bacaterus web banner retina

Holy Grail War! Ini Dia Urutan Nonton Anime Fate Series

Ditulis oleh Glen Sahetapy - Diperbaharui 25 September 2021

Seri Fate merupakan salah satu waralaba anime kenamaan yang memiliki basis fans yang setia. Dengan judul Fate/stay night, seri ini mengawali debut sebagai sebuah game untuk platform Windows dan dikembangkan oleh developer Type-Moon yang terkenal akan visual novel mereka. Dari game, serial ini pun semakin berkembang menjadi sebuah manga, kemudian serial anime.

Setelah dikembangkan pada tahun 2004, manga Fate/stay night memulai serialisasinya di majalah Shonen Ace pada Februari 2006 hingga Desember 2012. Di tahun yang sama, Studio Deen mengangkat seri pertama franchise Fate ini menjadi sebuah anime sepanjang 24 episode.

Dengan kemunculan beragam serial Fate, para penggemar baru mungkin agak bingung, harus mengikuti seri ini dari mana ke mana. Sekarang, kita akan membahas urutan nonton animenya supaya kamu bisa menikmatinya dengan baik. Simak ulasannya berikut ini ya!

Urutan Anime Fate

Di sini kami akan membagi urutan Fate ke dalam dua kategori. Untuk kategori pertama ini bisa dibilang sebagai cerita intinya. Jika kamu penasaran dengan urutannya, bisa simak ulasan di bawah ini.

1. Fate/zero (2011)

Fate/zero (2011)

Fate menceritakan kisah tentang seorang pemuda bernama Shirou Emiya yang terlibat dalam sebuah peperangan mitologi dan mistis yang disebut dengan Fifth Holy Grail War. Dan Fate/zero sebenarnya adalah judul anime kedua dalam seri Fate. Kisahnya sendiri merupakan prekuel dari cerita utamanya yang tidak lain adalah Fate/stay night yang rilis di layar kaca pada tahun 2006.

Karakter utama dalam Fate/zero adalah ayah angkat dari Shirou yaitu Kiritsugu Emiya. Ceritanya sendiri mengambil setting 10 tahun sebelum persitiwa Fate/stay night, dimana Kiritsugu terlibat dalam Fourth Holy Grail War. Meskipun film ini merupakan prekuel, tapi alangkah lebih baiknya jika kamu menyaksikan serial Fate/stay night terlebih dahulu, baru kemudian menyaksikan serial ini agar lebih terasa sensasinya.

2. Fate/stay night (2006)

Fate/stay night (2006)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Fate/stay night merupakan awal dari serial Fate. Shirou Emiya adalah seorang pemuda biasa yang memiliki kekuatan magis dan dipergunakan untuk memperbaiki berbagai macam barang yang rusak.

Tanpa ia sadari, dirinya terlibat dalam Fifth Holy Grail War. Dimana, ia merupakan salah satu ‘Master’ dalam perebutan Holy Grail yang jika didapatkan bisa memenuhi permintaan pemegangnya.

Tak mengerti apa-apa tentang hal tersebut, Shirou tiba-tiba saja harus bertarung melawan Master lain yang datang bersama ‘Servant’ mereka. Beruntung, Emiya ternyata memiliki Servant kuat yang disebut sebagai Saber.

Servant dalam Fate merupakan seorang pahlawan yang di-summon oleh Master-nya untuk membantu mereka dalam pertempuran demi memperebutkan Holy Grail. Saber sendiri sebenarnya adalah Arthuria Pendragon atau King Arthur dalam sejarah Inggris.

3. Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS (2010)

Fate stay night UNLIMITED BLADE WORKS (2010)

Setelah menonton dua anime seri dari Fate, kini kamu bisa langsung menonton salah satu film Fate yang nantinya akan melanjutkan cerita ke seri anime Fate berikutnya. Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS ini memiliki rute cerita yang agak berbeda. Jika kamu mengikuti visual novel dari Fate, mungkin sudah tidak asing dengan cerita di Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS.

Pasalnya, anime movie ini memperlihatkan Rin Toosaka menjadi lead character alias karakter utamanya. Di sini penonton akan menyaksikan bagaimana Rin Toosaka yang kuat dan tidak sia-sia seperti seri anime Fate sebelumnya. Kamu akan takjub melihat Rin yang begitu mempesona.

4. Fate/stay night: Unlimited Blade Works (2014)

Fate/stay night: Unlimited Blade Works (2014)

Setelah kamu menyaksikan Fate/stay night dan juga film Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS bisa lanjutkan Fate/stay night: Unlimited Blade Works yang merupakan judul ketiga dari serial Fate. Berbeda dari sebelumnya yang hanya sebuah film, kali ini adalah seri animenya dengan cerita yang lebih lengkap dan lugas.

Dalam serial sepanjang 12 episode ini, kita akan dibawa untuk melihat lebih dalam kisah yang terjalin antara Emiya dengan Master lain yang tidak lain adalah Rin Toosaka. Karena dalam serial ini, Emiya dan Rin bekerjasama, namun Servant Archer milik Rin menyimpan misteri bahkan seolah memiliki motifnya sendiri.

5. Fate/stay night: Heaven’s Feel (Trilogy Movie)

Fate/stay night: Heaven’s Feel (2017)
  • Tahun Rilis: 2017 (Movie 1), 2019 (Movie 2), 2020 (Movie 3)
  • Genre: Action, Fantasy, Magic, Supernatural
  • Produksi: ufotable
  • Sutradara: Miura Takahiro
  • Pengisi Suara: Ayako Kawasumi, Kana Ueda, Junichi Suwabe, Shitaya Noriko

Berbeda dengan judul Fate lainnya yang merupakan serial anime, Heaven’s Feel merupakan movie trilogy yang telah dirilis sejak tahun 2017. Film ini sendiri disebut-sebut sebagai bagian terakhir dari seri Stay Night.

Dua bagian dari Heaven’s Feel telah dirilis. Part I yang berjudul Presage Flower tayang pada 14 Oktober 2017, sementara Part II dengan judul Lost Butterfly dirilis pada 12 Januari 2019. Lalu yang terbaru ada Fate/stay night Movie: Heaven's Feel - III. Spring Song yang rilis pada 15 Agustus 2020.

Meskipun tetap menampilkan kisah Shirou dan tentunya, kehadiran Rin yang merupakan teman satu sekolahnya, Heaven’s Feel berpusat pada kisah kawan dari Shirou yaitu Sakura Matou, yang ternyata juga menemukan perannya dalam Holy Grail War. Part III dari Heaven’s Feel yang berjudul Spring Song.

Spin Off Anime Fate

Setelah menonton kelima anime sebelumnya, kamu bisa melanjutkan tontonan anime spin off-nya ini. Ada beberapa anime yang telah kami urutkan. Untuk mengetahui selengkapnya, bisa simak ulasan berikut ini:

1. Fate/Apocrypha (2017)

Fate/Apocrypha (2017)

Judul-judul sebelumnya memang merupakan judul inti dari seri Fate. Apalagi, kesemuanya menceritakan tentang Shirou Emiya yang terjun dalam Holy Grail War. Namun seperti yang sudah kita bahas, mungkin agak membingungkan ketika kita melihat ada judul Fate lain yang bermunculan sehingga membuat kita bertanya-tanya, apakah ada hubungannya dengan seri-seri sebelumnya?

Fate/Apocrypha adalah salah satunya. Jika kamu penasaran dengan seri Fate tapi sama sekali belum pernah menyaksikan Fate/stay night atau juga Fate/zero, anime ini bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk sekedar pemanasan sebelum menyaksikan judul-judul intinya.

Serial Fate sepanjang 25 episode ini memiliki setting pada Third Holy Grail War bagaimana terjadi peperangan antara dua fraksi yang menyebut diri mereka Red dan Black.

Alasan mengapa serial ini cocok disaksikan oleh mereka yang belum pernah menyimak Fate sebelumnya adalah, karena Fate/Apocrypha tidak banyak menampilkan berbagai pengetahuan yang terdapat dalam seri-seri pendahulunya. Meski begitu, akan lebih seru jika kamu memang telah menyaksikan judul-judul sebelumnya agar soul-nya lebih terasa.

2. Fate/EXTRA: Last Encore (2018)

Fate EXTRA Last Encore (2018)
Tahun Rilis 2018
Genre , , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Sakura Tange Atsushi Abe

Di tahun 2018, muncul Fate/EXTRA: Last Encore yang merupakan sebuah cerita sampingan berpusat pada Akademi Tsukimihara. Akademi yang didirikan oleh Moon Cell Computer ini bertujuan untuk melatih murid-muridnya dalam menghadapi Holy Grail War. Tapi, sekolah ini punya sistem penilaian yang unik dengan mengadakan beberbagai turnamen.

Di dalam anime ini juga menceritakan tentang Hakuno yang memiliki Saber sebagai servant-nya. Penonton akan mengetahui cerita Hakuno yang memulai kisahnya menuju inti dari Moon Cell, yaitu Angelica Cage. Dari perjalanannya itu, dia menemukan alasan terbentuknya dunia artificial dan berbagai rahasia di dalamnya.

3. Fate/kaleid liner Prisma Illya (2013-2016)

Fate/kaleid liner Prisma Illya (2013-2016)

Fate/kaleid liner Prisma Illya merupakan sebuah spin-off yang berada dalam alternate universe dari kisah Fate/stay night. Memiliki konsep magical girl, Fate/kaleid liner Prisma Illya juga menampilkan karakter-karakter orisinil Fate/stay night, termasuk Rin Tohsaka.

Tokoh utama dalam serial ini adalah salah satu Servant yang juga tampil dalam waralaba Fate, yaitu Illyasviel von Einzbern. Kisahnya sendiri berpusat pada Illya yang berusaha mengumpulkan kartu dari tujuh Class Cards yang didalamnya terdapat Heroic Spirit dari legenda-legenda.

Fate/kaleid liner Prisma Illya yang memiliki 3 season juga merupakan salah satu serial Fate yang dapat disaksikan tanpa menonton seri Fate utama. Hanya saja, akan lebih asyik lagi jika kamu juga bisa mengetahui jalan cerita Fate orisinil.

Selain itu Fate/kaleid liner Prisma Illya juga memiliki specials dengan judul Fate/kaleid liner Prisma Illya Specials dan Fate/kaleid liner Prisma Illya 2Wei! Specials. Lalu, ada juga filmnya dengan judul Fate/kaleid liner Prisma☆Illya Movie: Sekka no Chikai dan OVA berjudul Fate/kaleid liner Prisma☆Illya: Undoukai de Dance!

4. Fate/Grand Order: First Order (2016)

Fate/Grand Order: First Order (2016)

Pada tahun 2015, Chaldea Security Organization menyelidiki tentang kemusnahan manusia di masa depan. Usut punya usut, ternyata hal tersebut berhubungan dengan peristiwa Fifth Holy Grail War yang terjadi di Kota Fuyuki pada tahun 2004.

Chaldea kemudian mengutus Ritsuka Fujimaru bersama seorang gadis misterius bernama Mash Kyrielight melalui perjalanan antar waktu untuk menyelidiki hal tersebut.

Fate/Grand Order: First Order merupakan adaptasi game mobile Fate/Grand Order yang berhasil maraih sukses di pasaran. Kisahnya sendiri menceritakan bagian prolog dari game tersebut yang dikenal dengan peristiwa Camelot Singularity. Sama seperti game-nya, Fate/Grand Order: First Order sukses memanjakan para fans dari Fate, sehingga kisah ini pun dilanjutkan.

5. Fate/Grand Order – Absolute Demonic Front: Babylonia (2019)

Fate/Grand Order – Absolute Demonic Front

Fate/Grand Order – Absolute Demonic Front: Babylonia merupakan sekuel dari Fate/Grand Order: First Order. Kali ini Ritsuka Fujimaru dan Mash Kyrielight ditugaskan oleh pihak Chaldea untuk menyelesaikan tugas mereka dalam rangkaian inisiasi Grand Order. Kali ini, Ritsuka dan Mash dikirim ke masa Babilonia kuno, tepatnya B.C. 2655.

Setibanya mereka disana, keduanya mengetahui bagaimana keberadaan tiga dewa mengancam wilayah Uruk yang dikuasai oleh Raja Gilgamesh. Sementara keduanya bekerjasama untuk menghadapi invasi monster misterius disana dan mencegah kepunahan manusia, entitas lain tengah bangkit dari tidur panjangnya.

6. Today’s Menu for the Emiya Family (2018)

Today’s Menu for the Emiya Family (2018)
Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Ayako Kawasumi Noriaki Sugiyama

Tidak ada pertengkaran atau perang lagi di anime Fate kali ini. Pasalnya Today’s Menu for the Emiya Family memiliki setting cerita dimana perang sudah berakhir dan sekarang semuanya sudah kembali normal. Kedamaian ini membawa Emiya dan Saber menjalani aktivitas-aktivitas ringan. Tidak ada pedang, magic, dan hal lainnya.

Mereka hanya menikmati waktu berjalan-jalan, memasak, berkeliling kota. Tidak hanya itu saja, bahkan di dalam anime ini ada selipan komedi yang siap akan mengocok perut para penonton. Jadi, menonton Today’s Menu for the Emiya Family tidak akan membuatmu pusing seperti seri Fate sebelumnya, ya!

7. The Case Files of Lord El-Melloi II (2019)

The Case Files of Lord El-Melloi II (2019)
Tahun Rilis 2019
Genre , , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Daisuke Namikawa Reina Ueda Inori Minase

Ingin menguak misteri yang berhubungan dengan anime Fate? Kalau begitu, seri The Case Files of Lord El-Melloi II tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kamu bisa memilih untuk menonton atau skip anime ini karena tidak berpengaruh dengan cerita inti dari anime Fate sendiri. Tapi, anime 13 episode ini menawarkan cerita seru,

Di dalam ceritanya punya fokus pada karakter Lord El Melloi II yang baru mendapatkan gelar. Lord El Melloi II harus menuntaskan berbagai macam tantangan dan mengungkap berbagai misteri yang berhubungan dari anime-anime Fate. Misteri yang diungkapkan olehnya ini cukup serius sehingga membuat penonton penasaran. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

Tidak semua seri Fate merupakan lanjutan dari kisah Fate/stay night, namun peristiwa Fifth Holy Grail War menelurkan berbagai kisah dengan titel Fate. Salah satu spin-off lain dari seri ini adalah Carnival Phantasm. Meski begitu, Carnival Phantasm hanyalah sebuah anime komedi yang menghadirkan karakter-karakter dalam Fate/stay night untuk merayakan ulang tahun ke-10 dari Type-Moon.

Salah satu hal menarik dari seri Fate adalah kehadiran pahlawan-pahalwan legendaris kuno seperti Arthur Pendragon, Cú Chulainn, Gilgamesh, hingga Jean de Arc. OK, itulah urutan menonton anime seri Fate bagi kamu yang ingin mengikutinya. Bagi para penggemar Fate, kamu bisa berdiskusi tentang serial ini di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram