Bacaterus / Film Luar Angkasa / Mau Nonton Star Trek? Inilah Daftar Urutan Filmnya

Mau Nonton Star Trek? Inilah Daftar Urutan Filmnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Star Trek pertama kali ditayangkan pada tahun 1966 lewat sebuah serial televisi yang dikenal dengan judul Star Trek: The Original Series. Cerita awal serial tersebut berfokus kepada petualangan Kapten James T. Kirk, Commander Spock, Doktor Leonard McCoy bersama awak kapal lainnya yang mengeksplorasi jagat raya lewat pesawat ruang angkasa bernama USS Enterprise.

Serial tersebut kemudian bertahan selama tiga tahun dengan jumlah 79 episode. Setelahya itu, series ini sempat vakum dan mulai kembali dihidupkan pada tahun 1978. Namun, rencana untuk membuat serial TV harus diganti karena pada waktu itu film Star Wars IV: A New Hope meraih kesuksesan. Maka dari itu, pihak studio pun merubahnya dan membuat film layar lebar dengan judul Star Trek I: The Motion Picture.

Kini, Star Trek menjadi waralaba film fiksi ilmiah yang telah menghasilkan 13 film layar lebar. Jika kamu penasaran dengan kisah petualangan Kapten James T. Kirk dan kawan-kawannya dalam menjelajahi luar angkasa, Bacaterus akan merangkum daftar filmnya untukmu. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Star Trek: The Motion Picture (1979)

Star Trek: The Motion Picture (1979)

The Motion Picture merupakan edisi pertama dan sebagai pembuka dalam Franchise film Star Trek di layar lebar. Pada tahun pembuatannya, film ini mengadopsi teknologi-teknologi futuristik seperti, alat komunikasi, pintu elektronik, dan komputer modern.

Untuk membuat semua terlihat seperti nyata, pihak studio pun berkonsultasi dengan NASA agar menciptakan visual pesawat luar angkasa yang super canggih. Berkat perencanaan tersebut, The Motion Picture masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Art Director, Best Visual Effects, dan Best Original Score.

Cerita film ini diawali saat stasiun pemantau angkatan perang Starfleet mendeteksi adanya alien yang menuju Bumi. Mereka memerintahkan Kapten James T. Kirk bersama awak pesawat USS Enterprise untuk menyelidiki alien yang bersembunyi di balik awan tersebut.

2. Star Trek II: The Wrath of Khan (1982)

Star Trek II: The Wrath of Khan (1982)

Cerita film ini melanjutkan konflik yang terjadi dari episode Space Seed dalam serial TV Star Trek: The Original Series. Di episode tersebut, Kapten James T. Kirk berhasil mengalahkan sekelompok kriminal yang dipimpin oleh Khan Noonie Singh.

Ia lalu mengasingkan mereka ke Planet Ceti Alpha V. Dalam film ini, Khan beserta pasukannya berhasil melarikan diri dan melakukan rencana untuk membalas dendam.

Saat hari pertama dirilis, film ini mencetak rekor box office dengan meraup pendapatan sebanyak 97 juta dollar Amerika. Para kritikus memuji aktor Ricardo Montalban yang memerankan karakter Khan karena aktingnya yang cukup kuat.

Mereka juga memberikan kritik terhadap visual efek yang kurang maksimal. Meski begitu, sekuel kedua ini menjadi salah satu edisi terbaik dari serial film Star Trek.

3. Star Trek III: The Search for Spock (1984)

Star Trek III: The Search for Spock (1984)

Diceritakan bahwa Komandan Spock telah tewas di akhir film kedua Star Trek. Di film ketiga ini, jenazahnya dikirim ke sebuah planet eksperimen bernama Genesis. Sementara itu, semua awak kapal USS Enterprise dibebastugaskan dari aktivitasnya.

Di lain sisi, anak dari Kapten Kirk, yakni David Markus menginvestigasi Planet Genesis dan menemukan fakta bahwa Spock telah hidup kembali menjadi seorang anak kecil. The Search for Spock berhasil memecahkan rekor dengan total penayangan di 1.996 bioskop yang ada di seluruh Amerika Utara.

Catatan fantastis tersebut berhasil mengalahkan ketenaran film Indiana Jones and the Temple of Doom dan Ghostbusters yang rilis di tahun 1984. Para kritikus kemudian ikut memberikan komentar terhadap film ini. Mereka memuji akting pemeran filmnya, namun mengkritik alur ceritanya.

4. Star Trek IV: The Voyage Home (1986)

Star Trek IV: The Voyage Home (1986)

Berkat pencapaian sukses yang diterima pada film sebelumnya, sutradara Leonard Nimoy dipercaya kembali untuk menggarap Star Trek IV: The Voyage Home. Sekuel keempat ini merupakan film Star Trek pertama yang berhasil ditayangkan di Uni Soviet.

Langkah tersebut berhasil terjadi lewat dukungan dari World Wildlife Fund (WWF) untuk merayakan larangan penangkapan paus di Moskow pada 26 Juni 1987. Star Trek IV: The Voyage Home mengisahkan tentang Kapten James T. Kirk beserta kru pesawatnya yang tengah melakukan perjalanan kembali ke masa lalu.

Mereka mempunyai misi untuk menyelidiki bencana yang disebabkan oleh satelit misterius yang berada di Planet Bumi. Pada penghargaan Oscar ke-59, film ini masuk nominasi dalam kategori Best Cinematography, Sounds Effects Editing dan Original Score.

5. Star Trek V: The Final Frontier (1989)

Star Trek V: The Final Frontier (1989)

Kapten Kirk, Spock dan Dr. Leonard McCoy tengah menikmati masa rehatnya dari kegiatan eksplorasi ruang angkasa. Waktu cuti mereka lalu terganggu saat Starfleet memerintahkan ketiganya pergi ke Planet Nimbus III untuk menyelamatkan para diplomat dari bangsa manusia, Klingon dan Romulan. Namun, Kapten Klinglon Klaa malah membuat masalah dengan memberontak melawan pesawat Enterprise.

Pada saat perilisannya di tahun 1989, pihak produksi berharap jika film kelima Star Trek ini dapat menjadi film hits di tahun tersebut. Film ini harus bersaing ketat dengan film-film terkenal lainnya, seperti Indiana Jones and the Last Crusade, Ghostbusters II, dan Batman. Star Trek: The Final Frontier akhirnya memperoleh pendapatan 52 juta dollar di Amerika Serikat, dan meraup 70 juta dollar di seluruh dunia.

6. Star Trek VI: The Undiscovered Country (1991)

Star Trek VI: The Undiscovered Country (1991)

Pesawat luar angkasa USS Excelsior mengalami kecelakaan dalam ledakan di sebuah satelit yang berada di Planet Kronos. Akibat kejadian itu, bangsa Klingon yang tinggal di planet tersebut harus kehilangan sumber energi utamanya.

Starfleet lalu mengirim USS Enterprise untuk mengawal kanselir Klingon, Gorkon ke Bumi. Namun, Kapten Kirk menolaknya karena bangsa Klingon telah membunuh anaknya. Star Trek VI: The Undiscovered Country pada awalnya diproduksi sebagai prekuel dari serial televisi di tahun 1966.

Karena respon negatif dari para penggemar, maka konsep cerita pun dirubah menjadi film yang seperti sekarang ini. Sekuel keenam ini merupakan satu-satunya film dari waralaba Star Trek yang berhasil mendapatkan penghargaan dari Saturn Award dalam kategori Best Science Fiction Film.

7. Star Trek: Generations (1994)

Star Trek: Generations (1994)

Film yang satu ini menghadirkan wajah-wajah baru di film Star Trek, seperti salah satunya adanya aktor Patrick Stewart yang memerankan karakter Kapten Jean-Luc Picard dari USS Enterprise-D. Meski begitu, pemeran Star Trek terdahulu masih tetap ada di awal cerita.

Dalam film ini, Kapten Jean bekerjasama dengan Kapten James T. Kirk untuk menghentikan penjahat yang ingin menghancurkan sistem tata surya. Star Trek: Generations mendapatkan berbagai macam ulasan dari kritikus film dan para penggemar.

Pada tahun 2019 lalu, situs Rotten Tomatoes memberikan nilai 47% yang berdasarkan dari penilaian 53 kritikus. Di lain sisi, sekuel ketujuh ini menjadi film terlaris tertinggi selama seminggu ketika pertama kali diputar di bioskop Amerika Serikat, serta menghasilkan pendapatan sekitar 118 juta dollar di seluruh dunia.

8. Star Trek: First Contact (1996)

Star Trek: First Contact (1996)

Star Trek: First Contact bercerita tentang spesies Borg yang ingin menguasai peradaban manusia yang ada Planet Bumi. Mereka lalu melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk mencegah terbentuknya negara federal antar planet (United Federaton of Planets).

Mengetahui akan hal itu, Kapten Jean Picard bersama kru USS Enterprise-E mengikuti Borg ke masa lalu untuk menyelamatkan peradaban manusia di Bumi. Seorang jurnalis film sekaligus kritikus bernama Roger Ebert menilai jika Star Trek: First Contact sebagai salah satu film terbaik dari Star Trek.

Film ini juga memenangkan tiga penghargaan dari Saturn Award, dan masuk nominasi Academy Award (Oscar) untuk kategori Best Makeup. Selain itu juga, seri ketujuh ini mencetak rekok pendapatan dengan berhasil meraup sekitar 30 juta dollar seminggu setelah perilisannya.

9. Star Trek: Insurrection (1998)

Star Trek: Insurrection (1998)

Setelah dirilis pada tanggal 22 Desember 1998, Star Trek: Insurrection mendapatkan berbagai macam ulasan dari beragam website penilaian film. Situs Metacritic, memberikan angka 64 dari 100 yang berdasarkan dari 19 orang kritikus.

Sementara itu, Rotten Tomatoes memiliki skor 55% dari hasii ulasan yang telah ditinjau oleh 67 kritikus. Namun, CinemaScore memberikan nilai B untuk film yang satu ini. Dalam film Star Trek: Insurrection, kali ini Kapten Jean bersama awak pesawat USS Enterprise-E harus melakukan pemberontakan kepada angkatan perang Starfleet.

Hal itu terpaksa dilakukan karena mereka mengetahui jika Starfleet berkonspirasi dengan bangsa Son’a untuk menguasi Planet Ba’ku. Film yang satu ini kemudian berhasil mendapatkan pendapatan bersih sekitar 117 juta dollar di seluruh dunia.

10. Star Trek: Nemesis (2002)

Star Trek: Nemesis (2002)

Star Trek: Nemesis rilis pada tanggal 13 Desember 2002, dan harus bersaing secara ketat dengan film-film besar lainnya yang tayang pada waktu tersebut. Seri kesepuluh ini harus kehilangan pamornya karena berhadapan dengan film Harry Potter and the Chamber of Secrets (15 November 2002), The Lord of the Rings: The Towers (18 Desember 2002), dan James Bond: Die Another Day (22 November 2002).

Cerita dalam film ini mengambil waktu di abad ke-24, dan menceritakan tentang adanya ancaman berbahaya yang bakal diterima oleh kru pesawat USS Enterprise-E serta United Federations of Planets. Ancaman tersebut datang seorang manusia kloningan bernama Shinzon yang menyerupai Kapten Jean Picard. Shinzon telah melakukan kudeta dan mengambil alih kekusaan di Romulan Star Empire

11. Star Trek (2009)

Star Trek (2009)

Selang tujuh tahun dari film kesepuluh di tahun 2002, Star Trek kembali hadir dengan cerita yang lebih menarik. Star Trek yang dirilis pada 2009 ini disutradarai oleh J.J. Abrams, dan merupakan film reboot yang tetap menampilkan karakter utama dari serial Star Trek, namun diperankan oleh para pemain baru. Mereka diantaranya adalah Chris Pine, Zoe Saldana, Zachary Quinto, Eric Bana, John Cho, dan Karl Urban.

Film ini juga kembali menghadirkan karakter Kapten James T. Kirk yang diperankan oleh Chris Pine, dan Zachary Quinto sebagai commander Spock. Star Trek versi reboot ini mengisahkan saat keduanya melakukan perjalanan time travel ke masa lalu untuk melawan Nero dari bangsa Romulan yang mengancam United Federation of Planets.

12. Star Trek Into Darkness (2013)

Star Trek Into Darkness (2013)

Kisah petualangan Kapten James. T Kirk bersama rekan-rekannya masih terus berlanjut di film yang satu ini. Kali ini mereka harus menghadapi persoalan yang cukup rumit. Pasukan pesawat USS Enterprise ditugaskan untuk pergi menuju dunia tempat bangsa Klingon berada.

Kapten Kirk beserta yang lainnya mempunyai misi untuk mencari mantan anggota Starfleet yang sekarang telah menjadi teroris berbahaya. Star Trek Into Darkness meraup kesuksesan secara finansial dengan meraup laba bruto sekitar 467 juta dollar di seluruh dunia.

Hasil tersebut secara langsung membuatnya menjadi film terlaris dalam waralaba Star Trek. Untuk di Amerika Serikat sendiri, film ini berada di posisi teratas box office mengalahkan film The Great Gatsby dan Iron Man 3.

13. Star Trek Beyond (2016)

Star Trek Beyond (2016)

Diceritakan bahwa USS Enterprise telah jatuh diserang oleh Krall dan pasukannya. Mereka kemudian berhasil menculik salah satu awak kapal bernama Hikaru Sulu, dan Nyota Uhura yang terdampar di Planet Altamid.

Sementara itu, Kapten Kirk, Commander Spock dan yang lainnya harus secepat mungkin keluar dari Planet Altamid untuk menghentikan kejahatan yang dilakukan oleh Krall. Film Star Trek Beyond turut juga dibintangi oleh aktor Indonesia Joe Taslim.

Dalam film ini, ia berperan sebagai Manas, salah satu prajurit tangguh dan anak buah dari karakter antagonis utama yang bernama Krall. Pada Desember tahun 2019, situs Rotten Tomatoes memberikan nilai fresh sebesar 86% untuk film ini yang berdasarkan dari 300 ulasan para kritikus.

Jika film Star Wars mengedepankan cerita fantasi tentang peperangan di ruang angkasa, maka Star Trek hadir dengan konsep fiksi ilmiah dengan eksplorasi antar galaksi. Namun, Star Trek tetap seru untuk ditonton karena menghadirkan konflik dan intrik yang tidak kalah menegangkan. Jika kamu menyukai film-film Star Trek, jangan lupa untuk langsung menonton filmnya ya. Selamat menyaksikan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *