Bacaterus / Tanaman Langka / 10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

10 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kita Lestarikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Layaknya orang yang memiliki karakter dan sifat berbeda-beda, tumbuhan juga tercipta dengan keunikannya masing-masing. Sayangnya, seiring bergulirnya waktu, tumbuhan unik ini semakin sedikit jumlahnya, sehingga dapat dikategorikan menjadi tumbuhan langka di dunia.

Tumbuhan langka biasanya memiliki keunikan yang membuat kita berkata, “Wah”, atau “Masa, sih?”, saking anehnya. Bacaterus punya daftar sepuluh tumbuhan langka di dunia yang harus kita lestarikan supaya tidak punah. Diantara kesepuluh tumbuhan ini ada yang bisa Anda temukan di Indonesia, loh!

10 Tumbuhan Langka Di Dunia

1. Padma Raksasa / Raflesia Arnoldi

Padma Raksasa / Raflesia Arnoldi

* sumber: thebeautyofourcountry.wordpress.com

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal dengan Raflesia Arnoldi? Tumbuhan langka di dunia merupakan bunga raksasa dan terbesar di dunia. Berat bunga ini bahkan bisa mencapai 12 kg! Dan, kerennya lagi, Bunga Raflesia ini ada di Indonesia, loh.

Bunga ini pertama kali ditemukan di hutan hujan Indonesia pada tahun 1818, dan diberi nama sesuai dengan nama pemimpin ekspedisi, yaitu Thomas Stamford Raffles dan pemandunya, Dr. Joseph Arnold.

Walaupun besar begini, Raflesia Arnoldi merupakan bunga parasit alias hidup dengan bergantung pada tumbuhan lain. Tumbuhan ini tidak punya batang maupun akar. Ia tumbuh merambat dan menyerap nutrisi dari tumbuhan lain. Satu-satunya bagian tubuh bunga Raflesia yang bisa Anda lihat adalah mahkotanya yang terdiri dari lima lembar.

Bunga ini mengeluarkan bau seperti daging busuk, makanya orang-orang menyebutnya sebagai “bunga daging” atau “bunga bangkai”. Padahal, Bunga Raflesia berbeda dengan Bunga Bangkai. Penjelasannya lebih lanjut akan Bacaterus bahas di bawah.

2. Bunga Bangkai / Kibut

tumbuhan langka di duniaBunga Bangkai / Kibut

Nah, ini baru yang namanya Bunga Bangkai. Kadang orang menyebutnya sebagai Kibut atau Suweg raksasa. Tumbuhan ini memiliki nama Latin Amorphophallus titanum Becc. Fun fact: bunga ini tidak ada sangkut pautnya dengan Bunga Raflesia, loh! Mereka bukanlah saudara dan bukan satu jenis.

Orang-orang menyangka kalau Bunga Bangkai dan Bunga Raflesia itu adalah bunga yang sama karena mereka berdua sama-sama mengeluarkan bau daging busuk. Padahal, mereka adalah bunga yang berbeda, ya. Seperti namanya, bunga ini mengeluarkan bau bangkai yang sangat menyengat. Bau ini tentu ada tujuannya, yaitu untuk mengundang lalat dan kumbang menyerbuki bunganya.

3. Tanaman Menari / Hedysarum (Desmodium gyrans)

Bukan manusia saja yang bisa menari. Ternyata, tumbuhan pun ada yang bisa melenggak-lenggokkan tubuhnya dengan lentur. Adalah Hedysarum, atau yang nama Latinnya Desmodium gyrans, merupakan tumbuhan yang dapat menari. Kadang orang menyebut tumbuhan langka di dunia ini sebagai Dancing Grass.

Anda bisa melihat video di atas, di mana daun-daun tumbuhan ini bergerak dengan luwesnya. Gerakan inilah yang memberi nama “Tanaman Menari”. Tumbuhan ini mudah sekali tumbuhnya, mereka hanya memerlukan air dan cahaya matahari saja tanpa perlu diberi pupuk atau teknik bertani lainnya. Tumbuhan ini bisa ditemukan di India, Cina, Malaysia, Nepal, Taiwan, Vietnam, Indonesia, dan masih banyak lagi.

4. Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis 

* sumber: www.gondwana-collection.com

Welwitschia Mirabilis merupakan tumbuhan langka di dunia yang selanjutnya. Tumbuhan ini memiliki banyak nama, tergantung daerah yang menamakannya. Di daerah Nama, orang menyebutnya Khurub atau Kharos. Di Afrika, orang menyebutnya Tweeblaarkanniedood. Di Damara, tumbuhan ini disebut Nyanka. Tapi, nama internasionalnya tetap, hanya Welwitschia saja.

Welwitschia disebut juga sebagai “fosil hidup”, karena ia bisa bertahan hidup 5 tahun tanpa air dan hujan. Lalu, tumbuhan ini juga bisa hidup hingga 400 tahun – 1,5 abad. Karena itulah, Welwitschia disebut sebagai tumbuhan paling tangguh di dunia.

5. Cendana

Cendana tumbuhan langka di dunia

* sumber: commons.wikimedia.org

Anda pernah mencium aroma dari pohon yang satu ini? Pohon Cendana memang terkenal karena memiliki aroma wangi yang khas. Pohon ini merupakan penghasil kayu dan minyak. Karena menguarkan bau harum, cendana sering dijadikan campuran parfum, bahan pembuat dupa, aromaterapi, dan rempah-rempah.

Uniknya, pohon cendana pada awalnya bukanlah “pohon”, melainkan tanaman parasit. Akar pohon cendana tidak mampu menopang bobot tubuhnya ketika semakin besar dan tinggi, oleh karena itu, cendana menumpang di tumbuhan lain.

Sekarang harga cendana sangat mahal karena karena termasuk tumbuhan langka yang banyak manfaatnya. Hal ini dikarenakan sulitnya membudidayakan cendana. Oleh karena itu, kita harus melestarikan cendana supaya tidak habis, ya.

6. Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)

Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)

* sumber: commons.wikimedia.org

Dracaena cinnabari merupakan sejenis tanaman suji yang berasal dari kepulauan Socotra. Tumbuhan ini dikenal sebagai Pohon Darah Naga atau Suji Darah. Kenapa? Karena pohon ini “mengeluarkan darah”. Tenang, bukan darah seperti yang ada pada manusia dan hewan, kok. Jadi, si darah ini adalah getah yang berwarna merah.

Getah merah dari Pohon Darah Naga ini sering diambil, dikeringkan, lalu digunakan sebagai pewarna dan juga obat. Si “darah” ini sering dijadikan pernis merah untuk pewarna biola juga, loh. Lalu, Anda pengguna setia OS Windows pasti familiar sekali dengan pohon ini, karena Windows menggunakannya sebagai lambang Network mereka.

7. Mawar Jericho (Selaginella lepidophylla)

Bunga / Mawar Jericho

* sumber: w3.biosci.utexas.edu

Bunga Jericho atau Mawar Jericho merupakan mawar yang sangat unik. Pasalnya, mawar ini tidak berkelopak, mungil, dan wangi seperti mawar pada umumnya. Seperti yang bisa Anda lihat dari gambar di atas, Mawar Jericho berbentuk seperti dedaunan biasa.

Mawar ini disebut juga sebagai “bunga kebangkitan”. Agak seram, ya? Tapi, jangan dulu mengaitkan istilah ini dengan hal mistis atau gain, ya. Julukan tersebut lahir karena Mawar Jericho mampu bertahan hidup walaupun dilanda kekeringan. Bahkan mawar ini akan tetap hidup setelah dikeringkan dan diawetkan oleh manusia. Keren atau seram, nih, kemampuannya?

Mawar Jericho tumbuh di daerah gurun pasir di Amerika Tengah dan Timur Tengah. Tapi, mawar ini bisa juga tumbuh di media tanah atau pun air. Jadi, Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman untuk menghias rumah juga. Jadinya Anda bisa sekalian menjaga habitat Mawar Jericho supaya tidak punah, kan.

8. Pohon Benang Sutra / Silk Floss Tree

Pohon Benang Sutra / Silk Floss Tree

* sumber: commons.wikimedia.org

Pohon yang cantik ini bernama Silk Floss Tree yang kalau diterjemahkan menjadi Pohon Benang Sutra. Nama Latin pohon ini adalah Ceiba speciosa. Tanaman ini hanya dapat ditemukan di kawasan hutan subtropis dan tropis Amerika Selatan, seperti di Paraguay, Argentina, Brazil, dan lain-lain. Tapi pohon ini juga ada di daerah Asia, lebih tepatnya adalah Asia Timur.

Pohon ini mampu tumbuh tinggi hingga 81 kaki. Walaupun berbunga cantik, pohon ini punya duri di batang dan cabangnya, loh! Ukuran durinya pun tidak main-main, merupakan duri kerucut yang sangat besar! Ternyata, duri tersebut berguna untuk mengurangi penguapan air.

9. Tengkawang

Tengkawang  tumbuhan langka di dunia

Tengkawang merupakan sejenis pohon yang dimanfaatkan buahnya sebagai penghasil minyak nabati. Tengkawang merupakan nama buah dari pohonnya. Minyak lemak buah ini harganya tinggi, loh!

Pohon ini ada 13 spesies, dan Tengkawang merupakan salah satu spesiesnya yang termasuk dilindungi negara. Pohon Tengkawang dapat ditemui di daerah Kalimantan dan Sumatera. Makanya, dalam Bahasa Inggris pohon ini disebut Borneo Tallow. Pohon ini pun telah menjadi maskot daerah Kalimantan Barat.

10. Tanaman Karnivora / Insectivore

Tanaman Karnivora / Insectivore

* sumber: www.darkroastedblend.com

Insectivore atau tanaman karnivora merupakan tanaman yang bertahan hidup dengan memakan daging. Nah, daging apakah yang mereka makan? Tumbuhan ini memakan serangga atau hewan mungil yang hinggap di kelopak bunganya. Tumbuhan ini biasa ditemukan di daerah yang nutrisi tanahnya paling parah. Mungkin karena itulah mereka berevolusi menjadi pemakan daging.

Cara tumbuhan ini menarik mangsanya adalah dengan mengeluarkan cairan yang baunya harum untuk para serangga tersebut. Ketika terjebak, serangga-serangga itu tidak akan bisa keluar lagi. Sayangnya, si cairan wangi tadi lah yang akan melarutkan serangga menjadi makanan Insectivore.

Ada banyak sekali jenis Insectivore di dunia ini, terhitung ada 630 spesies berbeda. Diantaranya adalah Sarracenia, Drosera, dan Dionaea Muscipula.

Ya, itu dia sepuluh tumbuhan langka di dunia versi Bacaterus. Kita harus membantu melestarikan dan menjaga agar tanaman-tanaman ini tidak punah. Paling tidak dengan share pengetahuan Anda dan tidak merusak tanaman ini jika Anda menemukannya. Apakah Anda tahu tumbuhan unik dan langka lainnya di dunia?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar