Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / Urutan Film Terminator yang Perlu Diketahui Sebelum Nonton

Urutan Film Terminator yang Perlu Diketahui Sebelum Nonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Terminator pertama kali tayang pada tahun 1984 dan kini telah menjadi sebuah franchise film yang begitu populer. Film ini dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger yang memerankan robot Terminator. Lewat perannya tersebut, ia berhasil membawa Terminator menjadi film ikonik yang selalu dikenang dari masa ke masa.

Menurut situs IGN, Terminator berada di posisi ke-17 dari 25 daftar waralaba film terbaik yang pernah diproduksi. Sedangkan untuk Rotten Tomatoes, film ini menempati urutan keenam sebagai franchise berperingkat tertinggi di belakang Toy Story, The Dollars Trilogy, trilogi The Lord of the Rings, the Mad Max franchise, dan trilogi Star Wars original.

Hingga saat ini, Terminator sudah mempunyai enam film layar lebar dan satu serial televisi. Nah, jika kalian belum sempat menonton film bergenre science fiction ini, Bacaterus akan mengulas keenam film layar lebarnya tersebut. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. The Terminator

The Terminator

* sumber: ascmag.com

  • Tahun Rilis: 1984
  • Genre: Science fiction
  • Rumah Produksi: Hemdale, Pacific Western Productions, dan Cinema ’84
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran Utama: Arnold Schwarzenegger, Michael Biehn, Linda Hamilton, dan Paul Winfield

Di masa depan tahun 2029, para robot cerdas hasil buatan Skynet telah menguasai Bumi dan mulai menggantikan peran manusia di segala bidang kehidupan. Sementara itu, seorang pria bernama John Connor memimpin sebuah pasukan untuk melawan para robot tersebut.

Kekalahan pasukan robot semakin terlihat di depan mata. Namun, Skynet mempunyai rencana lain agar hal itu tidak terjadi. Mereka lalu mengirimkan Terminator dengan melintasi waktu ke tahun 1984 untuk tujuan membunuh Sarah Connor agar manusia yang bernama John Connor tidak pernah terlahirkan.

John yang mengetahui hal tersebut pun tidak tinggal diam, ia kemudian mengutus prajurit terbaiknya yang bernama Kyle Reese untuk pergi ke tahun tersebut dan bertugas melindungi ibunya. Kini, eksistensi manusia dipertaruhkan kembali di tahun 1984 dengan harapan satu-satunya ada di tangan Kyle dan Sarah Connor.

2. Terminator 2: Judgment Day

Terminator 2

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 1991
  • Genre: Science fiction
  • Rumah Produksi: Carolco Pictures, Pacific Western Productions, Lightstorm Entertainment, dan Le Studio Canal+ S.A.
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran Utama: Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, dan Robert Patrick

Setelah gagal membunuh Sarah Connor, Skynet kembali mengirimkan Terminator baru dengan kode T-1000 untuk membunuh John Connor yang beranjak remaja di tahun 1995. Robot tersebut dibuat lebih canggih dan berbahaya. Ia mempunyai kemampuan untuk merubah penampilan agar terlihat mirip dengan objek yang disentuhnya, dan kedua tangannya dapat dibentuk menjadi senjata yang mematikan.

Di tahun tersebut Skynet ternyata mempunyai rencana lain dengan berusaha mengambil alih kendali rudal nuklir Amerika Serikat dan ingin melakukan pemusnahan massal manusia di seluruh Bumi. Sementara itu, John Connor yang ada di masa depan mengirimkan Terminator model 101 untuk mencegah hal itu terjadi serta melindungi ibunya dan dirinya yang masih remaja.

Film ini mendapatkan respon yang sangat positif saat pertama kali dirilis. Pujian kemudian datang untuk para pemerannya serta efek visual yang dibuat dalam sekuel ini. Terminator 2: Judgment Day menjadi film terlaris pada tahun 1991 dengan meraup 520 juta dolar Amerika di seluruh dunia.

Atas perannya dalam sekuel kedua ini, karir dari aktor Arnold Schwarzenegger semakin tenar dan populer. Film ini juga mendapatkan berbagai macam penghargaan di ajang Academy Awards, mulai dari Best Sound Effects Editing, Best Sound, Best Makeup, dan Best Visual Effects.

3. Terminator 3: Rise of the Machines

Terminator 3

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Science fiction
  • Rumah Produksi: Intermedia dan C2 Pictures
  • Sutradara: Jonathan Mostow
  • Pemeran Utama: Arnold Schwarzenegger, Nick Stahl, Claire Danes,dan Kristanna Loken

Rencana Skynet untuk melakukan Judgment Day dengan memusnahkan umat manusia lewat rudal nuklir di tahun 1997 telah gagal. Akan tetapi, John Connor yang kini sudah dewasa masih yakin bahwa di masa depan perang manusia dan Skynet akan tetap terjadi.

Skynet yang masih konsisten dengan misinya melakukan perburuan lagi untuk membunuh John Connor. Mereka mengirimkan Terminator TX berpenampilan perempuan yang mempunyai kekuatan lebih kuat dari Terminator sebelumnya. Ia mempunyai kemampuan seperti T-1000 yang mampu merubah bagian tubuhnya sebagai senjata, dan dirinya juga bisa meretas sistem komputer.

Sementara itu, kelompok perlawanan manusia terhadap Skynet yang dinamakan The Resistance, mengirimkan kembali Terminator 101 untuk menyelamatkan John Connor. Kali ini, robot tersebut juga mesti melindungi seorang perempuan bernama Kate Brewster yang di masa depan akan menjadi istri dari John Connor.

Terminator TX juga mempunyai rencana lain, dia akan membunuh para manusia yang di masa depannya bergabung bersama kelompok The Resistance. Terminator 101 kemudian terlibat pertarungan yang cukup sengit dengan TX. Di lain sisi, pemerintah Amerika Serikat menghadapi tekanan karena sistem keamanan komputernya telah diretas oleh Skynet dan menginfeksi jaringan komputer di seluruh dunia.

4. Terminator Salvation

Terminator Salvation

* sumber: wall.alphacoders.com

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Military Science Fiction
  • Rumah Produksi: Columbia Pictures, The Halcyon Company, dan Wonderland Sound and Vision
  • Sutradara: McG
  • Pemeran Utama: Christian Bale, Sam Worthington, Anton Yelchin, Moon Bloodgood, dan Bryce Dallas Howard

Berlatar belakang di tahun 2018, dan apa yang dikhawatirkan oleh John Connor pun akhirnya terjadi. Kini, para umat manusia berada dalam masa krisis akibat terlibat peperangan dengan Skynet. John Connor sekarang telah menjadi pemimpin untuk The Resistance. Ia pun mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memenangkan peperangan agar eksistensi manusia tidak punah.

Skynet kemudian melangsungkan perang nuklir di dunia, dan menciptakan pasukan Terminator untuk membunuh manusia yang masih selamat. Sementara itu, seorang manusia cyborg bernama Marcus Wright datang membantu kelompok The Resistance untuk bertarung bersama-sama melawan Skynet dan Terminator.

Dalam film ini, aktor Christian Bale berperan sebagai karakter sentral John Connor. Sementara itu, Sam Worthington memerankan cyborg Marcus Wright, dan aktor mendiang Anton Yelchin menjadi Kyle Reese, karakter yang pertama kali muncul di film The Terminator 1984. Selain itu, film ini juga menggambarkan asal-usul Terminator yang di film sebelumnya diperankan oleh Arnold Schwarzenegger.

5. Terminator Genisys

Terminator Genisys

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Science Fiction
  • Rumah Produksi: Skydance Productions
  • Sutradara: Alan Taylor
  • Pemeran Utama: Arnold Schwarzenegger, Jason Clarke, Emilia Clarke, Jai Courtney, dan J. K. Simmons

Film ini merupakan versi reboot dari film pertama Terminator yang rilis pada tahun 1984 silam. Ceritanya dimulai di tahun 2029 dan berfokus pada seorang prajurit bernama Kyle Reese. Ia dikirim ke tahun 1984 untuk melindungi Sarah Connor yang merupakan ibu kandung dari pimpinan kelompok The Resistance, John Connor.

Perjalanan waktu ke masa lalu ternyata memunculkan masalah baru. Ia menyadari bahwa timeline telah diubah, dan Sarah pun muncul bersama Terminator T-800 yang sudah di-upgrade untuk melindungi dirinya yang ia namai Pops.

Sarah dan Pops telah membangun mesin waktu darurat yang mirip dengan Skynet, dan keduanya berencana untuk menghentikan Skynet dengan melakukan perjalanan ke tahun 1997. Namun, Kyle yakin bahwa masa depan telah berubah, dan dia pun membujuk mereka agar ikut bersamanya ke tahun 2017 untuk menghentikan Skynet.

Terminator Genisys meraup lebih dari 440 juta dolar Amerika di seluruh dunia, menjadikannya film terlaris kedua tertinggi dalam seri ini di belakang Terminator 2: Judgment Day. Di situs IMDB, film ini mendapatkan penilaian di angka 6.4/10.

6. Terminator: Dark Fate

Terminator Dark Fate

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Science Fiction
  • Rumah Produksi: Paramount Pictures, Skydance Media, 20th Century Fox, Tencent Pictures, TSG Entertainment, dan Lightstorm Entertainment
  • Sutradara: Tim Miller
  • Pemeran Utama: Linda Hamilton, Arnold Schwarzenegger, Mackenzie Davis, Natalia Reyes, dan Gabriel Luna

Terminator: Dark Fate merupakan sekuel ketiga yang secara langsung terhubung dengan kedua film sebelumnya, yakni The Terminator (1984), dan Terminator: Judgment Day (1991). Artis Linda Hamilton kembali dalam film ini dengan memerankan Sarah Connor, serta Arnold Schwarzenegger masih tetap berperan sebagai robot Terminator T-800.

Diceritakan bahwa 25 tahun setelah kejadian Judgment Day yang gagal, Skynet memerintahkan Terminator Rev-9 ke tahun 2020 untuk membunuh Dani Ramos yang akan menjadi ancaman bagi para robot di masa depan. The Resistance kemudian mengirim seorang prajurit bernama Grace untuk melindunginya. Grace lalu bergabung bersama Sarah dan T-800 untuk melawan para pasukan robot.

Dalam situs Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat 70% berdasarkan 324 ulasan dengan nilai rata-rata 6.22/10. Sedangkan pada Metacritic, Terminator: Dark Fate memiliki skor 54 dari 100, berdasarkan pada 51 ulasan kritikus.

Enam film layar lebar dari Terminator telah diulas oleh Bacaterus, dan kini waktunya kalian untuk langsung menontonnya di rumah masing-masing (secara legal ya). Jangan lupa untuk menyiapkan cemilan terbaik beserta minumannya agar kalian bisa merasa nyaman dan betah saat menyaksikannya. Selamat menonton!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *