Bacaterus / Film Anime / Petualangan Seru, Ini Urutan Anime JoJo’s Bizarre Adventure

Petualangan Seru, Ini Urutan Anime JoJo’s Bizarre Adventure

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Diciptakan 3 tahun setelah Dragon Ball, manga JoJo’s Bizarre Adventure yang ditulis juga digambar oleh mangaka Hirohiko Araki bisa jadi kalah populer dengan judul-judul seperti Naruto, One Piece ataupun juga Bleach di Indonesia.

Atau lebih tepatnya, popularitasnya agak terlambat naik dibanding judul-judul tersebut. Padahal, JoJo’s Bizarre Adventure adalah salah satu manga dengan volume terpanjang milik penerbit Shueisha.

Kisahnya sendiri adalah berpusat pada karakter yang memiliki nama panggilan ‘JoJo’. Ya, tidak seperti serial lainnya yang menampilkan satu orang protagonis yang bertualang bersama dengan teman-temannya, anime ini mengisahkan orang yang berbeda di setiap serinya. Mulai dari Sang JoJo pertama, keturunannya, hingga mereka yang memiliki relasi baik langsung maupun tidak langsung dengan keluarga Joestar.

Kalau kamu baru ingin menyaksikan anime JoJo’s Bizarre Adventure, yuk kita simak urutan serinya yang sudah Bacaterus rangkum berikut ini.

Season 1

Season pertama dari Jojo’s Bizarre Adventure terdiri dari dua seri dengan judul yang berbeda, yaitu Phantom Blood dan Battle Tendency. Sesuai dengan konsepnya, tokoh utama dari seri pertama adalah Jonathan Joestar, sementara Battle Tendency dibintangi oleh Joseph Joestar.

1. Phantom Blood

Phantom Blood

Phantom Blood merupakan cikal bakal dari kisah JoJo’s Bizarre Adventure. Semuanya bermula di kota Liverpool, Inggris tahun 1880. Jonathan Joestar yang biasa dipanggil JoJo adalah putra dari sebuah keluarga berada. Suatu ketika, George, ayahnya mengangkat Dio Brando, seorang anak yatim piatu. Namun kemudian, keberadaan Dio yang menipulatif justru membuat JoJo seolah-olah di-bully di rumahnya sendiri.

Di awal cerita, Phantom Blood akan membawa kita dalam sebuah kisah ala sinetron atau serial drama. Tapi kemudian, kita akan melihat bagaimana Dio mendapatkan kekuatan dari sebuah topeng yang disebut Stone Mask dan merubahnya menjadi seorang vampire. JoJo kemudian mempelajari sebuah kekuatan yang disebut Hammond untuk menghentikan Dio.

2. Battle Tendency

Battle Tendency

Dalam Battle Tendency, kita akan dibawa ke masa 50 tahun setelah peristiwa di Phantom Blood. Dimana, pada tahun 1938, cucu dari Jonathan Joestar, yaitu Joseph Joestar menyelidiki kematian Robert E.O. Speedwagon yang merupakan sahabat karib kakeknya. Ia kemudian mengetahui bahwa tewasnya Speedwagon berhubungan dengan keberadaan seorang pria yang disebut dengan Pillar Man.

Pillar Man sendiri memiliki hubungan dengan keberadaan Stone Mask. Bekerja sama dengan keturunan guru dari kakeknya dan wanita bernama Lisa Lisa, JoJo yang kali ini adalah Joseph, berhasil mempelajari Hammond dan berusaha menghentikan Pillar Man yang bermaksud untuk menguasai dunia.

Season 2

Season 2 yang dikenal dengan judul Jojo’s Bizarre Adventure: Stardust Crusaders adalah seri JoJo yang paling terkenal. Setelah melihat aksi Jonathan dan Joseph Joestar, kali ini yang menjadi bintang utama dalam Stardust Crusaders adalah Jotaro Kujo, cucu Joseph yang bisa jadi adalah karakter JoJo yang paling disukai oleh para penggemar.

3. Stardust Crusaders

Stardust Crusaders

Kali ini petualangan JoJo dimulai pada tahun 1987, dimana Jotaro Kujo menyerahkan diri ke penjara setelah menurutnya, ia dirasuki oleh roh jahat yang hanya bisa dilihat oleh dirinya sendiri. Roh jahat yang dimaksud oleh Jotaro tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Stand. Sementara Stand sendiri sebenarnya merupakan manifestasi visual dari energi seseorang. Dan tentu saja, Stand dapat digunakan untuk bertarung.

Dalam Stardust Crusaders, DIO kembali muncul dengan menggunakan wujud dari Jonathan Joestar. Ia dapat merasakan kehadiran para keturunan Joestar dan bermaksud untuk membunuh mereka. Selain Jotaro sepertinya memang mencuri perhatian penggemar, Stand-nya pun ikut menjadi salah satu favorit fans.

4. Stardust Crusaders: Battle in Egypt

Stardust Crusaders: Battle in Egypt

Battle in Egypt merupakan kelanjutan dari bagian pertama Stardust Crusaders dimana Jotaro dan kawan-kawan tiba di Mesir. Mereka pun mendapat anggota baru, yaitu seekor anjing Boston terrier bernama Iggy. Meskipun tampak tidak meyakinkan, namun anjing tersebut ternyata memiliki Stand yang bisa mengendalikan pasir. Ya, anjing yang keren memang.

Dibanding dua serial sebelumnya, Stardust Crusaders memang dseibut-sebut sebagai rangkaian terbaik dari serial JoJo’s Bizarre Adventure. Selain karakter Jotaro yang cool memang tampil meyakinkan dengan gaya bertarungnya yang keren,  jangan lupa, Stand-nya yang memiliki nama Star Platinum itu. Dan jangan lewatkan, pertarungan akhir Jotaro dengan DIO yang dinilai sebagai salah satu adegan aksi terbaik dalam dunia anime.

Season 3

Setelah penonton disuguhkan dengan sebuah kisah yang intens bersama Jotaro, petualangan JoJo berlanjut di season ke-3-nya yang kali ini memperkenalkan tokoh utama baru lagi, yaitu Josuke Higashikata, selain kemunculan kembali Jotaro.

5. Diamond is Unbreakable

Diamond is Unbreakable

Diamond is Unbreakable memiliki setting di tahun 1999. Dimana Jotaro mencari seorang pemuda bernama Josuke Higashikata. Mereka kemudian bertemu, dan Jotaro menjelaskan pada pemuda tersebut bahwa dia adalah anak tiri dari Joseph Joestar.

Josuke sendiri memiliki Stand bernama Crazy Diamond yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Para fans menyebut Diamond is Unbreakable sebagai seri JoJo yang bisa dibilang paling ringan, terutama setelah penonton dibawa melalui kisah Stardust Crusaders yang cukup epik.

Malahan, serial ini dikategorikan sebagai kisah kehidupan sehari-hari yang dipenuhi dengan komedi. Season ke-3 dari Jojo’s Bizarre Adventure ini memang menampilkan bagaimana Josuke mengungkap berbagai kejadian supranatural yang terjadi di Kota Morioh.

Season 4

Season ini merupakan season Jojo’s Bizarre Adventure yang tayang perdana pada 5 Oktober 2018. Dan kita kembali diperkenalkan pada seorang tokoh protagonis baru lagi dan kali ini memiliki hubungan –yang agak rumit- baik dengan keturunan Joestar, maupun lawan mereka, Dio Brando.

6. Golden Wind

Golden Wind

Semuanya berawal dari Koichi Hirose, kawan dari Josuke yang diutus oleh Jotaro untuk pergi Naples, Italia. Ia mendapat tugas untuk mencari seorang pemuda bernama Giorno Giovanna, yang ternyata merupakan anak dari Dio Brando.

Namun saat Giorno lahir, Dio tengah menggunakan fisik Jonathan Joestar sehingga ia sebenarnya adalah seorang Joestar. Bahkan pembawaannya pun seperti layaknya seorang Joestar daripada Dio sendiri.

Dalam Golden Wind, kita akan mengikuti kisah Giorno yang bergabung dalam sebuah kelompok mafia bernama Pasione dimana dia berusaha untuk membuat hidupnya menjadi lebih baik. Para penggemar menyebut, bahwa setelah kita menyaksikan Diamond is Unbreakable, kita akan dibawa masuk dalam kisah JoJo yang agak dark dibanding dengan seri sebelumnya.

Jika ada yang bertanya, lantas, dimana bagian nama JoJo dari Giorno? Jawabannya adalah, kita bisa melihat namanya yang mengandung rima itu. Iya, GioGio yang jika diucapkan akan sama dengan bunyi JoJo.

OVA

OVA

Pada tahun 1993, sebuah adaptasi original video animation (OVA) dari Jojo’s Bizarre Adventure tayang. Tenang, jangan dulu bingung. Karena OVA ini  sebenarnya diadaptasi dari Stardust Crusaders: Battle in Egypt. Pada tahun 2000, episode susulan dari OVA ini juga sempat tayang.

Tapi, dengan berjalannya serial JoJo’s Bizzare Adventure di layar kaca, rasanya OVA ini sudah tidak penting, karena kita sudah dapat menyaksikan seri JoJo dari asal mulanya hingga sekarang.

Itulah dia urutan menonton anime Jojo’s Bizarre Adventure. Totalnya, serial ini memiliki 152 episode dan tengah break dan kemungkinan akan lanjut satu atau dua tahun yang akan datang. Sementara manganya sendiri tentu saja masih berlanjut dan telah memasuki kisah yang diberi judul Stone Ocean.

Satu lagi hal unik yang ditampilkan oleh serial ini. Jojo’s Bizarre Adventure juga menghadirkan soundtrack dari musisi dunia, sesuai dengan tahun yang menjadi setting dalam serial ini. Diantaranya Yes, The Bangles, Savage Garden, hingga group vocal Jodeci dan Enigma.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *