Bacaterus / Film Spionase / Inilah Urutan Film Jason Bourne yang Bisa Kamu Tonton

Inilah Urutan Film Jason Bourne yang Bisa Kamu Tonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jason Bourne adalah karakter protagonis yang diciptakan oleh Novelis Robert Ludlum. Ia muncul pertama kali dalam novel The Bourne Identity (1980), yang kemudian berhasil diadaptasi untuk serial televisi pada tahun 1988. Setelahnya itu, sosok Bourne tetap eksis dalam sembilan novel berikutnya yang ditulis oleh Eric Van Lustbader.

Novel tersebut lalu diadaptasi pada tahun 2002 menjadi sebuah film dengan judul yang sama, dan dibintangi oleh aktor Matt Damon sebagai pemeran utamanya. Bourne memiliki banyak keahlian, seperti mahir menggunakan senjata api, bahan peledak dan menguasai beragam teknik seni bela diri. Ia pun memiliki keterampilan yang sangat baik dalam observasi dan kemampuan melarikan diri.

Hingga sampai saat ini, sudah ada lima film yang menceritakan sepak terjang dari Jason Bourne. Kelimanya mampu masuk ke dalam jajaran Box Office di industri perfilman Hollywood. Untuk kamu yang ingin mengikuti keseruan dari cerita agen rahasia CIA ini, berikut Bacaterus akan memberikan ulasan film-filmnya di bawah ini. Yuk, kita simak sama-sama pembahasannya berikut ini ya!

1. The Bourne Identity (2002)

The Bourne Identity (2002)

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Doug Liman
  • Pemeran: Franka Potente, Matt Damon, Chris Cooper
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, The Kennedy/Marshall Company, Hypnotic

Cerita diawali ketika seorang nelayan menemukan pria yang tak sadarkan diri terapung di lautan mediterania. Pria itu ternyata mengalami amnesia dan hanya memiliki satu petunjuk identitasnya, yaitu nomor rekening akun bank Swiss yang ditanamkan pada pinggulnya. Ia kemudian melakukan perjalanan ke Zürich, Swiss, untuk menemukan sebuah bank yang sesuai dengan nomor rekeningnya.

Pria tersebut lalu tiba di sebuah bank dan menemukan deposit boxnya berisi uang dalam jumlah besar, sebuah pistol, dan 6 buah paspor dengan fotonya, namun namanya berbeda-beda. Ia kemudian mengidentifikasikan dirinya sebagai Jason Bourne. Pegawai bank lalu memberitahukan kepada Divisi Kegiatan Rahasia CIA, “Operasi Treadstone” atas kehadiran dari pria tersebut.

Bourne yang mengetahui kemudian langsung melarikan diri menuju kedutaan besar Amerika yang ada di Swiss. Namun, para pejabat kedutaan berusaha menangkapnya dan lagi-lagi Bourne berhasil lolos dari penangkapan tersebut. Ia kemudian bertemu dengan seorang wanita bernama Marie Kreutz, dan menawarinya 20 ribu dolar untuk membawanya ke alamat yang ada di paspornya di Kota Paris.

Sementara itu di markas CIA, pimpinan dari Operasi Treadstone, Alexander Conklin, mengungkapkan kepada atasannya bahwa Bourne masih hidup. Ia menjelaskan jika Bourne adalah seorang yang bertanggung jawab atas upaya pembunuhan yang gagal terhadap seorang diktator Afrika, Wombosi. Akhirnya, mereka kemudian mengirimkan tiga orang agen yang terlatih untuk membunuh Jason Bourne.

2. The Bourne Supremacy (2004)

The Bourne Supremacy (2004)

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Paul Greengrass
  • Pemeran: Matt Damon, Franka Potente, Joan Allen
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Motion Picture THETA Produktionsgesellschaft, The Kennedy/Marshall Company

Dalam sekuel film ini, Jason Bourne bersama kekasihnya, Marie Kreutz, berada di Kota Goa, India. Selama dua tahun di tempat tersebut, ia berjuang untuk mengingat kembali misi pertamanya sebagai agen operasi hitam.

Sementara itu di Kota Berlin, Deputi Direktur CIA, Pamela Landy, tengah mencari bukti dari seorang informan untuk mencari tersangka yang telah mencuri dana CIA sebesar 20 juta dolar.

Sebelum rencana itu terselesaikan, seorang agen dari Rusia bernama Kirill berhasil membunuh informan tersebut. Selanjutnya, Kirill lantas pergi menuju Goa untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya, yakni membunuh Jason Bourne.

Di Goa, Bourne yang mengetahui kedatangannya langsung melarikan diri bersama Marie menggunakan mobil. Namun, mobil yang digunakan keduanya masuk ke dalam sungai.

Akibat insiden tersebut, Marie akhirnya tewas terbunuh. Kirill lantas percaya jika Bourne pun ikut terbunuh dalam kecelakaan tersebut. Akan tetapi, Bourne masih hidup dan kemudian berangkat ke Naples, Italia untuk membalas dendam.

Di tempat lain, Landy mulai menyelidiki Operasi Treadstone, sebuah operasi pasukan elit pembunuh rahasia CIA di mana Jason Bourne terdaftar di dalamnya.

Landy lalu melaporkan hal tersebut kepada atasannya, Martin Marshall, dan mengatakan jika seorang politisi Rusia telah tewas terbunuh karena mempunyai bukti identitas yang mencuri dana CIA sebesar 20 juta dollar.

Ia kemudian menduga jika Bourne yang bertanggung jawab atas kasus tersebut. Marshall lalu segera memberikan perintah kepada Landy untuk pergi ke Naples dan menangkap Jason Bourne.

3. The Bourne Ultimatum (2007)

The Bourne Ultimatum (2007)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Paul Greengrass
  • Pemeran: Matt Damon, Edgar Ramírez, Joan Allen
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Motion Picture BETA Produktionsgesellschaft, The Kennedy/Marshall Company

Seorang jurnalis dari surat kabar Guardian bernama Simon Ross akan bertemu dengan narasumbernya untuk membahas tentang Jason Bourne dan Operasi Treadstone. CIA kemudian mampu melacak keberadan Ross saat dia menelpon editornya.

Di tempat yang lain, Bourne menuju Paris bertemu dengan rekannya, Martin, untuk memberitahu bahwa ia akan memburu orang yang membunuh kekasihnya. Bourne lalu bertemu dengan Ross di Kota London untuk membantunya melarikan diri dari kejaran CIA.

Namun, seorang agen bernama Paz membunuh Ross atas perintah dari pimpinan Operasi Blackbriar, Noah Vosen. Narasumber yang akan ditemui oleh Ross ternyata adalah seorang Kepala Cabang CIA di Madrid bernama Neal Daniels. Bourne kemudian berhasil mengambil buku catatan dari sang jurnalis tersebut.

Dalam perjalanannya, Bourne lalu bertemu dengan Nicky Parsons, seorang mantan teknisi logistik Treadstone. Perempuan tersebut setuju untuk membantunya kabur dari kejaran CIA, dan bersama-sama pergi ke Maroko untuk mencari keberadaan Daniels.

Sesampainya di sana, Nicky mengetahui jika ada agen lainnya yang bernama Desh Bouksani telah ditugaskan untuk membunuh Daniels. Bourne lalu segera membuntuti Desh untuk mencegahnya membunuh Daniels, namun ia gagal.

Akan tetapi, ia berhasil menyelamatkan Nicky dari agen pembunuh tersebut. Bourne kemudian memeriksa isi tas Daniels yang sudah hangus. Di dalamnya, ia menemukan alamat Divisi Penyamaran Rahasia Biro Anti-Terorisme CIA di New York, tempat di mana Noah Vosen mengarahkan Operasi Blackbriar.

4. The Bourne Legacy (2012)

The Bourne Legacy (2012)

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Tony Gilroy
  • Pemeran: Jeremy Renner, Rachel Weisz, Edward Norton
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Relativity Media, The Kennedy/Marshall Company

The Bourne Legacy menceritakan tentang seorang karakter protagonis baru bernama Aaron Cross yang merupakan bagian dari Operation Outcome, sebuah program rahasia departemen pertahanan Amerika Serikat. Para agen Outcome masing-masing diberi asupan pil hijau untuk meningkatkan kemampuan fisik dan pil biru untuk meningkatkan kemampuan kognitif (mental).

Cross kemudian bertemu rekannya di Alaska untuk sebuah pelatihan. Namun, saat esok harinya sebuah misil tiba-tiba menghantam rumah rekannya tersebut, dan Cross berhasil selamat dari insiden itu. Setelah diselidiki, misil tersebut dikirim oleh Eric Byre, salah satu orang yang terlibat dalam proyek operasi Blackbriar dan Threadstone.

Program Outcome lalu menghadapi ancaman setelah Jason Bourne mengekspos Operation Blackbriar dan Treadstone, dan mulai menyeret sejumlah petinggi CIA ke dalam investigasi FBI. Untuk menghilangkan barang bukti, Eric Byre memutuskan untuk menghabisi semua aset Outcome termasuk membunuh Aaron Cross.

Sementara itu, para peneliti yang terlibat dalam program tersebut menjadi sasaran pembunuhan juga. Salah satu peneliti bernama Martha berhasil lolos dari ancaman maut itu. Cross kemudian bertemu dengannya dan terjebak dalam konspirasi yang dapat mengorbankan nyawa keduanya. Cross setuju untuk melindungi Martha agar dirinya lepas dari ketergantungan pil yang selama ini ia konsumsi.

5. Jason Bourne (2016)

Jason Bourne (2016)

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Paul Greengrass
  • Pemeran: Matt Damon, Tommy Lee Jones, Alicia Vikander
  • Perusahaan Produksi:Universal Pictures, Perfect World Pictures, The Kennedy/Marshall Company

Jason Bourne kini akhirnya pulih total dari amnesianya, dan mengasingkan diri dengan ikut berpartisipasi dalam pertarungan jalanan ilegal. Di tempat lain, rekan lamanya yang bernama Nicky Parsons bergabung bersama kelompok hacktivisme di bawah pimpinan Christian Dassault. Ia lalu berusaha masuk ke server computer CIA untuk membongkar program operasi hitam.

Nicky lalu menemukan fakta bahwa ayah dari Bourne mempunyai peran vital dalam perekrutan anaknya untuk masuk ke dalam operasi Treadstone. Ia kemudian menuju Athena untuk mencari Bourne dan memberitahu tentang isi dokumen tersebut.

Keduanya pun bertemu dengan kondisi yang tidak aman ketika terjadi demonstrasi anti-pemerintah yang ricuh dan anarkis di Yunani. Selain itu, kelompok agen dari CIA mempunyai misi untuk menangkap keduanya di negara tersebut.

Akibatnya, Nicky tewas tertembak oleh salah satu agen yang memiliki dendam pribadi kepada Bourne. Namun, sebelum Nicky meninggal, ia berhasil memberikan kunci loker yang menyimpan file CIA kepadanya. Bourne pun bergegas pergi ke Kota Berlin untuk menemui Christian.

Bourne berhasil memecahkan kode di dalam file tersebut dan mengetahui bahwa ayahnya, Richard Webb, merupakan seorang analis CIA yang terlibat dalam pembuatan program operasi Treadstone. Petinggi CIA bernama Heather Lee mampu melacak keberadaanya, dan mulai menghapus data-data tersebut dari jarak jauh. Heather kemudian membujuk Bourne untuk bisa bergabung kembali dengan organisasi CIA.

Sensasi action thriller yang dipertunjukan dalam kelima film Jason Bourne memang sangat seru untuk disaksikan. Cerita tentang adanya konspirasi spionase ditambah dengan adegan perkelahian dan baku tembak menjadi bumbu spesial dalam film ini. Jika kamu sudah cukup puas membaca ulasannya, jangan lupa untuk langsung menonton semua filmnya ya. Selamat menyaksikan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *