bacaterus web banner retina

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 Oktober 2021

Bagi pecinta film-film action Jepang, nama High and Low bukan lagi sesuatu yang asing di telinga. Film yang digarap berkelanjutan ini mengisahkan pertarungan antara organisasi untuk melindungi kota dari organisasi Yakuza, Kuryu Group.

Semua bermula dari satu organisasi terkuat yang menguasai seluruh kota bernama Mugen. Suatu peristiwa membawa Mugen bertarung dengan salah satu musuh yang ternyata sulit dikalahkan bernama Amamiya Brothers.

Akibat pertarungan tersebut Mugen yang semula kuat mulai terpecah dan akhirnya menjadi legenda di masa lalu. Dari perpecahan itu lima organisasi baru terbentuk. Berdasarkan inisial nama organisasi yang memimpin tiap-tiap wilayah di kota tersebut, ia mulai dikenal dengan sebutan S.W.O.R.D area.

Lima organisasi yang berkuasa di wilayah itu masing-masing adalah Sannoh Rengokai yang dipimpin oleh Cobra, mantan anggota Mugen. Sannoh Rengokai berkuasa di bagian timur laut area S.W.O.R.D.

Kemudian ada White Rascals yang berbasis di sebuah klub malam bernama Heaven. Klub malam tersebut dijalankan oleh bos mereka, Rocky. Mereka berjuang melindungi para wanita di wilayah tersebut.

Organisasi selanjutnya yaitu Oya Koukou yang merupakan sekolah menengah tempat anak-anak nakal di seluruh Jepang bersekolah. Lulusan Oya Koukou sebagian besar menjadi Yakuza; mereka juga dianggap sebagai pasukan cadangan Yakuza.

Organisasi ke empat yang ikut menguasai area tersebut yaitu Rude Boys. Mereka adalah kumpulan anak-anak yatim piatu yang hidup bersama di Nameless Street.

Para anggota Rude Boys pandai parkour dan membentuk pasukan terpisah untuk melindungi wilayah mereka. Organisasi atau grup yang terakhir yaitu Daruma Ikka.

Organisasi ini dipimpin oleh Hyuga Norihisa yang dulu, anggota keluarganya dikalahkan oleh Mugen. Daruma Ikka adalah organisasi yang membenci Mugen dan berkuasa terhadap seluruh festival di daerah itu.

Setelah mengenal sekilas mengenai lima organisasi dalam film High and Low, berikut ini urutan film High and Low yang memuat kisah mereka dan aksi-aksinya.

Sebagai informasi, untuk setiap film yang tergabung dalam High and Low franchise, Sigeaki Kubo menyutradarai hampir seluruhnya. Selain Kubo masih ada Yudai Yamaguchi dan Tsuyoshi Nakakuki. Ini dia informasi lengkap urutan film High and Low untukmu!

1. Road to High and Low (2016)

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst 1
  • Tahun Rilis: Mei 2016
  • Genre: Action
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Sigeaki Kubo
  • Pemeran: Takanori Iwata, Nobuyuki Suzuki, Keita Machida, Hiroomi Tosaka

Urutan film High and Low yang pertama berjudul Road to High and Low. Film berdurasi sekitar 1 jam 35 menit ini bercerita tentang persahabatan antara Cobra, Noboru dan Yamato yang sudah terjalin sejak kecil.

Di antara tiga sahabat itu, Noboru adalah yang paling cerdas dan berhasil mendapat nilai bagus serta masuk universitas. Dia bisa menyeimbangkan antara waktu untuk bersama teman-teman dan belajar.

Sementara dua lainnya, Coba dan Yamato lebih pandai di urusan bertarung. Mereka saling memberikan harapan hingga sebuah tragedi menimpa Noboru. Cobra dan Yamato lalu membentuk geng bernama Sannoh Rengokai untuk Noboru. Begitu Noboru kembali, terjadi sebuah insiden baru di area S.W.O.R.D yang sudah didominasi oleh lima organisasi lain. Dari sini kisah mereka pun dimulai

2. High and Low The Movie (2016)

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst 3
  • Tahun Rilis: Juli 2016
  • Genre: Action
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Sigeaki Kubo
  • Pemeran: Takanori Iwata, Nobuyuki Suzuki, Keita Machida, Kenjiro Yamashita

Pada urutan film High and Low kedua ini cerita berfokus pada keadaan kota yang sudah terbagi jadi lima wilayah yang dikuasai oleh lima organisasi. Mereka adalah Sannoh Rengokai, White Rascals, Oya Koukou, Rude Boys dan Daruma Ikka. Kota pun dikenal dengan nama SWORD yang berarti gabungan dari geng-geng tersebut.

Kelima geng itu punya daerah kekuasaan dan fokus masing-masing hingga satu geng baru yang misterius bernama Mighty Warriors muncul dan mulai mengganggu mereka. Geng baru ini bekerjasama dengan Chanson serta Kuryu Group untuk membuat kekacauan di seantero SWORD. Mighty Warriors sampai membakar Nameless Street dan membunuh beberapa penduduk sana.

Lima geng yang mendiami SWORD lantas menyatukan kekuatan guna mengalahkan Kohaku, mantan pemimpin Mugen yang berhasil dibujuk Lee dari Chanson untuk mengacau. Dalam pertarungan ini, SWORD dibantu oleh Amamiya Brothers. Lalu, siapa di antara mereka yang memenangkannya?

3. High and Low The Red Rain

High and Low The Red Rain_
  • Tahun Rilis: Oktober 2016
  • Genre: Action
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Yudai Yamaguchi
  • Pemeran: Takahiro, Hiroomi Tosaka, Takumi Saitoh, Miyu Yoshimoto

Urutan film High and Low ketiga berupa spin off mengenai kehidupan Amamiya Brothers yang disutradarai oleh Yudai Yamaguchi. Rilis di tahun yang sama, High and Low The Red Rain (2016) akan membawamu mengenal organisasi terkuat yang mampu mengalahkan Mugen.

Sesuai namanya, Amamiya Brothers terdiri atas tiga bersaudara. Mereka adalah Masaki Amamiya, Hiroto Amamiya dan kakak laki-laki tertua, Takeru Amamiya. Masaki begitu suka membuat Hiroto tertawa, sementara sebagai anggota keluarga termuda, Hiroto cenderung tak begitu suka menunjukkan emosinya.

Keduanya mendapat pelajaran dari Takeru mengenai perlindungan diri menggunakan kekuatan yang dimiliki. Mereka harus melindungi apa pun yang dianggap penting, terutama semenjak kedua orang tua tiada.

Oleh karena itu Amamiya Brothers terbiasa untuk melindungi satu sama lain. Namun, suatu hari Takeru tiba-tiba menghilang. Apa yang terjadi sesungguhnya pada kakak tertua Amamiya Brothers itu?

Baca juga: Penuh Aksi Tawuran, Inilah 10 Film yang Mirip Crows Zero

4. High and Low The Movie 2/End of Sky (2017)

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst 6
  • Tahun Rilis: Agustus 2017
  • Genre: Action
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Shigeaki Kubo, Tsuyoshi Nakakuki
  • Pemeran: Takanori Iwata, Nobuyuki Suzuki, Keita Machida, Kenjiro Yamashita

High and Low The Movie 2/End of Sky (2017) merupakan film keempat dari franchise High and Low sekaligus film kedua mereka yang berfokus pada pertarungan antara Kuryu Group dan anggota SWORD. Film dimulai dengan kemenangan SWORD dari Kohaku, mantan pemimpin Mugen. Ketenangan tidak berlangsung lama karena Kuryu Group tetap ingin membangun kasino di area SWORD.

Sayangnya, ketika Cobra, pemimpin Sannoh Rengokai menginginkan SWORD untuk bersatu melawan Kuryu, masing-masing geng tak setuju dengan alasan berbeda. Smoky pemimpin Rude Boys jatuh sakit, sementara penggantinya menolak rencana Cobra dan lebih mementingkan untuk bertahan hidup.

Pimpinan White Rascals juga menolak karena menganggap lebih penting melindungi para wanita di daerahnya daripada terlibat pertarungan sengit.

Bukan hanya itu, Rocky sebagai pemimpin White Rascals rupanya terlibat masalah dengan Ranmaru Hayashi, pemimpin grup Doubt yang menculik dan menjual wanita yang baru saja keluar penjara. Cobra yang mengetahuinya menawarkan bantuan. Akankah Rocky berubah pikiran?

5. High and Low The Movie 3/Final Mission (2017)

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst 8
  • Tahun Rilis: November 2017
  • Genre: Action
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Shigeaki Kubo, Tsuyoshi Nakakuki
  • Pemeran: Takanori Iwata, Nobuyuki Suzuki, Keita Machida, Kenjiro Yamashita

Urutan film High and Low berikutnya merupakan film terakhir yang fokus ceritanya ada pada pertarungan antara Kuryu Group dengan geng SWORD. Melalui film ini kamu bisa menyaksikan siapa pemenang pertarungan sengit tersebut. Cerita dimulai ketika anggota SWORD bergabung untuk memenangkan Battle of Kokuhakudō Station melawan Doubt dan Prison Gang.

Pertarungan mereka mendapat campur tangan dari Yoshitatsu Zenshin, pemimpin Zenshikai dari Kuryu Group. Di sisi lain anggota SWORD sepertinya tak menyadari kekuatan yang dimiliki Kuryu Group, apalagi setelah pimpinan mereka, Ryushin Kuze dibebaskan karena tidak cukup bukti terkait kejahatan yang dilakukan.

Dalam film High and Low The Movie 3/Final Mission, banyak kerabat dan orang-orang berharga Sannoh Rengokai diburu lalu digantung. White Rascals diusir dari Heaven, tempat Oya Koukou dan Daruma Ikka dihancurkan.

Melihat kekacauan yang tanpa ampun dibuat oleh Kuryu Group, Cobra pergi mendatangi mereka dan bertarung sendirian. Lantas, apakah Cobra akan selamat?

6. DTC – Yukemuri Junjou Hen- from High and Low (2018)

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst 10
  • Tahun Rilis: September 2018
  • Genre: Road Movie, Comedy
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Norihisa Hiranuma
  • Pemeran: Kenjiro Yamashita, Kanta Sato, Taiki Sato, Yuko Fueki

Setelah begitu mendebarkan menyaksikan High and Low The Movie 3/Final Mission (2017), bersiap untuk film selanjutnya dari franchise ini, yaitu DTC Yukemuri Junjou Hen- from High and Low.

Berdurasi sekitar 102 menit, ia merupakan spin off yang bercerita tentang tiga anggota geng Sannoh Rengokai yang menghabiskan waktu setelah pertempuran sengit dengan Kuryu Group.

Mereka adalah Dan, Tettsu dan Chiharu. Tanpa tujuan ketiganya memulai perjalanan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di Kamishimo, the Onsen town, mereka kehabisan bensin dan uang sehingga memutuskan untuk mencari pekerjaan di sana. Ketiganya lantas diterima kerja di sebuah onsen atau penginapan dengan pemandian air panas bernama Moritaya.

Di sinilah, Chiharu jatuh cinta pada pemiliknya, Mari, yang lebih dulu kehilangan suaminya dan kini membesarkan putri semata wayang seorang diri. Sayangnya Mari sudah lebih dulu saling tertarik dengan manajernya, Miyazaki. Bagaimana kelanjutan kisah perjalanan mereka?

7. High and Low The Worst (2019)

Urutan Film High and Low, dari Road Show Sampai The Worst 12
  • Tahun Rilis: Oktober 2019
  • Genre: Action
  • Produksi: Shochiku (Distributor)
  • Sutradara: Shigeaki Kubo
  • Pemeran: Kazuma Kawamura, Hokuto Yoshino, Jun Shison, Yuki Yamada

Urutan film High and Low terakhir rilis pada 2019 lalu berjudul High and Low The Worst. Berdurasi kurang lebih 124 menit ia adalah spin off yang fokus pada pertarungan antara Oya Koukou dari High and Low dan Housen Academy dari Worst and Crows. Menonton film ini kamu harus siap berkenalan dengan banyak karakter baru.

Film dimulai ketika Yoshiki Murayama, pemimpin Oya Koukou untuk sementara waktu merasa bosan karena tak ada tantangan. Seperti jawaban atas kebosanannya, Maruyama kedatangan ‘penantang baru’.

Dia adalah murid pindahan bernama Fujio Hanaoka, yang secara kebetulan punya obsesi untuk melawan Murayama secara jantan, tepat setelah dirinya mendapat jabatan sebagai pemimpin dari Full-time School.

Ternyata jabatan yang dimiliki Hanaoka didambakan oleh siswa lain. Mereka adalah tim peringkat teratas Yosuke Todoroki, Shibaman, Tsuji lalu Nakagoshi dan Nakaoka yang masing-masing memimpin second year dan first year students. Kira-kira siapa pada akhirnya yang berhasil mendapatkan posisi pemimpin di sekolah tersebut?

Itu tadi urutan film High and Low dari tahun 2016 hingga yang terbaru rilis di tahun 2019. Untuk mengikuti cerita secara keseluruhan kamu bisa nonton dari urutan pertama, yang diselingi dengan spin off mengenai Amimaya Brothers. Sudah siap marathon? Selamat menyaksikan!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram