bacaterus web banner retina

Urutan Film Rurouni Kenshin Live-Action Sesuai Alur Cerita

Rurouni Kenshin menjadi sebuah film adaptasi live-action yang sangat populer, dan terbilang cukup sukses sejak pertama kali rilis di tahun 2012 lalu. Keseluruhan film live-action Kenshin bisa dibilang cukup baik dalam mengambil materi cerita pada manga aslinya sehingga tidak kehilangan originalitasnya terlalu jauh.

Meski ada beberapa bagian cerita dan karakter yang tidak dimasukan ke dalam adaptasi ini, kelima film live-action Kenshin masih tetap terasa menarik dan mampu memberikan konsep cerita dengan sudut pandang yang lebih unik.

Selain itu, ketiga film yang pertama, Rurouni Kenshin (2012), Kyoto Inferno (2014), dan The Legend Ends (2014) mampu memberikan sebuah sajian yang mendebarkan dan menarik perhatian. Waralaba ini kemudian ditutup oleh dua film selanjutnya, yakni The Final (2021) dan The Beginning (2021).

Nah, bagi kalian yang ingin menyaksikan kembali perjalanan sang Battosai dengan pedang sakabato miliknya, di bawah ini Bacaterus bakal memberikan urutan filmnya sesuai kronologi jalan ceritanya. Tanpa panjang lebar, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Rurouni Kenshin: The Beginning

Rourini-Kenshin-1_

The Beginning merupakan film kelima sekaligus menjadi seri yang terakhir dalam adaptasi film live-action Rurouni Kenshin karya sutradara Keishi Otomo. Meskipun dirilis paling akhir, film ini sebenarnya bertindak sebagai prekuel untuk keseluruhan waralaba ini, yang ceritanya berdasarkan manga populer karya Nobuhiro Watsuki.

Selain itu juga, narasi pada film The Beginning mengadopsi cerita yang pernah diadaptasi dalam Original Video Animation (OVA) pada tahun 1999 yang berjudul Rurouni Kenshin: Trust & Betrayal. Film ini sendiri ditayangkan di Jepang pada tanggal 4 Juni 2021 dan kemudian rilis secara global lewat layanan streaming Netflix pada tanggal 30 Juli 2021.

Takeru Satoh masih tetap memerankan sosok sang Battosai, Kenshin Himura. Lalu ada Kasumi Arimura sebagai Yukishiro Tomoe, yang berperan menjadi istrinya. Kemudian Issey Takahashi sebagai Katsura Kogora, pimpinan kelompok revolusioner Klan Chosu, Yosuke Eguchi sebagai Saito Hajime, dan Nijiro Murakami sebagai Okita Soji. Keduanya merupakan Kapten dari pasukan polisi khusus bernama Shinshengumi.

Cerita dalam The Beginning menyoroti pada kisah awal Kenshin Himura kenapa dirinya bisa mendapatkan luka silang di pipinya. Selain itu juga, film ini berfokus pada masa-masa Kenshin saat dirinya masih dikenal sebagai Hitokiri Battosai di periode terakhir era Bakumatsu dan juga memperlihatkan hubungannya dengan seorang wanita bernama Yukishiro Tomoe.

2. Rurouni Kenshin

Rurouni-Kenshin-2_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Live-action, adventure, drama
  • Produksi: Warner Bros. Pictures Japan
  • Sutradara: Keishi Otomo
  • Pemeran: Takeru Satoh, Emi Takei, Yu Aoi, Yosuke Eguchi, Munetaka Aoki, dan Taketo Tanaka

Pada adegan terakhir di film The Beginning, pasukan revolusioner merayakan kemenangan dalam peperangan Toba-Fushimi. Kenshin Himura yang berada di medan pertempuran tersebut, lalu meninggalkan pedangnya dan bersiap untuk menyongsong era baru penuh harapan, serta kedamaian.

Adegan pembuka dalam film ini kemudian memperlihatkan apa yang terjadi selanjutnya pada scene tersebut. Setelah Kenshin pergi meninggalkan pedangnya, seorang pendekar samurai yang masih hidup, Udo Jin-e (Koji Kikkawa), tidak sengaja menemukan pedang milik Kenshin. Ia kemudian mengklaim dirinya sebagai seorang Battosai yang baru.

Satu dekade kemudian, Kenshin telah melakukan pengembaraan dalam kurun waktu tersebut untuk menawarkan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Ia melakukan hal itu sebagai bentuk penebusan dosanya karena telah membunuh banyak orang demi menyongsong era baru Jepang.

Mantan Kapten Shinsengumi, Saito Hajime, kini menjadi seorang polisi dan tengah menyelidiki kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh Battosai. Sementara itu, Kenshin bertemu dengan Kamiya Kaoru (Emi Takei), pemilik dojo Kamiya Kasshin, yang tengah mencari keberadaan Battosai di jalanan.

Selepas menemui Kaoru, Kenshin kemudian bertemu dengan Sagara Sanosuke (Munetaka Aoki), Takani Megumi (Yu Aoi), dan Myojin Yahiko (Taketo Tanaka). Ketiganya lalu bakal menjadi teman-teman Kenshin, dan membantunya dalam melawan segala macam ancaman.

3. Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno

Rurouni-Kenshin-3_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Live-action, adventure, drama
  • Produksi: Warner Bros. Pictures Japan
  • Sutradara: Keishi Otomo
  • Pemeran: Takeru Satoh, Emi Takei, Yu Aoi, Yosuke Eguchi, Munetaka Aoki, Taketo Tanaka, Ryunosuke Kamiki, Tatsuya Fujiwara, dan Masaharu Fukuyama

Setelah mengalahkan Jin-e, dan menyelamatkan Kaoru, Kenshin Himura memutuskan untuk tidak menjadi pengembara lagi dan tinggal bersama Kaoru beserta Yahiko, Sanosuke, serta Megumi. Di suatu hari, Pemerintah Meiji meminta bantuannya untuk meredam ancaman dari seorang pemberontak berbahaya bernama Makoto Shishio (Tatsuya Fujiwara).

Saat Kenshin “menggantungkan” pedangnya dan melakukan pengembaraan, Shishio adalah penerusnya sebagai seorang Battosai. Akan tetapi, kisah Shishio lebih tragis karena ia dikhianati dan dibakar hidup-hidup oleh Pemerintah Jepang. Ajaibnya, ia bisa selamat meski luka bakar menyelimuti seluruh tubuhnya.

Kini, Shishio hendak membalas dendam kepada pemerintah dan berusaha menguasai Jepang bersama pasukan elitnya yang dinamakan Juppongatana. Melihat ancaman tersebut, Kenshin pergi ke Kyoto untuk membantu pemerintah agar tidak ada pertumpahan darah seperti era Bakumatsu dulu.

Dalam film ini, beberapa karakter ikonik di manga aslinya mulai diperlihatkan seperti Aoshi Shinomori (Yusuke Iseya), pemimpin kelompok mata-mata Oniwabanshu, Misao Makimachi (Tao Tsuchiya), anggota termuda dari kelompoknya, Seijuro Hiko (Masaharu Fukuyama), gurunya Kenshin yang mengajarkan ilmu pedang  Hiten Mitsurugi Ryu, dan Sojiro Seta (Ryunosuke Kamiki), seorang samurai kepercayaan Shishio.

4. Rurouni Kenshin: The Legend Ends

Rurouni-Kenshin-4_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Live-action, adventure, drama
  • Produksi: Warner Bros. Pictures Japan
  • Sutradara: Keishi Otomo
  • Pemeran: Takeru Satoh, Emi Takei, Yu Aoi, Yosuke Eguchi, Munetaka Aoki, Taketo Tanaka, Ryunosuke Kamiki, Tatsuya Fujiwara, dan Masaharu Fukuyama

Kenshin Himura dan Sanosuke menemukan Kapal Shishio akan berlayar ke Tokyo dan juga mengetahui jika Sojiro Seta telah menculik Kaoru. Di kapal tersebut, Kenshin bertarung dengan Shishio. Namun, ia sama sekali tidak mampu mengalahkannya. Kaoru kemudian dilempar dari atas kapal dan Kenshin melompat ke laut, tetapi ia tidak dapat menemukannya.

Beberapa waktu kemudian, Kenshin terbangun di rumah gurunya, Master Seijuro Hiko, setelah tidak sadarkan diri selama tiga hari lamanya. Master Hiko lalu mengatakan kepada mantan muridnya itu jika Kaoru kemungkinan besar sudah tewas di lautan. Kenshin selanjutnya memintanya untuk mengajarkan teknik Hiten Mitsurugi terakhir, "Amakakeru Ryu no Hirameki ", untuk mengalahkan Shishio Makoto.

Sementara itu, Shishio muncul di lepas pantai Tokyo dengan kapal perangnya yang berwarna hitam. Ia bersama pasukannya, Juppongatana, bersiap untuk menguasai Jepang dimulai dari ibukotanya. Saito Hajime kemudian sudah muak dengan pemerintahnya karena menyerah pada Shishio, dan ia pun berusaha mencari keberadaan Kenshin Himura.

Di tempat lain, Yahiko dan Sanosuke, meyakini jika Kenshin masih hidup setelah melihat banyak poster di jalanan yang menuntut sang Battosai untuk ditangkap. Keduanya lalu berangkat ke Tokyo, sedangkan Misao juga berusaha menemukan dan mencari Kaoru Kamiya.

5. Rurouni Kenshin: The Final

Rurouni-Kenshin-5_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Live-action, adventure, drama
  • Produksi: Warner Bros. Pictures Japan
  • Sutradara: Keishi Otomo
  • Pemeran: Takeru Satoh, Emi Takei, Yu Aoi, Yosuke Eguchi, Munetaka Aoki, dan, Mackenyu Arata

Kenshin Himura dan Kaoru Kamiya kini tinggal bersama di Dojo Kamiya Kasshin selepas mengalahkan Shishio dalam pertarungan yang epik. Ketika mereka berusaha untuk hidup dalam ketenangan, Kenshin harus mengalami masalah lagi yang jauh lebih berat dan emosional.

Kali ini, ia harus menghadapi masa lalunya dengan bertarung melawan Enishi Yukishiro (Mackenyu Arata), adik dari Tomoe yang merupakan mantan istrinya. Enishi sekarang menjadi pemimpin mafia Shanghai, dan kembali ke Jepang untuk melaksanakan aksi serangan “Jinchu” alias Penghakiman Manusia kepada Kenshin dan orang-orang terdekatnya.

Enishi melakukan Jinchu karena ia ingin balas dendam dan supaya Kenshin menderita rasa sakit yang sama seperti yang ia rasakan ketika Kenshin membunuh kakak perempuannya. Ia bersama pasukannya, yang sama-sama memiliki dendam terhadap Kenshin, memulai serangan kejamnya dengan memborbadir Tokyo, mulai dari restoran Akabeko, Dojo Maekawa, rumah Kepala Polisi, hingga ke Dojo Kamiya Kasshin.

Bukan hanya itu saja, Enishi pun berhasil menculik Kaoru dan membawanya ke sebuah pulau tempat markas kelompoknya berada. Beberapa waktu kemudian, Kenshin akhirnya mengetahui keberadaan dan rencana dari mafia Shanghai. Ia lalu pergi untuk menghadapi Enishi, tetapi di satu sisi ia bersiap untuk menebus dirinya atas kematian Tomoe.

Itulah kelima film live-action dari Rurouni Kenshin yang disusun sesuai urutan jalan ceritanya. Film adaptasi dari manga populer tahun 1990-an ini memang terbilang cukup memukau, meski ada beberapa bagian cerita yang berbeda dari kisah aslinya. Toh, walaupun begitu, franchise Rurouni Kenshin berhasil memberikan tontonan yang menyenangkan bagi para penggemarnya. Selamat menonton kembali!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram