Mau Nonton Star Trek? Inilah Daftar Urutan Filmnya

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Star Trek pertama kali ditayangkan pada tahun 1966 lewat sebuah serial televisi yang dikenal dengan judul Star Trek: The Original Series. Cerita awal serial tersebut berfokus kepada petualangan Kapten James T. Kirk, Commander Spock, Doktor Leonard McCoy bersama awak kapal lainnya yang mengeksplorasi jagat raya lewat pesawat ruang angkasa bernama USS Enterprise.

Serial tersebut kemudian bertahan selama tiga tahun dengan jumlah 79 episode. Setelahya itu, series ini sempat vakum dan mulai kembali dihidupkan pada tahun 1978. Namun, rencana untuk membuat serial TV harus diganti karena pada waktu itu film Star Wars IV: A New Hope meraih kesuksesan. Maka dari itu, pihak studio pun merubahnya dan membuat film layar lebar dengan judul Star Trek I: The Motion Picture.

Kini, Star Trek menjadi waralaba film fiksi ilmiah yang telah menghasilkan 13 film layar lebar. Jika kamu penasaran dengan kisah petualangan Kapten James T. Kirk dan kawan-kawannya dalam menjelajahi luar angkasa, Bacaterus akan merangkum daftar filmnya untukmu. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Star Trek: The Motion Picture (1979)

Star Trek: The Motion Picture (1979)

  • Tahun Rilis: 1979
  • Genre: Adventure, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: Robert Wise
  • Pemeran: William Shatner, Leonard Nimoy, DeForest Kelley
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Century Associates, Robert Wise Productions

The Motion Picture merupakan edisi pertama dan sebagai pembuka dalam Franchise film Star Trek di layar lebar. Pada tahun pembuatannya, film ini mengadopsi teknologi-teknologi futuristik seperti, alat komunikasi, pintu elektronik, dan komputer modern.

Untuk membuat semua terlihat seperti nyata, pihak studio pun berkonsultasi dengan NASA agar menciptakan visual pesawat luar angkasa yang super canggih. Berkat perencanaan tersebut, The Motion Picture masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Art Director, Best Visual Effects, dan Best Original Score.

Cerita film ini diawali saat stasiun pemantau angkatan perang Starfleet mendeteksi adanya alien yang menuju Bumi. Mereka memerintahkan Kapten James T. Kirk bersama awak pesawat USS Enterprise untuk menyelidiki alien yang bersembunyi di balik awan tersebut.

2. Star Trek II: The Wrath of Khan (1982)

Star Trek II: The Wrath of Khan (1982)

  • Tahun Rilis: 1982
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Nicholas Meyer
  • Pemeran: William Shatner, Leonard Nimoy, DeForest Kelley
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures

Cerita film ini melanjutkan konflik yang terjadi dari episode Space Seed dalam serial TV Star Trek: The Original Series. Di episode tersebut, Kapten James T. Kirk berhasil mengalahkan sekelompok kriminal yang dipimpin oleh Khan Noonie Singh.

Ia lalu mengasingkan mereka ke Planet Ceti Alpha V. Dalam film ini, Khan beserta pasukannya berhasil melarikan diri dan melakukan rencana untuk membalas dendam.

Saat hari pertama dirilis, film ini mencetak rekor box office dengan meraup pendapatan sebanyak 97 juta dollar Amerika. Para kritikus memuji aktor Ricardo Montalban yang memerankan karakter Khan karena aktingnya yang cukup kuat.

Mereka juga memberikan kritik terhadap visual efek yang kurang maksimal. Meski begitu, sekuel kedua ini menjadi salah satu edisi terbaik dari serial film Star Trek.

3. Star Trek III: The Search for Spock (1984)

Star Trek III: The Search for Spock (1984)

  • Tahun Rilis: 1984
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Leonard Nimoy
  • Pemeran: William Shatner, Leonard Nimoy, DeForest Kelley
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Cinema Group Ventures

Diceritakan bahwa Komandan Spock telah tewas di akhir film kedua Star Trek. Di film ketiga ini, jenazahnya dikirim ke sebuah planet eksperimen bernama Genesis. Sementara itu, semua awak kapal USS Enterprise dibebastugaskan dari aktivitasnya.

Di lain sisi, anak dari Kapten Kirk, yakni David Markus menginvestigasi Planet Genesis dan menemukan fakta bahwa Spock telah hidup kembali menjadi seorang anak kecil. The Search for Spock berhasil memecahkan rekor dengan total penayangan di 1.996 bioskop yang ada di seluruh Amerika Utara.

Catatan fantastis tersebut berhasil mengalahkan ketenaran film Indiana Jones and the Temple of Doom dan Ghostbusters yang rilis di tahun 1984. Para kritikus kemudian ikut memberikan komentar terhadap film ini. Mereka memuji akting pemeran filmnya, namun mengkritik alur ceritanya.

4. Star Trek IV: The Voyage Home (1986)

Star Trek IV: The Voyage Home (1986)

  • Tahun Rilis: 1986
  • Genre: Adventure, Comedy, Sci-Fi
  • Sutradara: Leonard Nimoy
  • Pemeran: William Shatner, Leonard Nimoy, DeForest Kelley
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Industrial Light & Magic (ILM)

Berkat pencapaian sukses yang diterima pada film sebelumnya, sutradara Leonard Nimoy dipercaya kembali untuk menggarap Star Trek IV: The Voyage Home. Sekuel keempat ini merupakan film Star Trek pertama yang berhasil ditayangkan di Uni Soviet.

Langkah tersebut berhasil terjadi lewat dukungan dari World Wildlife Fund (WWF) untuk merayakan larangan penangkapan paus di Moskow pada 26 Juni 1987. Star Trek IV: The Voyage Home mengisahkan tentang Kapten James T. Kirk beserta kru pesawatnya yang tengah melakukan perjalanan kembali ke masa lalu.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram