Bacaterus / Film Marvel / Urutan Menonton Film Thor & MCU Lainnya Supaya Tidak Bingung

Urutan Menonton Film Thor & MCU Lainnya Supaya Tidak Bingung

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Thor adalah film superhero Amerika yang dirilis tahun 2011 berdasarkan karakter Marvel Comics dengan nama yang sama. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Paramount Pictures, Thor adalah film keempat di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Semua filmnya dibintangi oleh Chris Hemsworth sebagai karakter utama, bersama tokoh lainnya yaitu Natalie Portman sebagai Jane Foster (love interest-nya Thor), Tom Hiddleston sebagai Loki (adik tiri Thor).

Film pertamanya menceritakan tentang Thor yang diusir ke Bumi dari Asgard, tempat tinggal para dewa, karena dianggap membuat perang. Kekuatannya sebagai dewa petir dilucuti, begitu pula dengan palu Mjolnir-nya. Ketika saudara lelakinya, Loki, merencanakan untuk mengambil takhta Asgardian, Thor harus membuktikan bahwa dirinya layak.

Akan tetapi, cerita Thor tidak sampai di situ saja. Anda pasti tahu kalau karakter MCU semuanya berhubungan. Selalu ada kejadian yang berkaitan dengan dunia di MCU, seperti film Avenger, film End Game dan masih banyak lagi. Inilah urutan film Thor dan film-film MCU lainnya yang ada Thor-nya yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda.

1. Thor (2011)

Sebelumnya, Anda semua tahu kalau film Marvel selalu ada after-credit (adegan setelah kredit selesai ditayangkan), kan? Begitu pula dengan film Iron Man 2. Setelah film itu selesai, Agen Coulson dari S.H.I.E.L.D menemukan palu Thor yang terpisah dari Thor, tentu saja. Ini menyambung dengan cerita Thor yang pertama.

Film Thor yang ke-1 dirilis sembilan tahun silam, yaitu pada tahun 2011. Seperti yang sedikit dibahas di awal, cerita pertama Thor adalah ketika dia diusir dari tempat tinggalnya, adik tirinya yang usil, kejam dan licik ingin merebut posisinya sebagai pewaris takhta, serta dirinya yang terpisah dengan palunya.

Tebak Thor diasingkan ke mana? Tentu saja ke bumi, dimana manusia berada. Bagi para dewa, manusia adalah makhluk fana yang hidupnya singkat dan tidak punya kekuatan apa-apa. Jadi, kekuatan Thor juga diambil oleh ayahnya, Odin—Raja Asgard, ketika diasingkan.

Thor mendarat di New Mexico, tempat astrofisikawan Dr. Jane Foster menemukannya. Tapi, Thor terpisah dengan palunya. Sementara itu, warga lokal menemukan Mjolnir, palu Thor. Tapi, palu itu tidak bisa diambil bahkan digerakkan, karena telah dikutuk oleh Odin, hanya yang pantas saja yang bisa mengangkatnya. Palu Thor pun dijaga oleh S.H.I.E.L.D.

Agen Phil Coulson, selaku komandan S.H.I.E.L.D. mengambil semua data dan barang-barang milik Jane Foster secara paksa untuk mencari tahu tentang wormhole (lubang cacing) yang mengirim benda asing (Thor dan palunya) ke Bumi. Thor menemukan lokasi dimana Mjolnir-nya berada.

Ketika dia berupaya mengambilnya dari fasilitas yang S.H.I.E.L.D. bangun, ternyata dia tidak dapat mengangkatnya. Thor pun ketahuan dan ditangkap. Dengan bantuan Professor Erik Selvig (rekan kerja Jane), Thor pun dibebaskan.

Seiring film berlangsung, Thor pun mengembangkan hubungan asmara dengan Foster. Tapi, masalah intinya bukan kisah cinta Thor, melainkan takhta Asgard yang diambil alih secara paksa oleh Loki dan juga rencana Loki untuk memperbudak manusia bumi.

2. Thor: The Dark World (2013)

Setelah Iron Man 3, episode MCU bersambung pada Thor: The Dark World. FIlm ini menceritakan petualangan antara Thor dan Loki setelah pertempuran di New York. Film yang dirilis tahun 2013 ini menceritakan kisah jauh sebelum Thor lahir.

Bor, ayah Odin, bentrok dengan Dark Elf Malekith karena peri jahat ini ingin melepaskan senjata yang dikenal sebagai Aether di Nine Realms (9 dunia termasuk bumi). Setelah menaklukkan pasukan Malekith, Bor menyembunyikan Aether .

Kembali ke masa sekarang. Di Asgard, Loki dipenjara karena kejahatannya di Bumi. Sementara itu, Thor bersama prajurit Asgard bertempur di banyak tempat untuk mengembalikan keamanan dan kelangsungan hidup Sembilan Alam. Thor dan Jane putus, karena Thor sibuk berperang di dunianya, sedangkan Jane memiliki kehidupan sendiri di bumi.

Tapi, sampai saat itu Thor masih memerhatikan Jane via Heimdall, pelindung Bifröst (jembatan penghubung 9 Alam) di Asgard. Heimdall itu buta, tapi dia bisa melihat dan mendengar apa yang tidak bisa dilakukan makhluk dewa manapun juga.

Heimdall memberi tahu Thor bahwa Jane telah bergerak melampaui visinya, alias Jane sudah tidak terdeteksi lagi di dunia manusia, yang membawa Thor turun ke Bumi. Ketika Thor menemukan Jane, akhirnya Thor tahu kalau ada yang tidak beres dengan tubuh kekasihnya.

Thor pun membawa Jane ke Asgard, yang menjadikan Jane satu-satunya makhluk fana yang pernah ke sana. Odin, yang mengenali Aether, memperingatkan bahwa Aether tidak hanya akan membunuh Jane tetapi sekaligus memberikan pertanda kalau bencana akan segera datang.

3. Thor: Ragnarok (2017)

Thor: Ragnarok masih hangat diperbincangkan, nih. Menurut review, series yang ke-3 ini merupakan film Thor terbaik diantara yang lainnya (berikut diantara film-film Marvel lainnya juga, loh). Sebelum film ini, supaya Anda mengerti MCU secara rinci, tonton dulu Avengers: Age of Ultron. Lalu tonton Ant-Man, yang memiliki adegan paska-kredit yang mengarah langsung ke Captain America: Civil War.

Setelah itu, tontonlah Black Panther, yang secara kronologis berlanjut pada Doctor Strange, yang memiliki adegan after-credit yang mengarah langsung ke Thor: Ragnarok. Pusing, ya? Tapi, kalau Anda mau mengerti seluruh jalan cerita MCU, ya lebih baik menontonnya secara berurutan.

Dua tahun setelah pertempuran Sokovia, Thor dipenjara oleh iblis api bernama Surtur. Darinya, Thor mengetahui bahwa Odin tidak lagi berada di Asgard. Surtur mengatakan kalau Asgard akan segera hancur, ramalan ini sudah ada sejak dulu dan namanya adalah Ragnarök.

Akan tetapi, Thor berhasil membebaskan diri, mengalahkan Surtur dan mengambil mahkotanya, percaya bahwa dia telah mencegah Ragnarök.

Thor kembali ke Asgard dan dikejutkan dengan keberadaan Heimdall yang entah di mana, serta Loki yang menyamar sebagai Odin. Setelah mengekspos Loki, Thor memaksanya untuk membantu menemukan ayah mereka. Di sini ada sedikit adegan dengan Dr. Strange. Dengan bantuannya, Thor dan Loki menemukan ayah mereka di Norwegia.

Odin menjelaskan bahwa dia sedang sekarat dan Ragnarok akan tetap terjadi, meskipun Thor berusaha untuk mencegahnya. Dia kemudian mengungkapkan kematiannya akan memungkinkan anak sulungnya, Hela, untuk melarikan diri dari penjara neraka.

Thor dan Loki terkejut, karena selama ini orang tua mereka tidak pernah membicarakan tentang kakak mereka, jadi mereka juga baru tahu kalau ada anak lagi di atas Thor.

Zaman dulu, jauh sebelum Thor dan Loki ada, Hela adalah pemimpin pasukan Asgard. Hela telah menaklukkan Sembilan Alam bersama dengan ayahnya, Odin. Tapi, Odin berubah pikiran. Dia tidak ingin lagi menguasai alam-alam yang lainnya, tapi menginginkan kedamaian. Hela yang masih ambisius ingin menguasai alam yang lainnya pun dipenjarakan Odin.

Setelah menceritakan ini, tak lama kemudian, Odin meninggal. Lalu, tak lama juga, tiba-tiba Hela muncul karena mantra Odin telah pudar. Dia berkelahi dengan Thor dan Loki, menghancurkan palu Thor dan berhasil masuk ke Asgard melalui Jembatan Bifröst. Sedangkan Thor dan Loki tersesat karena dibuang dari jalur jembatan oleh Hela.

Thor terdampar di suatu planet bernama Sakaar. Seorang pedagang budak manusia bernama Scrapper 142 mengalahkannya, lalu membawa Thor ke penguasa Sakaar, Grandmaster. Di sana, Thor dipaksa untuk mengikuti kompetisi Grandmaster’s Contest of Champions, menghadapi seorang “Champion” yang ternyata adalah teman lamanya di bumi, Hulk.

4. Thor: Love and Thunder (2021)

Kalau yang satu ini masih coming soon, tapi sudah dikonfirmasi. Film ke-4 Thor akan berjudul Thor: Love and Thunder. Kabarnya, film ini akan tayang tahun 2021 mendatang. Di sini, Natalie Portman akan kembali sebagai Jane Foster.

Dan, dia tidak kembali hanya untuk menjadi love interest-nya Thor, tapi dia memiliki peran yang lebih keren lagi, yaitu menjadi Goddess of Thunder (Dewi Guntur). Ya, Jane mengambil peran Thor film ke-4 ini. Lalu, akan jadi apa Thor? Kita tunggu saja dan percaya pada hasil karya sutradara Taika Waititi yang juga menjadi sutradara Ragnarok.

Nah, itulah tadi kalau Anda mau nonton film Thor sesuai dengan urutan alur ceritanya. Bahkan, ada alur terbaru dari cerita Thor dan kita tunggu saja kelanjutannya. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *