Inilah Urutan Film One Piece dari Awal sampai Sekarang

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

One Piece merupakan sebuah manga yang sukses, versi anime dan filmnya pun banyak digemari. Pada tahun 1999, seri anime One Piece perdana ditayangkan, yang kemudian diadaptasi ke dalam film yang diproduksi oleh Toei Animation. Biasanya tiap tahun pun ada satu film baru One Piece yang ditayangkan.

Alur cerita filmnya mulai dari cerita orisinal atau adaptasi dari alur cerita manga dan animenya. Secara keseluruhan, film One Piece menceritakan tentang petualangan kelompok bajak laut ‘Topi Jerami’ dengan ketuanya yaitu Luffy yang bercita-cita menjadi seorang Raja Bajak Laut.

Berikut ini Bacaterus akan mengulas urutan film One Piece hingga yang terbaru, yang perlu kamu ketahui. Selamat membaca!

1. One Piece: The Movie

urutan film one piece_One Piece The Movie_
  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Aono Takeshi, Imai Yuka, Utsumi Kenji

One Piece atau One Piece: The Movie merupakan film pertama dari adaptasi manga berjudul sama. Film ini ditayangkan pada acara Spring 2000 Toei Anime Fair, bersamaan dengan Digimon Adventure: Our War Game!. Film ini mengambil cerita pada season pertama One Piece yaitu arc East Blue Saga. 

Cerita dimulai ketika seorang bajak laut legendaris bernama Woonan mengumpulkan 1/3 emas yang ada di dunia. Bahkan setelah Woonan tiada pun, legenda tersebut masih sering diperbincangkan dan menjadi target menarik para bajak laut.

El Drago, merupakan bajak laut yang berusaha keras untuk mendapatkan harta karun legendaris itu. Dia bersama krunya telah memburu mantan anggota kru Woonan satu per satu, hingga akhirnya menuntun mereka menuju ke pulau tersembunyi.

Namun, dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan kru bajak laut Topi Jerami dan memutuskan untuk merampoknya. Karena itulah terjadi pertempuran antara kru bajak laut Topi Jerami dengan El Drago.

Tapi, Luffy dan teman-temannya terpisah. Kelompok Topi Jerami pun berusaha mencari cara untuk mencapai pulau tersembunyi sebelum El Drago mengambil harta karun legendaris tersebut.

2. Clockwork Island Adventure

urutan film one piece_Clockwork Island Adventure_
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Genda Tesshou, Horiuchi Kenyuu, Yajima Akiko

Clockwork Island Adventure merupakan film One Piece ke-2. Film ini dalam bahasa Jepang dikenal dengan Nejimaki jima no Daibouken. Film ini merupakan film pertama yang menggunakan perpaduan tinta dan gambar digital. Ia juga merupakan film pertama bagi Hirata Hiroaki, pengisi suara Sanji.

Film ini menceritakan petualangan kelompok bajak laut Topi Jerami ke Pulau Clockwork. Di pulau tersebut terdapat sebuah harta karun terkenal yang disebut dengan Jam Berlian.

Namun, kelompok bajak laut Topi Jerami kehilangan kapal mereka. Sehingga mereka mulai melakukan perjalanan dengan menggunakan sebuah kapal bebek dan pakaian dari toko persewaan untuk upacara pernikahan.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan pencuri bersaudara yang telah mencuri kapal Topi Jerami. Kemudian mereka dibawa ke pulau Clockwork untuk melawan Trump Bersaudara yang merupakan bajak laut di pulau tujuan mereka.

3. Chopper's Kingdom on the Island of Strange Animals

urutan film one piece_Episode of Chopper Plus Bloom in the Winter, Miracle Sakura_
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Ootani Ikue, Hirata Hiroaki

Film ini merupakan film ke-3 dan dikenal juga dengan judul Chinjou Shima no Chopper Oukoku. Film ini merupakan film perdana bagi Ootani Ikue yang menjadi pengisi suara Tony Tony Chopper.

Setelah bergabungnya Chopper ke kru bajak laut Topi Jerami, dalam sebuah petualangan, mereka sampai di sebuah Pulau Hewan Aneh. Di pulau tersebut hewan-hewan dapat berbicara dan menjadikan Chopper sebagai raja baru mereka.

Namun, di pulau itu ada pemburu manusia yang mencari tanduk legendaris. Konon, tanduk legendaris akan memberikan kekuatan besar bagi yang mengonsumsinya. Luffy dan teman-temannya pun berusaha menghentikan para pemburu yang berusaha menghancurkan kerajaan hewan di pulau tersebut.

4. Dead End Adventure

urutan film one piece_Dead End Adventure_
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Uda Kounosuke
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Miyamoto Mitsuru, Sakai Miki, Ishida Tarou

Film ke-4 dari seri One Piece adalah Dead End no Bouken atau yang dikenal juga dengan Dead End Adventure. Yamaguchi Yuriko yang menjadi pengisi suara Nico Robin, perdana menjadi pengisi suara di film ini.

Petualangan kru bajak laut Topi Jerami kali ini berada di sebuah pelabuhan Anabaru. Di sana terdapat sebuah kasino lokal yang mengadakan kompetisi dengan hadiah sangat besar. Tentu Nami sangat semangat untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Namun, ada sebuah konspirasi dibalik kompetisi itu yang didalangi oleh seorang mantan komandan militer, Gasparde.

Dia berencana untuk menarik semua bajak laut ke pangkalan militer dan mengirim mereka pada kematian. Sehingga Luffy dan krunya harus mengalami sebuah ujian dan kepahitan di sepanjang jalan untuk menyelesaikan petualangan yang buntu tersebut.

5. The Cursed Holy Sword

urutan film one piece_The Cursed Holy Sword_
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Takenouchi Kazuhisa 
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Yuzuki Ryouka, Nakamura Shidou

Film ke-5 dari seri One Piece dikenal dengan judul The Curse of the Sacred Sword atau yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Norowareta Seiken. Pada film ini fokus ceritanya ada pasa Zoro yang merupakan salah satu kru Topi Jerami.

Suatu ketika, Luffy dan krunya pergi ke sebuah pulau untuk mencari pedang legendaris. Namun, dalam perjalanannya Zoro menghilang dan mengkhianati kru Topi Jerami. Dia bergabung dengan sekelompok marinir untuk membantu seorang teman lama.

Kemudian Zoro melawan Sanji dan berhasil mengalahkannya. Saat itu, Zoro langsung mengambil tiga bola permata dari Maya. Tiga bola pertama itu merupakan sebuah bola legendaris yang bisa menjerumuskan dunia ke dalam kegelapan.

6. Baron Omatsuri and the Secret Island

urutan film one piece_Baron Omatsuri and the Secret Island_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Hosoda Mamoru 
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Watanabe Misa, Ootsuka Akio

Selanjutnya ada Baron Omatsuri and the Secret Island yang merupakan film ke-6 dari franchise One Piece. Film ini menceritakan kisah kru Topi Jerami yang berlayar dan berpetualang menuju ke Pulau Omatsuri, yaitu sebuah pulau yang merupakan satu-satunya resor rekreasi di Grand Line.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram