Bacaterus / Aquascape / Kenali 10 Jenis Udang Hias untuk Mempercantik Aquascape

Kenali 10 Jenis Udang Hias untuk Mempercantik Aquascape

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2019

Tahukah Anda bahwa udang juga bisa menjadi media untuk mempercantik aquascape? Bukan udang yang biasa Anda makan, lho, tetapi ini jenis udang hias yang ukurannya sangat kecil. Walaupun ukurannya kecil, udang hias ini memiliki warna-warna yang cantik sehingga dapat membuat tampilan aquascape jadi lebih menarik.

Dalam memilih udang aquascape, Anda harus memperhatikan jenisnya. Pasalnya, setiap jenis udang memiliki toleransi yang berbeda pada suhu air, kesadaran air, dan pH. Nah, kali ini Bacaterus bakal membantu Anda memilih udang hias yang terbaik untuk aquascape. Yuk, simak informasinya lebih lanjut!

1. Red Cherry Shrimp

Red Cherry Shrimp

Udang air tawar dari Taiwan ini merupakan jenis udang hias paling favorit untuk aquascape. Selain harganya relatif murah, yakni hanya 10 – 20 ribu rupiah per ekor, udang ini juga memiliki daya tahan yang kuat. Bahkan, udang yang bisa hidup di suhu air 18 – 28,5 derajat celcius ini juga tidak kanibal terhadap udang sejenisnya yang lebih kecil.

Red Cherry Shrimp jantan memiliki warna tubuh yang lebih cerah dibanding betina. Ukuran tubuh si jantan juga terbilang lebih kecil. Warna merah menyala dari udang ini sangat cocok untuk menghias aquascape yang didominasi dengan setting gelap dan tanaman hijau. Red Cherry Shrimp sebaiknya hidup di air dengan pH 6,2 – 8.

2. Yellow Fire Shrimp

Yellow Fire Shrimp

* sumber: www.worldwidefishandpets.com

Masih satu keluarga dengan Red Cherry Shrimp, tampilan Yellow Fire Shrimp ini memang sesuai namanya, yakni berwarna kuning transparan. Udang hias ini juga tergolong murah karena biasa ditawarkan dengan harga 10 ribu rupiah per ekornya.

Yang membuat pecinta aquascape jatuh hati pada Yellow Fire Shrimp adalah kemampuan adaptasinya yang cukup kuat, terutama pada perubahan lingkungan. Udang ini dapat hidup di suhu air 22 – 29 derajat celcius dengan pH 6 – 8. Warnanya yang kuning transparan membuatnya cocok dipadukan dengan aquascape gelap dengan substrat hitam.

3. Blue Pearl Shrimp

Blue Pearl Shrimp

* sumber: www.aquariumdomain.com

Siapa yang tidak terpesona dengan kecantikan udang berwarna biru mutiara ini? Ya, Blue Pearl Shrimp adalah udang yang eye-catching untuk menghias aquascape Anda. Usut punya usut, variasi warna udang ini mulai terlihat ketika dibiakkan di Jerman.

Alasan mengapa Anda harus memelihara udang hias ini adalah mereka tidak agresif, malah justru akan memakan alga yang menempel pada tanaman maupun akuarium. Blue Pearl Shrimp dijual tidak lebih dari 10 ribu rupiah per ekor. Udang ini dapat hidup di pH air 6,5 – 7,5 dengan suhu air sekitar 20 – 26 derajat celcius.

4. Black Rili Shrimp

Black Rili Shrimp

* sumber: aquaticarts.com

Ada berbagai macam warna udang hias, mulai dari merah, kuning, biru, sampai dengan hitam. Black Rili Shrimp adalah salah satu udang hias hitam yang terlihat sangat eksotis. Bagian tubuh udang ini ini seluruhnya berwarna hitam, melainkan ada bagian berwarna putih yang dihiasi dengan titik-titik hitam.

Untuk Anda ketahui, Black Rili Shrimp masih satu kerabat dengan Red Cherry Shrimp. Bahkan, keduanya sama-sama berasal dari Taiwan. Untuk memelihara udang hias ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 10 ribu rupiah untuk per ekornya. Sementara itu, kriteria air yang cocok untuk memelihara udang ini adalah suhu 20 – 25 derajat celcius dengan pH 6 – 7,8.

5. Amano Shrimp

Amano Shrimp

Selain udang dengan kulit yang warna-warni, ada juga Amano Shrimp yang merupakan udang hias dengan tubuh transparan. Tentu saja tubuhnya yang transparan membuatnya menjadi salah satu udang yang paling diminati untuk mempercantik aquascape.

Keunggulan Amano Shrimp dibanding udang hias lainnya adalah nafsu makannya yang cukup besar. Namun, yang dimakan udang ini bukanlah sesamanya, melainkan alga. Dengan kata lain, udang ini akan membantu membersihkan akuarium Anda.

Jika Anda berminat memelihara Amano Shrimp, siapkan suhu air 18 – 28 derajat celcius dengan pH 6,5 – 7,5.

6. Red Bee Shrimp

Red Bee Shrimp

* sumber: aquariumtidings.com

Ingat dengan Nemo, karakter kartun berupa ikan badut dalam film Finding Nemo? Ternyata bukan hanya ikan yang memiliki corak merah dan putih pada tubuhnya, udang hias untuk aquascape pun juga. Red Bee Shrimp adalah udang hias yang di tubuhnya memiliki pola garis merah terang dan putih, mirip dengan ikan badut.

Asal muasal udang ini dari mutasi tunggal Bumblebee Shrimp dari Jepang. Akan tetapi, pelu Anda ketahui bahwa perawatan udang ini cukup istimewa. Suhu air harus berkisar 22 – 25 derajat celcius, sedangkan pH air di 6,2 – 7,2. Red Bee Shrimp juga termasuk udang yang sulit dibiakkan karena reproduksinya sangat lambat.

7. Ninja Shrimp

Ninja Shrimp

* sumber: www.ruinemans.com

Ingin memiliki udang hias yang sangat unik untuk mempercantik aquascape? Ninja Shrimp bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, jenis yang satu ini memiliki kemampuan mengubah warna tubuhnya. Bahkan, udang ini diberi nama “Ninja” karena memang dapat menghilang dengan cepat layaknya ninja.

Tubuh udang ninja bisa bertumbuh hingga 2,5 – 3,5cm. Sementara untuk suhu airnya, udang ninja membutuhkan air bersuhu 22 – 25 derajat celcius. Harga Ninja Shrimp sendiri cukup mahal karena jenis udang ini tergolong langka dan penyebarannya hanya berpusat di Madagaskar hingga Fiji.

8. Cardinal Shrimp

Cardinal Shrimp

* sumber: rwaquariumpages.blogspot.com

Cardinal Shrimp atau yang dikenal dengan nama udang beras merupakan udang hias air tawar yang berasal dari Sulawesi. Keeksotisan udang ini terletak pada warna tubuhnya yang merah dengan titik-titik putih. Dengan warna yang cerah, Cardinal Shrimp bisa dikombinasikan dengan warna tumbuhan atau setting aquascape apapun.

Makanan utama udang hias ini adalah alga. Namun, tak menutup kemungkinan jika udang ini akan memakan binatang lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Siapapun dapat memelihara Cardinal Shrimp asalkan airnya bersuhu 25 – 30 derajat celcius dan pH airnya 7,5 – 8,5.

9. Green Jade Shrimp

Green Jade Shrimp

* sumber: aquaticarts.com

Dinamakan Green Jade Shrimp karena warna udang ini adalah hijau batu giok. Dengan warna yang hijau, tentu saja keberadaan udang ini akan tersamarkan jika Anda banyak meletakkan tanaman aquascape hijau di dalam akuarium.

Green Jade Shrimp sangat cocok dipelihara oleh pemula yang sedang belajar aquascape. Perawatan udang ini tidak terlalu sulit karena pH airnya hanya 6,8 – 7,5 dan suhu airnya 23 – 28 derajat celcius. Di samping itu, jenis ini juga tidak mudah mati dan pengembangbiakannya sangat mudah.

10. Red Nose Shrimp

Red Nose Shrimp

* sumber: absolutelyfish.com

Hidung merah yang memanjang pada udang ini membuatnya terlihat seperti nyamuk. Selain itu, ‘cula’ atau sungut yang dimiliki Red Nose Shrimp merupakan salah satu ciri khasnya yang membuat jenis ini sangat diminati oleh pemain aquascape.

Red Nose Shrimp bisa bertumbuh hingga ukuran 3,5 – 4cm. Jika ingin memelihara udang hias ini, pastikan suhu air berada di angka 20 – 28 derajat celcius dengan pH air 6,5 – 7,5.

10 jenis udang hias ini sangat cocok untuk mempercantik aquascape Anda. Bahkan, jenis-jenis yang disebutkan di atas merupakan udang hias yang memang paling diminati oleh pecinta aquascape. Tambahkan juga tanamannya dengan mencari referensi dalam artikel tanaman aquascape yang mudah tumbuh ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *