Inilah Urutan Menonton Film Dragon Ball yang Benar

Ditulis oleh Syuri

Pecinta anime atau film Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan Dragon Ball. Serial anime ini merupakan hasil adaptasi dari manga karya Akira Toriyama yang diterbitkan oleh Weekly Shonen Jump.

Dan tahukah kamu, kalau serial ini sudah lebih dari 30 tahun tayang untuk menghibur para penggemarnya? Walaupun sudah selama itu ada di layar kaca, anime ini masih ada terus sampai sekarang.

Kisahnya memang sangat menarik untuk ditonton. Makanya, tak heran jika Dragon Ball selalu dinanti. Bahkan, kesuksesan anime ini merambah hingga ke dunia game. Buat yang mau mulai nonton atau rewatch semua seri Dragon Ball perlu siap-siap, nih.

Soalnya, ternyata, anime ini terbagi ke dalam beberapa bagian. Makanya, tak sedikit orang yang baru ingin menonton Dragon Ball merasa kebingungan, terlebih jalan cerita anime ini sendiri cukup rumit. Untuk memudahkan kamu, inilah urutan film Dragon Ball menurut tanggal rilisnya. Yuk, Bacaterus agar tidak pusing saat nonton!

1. Dragon Ball

*

Seri yang paling populer dari anime ini tayang dengan judul "Dragon Ball". Serial ini mulai tayang sejak tanggal 26 Februari 1986 hingga tanggal 19 April 1989. Tiga tahun, cukup lama, bukan? Jumlah total episode anime ini menembus angka 153. Dalam seri pertama "Dragon Ball" ini, kamu akan menyaksikan cerita tentang asal usul Goku.

Goku sendiri adalah seorang anak kecil yang turun dari langit. Ia kemudian diasuh oleh seorang kakek bernama Gohan. Namun, sayangnya, Gohan meninggal karena terinjak Goku ketika Goku berubah menjadi gorilla raksasa.

Sedangkan nama Dragon Ball sendiri merupakan bola kristal yang memiliki jumlah keseluruhan sebenyak tujuh buah yang tersebar di beberapa bagian dunia.

Dikisahkan, jika seseorang berhasil mengumpulkan ke-7 bola kristal tersebut, segala permintaan bisa dikabulkan sekalipun permintaan itu ingin menghidupkan orang yang sudah meninggal. Dalam seri ini, Goku bertemu dengan Bulma yang rupanya juga sedang mencari Dragon Ball.

Dapat disimpulkan, seri pertama ini bercerita tentang perjuangan Goku mendapatkan sang 7 bola kristal. Selama petualangannya, Goku harus berjuang melawan para musuhnya. Tetapi, di saat yang sama, ia juga dipertemukan dengan teman-teman yang siap untuk membantunya.

2. Dragon Ball Z

*

Serial anime yang tak kalah terkenal dari series sebelumnya adalah "Dragon Ball Z". Anime ini dirilis pada tanggal 26 April 1989 dan berakhir pada tanggal 31 Januari 1996. Ini lebih lama lagi karena tayang selama tujuh tahun! Namun, ternyata seri ini terbagi ke dalam beberapa bagian, berikut enam diantaranya.

- Dragon Ball Z: Tenkaichi Budokai

*

Pada "Tenkaichi Budokai", seri "Dragon Ball Z" dibuka dengan sebuah pertarungan bela diri antar ras yang diberi memiliki nama serupa dengan judul film. Keseluruh karakter yang mengikuti pertarungan tersebut mempunyai kepentingan tersendiri.

Goku yang sudah dewasa pun turut mengisi pertempuran tersebut. Diceritakan, Goku akhirnya menikahi Chi Chi, teman masa kecilnya, setelah ia berhasil mengalahkan Piccolo (reinkarnasi dari Raja Iblis).

- Dragon Ball Z: Saiyan Saga

*

Tak berhenti disitu, seri selanjutnya yang berjudul "Saiyan Saga" pun hadir. Seri ini diawali dengan cerita Goku bersama keluarga kecilnya. Goku sudah memiliki seorang putra yang namanya diambil dari nama ayah angkatnya, Gohan.

Goku dikejutkan dengan kedatangan seseorang yang berasal dari Vegeta bernama Raditz, yang rupanya ia adalah kakak Goku. Raditz datang untuk menyampaikan alasan mengapa Goku diturunkan ke bumi. Namun, Goku tidak mau menuruti perintah kakaknya yang menyebabkan pertarungan diantara keduanya.

- Dragon Ball Z: Frieza Saga

*

Cerita "Dragon Ball Z" dilanjutkan oleh seri "Frieza Saga", di mana terjadi pertempuran antara Vegeta dan Nappa di bumi. Pertempuran tersebut menyebabkan ketujuh bola kristal musnah! Namun, King Kai (Kaio-sama) juga mengetahui jika ada sebuah planet bernama Namek yang kemungkinan besar menyimpan Dragon Ball.

Gohan, putra Goku, bersama teman-temannya memutuskan untuk pergi menuju planet itu. Sayangnya, mereka justru menemui Frieza yang sedang melakukan penjajahan.

- Dragon Ball Z: Android Saga

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=CYLDesvR3vw

Pada seri sebelumnya, yaitu "Frieza Saga", planet Namek diceritakan mengalami kehancuran. Nah, dalam seri "Android Saga" ini, secara tiba-tiba datang seorang pemuda misterius dalam wujud Super Siayan dan mengaku jika dirinya telah membunuh Frieza.

Pemuda tersebut juga mengatakan jika Goku masih hidup. Suatu hari, setibanya Goku di bumi, pemuda misterius itupun mengaku jika ia adalah sosok Trunks yang datang dari masa depan dan meramalkan masa depan Goku, termasuk Android#18.

- Dragon Ball Z: Cell Saga

*

Menyambung cerita pada seri "Android Saga", ketika menonton seri "Cell Saga" ini, kamu akan melihat Android#18 yang pernah diramalkan oleh Trunks yang misterius, akhirnya benar-benar datang. Namun ternyata, Android#18 tersebut memiliki kekuatan luar biasa, bahkan lebih hebat dari perkiraan Trunks.

Tetapi, permasalahan yang sebenarnya terletak pada saat munculnya sebuah robot organik bernama Cell. Yang menariknya, untuk mendapatkan kekuatan penuh, Cell harus mengambil kekuatan dari Android#17 dan Android#18.

- Dragon Ball Z: Buu Saga

*

Di seri terakhir dari "Dragon Ball Z" ini, muncul "Buu Saga" yang hadir dan diawali dengan pertarungan bela diri Tenkaichi Budokai. Dalam pertarungan ini, Goku yang datang dari alam lain turut bertarung. Sedangkan, Gohan yang juga datang bersama teman-temannya menyamar menjadi Great Saiyaman.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram