bacaterus web banner retina

Biar Nggak Bingung, Baca Urutan Anime Durarara Berikut Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Agustus 2021

Namanya terdengar unik, Durarara!! Tapi bukan karena namanya serial anime ini menjadi salah satu anime popular di kalangan pecinta anime. Serial anime ini mempunyai narasi yang dikemas dengan baik sehingga menarik untuk ditonton. Durarara!! atau yang biasa disingkat DRRR merupakan sebuah anime yang diilustrasikan oleh Suzuhita Yasudo dari manga karya Ryohgo Narita.

Namun, jika kamu adalah pecinta anime baru, menonton serial anime ini pasti sedikit membingungkan. Pasalnya Durarara!! mempunyai beberapa sesi yang dibagi lagi menjadi banyak series dengan 3 cour (panjang serial anime) yang berbeda. Nah, kami akan mengulas urutan anime Durarara!! dengan lengkap agar kamu bisa memahami jalan ceritanya. Silahkan disimak informasinya.

1. Durarara!!

Biar Nggak Bingung, Baca Urutan Anime Durarara Berikut Ini 1
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Miystery, Action, Supernatural
  • Produksi: Aniplex
  • Sutradara: Oomori Takahiro
  • Pengisi Suara: Kamiya Hiroshi, Ono Daisuke, Sawashiro Miyuki, Miyano Mamoru, Toyonaga Toshiyuki
  • Jumlah Episode: 24+2 OVA (Original Video Anime)

Durarara!! membuka kisahnya dengan perjalanan remaja bernama Ryuugamine Mikado yang mencari kehidupan baru di kota Ikebukuro. Di kota tersebut ia akan menimba ilmu di Raira Academy bersama dengan sahabatnya, Kida Masaomi.

Ryuugamine Mikado menyukai kehidupan kota Ikebukuro yang sangat berbeda dengan kehidupan di desanya. Sahabatnya, Kida memperingatinya untuk tetap berhati-hati dan tidak mendekati orang-orang berbahaya seperti Heiwajima Shizuo dari kelompok Black Rider dan Orihara Izaya.

Black Rider adalah kelompok gangster yang konon berisi orang-orang kejam yang kekejamannya melegenda. Dalam serial anime ini kehidupan Ryuugamine Mikado justru mempunyai kaitan dengan kelompok tersebut dan kota Ikebukuro.

Petualangan seru nan menegangkan Ryuugamine pun dimulai saat ini. Alur cerita di musim pertama ini sedikit lambat. Bagi kamu yang kurang niat untuk menontonnya, mungkin akan sedikit merasa bingung dan bosan dengan pacing lambat di alurnya.

Namun, jika kamu benar-benar sabar dan terus mengikutinya, semua kebingungan dan pertanyaan di kepala yang muncul selama menonton anime ini akan terjawab. Perkembangan cerita akan membawamu pada clue yang membuatmu paham alurnya.

Alur maju mundur dalam cerita ini pun menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya dalam setiap aluryna terdapat detail kecil yang menjadi puzzle pelengkap untuk mendapatkan gambaran utuh dari seluruh jalan cerita.

2. Durarara!! Special

Biar Nggak Bingung, Baca Urutan Anime Durarara Berikut Ini 3
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Miystery, Action, Supernatural
  • Produksi: Aniplex, Brain’s Base
  • Sutradara: Oomori Takahiro
  • Pengisi Suara: Kamiya Hiroshi, Ono Daisuke, Sawashiro Miyuki, Miyano Mamoru, Toyonaga Toshiyuki, Hanazawa Kana
  • Jumlah episode: 2

Episode spesial dari musim pertama Durarara!! ini menghadirkan Anri sebagai bagian dari perkembangan cerita.

Dan kisah dalam episode special ini dimulai dari Celty yang ditugaskan untuk mengirim sebuah tas tangan merah misterius. Ketika sedang menjalankan tugas, ia dikejar oleh pria asing tak dikenal yang menyeret penduduk kota ke dalam konflik.

3. Durarara!! X2 Shou

Biar Nggak Bingung, Baca Urutan Anime Durarara Berikut Ini 5
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Mystery, Supernatural, Action
  • Produksi: Aniplex
  • Sutradara: Oomori Takahiro
  • Pengisi Suara: Kamiya Hiroshi, Ono Daisuke, Sawashiro Miyuki, Fukuyama Jun, Toyonaga Toshiyuki
  • Jumlah Episode: 12

Dalam lanjutan serial anime ini, dikisahkan Ikebukuro berada dalam kondisi tenang setelah meredanya berbagai perseteruan antara Yellow Scarf dan Blue Square. Sayangnya, ketenangan tersebut tidak berlangsung lama.

Sebuah pemandangan aneh mulai terlihat di sekitar kota seiring pembunuh yang bersembunyi di balik identitas “Hollywood” menggemparkan seluruh kota Ikebukuro.

Kegemparan kota bertambah dengan adanya aksi kejar-kejara yang dilakukan Celty Sturluson, rider tanpa kepala dengan anggota kepolisian.

Tak hanya polisi, anggota geng motor lainnya pun ikut mengejr Celty dan berusaha menangkapnya. Belum lagi adanya rentetan kejadian aneh lainnya yang datang menyusul menambah suasana kacau Ikebukuro.

Mikado sendiri mulai didekati oleh adik kelas misteris bernama Aoba Kuronoma. Remaja misterius yang sulit ditebak motifnya mendekati Mikado ini mengaku mengetahui identitas asli Mikado. Dengan adanya berbagai kejadian yang muncul hampir berbarengan, Ikebukuro kembali bergejolak.

Kurang lebih lima tahun dari perilisan di musim keduanya, Durarara!! masih mempertahankan kualitas narasi dan karakternya yang kuat.

Pada cerita di musim kedua ini, banyak hal yang terjadi yang merupakan perkembangan dari cerita di musim sebelumnya. Misalnya pada Dollar. Kini prinsip kebebasan mereka dipertaruhkan. Dollar bisa saja menjadi sebuah perkumpulan rahasia yang banyak dikagumi banyak orang.

Namun, geng tersebut bisa juga berakhir seperti geng-geng jalanan lainnya yang akan menjadi sampah masyarakat. Entitas Dollar di sini menjadi ujian kesadaran bagi Mikado. Ia harus melakukan sesuatu yang tepat yang akan menentukan arah Dollar ke depannya.

Durarara!!X2 Shou mempunyai episode spesial yang berjudul Durarara!!X2 Shou: Watashi No Kokoro Wa Nabe Moyou. Episode ini hadir di episode 4.5.

Baca juga: Mulai Suka Nonton Anime? Yuk, Ketahui 10 Genre Anime ini!

4. Durarara!! X2 Ten

Biar Nggak Bingung, Baca Urutan Anime Durarara Berikut Ini 7
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Mystery, Supernatural, Action
  • Produksi: Aniplex, Shuka
  • Sutradara: Oomori Takahiro
  • Pengisi Suara: Kamiya Hiroshi, Ono Daisuke, Sawashiro Miyuki, Fukuyama Jun, Toyonaga Toshiyuki
  • Jumlah Episode: 12

Meskipun diterpa berbagai kejadian aneh, kehidupan di kota Ikebukuro terus terjalin seolah mereka sudah ditakdirkan seperti itu. Mikado sendiri sudah mulai selangkah lebih dekat ke tujuannya untuk menjalani kehidupan yang diinginkannya.

Sekuel Durarara!!! X2 Ten berlanjut pada perjalanan Mikado yang beraliansi dengan Aoba Kuronuma. Meskipun masih dengan sikap siaga akan kehadiran Aoba Kuronuma, Mikado memutuskan untuk bergabung dengan adik kelasnya tersebut guna mewujudkan keinginannya.

Setelah mendapatkan kendali penuh terhadap musuhnya yang dulu, Blue Square, dia bebas menggunakan kekuatannya sekehendak hatinya. Dan sekarang ia mulai bisa mewujudkan kelompok yang sesuai dengan idealisnya.

Keputusannya tersebut membawanya pada sisi lain dari Kota Ikebukuro yang kelam. Sementara itu Izaya masih mempunyai rencana-rencana jahat yang berbahaya di kepalanya yang masih ia simpan baik-baik.

Sambil memperhatikan orang-orang dan menunggu waktu yang tepat untuk beraksi. Cepat atau lambat, kota yang menjadi favorit orang-orang ini akan segera menjadi arena panas yang banyak dihujani ketegangan.

Sekuel yang akan membawa penonton pada akhir cerita ini mempunyai narasi yang sangat cerdas sehingga karakter dan kualitas cerita meningkat. Hal ini tentu membuat penonton lebih penasaran.

Seperti pada season sebelumnya, Durarara!! X2 Ten menampilkan karakter yang mempunyai ikatan terhadap yang lainnya. Hal ini terlihat pada karakteer Akabayashi dan Anri. Di sini peran Ikabayashi mulai jelas.

Hal yang berbeda dri musim ketiga ini adalah adanya konflik batin tiap karakter yang lebih disoroti, baik itu yang berkaitan dengan prinsip atau keinginan dan cita-cita karakter ke depannya. Ini terlihat pada Mikado dan sahabatnya Kida.

Sebagai kelanjutannya, Durarara!! x2 Ten merilis satu episode spesial yang muncul di episode 1.5. di sini clue dan detail kecil bertebaran yang akan membawa kamu lebih memahami jalan cerita.

5. Durarara!! X2 Ketsu

Biar Nggak Bingung, Baca Urutan Anime Durarara Berikut Ini 9
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Mystery, Supernatural, Action
  • Produksi: Aniplex, Shuka
  • Sutradara: Oomori Takahiro
  • Pengisi Suara: Kamiya Hiroshi, Ono Daisuke, Sawashiro Miyuki, Fukuyama Jun
  • Jumlah Episode: 12

Ikebukuro semakin memanas. Dan klimaks dari semua konflik antar pemimpin geng di dalam serial drama Durarara!! adalah di sekuel serial ini. Konflik semakin liar dan keadaan menjadi tidak terkendali.

Mikado terhanyut dalam misinya untuk membersihkan anggota Dollar dari dalam. Meskipun misinya tersebut berdasarkan rasa keadilan yang ia miliki, namun ternyata Mikado keliru dan itu membuat Kido khawatir.

Oleh karena itu, Kida berusaha mengembalikan sahabatnya tersebut seperti semula dan mengumpulkan sisa-sisa anggota Yellow Scarf yang dulu ia pimpin.

Kida dan Mikado tidak menyadari bahwa ia tengah berada dalam sebuah situasi yang genting. Mereka dikelilingi oleh banyak kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan kekuatan yang mereka miliki. Salah satunya adalah Anri, sahabat mereka sendiri.

Di sisi lain, orang-orang berkumpul di apartemen Shinra dan baru menyadari bahwa mereka berada di dalam sebuah peristiwa besar yang dapat mengubah tatanan dunia.

Benar saja. Kepala Celty ditemukan di tengah-tengah kota dan membuat geger seluruh kota. Lalu, ada Kujirage Kasane yang menambah kerusuhan dengan mencuri kepala tersebut.

Durarara!! X2 ketsu ini menjadi sebuah cerita final dari segala macam prahara yang dialami kota Ikebukuro.

Secara garis besar, dua poin penting dari klimaks ini adalah persahabatan yang dipertaruhkan yang membuat emosi baik turun. Selama menonton kamu akan merasakan perasaan kesal, kasihan sekaligus jengkel campur aduk.

Poin kedua adalah yang terjadi di sisi Shinra dan Celty yang berakhir dengan kekalahan yang dramatis. Di sini penonton disuguhkan perasaan terpendam di antara keduanya. Perasaan Shinra dan Celty yang kuat terasa sekali di serial akhir ini.

Sebagai kisah penutup, dalam Durarara!!X2 Ketsu merilis satu episode tambahan di mana semua karakter berkumpul. Karakter-karakter mereka menjadi bumbu yang menambah kelezatan pada sajian kisah di 12 episode sebelumnya.

Nah, sekarang sudah paham bukan urutan episode Durarara!!? meskipun banyak yang beranggapan bahwa Durarara!! mempunyai jalan cerita rumit, namun sebetulnya justru inilah yang menjadi hal menarik. Penonton dipaksa untuk jeli mengikuti alurnya.

Semakin diikuti, kamu akan semakin menyukai serial anime ini. Nah, karena ada balutan komedi, anime ini menjadi lebih segar. Buktikan sendiri deh.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram