Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah 10 Tumbuhan Langka yang Memiliki Banyak Manfaat

Inilah 10 Tumbuhan Langka yang Memiliki Banyak Manfaat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Tumbuhan langka biasa dilestarikan atau dijadikan pajangan di rumah. Karena sudah jarang ditemukan, maka kolektor tumbuhan langka lebih memilih merawat dan menjaga kelestarian tumbuhan tersebut. Namun, lebih dari itu semua, ternyata ada sejumlah tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat.

Tak disangka-sangka, sejumlah tumbuhan yang keberadaannya sudah jarang ditemui ini malah memberikan beragam manfaat bagi manusia. Penasaran dengan beberapa tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat? Bacaterus akan memberikan ulasan mengenai tumbuhan langka yang ternyata menawarkan begitu manfaat untuk kehidupan manusia dan lingkungan di sekitarnya.

10 Tumbuhan Langka yang Memiliki Banyak Manfaat

1. Daun Payung

Daun Payung Tumbuhan Langka yang Memiliki Banyak Manfaat

* sumber: indonesiakuhebatt.blogspot.com

Dinamakan daun payung karena tumbuhan yang satu ini memang memiliki daun yang ukurannya sangat besar. Saking besarnya daun tersebut, orang bisa berlindung di bawah daunnya dari hujan. Di Indonesia, daun payung juga dikenal sebagai daun salo atau daun sang

Daun payung masuk dalam daftar tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat karena daun ini dulunya sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai atap rumah. Daun yang lebar dan teksturnya yang kuat dan kokoh mampu menahan air hujan dengan baik. Meskipun dihujani dengan air selama berjam-jam, daun payung tidak kunjung robek.

Tak hanya dipakai sebagai atap rumah, daun payung juga sering dimanfaatkan untuk membuat dinding rumah. Bahkan, sampai saat ini masyarakat di daerah Besitang dan Langkat masih menggunakan daun payung untuk membuat rumah atau gubug.

2. Cendana

Cendana

* sumber: alampriangan.com

Saat ini cendana masuk dalam jajaran tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat. Pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana ini dihargai sangat mahal di Indonesia. Pohon ini memiliki kemampuan menyimpan aroma wangi untuk jangka panjang. Tak heran jika sampai saat ini cendana masih dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan parfum.

Minyak cendana yang dihasilkan oleh tumbuhan ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Tidak sampai di situ saja, minyak cendana dapat menjadi “produk” perawatan kulit secara alami karena mampu menghilangkan noda hitam di kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

3. Bayur

Bayur

* sumber: ilmuhutan.com

Bayur adalah salah satu pohon yang sudah terbilang langka di Indonesia. Ciri-ciri pohon bayur dapat dilihat dari tingginya yang bisa mencapai 45 meter, gemang batangnya 1 meter, ranting berambut halus, dan daun tunggal terletak berseling.

Usut punya usut, populasi flora yang satu ini banyak dijumpai di Kalimantan Timur, meskipun saat ini jumlah pohon ini sudah terbilang sedikit dan membuatnya masuk ke dalam daftar tumbuhan langka. Di balik kelangkaannya, bayur memiliki manfaat sebagai kayu terbaik untuk konstruksi rumah. Bahkan, bayur juga sering dimanfaatkan untuk membuat jembatan, perahu, atau mebel rumah tangga.

4. Tengkawang Tungkul

Tengkawang Tungkul

* sumber: biodiversitywarriors.org

Indonesia memiliki banyak tumbuhan langka yang menawarkan sejumlah manfaat. Di Kalimantan Barat, ada sebuah tumbuhan yang sudah terbilang langka, namanya tengkawang tungkul. Nama lain dari tengkawang tungkul adalah meranti merah. Tinggi pohon tengkawang tungkul dapat mencapai 30 meter.

Yang bermanfaat dari tumbuhan ini bukan hanya kayunya saja, tetapi buah kering tengkawang tungkul juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah makanan (cokelat), kosmetik, dan lilin. Buah kering dari pohon ini bahkan sudah diekspor ke beberapa negara, seperti Singapura dan Jepang untuk diambil minyaknya.

5. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

* sumber: www.kebunpedia.com

Jika dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya, ukuran anggrek tebu ini tergolong yang paling besar. Anggrek tebu termasuk tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat dan bernilai tinggi. Tumbuhan ini dapat dikenali dari batangnya yang mirip dengan pohon tebu dan bunganya yang berwarna kuning dengan bintik-bintik cokelat di kelopak bunganya.

Selain memiliki kecantikan yang luar biasa, anggrek tebu juga menyimpan sejumlah manfaat penting untuk kita. Sebagai contoh, anggrek tebu dapat menyembuhkan sariawan karena bunga ini mengandung Vitamin C yang tinggi. Selain itu, di negeri tirai bambu, anggrek tebu biasa diseduh dengan teh karena dipercaya dapat menjaga kesehatan ginjal.

6. Edelweis

Edelweis

* sumber: www.yukepo.com

Bunga abadi alias edelweis adalah tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat. Bunga ini masih tumbuh di beberapa pegunungan di Indonesia. Namun, pemerintah setempat melarang para pendaki untuk memetik bunga langka ini untuk mencegah kepunahan.

Dari segi estetika, edelweis memang memiliki kecantikan mulia dan tak lekang oleh waktu. Namun, apa sebenarnya manfaat dari bunga edelweis? Bunga ini dapat diekstrak menjadi produk kecantikan kulit untuk mencegah penuaan dini dan bahaya paparan sinar  UV. Di zaman peradaban kuno, edelweis justru dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati disentri, diare, sampai dengan TBC.

7. Sarang Semut

Sarang Semut

Nama “sarang semut” membuat tumbuhan yang satu ini benar-benar dijadikan sarang bagi para semut. Tumbuhan langka yang jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari ini hidup di pohon lain. Meskipun tumbuh di pohon lain, sarang semut bukan benalu yang merugikan karena tumbuhan ini tidak menyerap makanan atau nutrisi dari pohon yang ditinggalinya.

Batang sarang semut ternyata menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda hanya perlu menjemur batang sarang semut sampai kering, lalu rebus batangnya di dalam air hingga warnanya seperti teh. Setelah itu, minum air rebusan sarang semut ini sampai habis untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

8. Kantong Semar

Kantong Semar

Tanaman pemakan serangga ini tergolong cukup langka. Kantong semar hanya bisa dijumpai di hutan, meskipun saat ini banyak orang yang tertarik untuk menjadikan tanaman langka ini sebagai penghias pekarangan rumah. Tumbuhan ini biasa memakan serangga yang hingga di bibir “kantong”-nya.

Terlepas dari kemampuannya untuk memakan serangga, kantong semar juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat kantong semar adalah sebagai obat batuk alami. Cairan yang berada di bagian dalam kantongnya itu dipercaya dapat meredakan batuk. Tak cukup sampai di situ, cairan di bagian dalam kantong tanaman ini juga dapat mengobati luka bakar.

9. Tarap

Tarap

* sumber: www.tanamanlangka.com

Buah yang satu ini hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah di Kalimantan. Karena penyebarannya di Indonesia tidak merata, tarap tergolong jenis buah langka. Daging buah ini hampir mirip dengan daging buah nangka. Bahkan, tarap menawarkan beragam manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Tarap dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah sembelit. Buah kaya antioksidan alami ini juga dapat membantu pemulihan tubuh pasca sakit atau menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

10. Damar

Damar

* sumber: alampriangan.com

Tahukah Anda bahwa pohon damar termasuk tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat? Sayangnya, pohon yang satu ini sudah terancam punah. Dari getah sampai dengan pohonnya memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia.

Pohon damar biasa diolah menjadi bahan kertas atau konstruksi rumah. Sementara getahnya bisa diproses menjadi korek api, tekstil, sampai dengan cat. Dahulu, getah damar justru dimanfaatkan untuk mengobati luka, bisul, sampai dengan sakit gigi.

Itulah 10 tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari. Baca juga artikel tumbuhan langka di dunia ini untuk menambah informasi dan wawasan pribadi Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment