dari Benizakura-Hen adalah mengisahkan tentang Kotaro Katsura, kawan Gintoki saat perang Joi yang pada suatu malam diserang oleh sekelompok ronin. Elizabeth, rekan dari Kotaro kemudian meminta bantuan agensi tempat Gintoki bekerja untuk menemukan pria tersebut.

Sementara Gintoki sendiri mendapat tugas dari seorang penempa senjata untuk menemukan Beizakura, pedang terkutuk yang dicuri dan digunakan untuk melakukan aksi pembunuhan.

3. Gintama’

Gintama 2

* sumber: www.justwatch.com

Pada 4 April 2011, seri dari Gintama dilanjutkan dengan menghadirkan judul: Gintama’. Untuk proyek lanjutan dari serial ini, Sunrise kembali menurunkan staff yang sukses menggarap Gintama di empat season awalnya, terkecuali nahkoda serial yang beralih ke tangan sutradara Yoichi Fujita yang menjadi supervisor serial-serial dan film selanjutnya. Kali ini, Gintama hadir dalam 50 episode dan melanjutkan episode sebelumnya, yaitu mulai dari episode 202 hingga 252.

Kali ini, Gintama memulai serinya dengan sebuah keanehan yang dialami oleh karakter Sinpachi Simura, kawan Gintoki yang merupakan salah satu tokoh sentral kisah Gintama. Serial animasi ini memang penuh dengan ke-random-an, jadi janga heran jika permasalahan transgender menjadi salah satu suguhan di episode awal, kemudian dilanjut dengan invasi dari makhluk alien parasit.

4. Gintama: Enchōsen

Gintama Enchōsen

* sumber: www.anime-planet.com

Setelah seri Gintama’ berakhir dalam 50 episode, pada 26 Maret 2012 serial ini kembali mengudara pada 4 Oktober 2012 dengan judul Gintama: Enchōsen. Digarap oleh sutradara dan staf seri sebelumnya, serial animasi Jepang ini melanjutkan kisah dalam Gintama’ dan hanya terdiri dari 13 episode saja. Ceritanya sendiri berawal dari kepergian Gintoki pada seri sebelumnya.

Dengan perginya Gintoki, Yorozuya, yaitu agensi milik sang tokoh utama yang melayani jasa apapun membutuhkan seorang pemimpin. Sinpachi dan Kagura selaku partner Gintoki yang merajuk karena Gin meninggalkan mereka, berniat menunjuk seorang pemimpin baru untuk menggantikan si samurai eksentrik tersebut. Keduanya meminta bantuan Hiraga Gengai dan sang mekanik pun melahirkan Kintoki Sakata, kembaran Gin.

5. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare

Gintama Movie 2 Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare

Dalam Bahasa Inggris, film ini berjudul Gintama: The Movie: The Final Chapter: Be Forever Yorozuya. Kocaknya, film ini seolah-olah dibuat untuk menjadi akhir dari petualangan Gintoki dan kawan-kawan. Sutradara dari seri sebelumnya yaitu Yoichi Fujita dipercaya untuk menangani film animasi ini sementara ceritanya ditulis oleh sang creator, Hideaki Soachi.

Kisah The Final Chapter: Be Forever Yorozuya diawali dengan Gintoki yang bekerja di sebuah bioskop. Ia kemudian berhasil menangkap seorang pembajak film. Di Jepang, pembajak film disimbolkan dengan karakter manusia berkepala kamera.

Namun lensa kamera sang pembajak tersebut malah membuat Gintoki ditransfer ke dunia lain, hingga ia pun tiba di masa post-apocalyptic Edo. Dalam dunia tersebut, sebuah wabah yang disebut White Plague mengancam hidup manusia.

Baca juga: 10 Film Anime Paling Lucu

6. Gintama◦

Gintama 3

Setelah pada film Kanketsu-Hen seri ini dibuat seolah-olah telah mencapai pada konklusinya, pada 8 April 2015, petualangan Gintoki Sakata, Shinpaci Simura dan Kagura kembali berlanjut. Namun memang, serial ini sempat mengalami hiatus sejak tahun 2013. Seri lanjutan Gintama ini diawali dengan permohonan maaf dari Gintoki karena membuat orang berpikir bahwa Kanketsu-Hen adalah akhir dari serial ini.

Petualangan Gintama, Shinpaci dan Kagura kali ini, diawali dengan orang-orang di kota mereka yang diam tak bergerak. Ketiganya kemudian mengetahui bahwa penyebabnya adalah sebuah perangkat milik alien yang rusak oleh tangan Gin. Namun apa yang berusaha mereka lakukan tersebut selalu saja menyebabkan salah satu kawan mereka tewas. Lantas, tiba-tiba saja Picollo dari serial Dragon Ball datang…

7. Gintama.

Gintama 4

Dalam seri yang ke lima ini, Gintama memasuki kisah utama yang disebut dengan Battle on Rakuyou. Merupakan kelanjutan dari cerita sebelumnya, dalam Gintama. kita akan memahami lebih jauh kemunculan Utsuro, tokoh antagonis di seri sebelumnya, juga keberadaan Tendoshu, kelompok Amanto yang menjadi pemerintah atas dunia Gintama, bahkan Bumi dalam serial ini.

Seminggu setelah Shinsengumi meninggalkan Edo, Yorozuya dan Joushishi pun bersembunyi. Namun sebuah permintaan dari Imai Nobume, kedua kelompok tersebut bekerjasama dengan Kiheitai, lantas Sakamoto dan Kiaentai-nya, untuk menyelamatkan Kamui dan Takatsugi dari cengkeraman Utsuro dan kelompok Harusame.

Sementara Utsuro sendiri mengawasi Umibouzu yang mengincar Kamui. Kelompok-kelompok ini kemudian bertarung demi menyelamatkan diri mereka di dunia asal Yato, yaitu Rakuyou.

8. Porori-Hen

Porori-Hen

Sebenarnya, Porori-Hen adalah seri filler dari Gintama. Dalam anime, kita memang mengenal filler, yaitu episode yang sengaja dibuat dan berisikan konten yang sebenarnya tidak ada dalam karya asli sang penulis cerita. Jadi, episode-episode ini sengaja dibuat agar sang kreator atau Mangaka mampu membuat lebih banyak konten.

Ada yang menilai bahwa Porori-Hen sebenarnya adalah season ‘paling buruk’ dari semua seri Gintama karena hanya berisi filler. Tapi, kelebihan dari serial ini adalah meskipun hanya filler, para fans mengatakan bahwa Porori-Hen tetap layak untuk disaksikan karena satu alasan. Apalagi kalau bukan sajian komedinya yang sangat menghibur dan dalam season kali ini, kejenakaan Gin dan kawan-kawan tetap terjaga dengan baik

9. Shirogane no Tamashii-Hen

Shirogane no Tamashii-Hen

Shirogane no Tamashii-Hen merupakan seri dari Gintama yang tayang perdana pada 7 Januari 2018. Kali ini dikisahkan bagaimana Utsuro berusaha untuk menghancurkan Bumi. Hal ini bukan hanya membuat trio Gintoki Sakata, Shinpaci Simura dan Kagura saja yang menghadapinya, tapi juga semua kawan-kawan mereka. Mulai dari 4 Devas of the Kabuki District, hingga penduduk biasa, semuanya berusaha menyelamatkan Edo dari kehancuran.

Bagi fans, seri kali ini terasa bagai sebuah ‘fan service’ karena seluruh karakternya –terkecuali para antagonis tentu saja- bekerjasama. Apalagi karakter-karakter tersebut menunjukan sisi mereka yang tidak ditampakan sebelumnya. Gintama menjadi serius? Tidak juga. Karena tetap saja serial ini menyuguhkan humor-humor segar bahkan di saat-saat genting sekalipun.

Gintama merupakan sebuah serial yang tidak jarang menghadirkan cameo dari karakter Shonen Magazine lainnya, bahkan waralaba lain sehingga membuatnya sangat menghibur dan pastinya, bikin ngakak. Itulah mengapa, para fans anime menyukai serial ini.

Itulah cara menyaksikan serial anime Gintama sesuai dengan urutannya. Manganya sendiri –akhirnya- telah berakhir pada bulan Juni 2019 yang lalu setelah melalui proses penuh ‘intrik’ yang membuat fans gemas rasanya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *