Bacaterus / Film Kriminal / Yuk, Nonton Film Pirates of the Caribbean Sesuai Urutannya!

Yuk, Nonton Film Pirates of the Caribbean Sesuai Urutannya!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pirates of the Caribbean adalah serangkaian film fantasi swashbuckler (arketipe heroik dalam literatur petualangan Eropa) yang diproduksi oleh Jerry Bruckheimer dan Walt Disney. Film ini menceritakan tentang bajak laut tentunya.

Serial film ini dimulai pada tahun 2003 dengan film pertama “Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl”. Film ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus dan meraup US $654 juta di seluruh dunia.

Setelah kesuksesan film pertama, Walt Disney Pictures mengungkapkan bahwa film ini adalah trilogi. Film kedua franchise ini, berjudul “Dead Man’s Chest”, dirilis tiga tahun kemudian pada tahun 2006.

Karena sekuelnya terbukti berhasil, memecahkan rekor di seluruh dunia pada hari pemutaran perdana, film Pirates of the Caribbean pun masih berlanjut sampai sekarang, melebihi ekspektasi yang tadinya cuma mau dibikin tiga film saja.

Yuk, langsung saja simak urutan film Pirates of the Caribbean yang benar dari Bacaterus untuk Anda yang ingin kenalan lebih jauh dengan Captain Jack Sparrow.

Karakter

Jadi, di serial Pirates of the Caribbean ini ada cukup banyak karakter. Lebih baik Bacaterus kenalkan dulu pada Anda satu per satu (setidaknya karakter yang sering muncul di film-filmnya) supaya Anda tidak pusing.

1. Kapten Jack Sparrow

Pertama ada Kapten Jack Sparrow, sang protagonis utama. Karakterisasi Jack Sparrow didasarkan pada kombinasi gitaris The Rolling Stones, Keith Richards, dan karakter kartun Looney Tunes, Pepé Le Pew si sigung.

Diperankan oleh Johnny Depp, Jack Sparrow adalah salah satu dari sembilan bajak laut di penguasa Brethren Court, the Pirate Lords of the Seven Seas (Bajak Laut Penguasa Tujuh Lautan).

Dia bisa berbahaya, walaupun dia tidak kuat. Dia mampu bertahan dalam hidupnya sebagian besar berkat akal dan negosiasi alih-alih otot. Dia selalu memilih untuk melarikan diri dari situasi yang paling berbahaya dan hanya bertarung jika diperlukan.

2. Elizabeth Swann

Lalu ada Elizabeth Swann yang diperankan oleh Keira Knightley. Elizabeth adalah karakter yang bersemangat, cerdas dan independen. Dia juga sangat cantik, bahkan sampai menarik beberapa pria di film ini seperti Will Turner, James Norrington, Sao Feng, dan juga Kapten Jack Sparrow.

Walaupun pada akhirnya, hanya cinta Will Turner yang dibalas. Sepanjang tiga film, Elizabeth berubah dari seorang gadis muda aristokrat menjadi wanita yang layak, dan akhirnya menjadi bajak laut yang berani.

3. Will Turner

Bernama lengkap William Turner Jr, dia adalah pegawai magang pandai besi yang bekerja di Port Royal, Jamaika. Dia diam-diam mencintai putri gubernur, Elizabeth Swann yang sudah dibahas di atas, meskipun Will menempati kelas sosial yang lebih rendah daripada Elizabeth.

Will adalah putra Bootstrap Bill Turner, dan ia bekerja untuk membebaskan ayahnya dari Davy Jones. Karakter William diperankan oleh Orlando Bloom.

4. Davy Jones

* sumber: www.planetminecraft.com

Davy Jones muncul di film kedua “Dead Man’s Chest” dan kembali dalam film ketiga “At World’s End”. Dia adalah sang kapten Flying Dutchman (berdasarkan kapal hantu dengan nama yang sama). Karakter ini didasarkan pada takhayul Loker Davy Jones. Davy Jones adalah kapten Flying Dutchman yang paling ditakuti dan juga penguasa tujuh lautan.

Dia ditugaskan untuk mengangkut jiwa-jiwa pelaut yang telah mati di laut ke the realms of the worlds beyond. Davy diizinkan untuk menjejakkan kaki di pantai setiap sepuluh tahun sekali (jadi sisanya dihabiskan di lautan). Film ke-2 Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest adalah tentang jantung Davy Jones!

5. Tia Dalma

Tia Dalma muncul di film Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest dan Pirates of the Caribbean: At World’s End. Terungkap di film At World’s End, bahwa dia adalah dewi laut bernama Calypso, yang merupakan kekasih Davy Jones di masa lalu.

6. Hector Barbossa

Kapten Hector Barbossa muncul di semua film seri Pirates of the Caribbean. Dimulai sebagai bajak laut mayat jahat di The Curse of the Black Pearl, dia terus ada hingga film yang paling baru (ada banyak sekali plot twist di sana). Karakter ini ikonik dengan monyet lucu yang selalu mengikutinya ke mana-mana.

7. Carina Smyth

Seorang wanita muda yang cerdas dan serius yang telah mengabdikan hidupnya untuk mempelajari bintang-bintang. Hingga orang-orang pun salah berpikir kalau dia adalah seorang penyihir. Dia baru muncul di film Pirates of the Caribbean yang paling baru, dan akhirnya diketahui kalau dia adalah anak dari seorang karakter yang penting di film ini.

Urutan Film Pirates of the Caribbean

Ya, itu adalah beberapa tokoh penting di dalam film Pirates of the Caribbean. Kalau membahas semua karakternya nanti artikel ini jadi terlalu panjang, so Anda nonton saja filmnya. Nanti Anda akan tahu semua karakternya seiring Anda mengikuti film-filmnya. Untuk urutan menontonnya, silakan dimulai dari nomor 1 sampai 5.

1. The Curse of the Black Pearl (2003)

The Curse of the Black Pearl menceritakan ketika Kapten Jack Sparrow tiba di Port Royal, Karibia, tanpa kapal atau kru. Karena, perahunya tercinta yang bernama Black Pearl diambil alih oleh Barbossa. Kedatangan Jack Sparrow sangat tidak tepat, karena nanti malam kota itu akan dikepung oleh bajak laut awaknya Barbossa. Para perompak berniat menculik putri gubernur, Elizabeth.

Bukan tanpa alasan, Elizabeth ternyata memiliki koin berharga yang terkait dengan kutukan yang telah mengubah para perompak menjadi mayat hidup. Will, si pandai besi yang mencintai Elizabeth, bersekutu dengan Jack Sparrow untuk mengejar para perompak dan menyelamatkan pujaan hatinya.

2. Dead Man’s Chest (2006)

Film yang ke-2 berfokus pada masalah yang dialami Jack. Davy Jones datang untuk menagih “hutang darah” ke Jack Sparrow. Jack sebelumnya melakukan perjanjian dengan Davy Jones untuk menaikkan Pearl ke permukaan dari laut dalam. Dan, sekarang Jack harus bergabung dengan kru Davy Jones di kapal Flying Dutchman atau diseret ke loker Davy Jones.

Sebagaimana kita tahu, sudah alamiah jika Jack menghindari masalahnya, bukan? Jack pun menemukan cara untuk menghindari nasibnya agar jiwanya tidak dikutuk untuk selamanya.

3. At World’s End (2007)

Will Turner dan Elizabeth Swann bergabung dengan Kapten Barbossa untuk membebaskan Jack Sparrow dari loker Davy Jones. Sementara itu, kru kapal hantu Flying Dutchman mendatangkan malapetaka di Seven Seas. Pergi ke perairan Singapura, para kru bertemu Kapten Sao Feng (bajak laut penguasa Laut Cina Selatan) yang memiliki peta navigasi ke Loker Davy Jones.

Para kru menemukan banyak ‘jiwa yang mati’ di kapal Flying Dutchman, termasuk Gubernur Swann, ayah Elizabeth. Tia Dalma mengungkapkan bahwa Dewi Calypso menugaskan Davy Jones dengan pekerjaan untuk membimbing jiwa-jiwa mereka yang mati di laut ke dunia berikutnya. Setiap sepuluh tahun sekali, Davy Jones bisa naik ke darat untuk bersama wanita yang dicintainya.

Tetapi, Davy melanggar tugasnya dan mengkhianati kekasihnya, lalu dikutuk menjadi monster. Jiwa Gubernur Swann mengungkapkan bahwa siapa pun yang membunuh Jones dengan menusuk hatinya yang tak berwujud, harus menggantikan posisinya sebagai kapten kapal Flying Dutchman.

4. On Stranger Tides (2011)

Masa lalu Jack Sparrow datang lagi, dia adalah Angelica (dimainkan oleh Penélope Cruz), seorang bajak laut cantik dan berbahaya yang pernah dicintai Jack, namun kemudian dia pergi. Angelica memaksa Jack untuk menemaninya ke Queen Anne’s Revenge, kapal Blackbeard yang terkenal.

Mereka pun berlayar untuk menemukan Fountain of Youth yang legendaris. Namun, bukan cuma Jack saja yang mengincar air mancur itu, karena di saat yang sama Barbossa dan kapal dari Spanyol pun menginginkannya. Jack juga menemukan bahwa Black Pearl, kapalnya yang tercinta, diambil dan disusutkan untuk dimasukkan ke koleksi kapal Blackbeard lainnya yang menyusut dalam botol.

5. Dead Men Tell No Tales (2017)

Dead Men Tell No Tales adalah film terakhir (sementara ini). Mengisahkan tiga belas tahun setelah peristiwa At World’s End, Henry Turner (anak Elizabeth dan Will) yang berusia dua belas tahun naik kapal Flying Dutchman dan memberi tahu ayahnya, Will Turner, bahwa kutukan yang mengikat Will pada kapal tersebut bisa dipatahkan oleh Trident of Poseidon.

Henry bermaksud merekrut Jack Sparrow untuk membantu menemukan trisula tersebut. Para ‘pelaut hantu’ yang mematikan melarikan diri dari Devil’s Trianngle dipimpin oleh Kapten Salazar, musuh bebuyutan Jack Sparrow sejak dulu.

Satu-satunya harapan Jack untuk bertahan hidup terletak pada Trident Poseidon yang legendaris. Tetapi, untuk menemukannya, ia harus menjalin aliansi yang tidak mudah dengan seorang astronom yang cemerlang dan cantik bernama Carina Smyth dan seorang pemuda yang kuat di angkatan laut Inggris yang ternyata adalah Henry Turner.

6. Film Ke-6

Kabar gembira buat fans POTC! Serial film ini ternyata belum tamat, loh. Soalnya, mau ada film ke-6 di masa depan. Sesaat sebelum perilisan “On Stranger Tides” (2011), Disney berencana untuk syuting film kelima dan keenam secara back-to-back alias berturut-turut, meskipun akhirnya hanya angsuran film kelima yang dikembangkan.

Pada Maret 2017, sutradara Joachim Rønning menyatakan bahwa “Dead Men Tell No Tales” (2017) hanyalah permulaan dari petualangan terakhir, menegaskan bahwa itu bukan film terakhir dari seri POTC.

Pada bulan September 2017, produser Jerry Bruckheimer mengindikasikan bahwa film Pirates of the Caribbean lain masih dalam pengembangan. Pada bulan Oktober tahun yang sama, Kaya Scodelario menyatakan bahwa ia secara kontrak menandatangani kontrak untuk kembali di film keenam.

Telah dipastikan bahwa Rønning akan kembali menyutradarai film yang akan datang ini. Pada Oktober 2018, Rhett Reese dan Paul Wernick telah diminta Disney untuk menulis naskah, dengan Jerry Bruckheimer sebagai produser. Film yang ke-6 ini diharapkan membawa energi dan vitalitas baru. Sayangnya, Kehadiran Kapten Jack Sparrow dalam film berikutnya belum dikonfirmasi.

Begitulah urutan yang benar ketika Anda mau mulai menonton Pirates of the Caribbean ini. Sebenarnya yang baru resmi rilis hanya 5 film saja, namun ada tanda jika film ini akan dilanjutkan dengan film ke-enamnya. Apa judul untuk film ke-enamnya? Masih dirahasiakan, mari tunggu saja, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *