Ini Urutan Timeline Saga Film Star Wars yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Film Star Wars muncul untuk pertama kalinya di layar sinema pada tahun 1977 dengan menampilkan Episode 4: A New Hope. Setelahnya itu, dua film sekuelnya The Empire Strikes Back (1980), dan Return of Jedi (1983) menyusul dirilis untuk melengkapi trilogi awal saga film Star Wars. Ketiganya kemudian menjembatani untuk memunculkan prequel episode pertama yang berjudul The Phantom Menace (1990).

Franchise film Star Wars memasuki babak penutup lewat hadirnya The Rise of Skywalker. Film kesembilan tersebut mengakhiri kisah keluarga Skywalker yang sudah menjadi fokus cerita sejak tahun 1977. Selain Sembilan episode yang telah ditayangkan, saga ini pun menghadirkan dua kisah lainnya yang saling berhubungan dengan cerita utamanya, yaitu Solo: A Star Wars Story dan Rogue One: A Star Wars Story.

Kini, untuk kamu yang ingin menonton kembali atau bahkan belum sempat mengikuti film Star Wars, Bacaterus akan memberikan urutan filmnya khusus buatmu. Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Star Wars Episode 1: The Phantom Menace (1999)

Star Wars Episode 1 The Phantom Menace

Dua ksatria Jedi bernama Qui-Gon Jin dan muridnya, Obi-Wan Kenobi menyusup blokade yang dilakukan oleh Trade Federation pada Planet Naboo. Rencana tersebut tidak berjalan baik, keduanya diburu pasukan Federasi dan ditengah perjalanan bertemu dengan Jar Jar Binks, serta Ratu Padme Amidala dari planet Naboo. Mereka kemudian melarikan diri dan mendarat di sebuah planet gersang, Tattooine.

Di planet tersebut mereka bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Anakin Skywalker. Qui-Gon Jin lalu menyadari jika di dalam diri Anakin terdapat kekuatan Force yang kuat, dan ia berencana untuk melatihnya sebagai seorang Jedi. Sementara itu, kekuatan jahat Sith mulai terbangun dari tidurnya. Kini, Darth Maul mulai menampakkan diri dengan menyerang Jedi serta berniat menculik Ratu Padme Amidala.

2. Star Wars Episode 2: Attack of the Clones (2002)

Star Wars Episode 2 Attack of the Clones

Selepas kematian Jedi Qui-Gon Jinn, kini Anakin Skywalker tengah dilatih menjadi ksatria Jedi oleh Obi-Wan Kenobi. Sementara itu, seorang master Jedi bernama Count Dooku berkhianat dengan mengatur gerakan separatis terhadap Republik Galactic. Kanselir Agung Palpatine kemudian menugaskan Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker untuk melindungi Senator Padme Amidala dari ancaman pembunuhan.

Untuk mencari pelaku aksi pembunuhan tersebut, Obi-Wan pergi ke Planet Genosis, Sedangkan Anakin dan Padme berlindung di Planet Naboo. Di sisi lain, Anakin mengalami mimpi buruk tentang ibunya. Ia kemudian meyakinkan Padme untuk pergi ke Tatooine menjenguknya. Sesampainya di sana, ia melihat kenyataan yang sangat pahit dengan meninggalnya sang ibu.

Dengan kejadian tersebut, rasa marah dan benci mula menghinggapi Anakin. Hal itu pulalah yang membuat kegelapan Sith mulai perlahan-lahan memasuki dirinya. Di akhir cerita, Anakin dan Padme menikah di Planet Naboo.

3. Star Wars Episode 3: Revenge of the Sith (2005)

Star Wars Episode 3 Revenge of the Sith

Darth Sidious (Palpatine) sedang merencanakan niat jahat dengan mengubah Republik Galactic menjadi Kekaisaran Galactic untuk ia kuasai. Sementara itu, Anakin sedang merasa bahagia karena Padme tengah mengandung anaknya. Namun, ia juga sekaligus merasa khawatir karena mengalami mimpi buruk tentang kondisi Padme. Di saat seperti itulah, Palpatine merayu Anakin untuk menganut jalan kegelapan Sith.

Palpatine menggoda Anakin tentang kekuatan “the dark side” dari The Force. Ia menjelaskan bahwa sisi gelap tersebut dapat menyelamatkan Padme dari kematian. Rayuan jahat Palpatine akhirnya berhasil, Anakin semakin masuk dalam kegelapan dan berubah menjadi Darth Vader. Ia pun lalu berpaling untuk melawan semua Jedi yang tersisa, termasuk gurunya sendiri yakni Master Obi-Wan Kenobi.

Akan tetapi, tanpa sepengetahuan Darth Sidious (Palpatine) dan Anakin, Padme melahirkan anak kembar bernama Luke dan Leia. Padme kemudian meninggal, dan Luke dibawa oleh Obi-Wan menuju Planet Tattooine untuk bersembunyi, serta Leia diadopsi oleh keluarga Organa di Alderaan,

4. Solo: A Star Wars Story (2018)

Solo A Star Wars Story

Sebelum bertemu dengan Luke Skywalker dan Obi-Wan Kenobi di Planet Tattooine, Han Solo adalah seorang penyelundup ulung. Keterampilannya sebagai penyelundup dipelajarinya dari seorang mentor bernama Tobias Beckett. Han yang idealis serta impulsif sangat berambisi untuk menjadi pilot terbaik di seantero galaksi. Ia mempunyai kekasih bernama Qi’ra yang tengah diculik oleh sekelompok berandalan.

Dalam perjalanannya, Han Solo kemudian bertemu dengan partner sekaligus kawan terbaiknya, yakni Chewbacca. Keduanya melewati banyak petualangan yang penuh ancaman di dunia kejahatan. Mereka lalu mendapatkan pesawat luar angkasa Milenium Falcon dari tangan Lando Calrissian. Pada akhirnya, Han memutuskan bergabung bersama kelompok Rebellion untuk melawan kejahatan Kekaisaran Galactic.

5. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Rogue One A Star Wars Story

Jyn Erso harus terpisah dari ayahnya, Galen Erso yang dipaksa petinggi Kekaisaran bernama Orson Krennic untuk membantunya membuat Death Star. 15 tahun kemudian, kapten Cassian Andor membebaskan Jyn dari transportasi Imperial di Wobani dan membawanya ke dalam Aliansi Pemberontak. Ia kemudian bersama dengan Cassian memimpin sebuah kelompok pemberontak untuk mencuri desain Death Star.

Galen Erso ternyata membuat kelemahan pada Death Star sehingga dapat dimusnahkan dengan sekali serang. Walaupun misinya berhasil, Jyn, Cassian dan kelompok pemberontak lainnya harus tewas mengorbankan diri. Sementara itu, Darth Vader berhasil masuk ke dalam pesawat yang ditumpangi oleh Putri Leia untuk mengambil kembali desain senjata pembunuh planet tersebut.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram