Bacaterus / FYI / Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini 10 Universitas Tertua di Dunia

Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini 10 Universitas Tertua di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pendidikan adalah kunci dari semua perkembangan yang terjadi di dunia ini. Nggak terpaku pada bidang tertentu saja, melainkan segala bidang yang berpengaruh pada aspek kehidupan ditentukan oleh pendidikan. Hal ini sudah berjalan sejak dulu, jauh hari sebelum kita lahir. Tentu saja dengan bentuk yang menyesuaikan dengan masanya.

Untuk sektor formal, tercatat ada beberapa universitas yang diyakini sebagai universitas tertua di dunia. Konsep Universitas merupakan adaptasi atas perkembangan jaman, jadi bukan berarti sebelum universitas berdiri nggak ada pendidikan.

Penasaran universitas yang jadi pelopor pendidikan formal? Buat yang mau kuliah, simak ulasan tentang 10 universitas tertua di dunia berikut ini yuk!

 1. University of Al-Karaouine – 859, Maroko

University of Al-Karaouine

Dari namanya, University of Al-Karaouine (sering juga ditulis Universitas Al-Qarawiyyin) yang didirikan tahun 859 di Maroko mungkin terdengar asing di telinga banyak orang. Apalagi Maroko bukan negara yang umum dijadikan tujuan untuk menuntut ilmu. Karena itu banyak yang belum tahu kalau universitas tertua di dunia adanya di sini.

Sebagai universitas tertua di dunia University of Al-Karaouine telah dan terus menjadi pusatnya pendidikan dan spiritual terkemuka untuk kalangan muslim. Pada abad tertengahan University of Al-Karaouine mengambil peran utama dalam hubungan budaya dan akademis antara Eropa dengan dunia Islam.

2. Al-Azhar University – 972, Mesir

Al-Azhar University

Kalau Al-Azhar University kayaknya nggak terdengar asing untuk orang Indonesia, ya? Apalagi kalau kamu sudah nonton film Ayat-Ayat Cinta, inilah tempat kuliahnya Fahri. Selain itu, cukup banyak juga orang Indonesia yang kuliah di sini.

Al-Azhar University didirikan tahun 970-972 di Mesir dan menjadi salah satu pusat utama pendidikan Sastra Arab dan pengkajian Islam Meski misi unversitas ini fokus pada ajaran dan budaya Islam, jurusan yang tersedia tetap beragam.

Ada pendidikan, sains, teknik, sampai kedokteran juga. Apa ini jadi salah satu mimpi kamu juga? Tulis di kolom komentar yuk! Siapa tahu kamu ketemu teman seperjuangan. Dengan begitu, kamu bisa punya teman untuk berbagi mimpi!

3. University of Bologna – 1088, Italia

University of Bologna

Nggak cuma punya capuccino, pasta, dan sepak bola, Italia juga punya salah satu universitas tertua di dunia loh. Namanya University of Bologna yang berdiri tahun 1088. Memang terdengar kurang umum, biasanya Italia masuk ke daftar mimpi sebagai destinasi liburan, bukan pendidikan.

University of Bologna punya 23 fakultas yang menampung 101 program studi tingkat sarjana dan 108 program studi tingkat magister. Salah satu daya tarik University of Bologna adalah fakta bahwa kampus ini punya 13 museum. Nggak semua universitas punya museum dan universitas ini punya 13.

4. University of Oxford – 1096, Inggris

University of Oxford

Ini loh kampusnya Maudy Ayunda, University of Oxford yang berdiri tahun 1096 di Inggris. Setiap tahunnya ada puluhan ribu orang yang melamar dan yang diterima cuma sekitar 3000an orang. Artinya, siapa pun yang mau kuliah di sini harus rela bersusah-susah. Mimpi besar memang harus dibarengi dengan tekad yang nggak kalah besar.

Meski sulit, banyak banget orang Indonesia yang bermimpi bisa kuliah di sini dan nggak sedikit juga yang berhasil meraih mimpinya. Maudy Ayunda cuma salah satu di antaranya. Mungkin kamu juga salah satunya? Kalau mau berbagi cerita, silakan manfaatkan kolom komentar di bawah sana, ya!

5. University of Salamanca – 1134, Spanyol

University of Salamanca

Namanya terdengar asing lagi? Wajar, karena University of Salamanca nggak berasal dari Inggris atau Amerika, tapi Spanyol. Fakta yang cukup unik ya ternyata universitas tertua di dunia banyak yang terletak di negara yang biasanya jadi tujuan liburan, bukan pendidikan. Universitas ini punya perjalanan sejarah yang menarik untuk disimak.

Pada abad ke 16, satu dari lima penduduk Salamanca terdaftar sebagai mahasiswa di University of Salamanca. Bahkan, kekayaan kota ini pun bergantung pada kekayaan universitas ini. Puncak kejayaan universitas ini nggak lepas dari peran King Alfonso IX yang dikenal sangat terpelajar.

6. University of Paris – 1150, Perancis

University of Paris

Menurut catatan, University of Paris dibangun pada tahun 1150 oleh Robert de Sorbon. University of Paris masih menjadi salah satu tujuan pendidikan yang bergengsi bagi banyak orang yang seluruh penjuru dunia. Wajar, ada banyak orang berpengaruh yang lahir di sini mulai dari peraih nobel, ilmuwan, sampai teolog.

Beberapa nama-nama besar yang pernah menuntut ilmu di sini adalah Victor Hugo, Claude Levi-Strauss, bahkan Andrea Hirata juga alumni kampus ini. Nggak heran kalau beliau menceritakan kampus ini di dalam karyanya, Sang Pemimpi. Mungkin kamu juga ingin jadi salah satu dari nama besar itu?

7. University of Cambridge – 1209, Inggris

University of Cambridge

University of Cambridge yang bediri tahun 1209 pastinya terdengar sangat familiar. Nggak sedikit juga orang Indonesia yang berhasil kuliah di sini. Berbeda dengan universitas tertua di dunia yang lain yang terdengar asing, kita pasti sangat sering mendengar University of Cambridge masuk ke daftar mimpi seseorang.

University of Cambridge dikenal salah satu universitas yang memiliki persyaratan masuk paling ketat di dunia. Hasilnya? Puluhan peraih nobel. Jadi, kalau kamu ingin menuntut ilmu di sini, pastikan kamu rela untuk mempersiapkan dirimu dengan matang, ya. Saingan kamu berasalah dari seluruh dunia!

8. University of Padua – 1222, Italia 

University of Padua

Italia lagi? Ya, selain University of Bologna, Italia juga punya University of Padua yang didirikan tahun 1222 sebagai sekolah hukum dan tercatat sebagai salah satu universitas tertua di dunia. Pada masa Eropa modern, universitas ini adalah salah satu yang terbaik di Eropa. Menurut ARWU, University of Padua adalah yang terbaik di Italia.

Untuk kamu yang tertarik kuliah di sini, jangan khawatir soal bahasa. University of Padua juga punya jurusan yang menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajarnya. Jurusan yang berbahasa Inggris didominasi oleh jenjang master, meski ada juga jenjang sarjana yang menggunakan bahasa Inggris.

9. University of Siena – 1240, Italia

University of Siena

 Dari Italia lagi, kali ini University of Siena yang didirikan tahun 1240. Mungkin banyak orang nggak menyangka kalau ternyata dari 10 universitas tertua di dunia, Italia punya 3! Wajar, mengingat selama ini yang sering jadi negara tujuan untuk mengenyam pendidikan biasanya kalau nggak Inggris, ya Amerika.

Saat ini University of Sieana terkenal dengan jurusan Hukum, Ekonomi, Kedokteran, dan Manajemen. Apakah salah satunya jurusan idaman kamu? Kalau iya, bolehlah University of Siena masuk ke daftar mimpi kamu sebagai universitas idaman.

10. Univeristy of Valladolid – 1241, Spanyol

Univeristy of Valladolid

Dari Spanyol ternyata bukan cuma University of Salamanca, ada juga University of Valladolid yang beridiri tahun 1241. Artinya, Spanyol punya 2 dari 10 universitas tertua di dunia. Sama seperti University of Salamanca, University of Valladolid juga sepertinya terdengar asing untuk orang Indonesia.

Satu hal yang menjadi daya tarik universitas ini adalah perpustakaannya yang memiliki hampir sejuta buku. Koleksinya termasuk buku kuno, hingga manuskrip. Kalau kamu suka baca, pastinya kamu bakal betah banget berlama-lama di perpustakaan University of Valladolid.

Itulah 10 universitas yang tercatat sebagai universitas tertua di dunia. Ada universitas impian kamu nggak? Mungkin juga ada pembaca yang sedang atau pernah menuntut ilmu di sana? Boleh banget kalau kamu mau berbagi cerita, siapa tahu pembaca lainnya jadi terinspirasi untuk mengejar mimpi sampai ke sana! Ayo bagikan kebaikan seluas-luasnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *