Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / Ini Dia Urutan Film Divergent Series yang Sangat Seru

Ini Dia Urutan Film Divergent Series yang Sangat Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

The Divergent Series adalah trilogi film berdasarkan novel “Divergent” karya penulis Amerika, Veronica Roth. Didistribusikan oleh Summit Entertainment dan Lionsgate Films, seri ini terdiri dari tiga film fiksi ilmiah yang berada dalam masyarakat dystopian (komunitas yang tinggal di tempat buruk, biasanya akibat kiamat kecil, bencana alam hebat, perang, dsb).

Bintang utama dalam serial ini adalah Shailene Woodley yang memainkan Beatrice Prior (Tris) dan Theo James yang memainkan Tobias Eaton (Four). Dibantu dengan pemeran pendukung Ansel Elgort (sebagai Caleb Prior, kakak Tris), Zoë Kravitz (Christina, sahabat Tris), dan Miles Teller (Peter, teman-ke-musuh Tris). Kate Winslet memainkan peran penjahat utama di dalam 2 film Divergent.

Film trilogi ini terdiri dari Divergent, Insurgent dan Allegiant. Walaupun di novel originalnya ada cerita tambahan, yaitu “We Can Be Mended” adalah epilog cerita pendek yang berfokus pada Four dan berlangsung lima tahun setelah Allegiant, kesimpulan dari semua seri Divergent.

Judul lain dari buku ini adalah “Four: A Divergent Collection”. Yuk, langsung saja Bacaterus ajak Anda berkenalan dengan urutan film Divergent buat yang mau nonton!

1. Divergent (2014)

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Adventure, Mystery
  • Sutradara: Neil Burger
  • Pemeran: Shailene Woodley, Theo James, Kate Winslet
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Red Wagon Entertainment

Film pertama Divergent dirilis pada tahun 2014. Di film ini, orang-orang dibagi menjadi faksi (kelompok) yang berbeda berdasarkan pada kebajikan (bakat dan nilai-nilai) manusia. Ada lima faksi, yaitu Dauntless (orang pemberani), Amity (orang baik), Erudite (orang cerdas), Abnegation (orang yang tidak mementingkan diri sendiri) dan Candor (orang yang jujur).

Tapi, tentu saja seperti semua cerita lainnya, tokoh utama pasti tidak fit into society Beatrice Prior lahir di faksi Abnegation. Faksi ini terdiri dari orang-orang yang lebih mementingkan orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Abnegation selalu membantu orang yang sedang kesusahan, memberi makan Factionless (tanpa faksi).

Factionless adalah status di mana seseorang tidak diterima dalam fraksi mana pun. Kalau di dunia kita, factionless digambarkan sebagai tunawisma dan bahkan lebih buruk daripada kematian, karena mereka yang tak bisa mengikuti sistem harus menderita.

Sudah hal umum bagi Abnegation untuk memberikan makanan dan pertolongan medis kepada mereka yang tidak memiliki faksi. Karena ke-selfless-an ini, Abnegation yang selalu memimpin pemerintahan, karena mereka dipercaya tidak memiliki motif lain selain untuk membantu orang-orang dan tidak akan korupsi.

Beatrice tidak pernah suka peraturan yang ada di Abnegation. Harus makan makanan yang hambar! Harus menolong orang lain dulu, baru memikirkan diri sendiri. Harus membantu orang-orang tua membawakan barangnya ketika tidak sengaja berpapasan. Harus memberi makan orang-orang Factionless. Harus membatasi waktu ketika bercermin!

Semua orang percaya, jika hidup di faksi yang benar, maka hidup seseorang akan damai, bahagia dan semua faksi hidup tentram berdampingan. Tapi, bagaimana jika seseorang merasa tak cocok dengan faksinya? Seperti Beatrice yang merasa kalau dia tidak cocok dengan Abnegation? Mereka diberikan satu kali kesempatan dalam hidupnya untuk pindah faksi.

Ketika anak-anak mencapai usia 16 tahun, mereka akan menjalani Aptitude Test (tes bakat psikologis yang diinduksi serum) yang akan menunjukkan faksi paling cocok mereka. Meskipun, mereka diizinkan untuk memilih faksi apa pun sebagai kelompok permanen mereka pada Choosing Ceremony (Upacara Pemilihan).

Baik mereka memilih di faksi yang sama atau pindah, itu akan menjadi faksi mereka selamanya. Dan, tidak ada yang bisa dilakukan selain mencoba untuk menyesuaikan diri seumur hidup jika nantinya mereka menyesal dengan pilihan tersebut.

Sejak kecil, Beatrice selalu tertarik pada para Dauntless yang terlihat sangat carefree, semangat, ceria, memanjati gedung, melompat turun dari kereta, serta menjaga Kota Chicago mereka tetap aman.

Jadi, ketika Choosing Ceremony, dia memilih Dauntless alih-alih Abnegation. Lalu, kakaknya, Caleb, memilih pindah ke Erudite. Ini skandal besar, karena ayah dan ibu Beatrice merupakan orang penting di pemerintahan.

Orang-orang yang ingin menggulingkan posisi Abnegation dari pemerintahan, yaitu Erudite, menggunakan skandal ini. Membuat rumor kalau ada yang salah dengan pola didik Abnegation, apalagi mengingat pemimpin pemerintahan yang terkenal suka menyiksa anaknya, Marcus Eaton.

Ketika polemik pemerintahan semakin menghangat, Beatrice harus menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya di Dauntless. Dia memilih nama baru, yaitu Tris. Di sana dia bertemu dengan Christina (seorang Candor yang pindah ke Dauntless) dan juga Four yang nantinya menjadi love interest dari Tris.

Hidup di Dauntless sangatlah keras. Kamu harus bisa berkelahi, kamu harus kuat, kamu harus patuh pada senior, dan yang parahnya lagi pada tahun ini jika ada yang tak lulus tahapan tes maka dia harus keluar alias jadi Factionless.

Karena, tak ada yang bisa kembali ke faksi awal yang telah mereka tinggalkan. Mungkin orang tua mereka menerima, tapi tidak dengan masyarakatnya. Jadi, banyak orang yang memilih untuk mati daripada jadi Factionless.

Seiring berjalannya cerita, Tris menemukan konspirasi oleh pemimpin faksi Erudite, Jeanine Matthews, yang ingin menguasai pemerintahan. Menurut Erudite, ada satu golongan lagi yang bahkan tidak bisa masuk ke Factionless, karena mereka adalah ancaman. Namanya adalah divergent.

Divergent bisa masuk ke lebih dari satu kategori. Divergent yang kuat bahkan bisa masuk ke semua faksi karena memiliki semua sifat-sifat intinya. Erudite percaya, Divergent akan menghancurkan sistem yang sudah ada, yang membuat warga Chicago aman dari dunia luar. Selain mencoba mendapatkan posisi di pemerintahan, Erudite di bawah kepemimpinan Jeanine juga membasmi Divergent.

Film pertama Divergent bisa dibilang yang paling seru, karena Anda akan dibawa masuk ke simulasi tes, mengungkapkan ketakutan setiap orang dengan visual yang mengagumkan.

2. The Divergent Series: Insurgent (2015)

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Robert Schwentke
  • Pemeran: Shailene Woodley, Ansel Elgort, Theo James
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Red Wagon Entertainment, Mandeville Films

Pada 2015, sequel dari Divergent lahir. Judulnya adalah The Divergent Series: Insurgent. Ceritanya merupakan kelanjutan dari serial yang pertama. Setting waktunya adalah 5 hari setelah serangan terhadap semua faksi oleh Erudite yang dipimpin oleh Jeanine.

Akan tetapi, semua orang tidak tahu kalau yang mengendalikan pikiran mereka adalah Erudite. Jeanine memanfaatkan hal ini dan mengumumkan darurat militer, bahwa Divergent dan orang yang bersekutu dengan mereka adalah musuh.

Sedangkan Tris dan Four, selaku Divergent, dan beberapa orang lainnya yang terlibat berhasil kabur dan sedang bersembunyi di faksi Amity. Orang-orang tersebut adalah Caleb (kakak Tris), Peter (pengacau, jika Anda telah menonton Anda akan sebal sekali dengannya) dan juga Marcus Eaton yang ternyata adalah ayahnya Four.

Sementara Erudite dan beberapa orang Dauntless yang memiliki aliansi mencari sebuah kotak dengan kelima simbol faksi. Kotak ini disinyalir berisi jawaban untuk mengakhiri masalah, yaitu para Divergent. Kotak itu pun ditemukan di bawah rumah Beatrice. Akan tetapi, ternyata hanya Divergent saja yang bisa membukanya. Jeanine pun memerintahkan untuk melakukan pencarian Divergent besar-besaran.

Dauntless yang bekerja untuk Erudite dalam misi ini akhirnya mencari divergent di faksi Amity. Akan tetapi, Anda bisa menebaknya, si plin-plan dan coward Peter memberitahukan lokasi mereka, dengan harapan akan diampuni dan diterima lagi di Dauntless. Semuanya (kecuali Peter) kabur naik kereta ke wilayah Factionless.

Setibanya di sana, Four menemukan fakta bahwa ketua Factionless adalah Evelyn Eaton, mantan istri Marcus sekaligus ibunya. Four masih membenci ibunya untuk meninggalkan dia dengan ayahnya yang gampang tangan kalau sedang emosi. Evelyn menyarankan sisa Dauntless yang tidak jahat (yang tidak bekerja untuk Erudite) dan Factionless untuk bersekutu melawan Erudite, tetapi Four menolak.

Keesokan paginya, Tris dan Four kabur menuju faksi Candor, untuk bertemu dengan teman mereka (karena banyak dari Dauntless yang mengungsi juga). Sedangkan Caleb memutuskan untuk kembali ke Erudite karena merasa semua yang dilakukan adiknya adalah kesalahan.

Setibanya di Candor, Tris dan Four ditangkap dan akan dibawa ke Jeanine. Akan tetapi, Four meminta diadili dengan disuntikan serum kebenaran yang diciptakan Candor, agar semua orang percaya apa yang dikatakannya.

Serum ini sangat kuat, dia akan membuat siapa saja yang disuntikkan mengatakan hal sejujur-jujurnya walaupun itu sulit dan menyakitkan. Ketika itu Four, tidak ada masalah, semua pertanyaan berhasil dijawab tanpa menimbulkan rasa sakit hati untuk siapapun.

Sedangkan untuk Tris, dia sejak awal tidak ingin melakukan ini karena dia pernah berbuat dosa. Ketika di film pertama, Erudite mencuci otak semua Dauntless (kecuali yang telah menjadi sekutu) untuk membunuh orang-orang faksi Abnegation.

Saat itu, Will, pacar Christina, juga ikut tercuci otak dan menyerang Tris. Mau tidak mau, Tris menembak Will dan pacar Christina pun tewas. Christina tidak percaya, karena selain bersahabat dengannya, Tris juga dekat dengan Will.

Tak lama kemudian, markas Candor diserang oleh Dauntless yang memihak Jeanine. Akan tetapi, orang-orang bukan ditembak dengan pistol melainkan dengan cakram logam yang tidak bisa dilepas dari kulit. Jeanine mengaktifkan disk pencuci otak yang akarnya telah ditanamkan ke semua orang melalui tembakan Dauntless. Semua orang akan terpengaruh kecuali mereka yang Divergent.

Tris ditangkap oleh Max dan Eric (Dauntless yang jahat), karena ketika di-scan, Tris 100% Divergent, satu-satunya di antara para Divergent lainnya yang benar-benar sempurna tingkat Divergent-nya.

Menurut Jeanine, hanya yang 100% Divergent yang bisa membuka kotak yang dia temukan. Karena Divergent yang selama ini dia tangkap dan dipaksa menyelesaikan simulasi untuk membuka kotak banyak yang pingsan hingga ada pula yang meninggal.

Akan tetapi, Four datang tepat waktu dan bisa menyelamatkan Tris. Mereka pun kembali ke markas Factionless dan setuju untuk melawan Jeanine dibawah kepemimpinan ibunya.

Lalu, seperti tidak mengizinkan yang baik menang, Jeanine mengaktifkan perangkat pengontrol pikiran yang menyebabkan Christina dan teman-teman Tris lainnya, Marlene dan Hector, berjalan secara robotik menuju langkan sambil berkata meminta penyerahan diri Tris.

Tentu kata-kata tersebut telah diprogram oleh Jeanine. Tris dan Tori (sahabat Tris) berhasil menangkap Christina dan Hector tepat waktu, tetapi Marlene jatuh dan meninggal seketika. Dipenuhi oleh rasa bersalah, Tris pun memutuskan menyerahkan diri pada Jeanine dengan sukarela tanpa diketahui siapa pun.

Tris pun setuju menjadi alat percobaan, asalkan penyekapan dan penembakan pada orang-orang tak bersalah dihentikan. Apalagi yang mengetesnya adalah Caleb, kakaknya sendiri yang ternyata diterima kembali di Erudite. Four yang pergi menyelamatkan Tris pun tertangkap karena dia pergi sendirian tanpa rencana yang matang.

Tris berhasil melalui empat tes, tapi pada simulasi terakhir dia “meninggal”. Napasnya berhenti dan tanda-tanda vitalnya menghilang. Jeanine tidak percaya, karena hanya Tris lah yang 100% Divergent.

Dan, jika Tris tidak bisa, berarti tidak akan ada lagi yang bisa membuka kotak tersebut. Akan tetapi, karena semua tanda menunjukkan Tris telah tiada, tes pun diberhentikan dan tubuh Tris dibawa oleh Peter (yang juga diterima kembali di Erudite) kepada Four yang disekap.

Akan tetapi, tiba-tiba Tris bangun kembali. Ternyata, Peter telah memalsukan kematian Tris dan dia juga membantu Four mengalahkan penjaga Dauntless dan Erudite. Anehnya, Tris tidak mau pergi, melainkan ingin melanjutkan proses simulasi untuk membuka kotak tersebut.

Karena, dia punya perasaan kalau kotak itu berisi informasi yang baik. Lalu, apakah benar begitu? Sebenarnya apa isi kotak tersebut? Tonton saja, deh, film ini banyak plot twist-nya dan seru banget!

3. The Divergent Series: Allegiant (2016)

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre:  Action, Adventure, Mystery
  • Sutradara: Robert Schwentke
  • Pemeran:  Shailene Woodley, Theo James, Jeff Daniels
  • Perusahaan Produksi: Mandeville Films, Red Wagon Entertainment, Summit Entertainment

Judul trilogi film ini adalah The Divergent Series: Allegiant yang dirilis pada tahun 2016. Setelah memecahkan isi kotak misterius, semura orang di Chicago akhirnya mengetahui bahwa bertahun-tahun yang lalu PBB percaya bahwa masalah yang ada pada masyarakat disebabkan oleh “damaged genes” (gen yang rusak).

Dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih baik, PBB pun turut campur atas gen-gen manusia. Hal ini menyebabkan Purity Wars. Perang tersebut menghancurkan sebagian besar planet, hanya menyisakan beberapa kota-kota saja di seluruh dunia. Dan, salah satunya adalah Chicago, tempat tinggal Tris selama ini.

Ceritanya agak mirip dengan The Maze Runner, ya, untuk bagian ini? Setelah keluar dari Kota Chicago yang selama puluhan tahun tertutup, Tris dan kawan-kawan sampai di tempat yang sangat futuristik, bersih dan aman. Sangat berbeda dengan kotanya yang terdiri dari gedung-gedung reruntuhan.

Karena mereka dari “dunia luar”, mereka pun diuji kesehatan dan sebagainya. Begitu pula dengan faksi mereka. Yang benar-benar 100% Divergent hanyalah Tris, dan disebut sebagai “pure” alias “murni” di sana. Sedangkan sisanya (termasuk orang-orang yang masih ada di Chicago) adalah “the damages” alias orang-orang yang rusak.

Di film ini Anda akan sangat terkejut, karena di atas penjahat masih ada penjahat lagi. Bacaterus tidak akan berbicara banyak tentang film yang satu ini karena takut spoiler!

4. Film Final yang Dibatalkan: Ascendant

Film yang pertama, Divergent (2014), meraup lebih dari $288 juta di seluruh dunia. Sedangkan film yang kedua, The Divergent Series: Insurgent (2015), meraup lebih dari $297 juta di seluruh dunia.

Nah, ini yang membuat film selanjutnya tidak jadi diproduksi. Film ketiga, The Divergent Series: Allegiant (2016), hanya meraup $179 juta. Serial film ini mengalami penurunan yang signifikan, sehingga film berikutnya tidak jadi diluncurkan.

Dikarenakan feedback yang buruk dari film ketiga, para producer mempertimbangkan untuk membuat film keempat sebagai film televisi. Mereka berencana menambah karakter baru pada cerita yang dapat berlanjut dalam serial televisi. Seperti spin-off, ceritanya bergerak melampaui buku-buku novelnya.

Jadi, alih-alih dijadikan film, tadinya Ascendant mau dijadikan serial televisi (seperti Walking Dead). Tapi, tak ada satu pun dari para pemeran Divergent yang tertarik untuk melakukannya. Shailene Woodley tadinya mau masih mau memerankan Tris, untuk menyelesaikan cerita tentang Divergent, tapi hanya dalam versi theatrical movie.

So, kita tidak akan pernah mendapatkan film lanjutannya. Kalau yang penasaran bagaimana akhirnya, bisa baca saja novelnya yang “Allegiant” dan juga “Four” (dari sisi Tobias).

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. ♠️♥️♦️♣️PELANGI KOIN♣️♦️♥️♠️
    Ayo Buruan Login Dan Raih Kemenangan Sebanyak Banyaknya Di PELANGIKOINASIA.COM
    Proses Depo & Withdraw Tercepat Di Seluruh Asia
    DEPOSIT MINIMAL HASIL MAKSIMAL $_$
    Untuk Kartu Ringan & Muda Menangnya …
    Buktikan Sekarang Juga Hanya Di PELANGIKOINASIA.COM

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 Id bisa main 9 Games Boss!!!

    INFO STATUS BANK :
    ♠️BCA : ONLINE
    ♥️BNI : ONLINE
    ♦️BRI : ONLINE
    ♣️MANDIRI : ONLINE
    ♠️DANAMON : ONLINE

    Tunggu apalagi bos!! langsung DAFTAR diri anda di PELANGIKOINASIA.COM
    Dicoba di Kunjungi Website Kami PELANGIKOINASIA.COM
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24 jam boss!!

    CONTACT US :
    ♦️WA : +62 859-3225-4259
    ♦️TELEGRAM : Pelangikoin Jenny
    ♦️LINE: Pelangikoin
    ♦️INSTAGRAM : Pelangi_koin

    Ditunggu Kehadrian Nya Bermain Boss $_$ Salam Hoki dari PELANGIKOINASIA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *