bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 23 September 2021

Masa lalu merupakan hal yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Ia menjadi bagian yang nggak bisa dihapus dari hidup manusia. Ia bisa menjadi penjegal langkah di masa kini dan masa depan tapi bisa juga menjadi titik balik untuk berubah menjadi lebih baik. Semua tergantung pada cara masing-masing menyikapinya.

Bagaimana ceritanya kalau masa lalu yang sudah lama disimpan tiba-tiba muncul membuat masalah lagi? Itulah yang terjadi pada Kimmy Schmidt yang baru saja menuju kesuksesan, ternyata ada masa lalu yang mengganjalnya. Dia pun dihadapkan pada dilema. Seperti apa review dan sinopsisnya? Simak selengkapnya, di sini!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Komedi, Drama
  • Produksi: Universal Television, 3 Arts Entertainment, Bevel Gears, Little Stranger
  • Sutradara: Claire Scanlon
  • Pemain: Ellie Kemper, Jane Krakowski, Tituss Burgess, Carol Kane, Daniel Radcliffe, Jon Hamm

Kimmy adalah seorang wanita yang mencoba untuk mengembalikan hidupnya. Dia pernah tinggal selama 15 tahun di bunker. Hal itu dilakukan bukan karena keinginannya. Richard Wayne, seorang pemimpin sekte yang diikutinya, menipu para pengikut bahwa ada nuklir yang mengakibatkan dunia hancur. Manusia-manusia yang selamat harus tinggal di dalam bunker.

Kimmy mulai menemukan kesuksesan dengan menjadi penulis di New York. Di sana dia berteman dengan Titus, Lillian, dan Jacqueline. Kehidupan Kimmy nyaris sempurna dengan pernikahan yang sudah direncanakan bersama tunangannya, Frederick. Status tunangannya pun bukan orang sembarangan. Dia adalah seorang bangsawan asal Inggris.

Menuju hari pernikahan, Kimmy dikejutkan oleh kabar. Ada sebuah bunker lain yang digunakan untuk menyekap, persis seperti dia dulu. Merasa nggak ingin ada orang yang mengalami apa yang sudah dialaminya, Kimmy dihadapkan pada keputusan sulit. Menikah atau menyelamatkan korban sekte Wayne?

Lanjutan dari Serial Unbreakable Kimmy Schmidt

Lanjutan dari Serial Unbreakable Kimmy Schmidt

Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend adalah lanjutan dari serial berjudul Unbreakable Kimmy Schmidt. Serialnya sendiri meraih kesuksesan secara komersil. Bahkan sudah berjalan sejauh empat season. Setiap season-nya mempunyai cerita berbeda, ada tentang pembebasan dari sekte, upaya hidup normal kembali, sampai bagaimana mencoba berkarir.

Keunikan serial Unbreakable Kimmy Schmidt yaitu bagaimana Tina Fey sebagai penciptanya berhasil mempertahankan kualitas ceritanya. Setiap masalah besar yang dimunculkan, selalu diselesaikan dengan cara-cara yang kocak. Nggak perlu berpikir panjang ketika menonton serialnya karena semua dikemas dengan cerita yang ringan.

Apakah yang belum menonton serialnya mengerti film Kimmy vs The Reverend? Jawabannya ya. Masa lalu Kimmy dan teman-temannya ketika masih menjadi sekte dibahas juga dalam film. Porsinya memang sedikit tapi cukup menjelaskan. Dalam film lebih memfokuskan bagaimana para karakternya yang sudah jauh melangkah ditarik lagi ke masa lalu yang kelam.

Para Karakter Tampil Prima Memainkan Komedi

Para Karakter Tampil Prima Memainkan Komedi

Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend melanjutkan tren penggambaran karakter yang menyenangkan. Kimmy yang senjata andalan dan satu-satunya adalah optimismenya sampai memilih untuk tinggal di New York setelah keluar dari bunker. Perlahan-lahan dia bangkit dari keterpurukan dan menjadi penulis terkenal.

Titus, teman Kimmy yang mengaku sebagai penyanyi dan aktor. Dia sempat mengalami masalah kepercayaan diri setelah berulang kali ditolak. Dia membuat segala hal menjadi dramatis. Tapi di balik segala kepercayaan diri dan kekonyolannya, dia menjadi orang yang paling protektif pada Kimmy. Impiannya menjadi aktor mulai terwujud di film ini.

Jacqueline merupakan seorang wanita sosialita yang terkesan arogan. Di balik sikapnya itu, dia menyimpan hati yang baik. Dia peduli pada orang-orang sekitarnya. Seperti ketika Kimmy meminta ditemani untuk mencari bunker, dia menawarkan diri untuk ikut. Selain itu, dia bekerja sebagai agen dari Titus yang terkadang ikut ke set dan malah melakukan tindakan konyol.

Lillian adalah teman Kimmy dengan rentetan catatan kriminal di riwayat hidupnya. Dia tipe perempuan yang berani menentang sesuatu yang menurutnya nggak tepat. Dia lahir, tumbuh, dan menetap di New York. Dengan segala kegilaannya, dia membuat Frederick, tunangan Kimmy, merasa kewalahan.

Richard Wayne adalah antagonis di dalam film. Dia pemimpin sekte yang menawan orang-orang di dalam bunker selama belasan tahun. Walau menjadi penjahat, dia banyak melakukan hal konyol. Diperankan oleh Jon Hamm yang kerap tampil serius di serial macam Mad Men dan film seperti The Town dan Bad Times at the El Royale.

Interaktif dengan Banyak Easter Eggs

Interaktif dengan Banyak Easter Eggs

Netflix pernah merilis film Black Mirror: Bandersnatch yang dianggap sebagai terobosan dalam dunia film. Pasalnya film itu dibuat sebagai film interaktif. Penonton bisa menentukan bagaimana kelanjutan cerita di dalam film akan berjalan. Sebuah jawaban bagi penonton yang suka bertanya dengan bagaimana jika dalam jumlah yang banyak.

Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend menjadi film kedua yang dirilis Netflix sebagai film interaktif. Kita sebagai penonton diberi kekuasaan untuk menentukan jalan cerita selanjutnya. Apakah ingin melanjutkan cerita sesuai dengan sifat dari karakter atau memilih sesuatu yang benar-benar acak.

Setiap opsi yang dipilih akan menyajikan cerita baru, yang nggak kalah kocak dan menghangatkan hati. Ada belasan opsi yang bisa dipilih dan akan menghasilkan belasan ending pula. Endingnya pun bukan cuma yang menyenangkan tapi kebanyakan yang jauh dari harapan. Untuk mencapai ending yang diinginkan, kita harus mengulangi dari opsi yang salah kita pilih.

Penonton akan diberi keleluasaan untuk memilih baju pengantin, berpetualang, bahkan bagaimana mengakhiri hidup Richard Wayne. Setiap pilihan akan punya konsekuensi. Bisa itu ada karakter yang selamat, mati, sukses bahkan membuat ending yang sangat di luar perkiraan sampai bisa membuat kesal. Konsep yang menarik, bukan?

Jauh dari Kata Membosankan

Jauh dari Kata Membosankan

Menonton Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend nggak akan membuat kita bosan. Komedinya yang rapi, didukung oleh ceritanya yang terkesan absurd tapi masuk akal. Perbedaan sifat dari karakter menjadi unsur utama yang membuat komedi berjalan dengan mulus. Bahkan dari karakter antagonisnya sekalipun.

Sebagai film interaktif, film ini berjalan dengan tempo cepat. Setiap opsi yang kita pilih akan menghadirkan komedi-komedi lain yang nggak kalah lucunya. Jadi, nggak perlu khawatir kalau memilih opsi yang salah pun kita akan tetap dibuat tertawa oleh jalan cerita yang ada. Pengalaman menonton film semacam ini cukup langka lho!

Memenuhi Ekspektasi Sebagian Besar Penggemar

Memenuhi Ekspektasi Sebagian Besar Penggemar

Serial Unbreakable Kimmy Schmidt mulai tayang pada 6 Maret 2015 sampai 25 Januari 2019. Dengan dirilis setiap tahun, ketika serialnya dinyatakan selesai, ada perasaan kehilangan yang dirasakan penggemarnya. Kemunculan film Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend jelas akan mengobati kerinduan para penggemarnya.

Jarak dari season terakhir serial dengan film adalah sekitar 15 bulan. Secara nggak langsung ada semacam tekanan karena waktu yang terasa terburu-buru. Banyak yang khawatir kualitasnya nggak setara dengan serialnya yang ikonik. Untungnya, filmnya dianggap bisa memenuhi ekspektasi dengan banyak mendapatkan respon positif.

Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend adalah satu dari sedikit film yang mempersilakan penonton memilih jalan cerita yang akan terjadi. Dengan banyaknya opsi yang sama menyenangkannya untuk ditonton, bukan nggak mungkin akan bermunculan film dengan formula serupa. Segera nikmati filmnya, lalu bagikan kesanmu di kolom komentar, teman-teman!

Unbreakable Kimmy Schmidt: Kimmy vs The Reverend
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram