Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Menakjubkan! Inilah 10 Tumbuhan yang Hidup di Gurun

Menakjubkan! Inilah 10 Tumbuhan yang Hidup di Gurun

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Oktober 2018

Gurun adalah daerah yang curah hujannya sangat kecil, bisa mencapai kurang dari 250mm/tahun. Karena itu, gurun memiliki tingkat kelembaban udara yang rendah. Lalu, suhu udara di gurun sangat tinggi pada siang hari dan sangat rendah pada malam hari.

Tidak semua makhluk hidup dapat bertahan di daerah super gersang seperti gurun. Oleh karena itu, sepuluh tumbuhan yang hidup di gurun ini benar-benar menakjubkan. Tumbuhan ini memiliki fitur unik yang tidak dimiliki oleh tumbuhan di daerah lembab dan sejuk. Ingin tahu apa sajakah kesepuluh tumbuhan ini? Simak pembahasannya di bawah, yuk!

10 Tumbuhan Yang Hidup Di Gurun

1. Kaktus

kaktus

* sumber: pixabay.com

Semua orang juga tahu kalau kaktus pasti tahan banting di daerah kering seperti gurun. Kaktus mampu beradaptasi dengan iklim panas dan dapat tinggal di daerah yang curah hujannya minim. So, itulah mengapa kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di gurun. Kaktus dapat bertahan di tempat kering karena seluruh bagian tubuhnya, yaitu akar, batang, daun (duri), dan bunganya mampu menyimpan air.

Tahukah Anda kenapa batang kaktus terlihat dan terasa licin ketika dipegang? Itu karena batang kaktus mengandung zat lilin yang berfungsi untuk mencegah penguapan air.

Usia tumbuhan kaktus ini sangat fantastis, loh! Karena, rata-rata usianya adalah 25 – 300 tahun, wow! Pasalnya, kaktus tidak selalu “hidup” dan “berkembang”. Mereka memiliki karakteristik unik, karena kaktus memiliki masa tumbuh dan masa rehat. Keren, ya?

2. Pachypodium

Pachypodium

* sumber: id.pinterest.com

Tumbuhan yang hidup di gurun yang ke-2 ada pachypodium. Walaupun merupakan tanaman liar di alam aslinya, yaitu Madagaskar, Afrika Selatan, pachypodium telah bertransformasi menjadi tanaman hias. Padahal habitat asli tanaman ini berupa tempat yang kering, tandus, dan berbatu, loh!

Karena merupakan tanaman yang dapat menyimpan air, kadang orang berpikir kalau pachypodium merupakan saudaranya kaktus, padahal mereka berbeda spesies. Airnya tersimpan di bonggol pachypodium yang melendung itu, jadi terlihat seperti sedang hamil, ya?

Sebenarnya bentuk tanaman ini lunak dan tidak berkayu. Tapi struktur batangnya akan mengeras seiring bertambahnya usia pachypodium. Tanaman ini berduri, loh! Bentuk durinya berbeda-beda tergatung ukuran dan jenis pachypodium-nya. Pachypodium cocok banget untuk dijadikan bonsai karena bentuknya unik dan suatu saat bisa berbunga juga.

3. Kurma

Kurma

* sumber: www.westernfarmpress.com

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal kurma? Buah asal Arab ini sangat terkenal karena selalu dijadikan oleh-oleh sepulang umrah atau haji. Konon katanya pohon kurma pertama kali berasal dari Teluk Persia. Ukuran pohonnya sedang dan tingginya berkisar 15 – 25 m.

Ciri-ciri pohon ini batangnya tunggal, daunnya panjang (sekitar 5 cm), dan terdapat duri pada tangkai daun yang menyirip. Sekilas pohon kurma mirip seperti pohon kelap sawit. Apalagi buah kurmanya akan menggantung dengan jumlah yang banyak. Kalau dari jauh, pohon kurma jadi benar-benar mirip pohon kelapa.

4. Thyme

Thyme

* sumber: www.johnnyseeds.com

Thyme merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Ternyata, thyme juga merupakan tumbuhan yang hidup di gurun, loh! Thyme merupakan rempah-rempah yang dapat memberikan rasa baru pada masakan. Karena bentuknya yang cantik, thyme juga sering dijadikan hiasan plating.

Anda bisa menanam thyme juga di rumah. Daun thyme bisa digunakan untuk meredakan gigitan serangga atau luka bakar ringan. Thyme juga dapat menjaga tekanan darah supaya normal, karena daun ini mengandung kalium. Thyme juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata, membran, dan kulit. Yuk, tanam thyme di rumah sekarang!

5. Akasia

Akasia

* sumber: en.wikipedia.org

Kalau Anda sering menonton acara tv atau film berlatarkan tanah Afrika, Anda pasti pernah melihat pohon yang satu ini. Akasia merupakan tumbuhan yang hidup di gurun dengan kuat dan panjang umur. Bentuk pohon ini sangat unik karena mirip seperti payung.

6. Boojum

Boojum

* sumber: animals.sandiegozoo.org

Satu lagi pohon tumbuhan yang hidup di gurun. Adalah Boojum, sebuah pohon yang sangat unik. Batang pohon ini sangat ramping dan bisa tumbuh setinggi-tingginya hingga tidak terkira. Karena bisa terus tumbuh tinggi, pucuk batangnya bisa sampai bengkok/jatuh seperti yang bisa Anda lihat pada gambar.

7. Spinifex Grass

Spinifex Grass

* sumber: www.thinglink.com

Spinifex adalah rumput yang tumbuh di kawasan pantai bergumuk. Rumput ini dapat ditemukan di daerah Indonesia, Australia, Asia Timur, dan Selandia Baru. Rumput ini bentuknya berkerumun dan membundar, jadi mirip seperti landak, ya? Rumput ini sangat ringan, sehingga bisa terlepas begitu saja saat tertiup angin. Makanya, orang-orang sering menyebut Spinifex sebagai “rumput lari” dan “rumput angin”.

8. Kelapa

Kelapa tumbuhan yang hidup di gurun

* sumber: rosafrei.photoshelter.com

Kelapa bisa tumbuh di tanah berpasir dan cuaca yang sangat gersang sekalipun. Membuat kelapa menjadi salah satu dalam list tumbuhan yang hidup di gurun. Kelapa menghasilkan air di dalam buah (biji)-nya, dan air tersebut merupakan air yang sangat steril. Air kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menanam pohon kelapa di pekarangan rumah Anda juga.

9. Baru Cina (Mugwort)

Baru Cina (Mugwort)

* sumber: id.pinterest.com

Baru cina atau mugwort atau wormwood merupakan tanaman yang berupa dedaunan. Daun ini sering dijadikan obat dan makanan oleh manusia. Baru cina dapat ditemukan hampir di seluruh benua, mulai dari Eropa, Asia, Afrika, hingga Amerika.

10. Semak Creosote

Semak Creosote

Tumbuhan yang hidup di gurun yang terakhir adalah semak creosote. Nama tumbuhan ini diambil dari aromanya yang berbau kayu segar. Tanaman ini bentuknya unik, karena batangnya ramping tapi banyak dan menyebar ke mana-mana. Jadinya agak aneh disebut semak, karena batangnya bisa tumbuh sangat tinggi sekali.

Kelebihan semak creosote adalah akarnya yang dapat menyebar. Akar semak ini akan meresap dan mengumpulkan air yang ada di sekitar mereka. Makanya, jika ada tumbuhan lain di sekitar semak ini pasti akan mati. Agak kejam juga ternyata semak creosote, ya?

Itulah sepuluh tumbuhan yang hidup di gurun ala Bacaterus. Kesepuluh tumbuhan ini ada yang hidup liar, namun ada juga yang bisa Anda tanam di area rumah. Selain kesepuluh tanaman di atas, apakah Anda tahu tanaman lainnya yang bisa bertahan hidup di gurun?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

4 Comments

  1. Nafisyahkayla21 28 Agustus 2018 at 17:43 - Reply

    So good.and perfect???

    • Bacaterus 3 September 2018 at 16:02 - Reply

      ??

  2. faridah 18 Oktober 2018 at 08:52 - Reply

    memang menarik dan mudah difahami

    • Bacaterus 28 Oktober 2018 at 18:24 - Reply

      Terima kasih. ?

Leave A Comment