Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2019

Bantal menjadi salah satu benda penting yang mampu membuat tidur kamu berkualitas. Ada, lho, beberapa orang yang tidak bisa tidur tanpa bantal. Apakah kamu termasuk? Seorang pakar kesehatan dari Weill Cornell Medical Center di Amerika Serikat, Ana C. Kreiger, bantal bisa menjadi salah satu faktor penting dalam memperoleh tidur yang nyenyak.

Menurut Ana, yang dikutip dari Foxnew.com, bantal terbaik adalah yang memposisikan bahu punggung dan pinggul dalam keadaan datar. Hal ini dikarenakan jarak antara leher dan kasur membuat seseorang lebih nyenyak. Maka dari itu, bantal yang rendah dan lunak bisa menjadi pilihan tepat.

Bagaimana dengan bahan yang digunakan? Ana mengatakan, ada beberapa bahan yang seringkali digunakan, seperti bulu, kapuk, dacron, dan sintetis yang mirip kapas. Dari sekian bahan, kamu sebaiknya memilih bantal berbahan kapuk atau bulu. Bahan bantal tersebut biasanya dijual dengan berbagai merk dan Anda bisa baca artikel Merk Bantal Terbaik yang kami rekomendasikan sebagai referensi.

Bantal berbahan kedua material itu lebih mudah disesuaikan dengan bentuk kepala, sehingga tidak membuat sulit bergerak. Tak hanya itu, kapuk dan bulu dalam bantal akan memberi efek sejuk yang menambah kenyamanan tidur. Sementara bahan isian sintesis, cenderung membuat bantal lebih keras dan sulit disesuaikan.

Selain masalah material bantal, ternyata ada satu lagi yang harus diperhatikan agar tidur kamu lebih berkualitas. Apa itu? Ukuran bantal. Coba ingat kembali, pernahkah kamu memperhatikan ukurannya?

Ukuran bantal tidur memang jelas berbeda dengan bantal dekorasi yang sering kita temui pada kursi. Tapi nyatanya, bantal tidur juga ternyata memiliki ukuran yang berbeda-beda. Tak percaya? Di bawah ini, Bacaterus punya daftar ukuran bantal untuk setiap kebutuhannya.

Ukuran Bantal dan Guling

1. Bantal Tidur

Ukuran bantal yang pertama kita bahas adalah bantal tidur. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bantal tidur punya variasi ukuran, yakni ukuran standar, queen, king, dan cinta. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Ukuran Standar

* sumber: www.aulitfinelinens.com

Jenis ini sering ditemui di kamar-kamar di rumah. Rata-rata, ukurannya 51 x 66 centimeter (cm). Bentuk umumnya persegi panjang. Biasanya, memiliki berat sekitar 700 gram.

  • Ukuran Queen

* sumber: www.aulitfinelinens.com

Ukuran ini bisa kamu temui di hotel-hotel bintang tiga ke atas. Ukurannya mencapai 51 x 76 cm. Bentuknya sama dengan ukuran standar, persegi panjang. Hanya beratnya juga berbeda dari bantal rumah, yakni 900 gram. Bantal ini cocok untuk kamu yang ketika tidur posisi kepalanya tidak bisa diam. Ukurannya yang besar memberi ruang lebih luas untuk kepala kamu.

  • Ukuran King

* sumber: www.aulitfinelinens.com

Sama seperti bantal queen, kamu juga bakal sering menemukan bantal ini di hotel. Ukurannya adalah 51 x 91 cm. Bantal king dirancang ekstra luas untuk membuat nyaman posisi kepala saat tidur. Bantal ini sangat cocok untuk kasur ukuran twin atau double.

Biasanya, bantal ini memberi kenyamanan bagi kamu ketika dijadikan sandaran untuk membaca buku atau menggunakan laptop. Para desainer bantal king memberikan penyangga di balik bantalnya. Tak hanya itu, bantal king juga sering digunakan bantal tubuh untuk anak-anak.

  • Bantal Cinta

* sumber: www.tokopedia.com

Sesuai namanya, bantal ini cocok untuk pasangan kekasih. Bentuknya yang panjang, berukuran 51 x 100 cm, bisa digunakan untuk dua orang. Bantal ini jarang sekali ditemui di hotel. Kalau pun ada, hotel itu pasti menyediakan kamar khusus untuk pasangan kekasih.

2. Bantal Dekorasi

 Setelah mengetahui ukuran bantal tidur, kini kami akan memaparkan beberapa ukuran bantal dekorasi. Berikut informasi selengkapnya:

  • Bantal Sofa atau Tipe Squere Throw

* sumber: www.wayfair.ca

Kamu sudah tak asing lagi dengan bantal ini. Sangat sering ditemui di hampir setiap rumah, khususnya ruang tamu. Jenis bantal ini sangatlah fungsional. Makanya, ukuran bantal hanya 40 x 40 cm saja. Kamu bisa menggunakannya untuk sandaran, dipeluk ketika duduk, atau untuk tidur juga.

  • Tipe Breakfast/Boudoir (kerja)

* sumber: goldenwarp.com.au

Bantal ini sering hanya menjadi pelengkap dekorasi kamar. Biasa ditemukan di hotel-hotel mewah agar tempat tidur terlihat lebih elegan. Biasanya berbentuk persegi panjang berukuran 30 x 41 cm. Bantal ini kadang juga disebut sebagai Boudoir atau bantal kamar kerja. Selain untuk dekorasi, bantal ini juga berfungsi sebagai penyangga punggung kamu.

  • Bantal Lantai

* sumber: pytt-living.com

Jenis bantal ini beda dari yang lain dengan bentuknya yang persegi. Ukurannya juga cukup besar, rata-rata 70 x 70 cm. Bantal lantai lazim digunakan untuk bersantai di lantai ruang tv atau keluarga.

  • Bantal Tipe Penyangga Leher
Bantal Tipe Penyangga Leher

* sumber: www.spinalcareproducts.com

Bantal ini digunakan untuk menopang posisi leher ketika tidur atau duduk. Bisa juga digunakan untuk pergelangan kaki dan tangan. Bentuknya lonjong memanjang. Ukuran yang sering ditemukan adalah 15 x 30 cm. Selain untuk bersantai, bantal leher juga berfungsi untuk meredakan sakit pada bagian leher akibat posisi kepala ketika tidur tidak tepat.

Nah, selain ukuran bantal, kamu juga harus memperhatikan tinggi bantal agar tidur lebih nyenyak. Tinggi bantal harus disesuaikan dengan tinggi badan kamu juga, lho. Coba perhatikan data di bawah ini yang dikutip dari the-pillow.com.au.

  • Jika tinggi kamu kurang dari 135 cm, tinggi bantal harus di bawah 8 cm.
  • Tinggi badan 135-145, tinggi bantal harus 7-10 cm.
  • Tinggi badan 145-155, tinggi bantal harus 7-10 cm.
  • Tinggi badan 155-165, tinggi bantal harus 8-11 cm.
  • Tinggi badan 165-175, tinggi bantal harus 9-12 cm.
  • Tinggi badan 175-185, tinggi bantal harus 10-12 cm.
  • Tinggi badan 185-195, tinggi bantal harus 10-13 cm.
  • Bagi kamu yang tingginya lebih dari 195 cm, tinggi bantal haruslah lebih dari 10-15 cm.

3. Guling

guling

Untuk guling, tidak semua negara memilikinya. Hanya beberapa negara saja, kebanyakan di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sama seperti bantal, guling memiliki ukuran standar dan ukuran standar yang biasa ada di hotel. Untuk ukuran standar rumah, guling biasanya berdiameter 70 x 80 cm. Sementara untuk ukuran hotel, adalah berdiameter 72 x 85 cm.

Demikian ukuran-ukuran dan jenis bantal yang harus kamu tahu sehingga nyaman ketika digunakan sehari-hari. Ukuran di atas merupakan standar dunia, namun di setiap negara memiliki standarnya masing-masing, hanya saja selisihnya tidak akan jauh berbeda.

Ukuran tersebut diciptakan bukan sekadar agar terlihat bagus saja, tetapi demi kenyamanan tidur kita semua. Nah, kamu yang sekarang sudah mengetahui ukuran bantal, sudah bisa dong memilih bantal untuk tidur malam ini?