Inilah Urutan Film Jason Bourne yang Bisa Kamu Tonton

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Jason Bourne adalah karakter protagonis yang diciptakan oleh Novelis Robert Ludlum. Ia muncul pertama kali dalam novel The Bourne Identity (1980), yang kemudian berhasil diadaptasi untuk serial televisi pada tahun 1988. Setelahnya itu, sosok Bourne tetap eksis dalam sembilan novel berikutnya yang ditulis oleh Eric Van Lustbader.

Novel tersebut lalu diadaptasi pada tahun 2002 menjadi sebuah film dengan judul yang sama, dan dibintangi oleh aktor Matt Damon sebagai pemeran utamanya. Bourne memiliki banyak keahlian, seperti mahir menggunakan senjata api, bahan peledak dan menguasai beragam teknik seni bela diri. Ia pun memiliki keterampilan yang sangat baik dalam observasi dan kemampuan melarikan diri.

Hingga sampai saat ini, sudah ada lima film yang menceritakan sepak terjang dari Jason Bourne. Kelimanya mampu masuk ke dalam jajaran Box Office di industri perfilman Hollywood. Untuk kamu yang ingin mengikuti keseruan dari cerita agen rahasia CIA ini, berikut Bacaterus akan memberikan ulasan film-filmnya di bawah ini. Yuk, kita simak sama-sama pembahasannya berikut ini ya!

1. The Bourne Identity (2002)

The Bourne Identity (2002)

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Doug Liman
  • Pemeran: Franka Potente, Matt Damon, Chris Cooper
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, The Kennedy/Marshall Company, Hypnotic

Sinopsis & Review The Bourne Identity

Cerita diawali ketika seorang nelayan menemukan pria yang tak sadarkan diri terapung di lautan mediterania. Pria itu ternyata mengalami amnesia dan hanya memiliki satu petunjuk identitasnya, yaitu nomor rekening akun bank Swiss yang ditanamkan pada pinggulnya. Ia kemudian melakukan perjalanan ke Zürich, Swiss, untuk menemukan sebuah bank yang sesuai dengan nomor rekeningnya.

Pria tersebut lalu tiba di sebuah bank dan menemukan deposit boxnya berisi uang dalam jumlah besar, sebuah pistol, dan 6 buah paspor dengan fotonya, namun namanya berbeda-beda. Ia kemudian mengidentifikasikan dirinya sebagai Jason Bourne. Pegawai bank lalu memberitahukan kepada Divisi Kegiatan Rahasia CIA, "Operasi Treadstone" atas kehadiran dari pria tersebut.

Bourne yang mengetahui kemudian langsung melarikan diri menuju kedutaan besar Amerika yang ada di Swiss. Namun, para pejabat kedutaan berusaha menangkapnya dan lagi-lagi Bourne berhasil lolos dari penangkapan tersebut. Ia kemudian bertemu dengan seorang wanita bernama Marie Kreutz, dan menawarinya 20 ribu dolar untuk membawanya ke alamat yang ada di paspornya di Kota Paris.

Sementara itu di markas CIA, pimpinan dari Operasi Treadstone, Alexander Conklin, mengungkapkan kepada atasannya bahwa Bourne masih hidup. Ia menjelaskan jika Bourne adalah seorang yang bertanggung jawab atas upaya pembunuhan yang gagal terhadap seorang diktator Afrika, Wombosi. Akhirnya, mereka kemudian mengirimkan tiga orang agen yang terlatih untuk membunuh Jason Bourne.

2. The Bourne Supremacy (2004)

The Bourne Supremacy (2004)

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Paul Greengrass
  • Pemeran: Matt Damon, Franka Potente, Joan Allen
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Motion Picture THETA Produktionsgesellschaft, The Kennedy/Marshall Company

Dalam sekuel film ini, Jason Bourne bersama kekasihnya, Marie Kreutz, berada di Kota Goa, India. Selama dua tahun di tempat tersebut, ia berjuang untuk mengingat kembali misi pertamanya sebagai agen operasi hitam.

Sementara itu di Kota Berlin, Deputi Direktur CIA, Pamela Landy, tengah mencari bukti dari seorang informan untuk mencari tersangka yang telah mencuri dana CIA sebesar 20 juta dolar.

Sebelum rencana itu terselesaikan, seorang agen dari Rusia bernama Kirill berhasil membunuh informan tersebut. Selanjutnya, Kirill lantas pergi menuju Goa untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya, yakni membunuh Jason Bourne.

Di Goa, Bourne yang mengetahui kedatangannya langsung melarikan diri bersama Marie menggunakan mobil. Namun, mobil yang digunakan keduanya masuk ke dalam sungai.

Akibat insiden tersebut, Marie akhirnya tewas terbunuh. Kirill lantas percaya jika Bourne pun ikut terbunuh dalam kecelakaan tersebut. Akan tetapi, Bourne masih hidup dan kemudian berangkat ke Naples, Italia untuk membalas dendam.

Di tempat lain, Landy mulai menyelidiki Operasi Treadstone, sebuah operasi pasukan elit pembunuh rahasia CIA di mana Jason Bourne terdaftar di dalamnya.

Landy lalu melaporkan hal tersebut kepada atasannya, Martin Marshall, dan mengatakan jika seorang politisi Rusia telah tewas terbunuh karena mempunyai bukti identitas yang mencuri dana CIA sebesar 20 juta dollar.

Ia kemudian menduga jika Bourne yang bertanggung jawab atas kasus tersebut. Marshall lalu segera memberikan perintah kepada Landy untuk pergi ke Naples dan menangkap Jason Bourne.

3. The Bourne Ultimatum (2007)

The Bourne Ultimatum (2007)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Paul Greengrass
  • Pemeran: Matt Damon, Edgar Ramírez, Joan Allen
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Motion Picture BETA Produktionsgesellschaft, The Kennedy/Marshall Company

Seorang jurnalis dari surat kabar Guardian bernama Simon Ross akan bertemu dengan narasumbernya untuk membahas tentang Jason Bourne dan Operasi Treadstone. CIA kemudian mampu melacak keberadan Ross saat dia menelpon editornya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram