Bacaterus / Film Anime / Inilah Cara Nonton Monogatari Series Sesuai Urutannya

Inilah Cara Nonton Monogatari Series Sesuai Urutannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Monogatari merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari sebuah light novel karya penulis Nisio Isin dan illustrator Vofan. Serial pertama dari seri ini bertitel Bakemonogatari yang mencuri perhatian para penggemar anime. Dan tentu saja, banyak yang penasaran dengan serial yang satu ini dan akhirnya ingin mengikutinya.

Tapi kemudian, beberapa orang mungkin akan merasa bingung karena serial ini terdiri dari beberapa bagian dengan judul yang berbeda-beda. Hingga mungkin, sebagai fans baru, kamu bingung. Dari mana harusnya memulai untuk menyaksikan serial ini.

Sebenarnya gampang saja, ikuti sesuai tanggal rilisnya. Tapi bagi mereka yang sudah sangat familiar dengan Monogatari, mungkin memiliki metoda nonton yang beda agar lebih seru.

Sekarang, kita akan menyimak daftar nonton Monogatari series seusai urutan agar tidak terlalu membingungkan, terutama buat kamu yang baru ingin mengikutinya. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bakemonogatari

Bakemonogatari

Ya, cara yang paling tepat untuk mulai mengikuti serial ini adalah dengan menonton Bakemonogatari atau serial perdananya dulu. Serial pertama dari seri Monogatari ini tayang perdana pada tanggal 3 Juni 2009 di Jepang. Dan tentu saja, dikerjakan oleh studio Shaft yang memang bertanggung jawab menangani Monogatari Series.

Disini kita akan melihat asal muasal cerita Monogatari. Dimana dikisahkan,  seorang murid SMA bernama Koyomi Araragi terkena gigitan Vampire. Namun, ia berhasil menyembuhkan diri berkat seorang pria bernama Meme Oshino.

Tapi kemudian Koyomi bertemu dengan para gadis yang dapat melihat berbagai penampakan supernatural. Koyomi sendiri masih memiliki beberapa kemampuan vampire yang ‘mengendap’ dalam dirinya.

2. Kizumonogatari Movie Trilogy

Kizumonogatari Movie Trilogy

Kizumonogatari merupakan prekuel dari kisah Monogatari series, terutama menceritakan kisah yang terjadi sebelum Bakemonogatari. Kizumonogatari banyak menceritakan kisah-kisah awal Koyomi, bagaimana ia bertemu dengan seorang vampire dan menyelamatkan wanita penghisap darah yang dikenal dengan sebutan Kiss-shot.

Kizumonogatari terbagi menjadi tiga arc. Yang pertama adalah Tekketsu yang menceritakan pertemuan Koyomi dengan Kiss-shot. Arc kedua memiliki titel Nekketsu, mengisahkan kehidupan Koyomi setelah menjadi vampire. Dan yang ketiga adalah Reiketsu, dimana Koyomi telah sembuh dari gigitan vampire dan harus berhadapan dengan Kiss-shot.

 3. Nisemonogatari

Nisemonogatari

Para penggemar menganggap bahwa kisah yang disuguhkan oleh Nisio Isin selaku kreator dari Monogatari Series dalam Nisemonogatari merupakan fan fiction meski Nisio sendiri menampiknya. Fokus utama dalam serial ini adalah gadis-gadis yang ada disekitar Koyomi.

Nisemonogatari sendiri menghadirkan setting satu bulan setelah persitiwa di Bakemonogatari, tepatnya saat libur musim panas. Kemudian ada dua wanita misterius yang mengetahui banyak tentang Koyomi dan para teman wanitanya tersebut.

4. Nekomonogatari: Kuro (Nekomonogatari Black)

Nekomonogatari: Kuro (Nekomonogatari Black)

Ada yang unik dari Nekomonogatari: Kuro atau dalam Bahasa Inggris, Nekomonogatari Black. Karena, kisah ini merupakan prekuel dari Bakemonogatari, sekaligus sekuel Kizumonogatari. Singkatnya, persitiwa dalam serial ini, terjadi setelah persitiwa dalam trilogi Kizumonogatari, atau sebelum Bakemonogatari. Serial ini merupakan penutup season pertama dari seri Monogatari.

Setelah selamat dari serangan vampire, Koyomi kemudian menyadari ada sesuatu yang aneh dari Tsubasa Hanekawa, gadis yang menjadi penyelamatnya. Ketika bertemu di sebuah toko buku, Tsubasa memakai perban di wajahnya. Sehingga, Koyomi bermaksud membantunya. Cerita seri Monogatari kali ini berpusat pada cerita Tsubasa Cat yang terjadi dalam Bakemonogatari.

5. Nekomonogatari: Shiro (Nekomonogatari White)

Nekomonogatari: Shiro (Nekomonogatari White)

Nekomonogatari: Shiro menandakan season kedua dari seri Monogatari. Kisahnya sendiri menyerupai seri sebelumnya yaitu Nekomonogatari Kuro. Kali ini, Tsubasa mengalami masalah dengan makhluk berbentuk singa putih.

Jika sebelumnya kita selalu melihat seri Monogatari dari prespektif Koyomi, kali ini kita akan dibawa untuk lebih banyak melihat kehidupan Tsubasa Hanekawa termasuk hubungan gadis penyelamat Koyomi tersebut dengan keluarganya.

6. Kabukimonogatari

Kabukimonogatari

Judul selanjutnya dari seri Monogatari adalah Kabukimonogatari. Setelah sebelumnya kisah berpusat pada Tsubasa, dalam seri kali ini, kita akan dibawa dalam sebuah petualangan Koyomi dalam menjelajah waktu. Bersama Oshino Sinobu, Koyomi kembali ke masa 11 tahun yang lalu dengan memanfaatkan partikel roh yang ada di sebuah kuil dari Nadeko Snake.

Dalam petualangan mereka, Koyomi dan Oshino menyelamatkan Hachikuji Mayomi dari sebuah kecelakaan yang menimpanya. Namun, saat keduanya kembali ke masa kini mereka menyadari bahwa dunia telah berubah. Hingga akhirnya Koyomi dan Oshino harus mencari jalan untuk mengembalikan semuanya seperti semula.

7. Otorimonogatari

Otorimonogatari

Kali ini, Koyomi harus berhadapan dengan penampakan seekor ular yang bernama Kuchinawa. Ular ini kemudian menguasai Nadeko Sengoku, rekan dari Koyomi. Kita akan dibawa mengikuti kisah bagaimana bisa Nadeko dikuasai oleh Kuchiniwa.

Sementara Nadeko sendiri adalah gadis yang menyukai Koyomi sejak lama. Mungkin para penggemar Monogatari akan selalu menunggu sosok Tsubasa Hanekawa. Dan dalam serial ini, kita musti menunggu kehadirannya dengan sabar.

8. Onimonogatari

Onimonogatari

Kisah Onimonogatari dimulai setelah persitiwa dalam Kabukimonogatari. Bersama dengan Mayoi, Koyomi diburu oleh sebuah entitas kegelapan. Meskipun keduanya tidak dapat melihat entitas tersebut, namun mereka dapat merasakannya.

Dengan bantuan Yotsuki Ononoki, keduanya dapat lolos. Meski begitu, mereka masih harus berhadapan dengan entitas terebut dan meminta pertolongan Izuko Gaen. Hingga mereka mengetahui bahwa entitas kegelapan tersebut berusaha menghancurkan penampakan-penampakan, namun tidak berperilaku sewajarnya.

9. Koimonogatari

Koimonogatari

Koimonogatari melanjutkan kisah Otorimonogatari dimana Nadeko Sengoku telah berubah menjadi seorang dewa ular. Ia juga masih berusaha untuk membunuh Koyomi. Cerita pun diawali dengan Deishuu Kaiki, seorang pria yang pertama kali muncul dalam kisah Nisemonogatari, salah satu lawan Koyomi dan kawan-kawan.

Hitagi Senjougahara meminta pertolongan Deishuu sebagai seorang penipu ulung untuk menolong mereka dari ancaman Nadeko. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya Deishuu pun setuju untuk mengabulkan permintaan Hitagi, demi Suruga Kanbaru, teman Hitagi.

10. Hanamonogatari

Hanamonogatari

Kisah dari Hanamonogatari dimulai kektika Koyomi dan Hitagi telah lulus dari Naoetsu Private High School. Dalam lanjutan seri Monogatari kali ini, kita akan dibawa mengikuti cerita setahun setelah persitiwa dalam Kizumonogatari dengan tokoh utama Suruga Kanbaru si gadis basket.

Di sekolah tersebar rumor tentang keberadaan ‘iblis’ yang dapat memecahkan masalah orang-orang. Suruga kemudian memutuskan untuk menyelidiki hal tersebut, dan mendapati bahwa yang disebut dengan iblis tersebut adalah gadis bernama Rouka Numachi.

11. Tsukimonogatari

Tsukimonogatari

Koyomi tengah belajar dengan getol demi menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Namun kemudian, ia menyadari ada sesuatu yang terjadi dengan dirinya. Yaitu, bayangannya tidak lagi tampil dalam cermin, yang menandakan karakteristik seorang vampire.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, ia meminta bantuan Yotsugi Ononoki dan Yozuru Kagenui. Tsukimonogatari adalah serial yang menandai season 3 dari seri Monogatari.

12. Owarimonogatari

Owarimonogatari

Kali ini Koyomi dipertemukan dengan seorang gadis murid pindahan bernama Ougi Oshino. Ketika melihat layout sekolah mereka, Ougi kemudian mengetahui bahwa sebuah kelas tiba-tiba saja muncul di tempat yang kosong, atau dalam kata lain, harusnya kelas tersebut tidak ada.

Bersama dengan Ougi, Koyomi berusaha memecahkan misteri tersebut. Namun saat ia terkunci dalam ruangan itu bersama Ougi, ia menyadari bahwa ruangan kelas tersebut menyimpan sebuah memori dari persitiwa yang telah lama ia lupakan.

13. Koyomimonogatari

Koyomimonogatari

Sesuai dengan judulnya yang menyertakan nama Koyomi, cerita dari Koyomimonogatari merupakan kumpulan cerita pendek dari petualangan sang karakter utama. Ada 12 kisah yang dihadirkan dalam serial ini, mulai dari liburan musim seminya yang tak terlupakan, hingga ujian masuk perguruan tinggi.

Semuanya mengisahkan saat bagaimana ia membantu gadis-gadis yang ia kenal untuk menyingkap misteri yang terjadi. Tapi itulah Koyomi, yang selalu mau membantu teman-temannya baik yang berasal dari dunia nyata, maupun alam mistis.

14. Zoku Owarimonogatari

Zoku Owarimonogatari

Zoku Owarimonogatari merupakan kisah terakhir dari seri Monogatari. Setelah kelulusannya, Koyomi terbangun dan menyadari bahwa ada yang aneh dengan dirinya. Ia bertemu dengan orang-orang yang ia kenal, namun juga ada yang berbeda dari mereka.

Bersama dengan kekasihnya, yaitu Hitagi Shenjogahara, ia pun mengupas lapisan misteri yang mengelilingi sebuah penampakan dan dirinya menemukan sebuah kebenaran yang seharusnya tidak terungkap.

Itulah urutan terbaik untuk menyaksikan seri anime Monogatari. Bagi kamu yang familiar dengan serial ini, mungkin kamu juga memiliki urutan favorit kamu sendiri untuk menyaksikannya. Penggemar Monogatari Series? Silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar di bawah ini ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *