bacaterus web banner retina

Inilah Urutan Film One Piece dari Awal sampai Sekarang

One Piece merupakan sebuah manga yang sukses, versi anime dan filmnya pun banyak digemari. Pada tahun 1999, seri anime One Piece perdana ditayangkan, yang kemudian diadaptasi ke dalam film yang diproduksi oleh Toei Animation. Biasanya tiap tahun pun ada satu film baru One Piece yang ditayangkan.

Alur cerita filmnya mulai dari cerita orisinal atau adaptasi dari alur cerita manga dan animenya. Secara keseluruhan, film One Piece menceritakan tentang petualangan kelompok bajak laut ‘Topi Jerami’ dengan ketuanya yaitu Luffy yang bercita-cita menjadi seorang Raja Bajak Laut.

Berikut ini Bacaterus akan mengulas urutan film One Piece hingga yang terbaru, yang perlu kamu ketahui. Selamat membaca!

1. One Piece: The Movie

urutan film one piece_One Piece The Movie_
  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Aono Takeshi, Imai Yuka, Utsumi Kenji

One Piece atau One Piece: The Movie merupakan film pertama dari adaptasi manga berjudul sama. Film ini ditayangkan pada acara Spring 2000 Toei Anime Fair, bersamaan dengan Digimon Adventure: Our War Game!. Film ini mengambil cerita pada season pertama One Piece yaitu arc East Blue Saga. 

Cerita dimulai ketika seorang bajak laut legendaris bernama Woonan mengumpulkan 1/3 emas yang ada di dunia. Bahkan setelah Woonan tiada pun, legenda tersebut masih sering diperbincangkan dan menjadi target menarik para bajak laut.

El Drago, merupakan bajak laut yang berusaha keras untuk mendapatkan harta karun legendaris itu. Dia bersama krunya telah memburu mantan anggota kru Woonan satu per satu, hingga akhirnya menuntun mereka menuju ke pulau tersembunyi.

Namun, dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan kru bajak laut Topi Jerami dan memutuskan untuk merampoknya. Karena itulah terjadi pertempuran antara kru bajak laut Topi Jerami dengan El Drago.

Tapi, Luffy dan teman-temannya terpisah. Kelompok Topi Jerami pun berusaha mencari cara untuk mencapai pulau tersembunyi sebelum El Drago mengambil harta karun legendaris tersebut.

2. Clockwork Island Adventure

urutan film one piece_Clockwork Island Adventure_
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Genda Tesshou, Horiuchi Kenyuu, Yajima Akiko

Clockwork Island Adventure merupakan film One Piece ke-2. Film ini dalam bahasa Jepang dikenal dengan Nejimaki jima no Daibouken. Film ini merupakan film pertama yang menggunakan perpaduan tinta dan gambar digital. Ia juga merupakan film pertama bagi Hirata Hiroaki, pengisi suara Sanji.

Film ini menceritakan petualangan kelompok bajak laut Topi Jerami ke Pulau Clockwork. Di pulau tersebut terdapat sebuah harta karun terkenal yang disebut dengan Jam Berlian.

Namun, kelompok bajak laut Topi Jerami kehilangan kapal mereka. Sehingga mereka mulai melakukan perjalanan dengan menggunakan sebuah kapal bebek dan pakaian dari toko persewaan untuk upacara pernikahan.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan pencuri bersaudara yang telah mencuri kapal Topi Jerami. Kemudian mereka dibawa ke pulau Clockwork untuk melawan Trump Bersaudara yang merupakan bajak laut di pulau tujuan mereka.

3. Chopper's Kingdom on the Island of Strange Animals

urutan film one piece_Episode of Chopper Plus Bloom in the Winter, Miracle Sakura_
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Ootani Ikue, Hirata Hiroaki

Film ini merupakan film ke-3 dan dikenal juga dengan judul Chinjou Shima no Chopper Oukoku. Film ini merupakan film perdana bagi Ootani Ikue yang menjadi pengisi suara Tony Tony Chopper.

Setelah bergabungnya Chopper ke kru bajak laut Topi Jerami, dalam sebuah petualangan, mereka sampai di sebuah Pulau Hewan Aneh. Di pulau tersebut hewan-hewan dapat berbicara dan menjadikan Chopper sebagai raja baru mereka.

Namun, di pulau itu ada pemburu manusia yang mencari tanduk legendaris. Konon, tanduk legendaris akan memberikan kekuatan besar bagi yang mengonsumsinya. Luffy dan teman-temannya pun berusaha menghentikan para pemburu yang berusaha menghancurkan kerajaan hewan di pulau tersebut.

4. Dead End Adventure

urutan film one piece_Dead End Adventure_
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Uda Kounosuke
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Miyamoto Mitsuru, Sakai Miki, Ishida Tarou

Film ke-4 dari seri One Piece adalah Dead End no Bouken atau yang dikenal juga dengan Dead End Adventure. Yamaguchi Yuriko yang menjadi pengisi suara Nico Robin, perdana menjadi pengisi suara di film ini.

Petualangan kru bajak laut Topi Jerami kali ini berada di sebuah pelabuhan Anabaru. Di sana terdapat sebuah kasino lokal yang mengadakan kompetisi dengan hadiah sangat besar. Tentu Nami sangat semangat untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Namun, ada sebuah konspirasi dibalik kompetisi itu yang didalangi oleh seorang mantan komandan militer, Gasparde.

Dia berencana untuk menarik semua bajak laut ke pangkalan militer dan mengirim mereka pada kematian. Sehingga Luffy dan krunya harus mengalami sebuah ujian dan kepahitan di sepanjang jalan untuk menyelesaikan petualangan yang buntu tersebut.

5. The Cursed Holy Sword

urutan film one piece_The Cursed Holy Sword_
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Takenouchi Kazuhisa 
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Yuzuki Ryouka, Nakamura Shidou

Film ke-5 dari seri One Piece dikenal dengan judul The Curse of the Sacred Sword atau yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Norowareta Seiken. Pada film ini fokus ceritanya ada pasa Zoro yang merupakan salah satu kru Topi Jerami.

Suatu ketika, Luffy dan krunya pergi ke sebuah pulau untuk mencari pedang legendaris. Namun, dalam perjalanannya Zoro menghilang dan mengkhianati kru Topi Jerami. Dia bergabung dengan sekelompok marinir untuk membantu seorang teman lama.

Kemudian Zoro melawan Sanji dan berhasil mengalahkannya. Saat itu, Zoro langsung mengambil tiga bola permata dari Maya. Tiga bola pertama itu merupakan sebuah bola legendaris yang bisa menjerumuskan dunia ke dalam kegelapan.

6. Baron Omatsuri and the Secret Island

urutan film one piece_Baron Omatsuri and the Secret Island_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Hosoda Mamoru 
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Watanabe Misa, Ootsuka Akio

Selanjutnya ada Baron Omatsuri and the Secret Island yang merupakan film ke-6 dari franchise One Piece. Film ini menceritakan kisah kru Topi Jerami yang berlayar dan berpetualang menuju ke Pulau Omatsuri, yaitu sebuah pulau yang merupakan satu-satunya resor rekreasi di Grand Line.

Terpesona dengan keindahan dan segala hal yang ada di sana, kru Topi Jerami memutuskan untuk bersantai dan menikmati waktu tersebut. Namun, mereka cukup kecewa karena mulai dari kedatangan, mereka harus melewati ‘Cobaan Neraka’ Baron Matsuri.

Jika mereka lolos, barulah mereka bisa menikmati resor di sana. Namun, semakin lama mereka tinggal di sana, masalah mulai bermunculan.

7. Giant Mecha Soldier of Karakuri Castle

urutan film one piece_Giant Mecha Soldier of Karakuri Castle_
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Uda Kounosuke
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Hirata Hiroaki, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Yamaguchi Yuriko, Ikura Kazue, 

Film ke-7 dari franchise One Piece adalah Giant Mecha Soldier of Karakuri Castle. Film ini dikenal juga dengan judul Karakuri-jou no Mecha Kyohei. Kali ini kru Topi Jerami berpetualang ke sebuah pulau yang dikenal sebagai Pulau Mecha. Pulau tersebut memiliki sebuah harta yang dikenal dengan Mahkota Emas.

Setibanya di pulau tersebut, kru Topi Jerami diserang oleh penguasa di sana. Namun, sang penguasa berubah pikiran. Kemudian memutuskan untuk bekerja sama untuk memecahkan misteri Mahkota Emas.

8. The Desert Princess and the Pirates: Adventures in Alabasta

urutan film one piece_The Desert Princess and the Pirates Adventures in Alabasta_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Imamura Takahiro
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Hirata Hiroaki, Ootani Ikue, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Ootomo Ryuuzaburou, Watanabe Misa

Bagi yang sudah mengikuti seri manga maupun anime One Piece pasti sudah tidak asing dengan cerita arc Alabasta. Film ini merupakan film ke-8 yang menceritakan kembali arc tersebut.

Kru Topi Jerami kali ini ditemani oleh Vivi dan menuju Alabasta, sebuah pulau terpencil yang merupakan tempat tinggal Vivi. Setibanya di sana, kru Topi Jerami menemukan negara di tengah-tengah revolusi.

Crocodile yang merupakan anggota Shichibukai (Tujuh Prajurit Bajak Laut) disebut-sebut sebagai seorang pahlawan negara. Tapi dia sebenarnya diam-diam menggunakan organisasi kriminalnya untuk merusak kepercayaan warga pada Cobra, ayah dari Vivi yang merupakan raja di Kerajaan Pasir. 

Crocodile memiliki niat untuk merebut tahta dan rahasia tersembunyi di negara tersebut. Kemudian Kru Topi Jerami berusaha untuk menghentikan revolusi dan menyelamatkan ribuan nyawa warga Kerajaan Pasir dari serangan organisasi Crocodile.

9. Episode of Chopper Plus: Bloom in the Winter, Miracle Sakura

urutan film one piece_Chopper's Kingdom on the Island of Strange Animals_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Shimizu Junji
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Hirata Hiroaki, Ootani Ikue, Okamura Akemi, Ushiyama Shigeru, Nozawa Masako, Shimada Bin, Mino Monta

Film ke-9 dari franchise One Piece ini merupakan film kedua yang ceritanya fokus pada karakter Chopper. Film ini menceritakan kembali alur cerita Pulau Drum dari seri manga-nya, tapi dengan beberapa perubahan.

Perubahan yang dimaksud yakni karakter Vivi dihapuskan, tapi dimunculkan karakter baru yakni Franky dan Robin. Kapal baru, Thousand Sunny, juga diperkenalkan dalam film ini.

Dari segi cerita, alurnya hampir sama dengan arc ketika Kru Topi Jerami sampai ke sebuah pulau musim dingin. Di sana kru Topi Jerami bertemu dengan Chopper untuk pertama kalinya. Kemudian mereka membantu warga di sana untuk mengalahkan Wapol.

10. One Piece Film: Strong World

urutan film one piece_Episode of Chopper Plus Bloom in the Winter, Miracle Sakura_
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Sakai Munehisa
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Cho, Yao Kazuki, Takenaka Naoto

One Piece: Film Strong World merupakan film ke-10 dari franchise One Piece. Film ini merupakan cerita orisinil yang ditulis oleh Oda Eiichiro sebagai peringatan tahun kesepuluh One Piece. Film ini mengambil latar arc Thriller Bark dan arc Kepulauan Sabaody. 

Setelah kru Topi Jerami mendengar berita kehancuran pulau-pulau di East Blue, mereka pergi untuk menyelidikinya. Dalam perjalanan, sebuah kapal bajak laut aneh muncul dari langit.

Pemilik kapal bajak laut itu dikenal bernama Shiki ‘Singa Emas’. Dia merupakan seorang pria pemakan buah Float-Float dan tahanan yang melarikan diri dari Impel Down.

Dalam usahanya untuk mengalahkan pemerintah Dunia, Shiki menculik Nami untuk dijadikan sebagai navigator. Sementara kru Topi Jerami yang lain dikirimnya ke pulau terapung sebagai sandera.

Lalu, Luffy dan teman-temannya berusaha menyelamatkan Nami, meskipun mereka terjebak dalam kondisi yang membingungkan.

11. Straw Hat Chase

urutan film one piece_Straw Hat Chase_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Satou Hiroyuki
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Hirata Hiroaki, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Cho, Yao Kazuki, Yamaguchi Tomomitsu

Film Straw Hat Chase merupakan film 3D pertama dan film ke-11 dari franchise One Piece. Film ini menampilkan Yamaguchi Tomomitsu sebagai pengisi suara Schneider dan Bazz. Film ini merupakan cerita orisinal yang menceritakan tentang Luffy yang kehilangan topi jeraminya.

Dalam perncarian topi jerami milik Luffy, mereka bertemu dengan seorang lelaki paruh baya yang hampir meninggal. Lelaki itu bernama Schneider. Dari lelaki tersebut, mereka mengetahui kalau yang mencuri topi milik luffy adalah Bazz, seekor anjing pemakan buah iblis ‘tori tori no mi: medel eagle’.

12. One Piece Film: Z

urutan film one piece_One Piece Film Z_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Nagamine Tatsuya
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Cho, Yao Kazuki, Suzuki Masami

Baca Juga: Sinopsis & Review One Piece Film: Z

One Piece Film: Z, merupakan film ke-12 dan merupakan film One Piece pertama yang mengambil latar Shinsekai (Dunia Baru). Petualangan kru Topi Jerami kali ini dimulai dengan memasuki lautan kasar Dunia baru untuk mencari harta karun Raja Bajak Laut.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan seorang pria yang menakutkan dan kuat. Pria tersebut merupakan seorang mantan Laksamana Marinir yang dikenal dengan nama Z yang dituduh telah mencuri ‘Batu Dyna’, senjata berbahaya yang bisa mengguncangkan Dunia Baru.

Para angkatan laut mulai mengambil tindakan untuk menghentikan rencana Z. Begitu pula dengan kru Topi Jerami yang memutuskan untuk mengejar Z dan mencegahnya melakukan kekacauan.

13. One Piece Film: Gold

urutan film one piece_One Piece Film Gold_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Miyamoto Hiroaki
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Ootani Ikue, Yamaguchi Yuriko,Cho, Yao Kazuki, Sakurai Takahiro

Baca Juga: Sinopsis & Review One Piece: Gold

One Piece Film: Gold, film ke-13 dari seri film One Piece yang ditayangkan perdana pada 23 Juli 2016. Film ini mengikuti seri anime spesial yang berjudul One Piece: Heart of Gold yang tayang pada 16 Juli 2016.

Film ini menceritakan sebuah petualangan kru Topi Jerami di Gran Tesoro, yaitu sebuah kapal megah yang memiliki hiburan terbesar di dunia. Mereka sangat tertarik dengan kemegahan di Gran Teseoro dan berusaha untuk mendapatkan Jackpot dari kasino yang ada di sana.

Awalnya, kru Topi Jerami secara beruntun mendapatkan keberuntungan. Namun, mereka akhirnya terjebak dalam penipuan sang pemilik kasino dan mendapati sebuah rahasia gelap yang ada di sana.

Kru Topi Jerami yang terjebak berusaha untuk keluar dalam situasi sulit dan berjuang untuk mengalahkan dalang dibalik jebakan tersebut.

14. One Piece: Stampede

urutan film one piece_One Piece Stampede_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Ootsuka Takahashi
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Cho, Yao Kazuki, Isobe Tsutomu

Baca Juga: Sinopsis & Review One PIece Stampede

One Piece Stampede, merupakan film ke-14 dari franchise One Piece. Film ini ditayangkan sebagai peringatan ulang tahun One Piece yang ke-20.

Pada film ini ada cukup banyak karakter yang muncul selain kru Topi Jerami. Beberapa di antaranya adalah Trafalgar Law, Smoker, Buggy, beberapa anggota Shichibukai, beberapa Laksamana Angkatan Laut sampai ke CP9.

Filmnya menceritakan tentang sebuah festival bajak laut terbesar di dunia. Kru Topi Jerami juga mendapatkan undangannya dan Buena Festa adalah tuan rumah dari acara festival itu.

Kru Topi Jerami pun sampai di tempat festival yang dipenuhi dengan tempat-tempat glamor dan banyak bajak laut dari Generasi Terburuk juga hadir. Mereka memperebutkan sebuah hadiah utama dalam acara tersebut.

Baca juga: 20 Karakter Penting dalam One Piece Stampede (2019)

15. One Piece Film: Red

urutan film one piece_One Piece Film Red_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Taniguchi Gorou
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei, Hirata Hiroaki, Yamaguchi Yuriko, Ootani Ikue, Cho, Yao Kazuki, Houki Katsuhisa, Ikeda Shuuichi, Kaori Nazuka

One Piece Film: Red merupakan film ke-15 dari franchise One Piece. Film ini rencananya akan ditayangkan perdana pada 6 Agustus 2022 mendatang dalam rangka memperingati seri animeepisode 1000. Film ini digadang-gadang akan berpusat pada karakter baru seorang wanita bernama Uta.

Ceritanya sendiri berawal di sebuah pulau di mana Uta merupakan seorang diva yang paling populer di dunia. Untuk pertama kalinya Uta tampil di depan umum sambil menyembunyikan identitas aslinya. Kemudian dunia dikejutkan dengan berita mengenai Uta yang merupakan ‘putri’ dari Shanks Rambut Merah!

Nah, urutan film One Piece mulai dari film pertama hingga yang terbaru. Dari semua list film One Piece di atas, manakah yang sudah kamu tonton? Dan film manakah yang menurut kamu paling seru? Tulis di kolom komentar di bawah ini ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram