Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Tumbuhan Langka di Kalimantan yang Wajib Anda Ketahui

10 Tumbuhan Langka di Kalimantan yang Wajib Anda Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Tidak hanya fauna saja yang bisa mengalami kelangkaan hingga kepunahan, flora pun juga bisa mengalami hal yang sama. Di Kalimantan, ada sejumlah tumbuhan langka yang terancam oleh kepunahan. Meskipun masih bisa ditemukan, tumbuhan-tumbuhan tersebut hanya tersisa sedikit di Tanah Borneo sehingga pemerintah setempat berupaya melakukan pembudidayaan agar tumbuhan tersebut tidak mengalami kepunahan.

Ada 10 tumbuhan langka di Kalimantan yang wajib Anda ketahui. Bacaterus akan memperkenalkan tumbuhan asli Kalimantan yang statusnya saat ini terbilang langka dan tidak bisa ditebang atau dipetik secara sembarangan.

10 Tumbuhan Langka di Kalimantan

1. Ulin

Ulin Tumbuhan Langka di Kalimantan

* sumber: rumahulin.com

Pernah mendengar nama kayu ulin? Jika ya, ketahuilah bahwa ulin termasuk jenis tumbuhan langka di Kalimantan. Pohon yang tingginya bisa mencapai 50 meter ini berhabitat asli di hutan tropis basah. Oleh karena itu, pohon ulin banyak dijumpai di Tanah Borneo.

Ulin adalah jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk membuat perabotan, atap rumah, kusen, dan pintu. Jenis kayu ulin ini tergolong kuat dan tahan terhadap serangan rayap. Mengingat ulin termasuk tumbuhan yang cukup langka, maka penebangan pohon ulin pun mulai dibatasi. Bahkan, tumbuhan ini juga masuk dalam daftar flora yang dibudidayakan melalui konservasi.

2. Ihau

Ihau

Pohon buah ihau juga merupakan tumbuhan langka di Kalimantan. Dapat dipastikan bahwa pohon ini tidak tumbuh di daerah lain selain Kalimantan. Pohon tersebut menghasilkan buah dengan ukuran dan tekstur yang sama seperti kelengkeng. Masyarakat setempat menjuluki buah ihau sebagai “Kelengkengnya Kalimantan.”

Yang membedakan ihau dengan kelengkeng adalah kulit buah ihau terdapat benjolan-benjolan kecil sehingga teksturnya tidak merata. Buah ini menawarkan rasa yang manis dan mirip dengan kelengkeng. Meskipun tergolong langka, ihau dijual dengan harga yang cukup terjangkau ketika musimnya tiba, yakni hanya 15-20 ribu rupiah per kilogram.

3. Pohon Kapur

Pohon Kapur

*

Sesuai dengan namanya, pohon kapur (Dryobalanops aromatica) adalah pohon penghasil bahan baku pembuatan kapur barus atau kamper. Pohon yang tumbuh di Kalimantan ini termasuk jenis pohon langka yang sudah terancam punah. Diameter batang pohonnya berkisar antara 70 cm – 1 meter, sedangkan tingginya bisa mencapai 60 meter.

Kulit bagian luar pohon berwarna coklat dan bagian dalamnya nampak berwarna coklat kemerahan. Jika digores dengan pisau, pohon ini akan mengeluarkan aroma kapur. Penyebab kelangkaan pohon kapur antara lain adalah penebangan hutan tak terkendali untuk membuka lahan tempat tinggal bagi manusia.

4. Tengkawang Tungkul

Tengkawang Tungkul

Selain ulin, jenis kayu yang cukup populer di pasar mebel Indonesia adalah meranti merah. Kayu meranti merah ini diperoleh dari pohon tengkawang tungkul, salah satu tumbuhan langka di Kalimantan. Selain dimanfaatkan untuk membuat perabotan atau konstruksi bangunan, pohon ini juga mengandung minyak nabati yang cukup banyak.

Tengkawang tungkul adalah tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Sayangnya, pohon ini mendapat status rentan punah dari konservasi setempat. Tumbuhan ini terbilang langka dan penebangannya pun mulai dibatasi. Meskipun tidak dapat menebang pohonnya, buahnya sangat bermanfaat karena bijinya merupakan sumber penghasil minyak nabati.

5. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Tak hanya Papua yang memiliki anggrek hitam, Kalimantan juga memiliki anggrek hitam sebagai tumbuhan yang langka. Perbedaan anggrek hitam dari Papua dan Kalimantan terletak pada warna kelopak bunganya. Jika anggrek hitam Papua lebih didominasi oleh warna hitam, anggrek hitam Kalimantan kelopaknya berwarna hijau. Hanya bagian putik bunganya saja yang nampak berwarna hitam.

Anggrek hitam hidup secara epifit atau menumpang pada tumbuhan lainnya. Anda bisa menemukan anggrek langka ini di dataran rendah dekat pohon-pohon tua atau daerah rawa yang dekat dengan sungai. Pada umumnya, anggrek hitam yang langka ini berbunga pada bulan Oktober – Desember. Selain itu, anggrek hitam Kalimantan ini merupakah salah satu tanaman asli khas Indonesia lho!

6. Kapul

Kapul

Kalimantan memiliki sejumlah tumbuhan langka yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Buah kapul adalah contoh tanaman langka yang berada di Kalimantan. Buah yang dagingnya mirip manggis ini tidak tumbuh di wilayah Indonesia lainnya selain Kalimantan.

Kulit buah kapul berwarna coklat dan daging buahnya ada yang berwarna kuning dan juga putih. Rasanya yang mirip manggis membuat buah kapul langsung menjadi buah-buahan favorit yang wajib Anda cicipi ketika berada di Kalimantan. Pasalnya, kalau tidak mencobanya di Kalimantan maka Anda tidak akan menemukan buah ini di wilayah lain.

7. Akar Karak

Akar Karak

Berbicara mengenai tumbuhan langka di Kalimantan, akar karak adalah salah satu yang tidak boleh terlewatkan. Tumbuhan ini mungkin tidak memiliki keistimewaan apapun jika dibandingkan dengan tumbuhan lain yang sudah dibahas di sini. Namun, status keberadaan pohon akar karak ini sudah dinyatakan langka.

Akar karak sendiri adalah pohon dengan diameter kurang lebih 159 cm dan tinggi mencapai 14 meter. Ciri khas lain dari pohon ini adalah terdapat banyak getah yang sekitar batangnya yang berwarna putih. Tumbuhan ini biasa hidup di dataran tinggi sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut.

8. Youtan Poluo

Youtan Poluo

Youtan Poluo adalah tumbuhan langka yang cukup terkenal di dunia. Tumbuhan ini hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali. Menariknya, Youtan Poluo ditemukan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Tumbuhan misterius ini ditemukan di pintu baju ruang percetakan milik Rizki Amelia pada tahun 2016.

Keunikan Youtan Poluo tidak hanya sebatas waktu mekarnya yang setiap 3.000 tahun sekali. Akan tetapi, tanaman ini mampu tumbuh di kaca maupun baja. Secara kasat mata, tumbuhan ini nampak seperti telur cacing. Setelah dilihat di lensa kamera atau mikroskop, tumbuhan unik ini memiliki tampilan yang menyerupai jamur.

9. Mangga Kasturi

Mangga Kasturi

Varietas mangga langka ini terkenal di Kalimantan Selatan. Bukan hanya sekedar tumbuhan langka di Kalimantan, mangga kasturi ini sebenarnya sudah dinyatakan punah di habitat asalnya. Hanya tersisa beberapa pohon mangga kasturi di tempat konservasi atau milik pribadi masyarakat setempat.

Jadi, apabila Anda tertarik untuk mencicipi mangga kasturi sebaiknya urungkan saja niat Anda tersebut, Pasalnya, tidak ada pedagang yang dapat menjual varietas mangga ini mengingat saat ini mangga kasturi hanya hidup di tempat budidaya saja.

10. Keledang

Keledang

Kalau sedang berada di Kalimantan, sempatkan diri untuk mencari buah langka yang satu ini. Adalah keledang yang merupakan kerabat mentawa, kluwih, cempedak, sukun, dan nangka. Daging buahnya pun mirip dengan nangka dengan tipikal daging buah terpisah dengan bijinya dan rasanya pun manis. Jika dimakan, Anda akan merasakan sensasi buah nangka dan manggis secara bersamaan.

Keledang adalah buah yang hanya tumbuh di Kalimantan. Jika Anda berkunjung ke Kalimantan, terutama di Samarinda, pada bulan Desember, maka Anda akan menemukan buah keledang di lapak para pedagang buah di kaki lima maupun pasar tradisional.

10 tumbuhan langka di Kalimantan ini hanyalah sebagian besar saja. Masih banyak tanaman langka dari Kalimantan yang perlu kita jaga kelestariannya agar tidak punah. Baca juga artikel tumbuhan langka yang memiliki banyak manfaat ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment