Bacaterus / Film Anime Fantasy / Tonton Anime Tokyo Ghoul Sesuai dengan Urutannya Yuk!

Tonton Anime Tokyo Ghoul Sesuai dengan Urutannya Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Para penggemar anime tentunya sudah tak asing lagi mendengar tentang Tokyo Ghoul. Anime series yang sukses diadaptasi dari manga ini sangatlah populer di belahan dunia, termasuk Indonesia. Seri manga seinen jepang dengan genre fantasi gelap ini ditulis dan diilustrasikan oleh Sui Ishida.

Kata Ghoul sendiri diambil dari bahasa Arab Ghul, makhluk gaib dari mitologi Arab yang digambarkan sebagai kanibal pemangsa manusia. Secara harfiah dapat diartikan Setan atau Iblis, namun sering disamakan dengan Mayat hidup atau Zombie. Karakteristik ghoul yang mengerikan pun dijadikan sumber inspirasi, terutama dalam karya fiksi.

Tokyo Ghoul memiliki cerita mengenai konflik antara manusia dan ghoul, dimana banyak menampilkan adegan pertarungan penuh darah serta mengangkat cerita mengenasi isu sosial. Mendapat respon fenomenal sejak dirilis, kini Tokyo Ghoul memiliki beberapa series.

Nah untuk kamu yang bingung dan ingin nonton Tokyo Ghoul, simak urutan rilisnya pada ulasan berikut ini untuk tahu mana yang sebaiknya kamu tonton duluan!

1. Tokyo Ghoul (Season 1)

Tokyo Ghoul (Season 1)

Season 1 dari series Tokyo Ghoul tayang perdana tanggal 4 Juli 2014 dengan jumlah episode keseluruhan 12 episode. Dimulai dengan episode pertama berjudul “Tragedy” atau “Higeki” hingga episode terakhir yakni episode 12 dengan judul “Ghoul” atau “Kushu”.

Season 1 ini menceritakan awal mula karakter utama Kaneki Ken yang harus menyesuaikan diri hidup sebagai manusia setengah ghoul. Berlatar di kota metropolis Jepang, Tokyo telah menjadi kota yang kejam dimana makhluk ganas ghoul berada ditengah-tengah manusia.

Diserang oleh ghoul, rupanya Kaneki cukup beruntung tak sempat dimangsa. Namun, mengharuskan dirinya dioperasi dan mendapat implantasi organ dari Rize yaitu ghoul yang menyerangnya. Perdebatan batin dialami Kaneki ketika dirinya berusaha keras untuk mempertahankan sifat manusianya.

Namun di lain sisi tak ada cara lain untuknya bertahan hidup selain memakan daging manusia. Ia bertemu dengan Touka Kirishima dan bekerja di kedai kopi Anteiku bersama para ghoul di kedai yang membantunya menghadapi kehidupan barunya.

Mendapati dirinya disiksa oleh Yamori, ghoul sadis yang gemar menyiksa sesama ghoul, membuat Kaneki akhirnya menerima bahwa dirinya adalah ghoul. Season 1 ini, memang berkisah pengenalan tokoh utama Tokyo Ghoul yang menjadi fokus cerita.

2. Tokyo Ghoul √A (Season 2)

Tokyo Ghoul √A (Season 2)

Masih mengambil setting yang sama, seri dari anime Tokyo Ghoul yang diberi judul Tokyo Ghoul √A merupakan sekuel langsung yang berlanjut dari musim pertama. Disutradarai oleh Shuhei Morita dan diproduksi oleh Pierrot, anime ini mulai tayang pada 9 Januari 2015 sampai 27 Maret 2019.

Perjalanan Kaneki Ken sebagai manusia setengah ghoul berlanjut, dimana kini Keneki sudah menerima bagian dirinya yang mengerikan. Kaneki bergabung sebagai anggota Aogiri no Ki (sebuah organisasi Ghoul jahat), yang memberi Kaneki misi untuk mengambil alih Bangsal di Tokyo.

Tak hanya itu, misinya juga membebaskan tahanan juga membunuh CCG agar kekuatan Aogiri meningkat. Kaneki mengembangkan kekuatan dalam dirinya yang tak dapat ia kendalikan, menjadikan dirinya seperti binatang buas ketika insting monsternya itu mengambil alih.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Kaneki mengalami revolusi setelah menjadi anggota Aogiri, dimana ia menjadi salah satu ghoul paling kuat. Sedikit berbeda dengan musim pertamanya, Tokyo Ghoul √A tidak mengadaptasi semua dari manga secara langsung, dimana terdapat percampuran dengan alur cerita asli yang ditulis Sui Ishida.

Pierrot telah membuat pekerjaan yang fantastis, produksi berkualitas tinggi seperti halnya penggunaan bayangan dan efek visual yang luar biasa. Musik anime dalam musim ini banyak dipuji, sangat imersif dengan lagu-lagu indah. Memang ada beberapa backstory yang kurang menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Juga beberapa lubang plot lainnya, namun pengembangan karakter dengan sangat baik ditampilkan Kaneki, dengan revolusinya yang mengerikan, membuat penonton berpikir betapa tidak berdayanya ia ketika instingnya mengambil alih.

3. Tokyo Ghoul:re (Season 3)

Tokyo Ghoul:re (Season 3)

Menjadi musim ketiga secara keseluruhan dalam seri anime Tokyo Ghoul, seri kali ini mengadaptasi 58 bab pertama dari manga. Anime ini  ditayangkan mulai 3 April 2018 hingga 19 Juni 2018. Tokyo Ghoul: re masih diproduksi oleh Pierrot, namun disutradarai oleh Odahiro Watanabe. Yutaka Yamada juga kembali sebagai composer di musim ini.

Anime musim ini akan terasa seperti spin-off diawal serial, dengan cerita yang berpusat pada karakter Sasaki Haise yang merupakan evolusi dari Kaneki Ken. Namun jangan khawatir, cerita akan tetap berhubungan dengan dua musim sebelumnya dan cerita yang menggantung di ending sebelumnya  akan terjawab pada musim ini.

Tokyo Ghoul: re, mengambil masa dua tahun pasca penyerbuan CCG ke Anteiku. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Sasaki Haise adalah pusat dari cerita musim ini. Bermula dari kekalahan Kaneki melawan Kisho Arima, penyidik CCG juga mentor QS (Quinx Squad).

Arima menjadikan Kaneki sebagai eksperimen di CCG dan menanamkan Quinque ditubuh Kaneki. Prosedur ini memungkinkan mereka mendapat kekuatan khusus ghoul namun masih bisa hidup sebagai manusia. Disinilah identitas Kaneki berubah, dia dan manusia setengah ghoul lainnya tergabung menjadi QS.

Haise Sasaki adalah anggota CCG sekaligus pemimpin QS, kelompok hibrida setengah manusia (seperti Kaneki), yang menggunakan kekuatannya untuk melawan ghoul. Nuansa Tokyo Ghoul musim ini memang berbeda, dimana tema makhluk pemakan manusia serta adegan brutal kurang terasa.

Kehadiran QS sebagai manusia setengah ghoul di CCG, memberikan kesan bahwa ghoul telah diterima menjadikan anime ini lebih ringan dari dua seri sebelumnya. Namun, Tokyo Ghoul: re tetap menyuguhkan cerita menarik juga penasaran penonton dengan adegan aksi kelompok Quinx Squad.

4. Tokyo Ghoul: re 2nd Season (Season 4)

Tokyo Ghoul: re 2nd Season (Season 4)

Sama seperti judulnya, musim ini melanjutkan musim sebelumnya lengkap dengan jumlah episode yang sama, yakni 12 episode. Tokyo Ghoul: re 2nd Season dibuat dari episode 13 sampai 24, menjadi musim keempat sekaligus terakhir dalam serial Tokyo Ghoul. Secara keseluruhan anime ini diproduksi oleh Pierrot dengan Pierrot Plus sebagai bantuan produksi.

Ditayangkan mulai tanggal 9 Oktober 2018 sampai 25 Desember 2018, anime ini menang banyak menyedot perhatian publik, terutama penggemar setia dari setiap musim. Di akhir episode musim sebelumnya, Kaneki mendapatkan ingatannya kembali. Ia lantas bertarung hebat dengan Arima.

Mengambil masa dua tahun setelah adanya penyergapan CCG ke Anteiku, Tokyo memiliki atmosfir berbeda walau masih dibayang-bayangi ancaman ghoul. Terlebih lagi datangnya ancaman dari sekelompok teroris ghoul Aogiri.

Musim ini juga masih menceritakan Kaneki dengan identitas barunya sebagai Haise Sasaki, leader Quinx Squad.

Kekuasan CCG semakin tumbuh dalam mengejar dan membasmi setiap ghoul di Jepang. Haise Sasaki mengundurkan diri dari Quinx Squad, namun ia masih bertugas dalam CCG dengan misi tersendiri. Mendapatkan ingatannya kembali tetap membuat Kaneki berada di persimpangan jalan antara perang manusia dan ghoul.

Konflik internal membuat perilaku Kaneki yang berhati dingin mempengaruhi orang-orang disekitarnya termasuk Quinx Squad yang ia terlantarkan. Bisa dibilang bahwa Kaneki lebih menjadi seorang manusia, karena sel Rc (sel khusus ghoul) miliknya ditekan saat Arima membawanya kepada CCG, sehingga ia bisa hidup normal seperti manusia.

Anime musim ini bisa dibilang lebih smooth dan bagus pada pertarungan-pertarungan besar dalam episode krusial. Kaneki telah melakukan tugasnya dengan baik, pembawaan karakternya dari musim pertama hingga akhir sangat luar biasa.

Berfokus pada kehidupan karakter utama Ken Kaneki, Tokyo Ghoul banyak mengangkat cerita isu sosial seperti toleransi dan prasangka negatif. Selain itu terdapat juga isu ekstrimisme hingga diskriminasi sosial antar golongan yang dihadirkan dalam anime ini.

Buat kamu para penggemar Tokyo Ghoul pasti sudah tahu jika Tokyo Ghoul memiliki live action film. Penasaran? Kamu bisa nonton film nya tanpa harus baca manga atau nonton animenya dulu. So, tunggu apa lagi, sudah gak bingung kan harus mulai nonton dari mana minasan? Jangan lupa baca artikel menarik lainnya dari Bacaterus.com ya! Sekian.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Terimakasih, sangat membantu saya harus menonton tokyo google mulai dari mana hingga lanjutannya

    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca 🙂

  2. Makasih bgt yaaa infonyaaaa. Membantu bgt. Tapi,sekedar tambahan aja nih kak, urutan nonton Tokyo Ghoul yg lengkap adalah sbg berikut :

    1. Tokyo Ghoul
    2. Tokyo Ghoul √A
    3. Tokyo Ghoul;re part1
    4. Tokyo Ghoul Jack
    5. Tokyo Ghoul Pinto
    6. Tokyo Ghoul;re part2
    -The End-

    1. Wah, terima kasih sudah menambahkan ya, Salsa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *